Ingin Punya Anak Laki-laki atau Perempuan?

Written on 7 February, 2007 – 09:52 | by Rahmat Zikri |

drzik.jpgKali ini saya akan mencoba menulis opini dan logika sederhana yang terlintas di pikiran saya. Bagaimana caranya mendapatkan anak laki-laki atau perempuan? Mungkin terlihat sedikit naif, karena saya belum pernah membuktikannya *wink*

Kadangkala saya melihat ada pasangan suami-istri yang memiliki beberapa orang anak. Ada yang perempuan semua, ada pula yang laki-laki semua. Mungkin kalau mau kita tanyakan pada mereka dengan jujur, pasti ada terbersit keinginan memiliki anak perempuan, setelah sebelumnya mereka telah memiliki anak laki-laki, atau sebaliknya. Tapi kenyataannya yang nongol jenis yang sama lagi. Apa yang salah?

Tulisan berikut ini hanyalah ide yang sempat terlintas. Berdasarkan sedikit pengetahuan tentang reproduksi pada manusia. Silahkan dipercaya. Boleh juga tidak.

Perempuan pada usia produktif akan mengalami masa menstruasi secara periodik setiap bulannya. Pada saat menstruasi, terjadi pelepasan sel-sel telur yang tidak dibuahi. Ya bisa dibilang “telur busuk” lah. Sudah tidak terpakai. Jadi, dibuang saja.

Setelah masa menstruasi usai, rahim akan segera mempersiapkan kembali sel-sel telur untuk dibuahi oleh sperma. Jika ternyata lagi-lagi tidak ada yang membuahi dan dia telah cukup lama menunggu, kembali sel telur tersebut akan “membusuk” lagi. Maka terjadilah menstruasi kembali.

Yang perlu diketahui adalah, selama “masa tunggu” tersebut, tidak semua hari merupakan hari available untuk dibuahi. Waktu available ini biasa disebut dengan masa subur. Setahu saya, masa subur itu hanya sekitar 5 hari berturut-turut. Pada masa subur ini, sel telur mengalami puncak kematangan dan kesiapan untuk dibuahi. Dengan kata lain, tidak akan terjadi pembuahan sel telur oleh sperma jika ternyata sel telur belum mencapai kematangan. Walau demikian, bisa saja di luar masa yang bisa diprediksi tersebut terjadi kematangan tiba-tiba karena beberapa faktor.

Apa kaitannya dengan bagaimana cara menentukan jenis kelamin calon anak? Kaitannya adalah, kapan si laki-laki melepas spermanya menuju rahim perempuan!

Berikut ini adalah logika sederhananya. Pada sel telur calon ibu mengandung kromosom XX. Sedangkan pada sperma calon ayah mengandung kromosom XY. Untuk menghasilkan anak laki-laki, kromosom X dari ibu harus bertemu dengan kromosom Y dari ayah. Sedang untuk menghasilkan anak perempuan, kromosom X ibu harus bertemu dengan kromosom X si ayah. Rumus sederhananya, anak laki-laki dihasilkan oleh Xibu + Yayah. Sedang anak perempuan adalah Xibu + Xayah.

Xibu selalu siap sedia selama masa subur. Nah, masalahnya adalah bagaimana mengatur agar yang membuahi adalah Xayah atau Yayah! Cara yang terlintas di pikiran saya adalah cara sederhana. Berdasarkan usia hidup dan sifat dari kromosom X dan Y milik ayah.

Kromosom X pada sperma ayah sanggup bertahan hidup di dalam rahim selama beberapa hari. Kalau tidak salah bisa 3-4 hari. Tapi sifatnya pemalas. Sedangkan kromosom Y pada sperma ayah hanya bisa bertahan hidup di dalam rahim selama beberapa jam. Kalau tidak salah hanya sekitar 4-5 jam. Please correct me if I’m wrong. Tapi kromosom Y ini sangat gesit.

Dengan melihat sifatnya saja, X yang pemalas dan Y yang gesit, maka bisa ditebak dengan mudah bahwa jika kita menyuruh mereka untuk balapan alias adu cepat sampai finish (sel telur), yang akan tiba terlebih dahulu adalah Y! Dengan demikian, jika berharap mendapatkan anak laki-laki, lepas-lah sperma pada masa subur. Probabilitas untuk mendapatkan anak laki-laki akan sangat besar. Karena hampir bisa dipastikan kromosom Y akan lebih dahulu membuahi sel telur. Namun sebaliknya, jika berharap anak perempuan, jangan berhubungan intim pada waktu masa subur, tapi lakukanlah beberapa hari sebelumnya. Kenapa? Karena usia hidup kromosom X sang ayah sanggup bertahan hidup beberapa hari. Misal saja hubungan itu dilakukan 2 hari sebelum masa subur, maka setelah 4-5 jam kemudian kromosom Y dari sperma ayah akan mati. Yang tersisa adalah kromosom X. walau gerakannya lambat, tapi dengan pasti dia akan menuju sel telur dan bertahan di rahim dalam waktu beberapa hari. Begitu tiba waktunya sel telur mencapai masa kematangan, kromosom X ini langsung membuahinya. Sehingga hasilnya adalah X + X alias anak perempuan.

Sekali lagi, boleh percaya boleh tidak. Ini hanya teori basa-basi dari saya yang bukan dokter. Hanya sekadar untuk mengisi blog :D

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--
  1. 71 Responses to “Ingin Punya Anak Laki-laki atau Perempuan?”

  2. By Yuliana Tan on Feb 7, 2007 | Reply

    Aduh…. nguing nguing kepala gua bacanya… ya ya… bisa dipercaya jika semua data kondisi adalah benar…

    Berhubung belum menikah dan belum punya anak, nanti kl sudah saatnya, mau cowo mau cewe mah hayooooo….. :)) yang penting anaknya sehat… kalo cowo secakep papanya… kalo cewe se manis mamanya * tersipu sipu *

  3. By PS_lee on Feb 7, 2007 | Reply

    hmmm … :-? … make sense and logic.
    terlepas dari segala bullsh*t ttg pengaruh posisi, kekuatan pihak ce/co… haha
    *peace*

  4. By deni on Feb 7, 2007 | Reply

    hehe…. teori nya dah dapet nich..
    tinggal prakteknya..
    tapi biasanya praktek lebih sulit dari teori..:P

  5. By susanvirna on Feb 7, 2007 | Reply

    kalo jadinya bencong, salah dimana Zik…?
    Bagi gw mah mo laki apa perempewi bebas deh.. asal dikasi aja udah Alhamdulillah.

  6. By Sylvia on Feb 7, 2007 | Reply

    Sebelum gue hamil, gue sering banget konsultasi dengan dr. kandungan gue..Analisanya si om Kiki sih, (bener nganalisa sendiri apa emang pernah konsultasi ama dr. kandungan niiiy om …he..he…) emang gak jauh beda dengan apa yang disaranin dr. gue, cuma dengan bahasa yang sedikit berbeda tapi intinya sama…secara teori emang begitu sih katanya…berhubung misua gue mau anak cowok..ya kita ikutin aja saran dr. kandungan itu…alhamdulillah sih sampai kandungan gue yang ke 9 bulan, di usg tetep laki2…!kayanya om Kiki bisa ganti profesi niiy bentar lagi…)

  7. By Turi Syahdarina on Feb 7, 2007 | Reply

    masuk akal juga tuh “logika analisa” km jack…..

  8. By Indahjuli on Feb 7, 2007 | Reply

    hi…hi..asli aku bacanya sambil pegang perut plus senyum-senyum ancur ala pepsodent :D
    Tulisan ini belum terbukti, kalau yang nulis belum mencobanya :p

  9. By Mira on Feb 7, 2007 | Reply

    Ki..engga ada skrinsutnya?

  10. By fifa on Feb 7, 2007 | Reply

    emang gitu caranya pak, menurut dokter dan bbrp sumber lainnya *sudah mencoba dan terbukti khasiyatnya*

  11. By Phantasma on Feb 7, 2007 | Reply

    Interesting read of a great theory. Science is all about logic!

  12. By Abetto on Feb 7, 2007 | Reply

    Ki, katanya berhubungan dng asam basa ?…
    cuma hubungan dng asam dan basa, serta taunya kapan asam dan basa gw lupa, mungkin tau asam dan basanya dng ‘mecicipi’ kali…:)

  13. By ech on Feb 8, 2007 | Reply

    Menurut teori lain lagi (yang gua pernah denger), makanan si bapak menentukan jenis kelamin anak. Kalau makannya banyakan daging kemungkinan anaknya perempuan, tapi kalau banyakan makan tempe kemungkinan anaknya laki2. ntah bener atau enggak…

    btw, koreksi dikit. Ga ada tu sperma XX dan XY karena kromosom sel sperma (dan telur) itu haploid, alias cuma separo. Jadi sel telur hanya mengandung kromosom X dan sperma ada dua jenis: sperma X dan sperma Y. Adakalanya karena kelainan genetis, seorang laki2 hanya menghasilkan sperma X saja.

  14. By admin on Feb 11, 2007 | Reply

    #12:
    Ech, emang gw nulis sperma XX atau XY di mana? ngga ada tuh.

  15. By butet on Feb 17, 2007 | Reply

    # 4
    salahnya-kt orang-orang tua sih-krn stlh bayi dilahirin tp belum nangis ibunya dah keburu nanyain laki ato perempuan.
    masuk akal jg teorinya.

  16. By didi on Feb 21, 2007 | Reply

    yang passti buat cewek2 jaman sekarang jangan melakukannya sebelum menikah.. yang ada selalu kerugian di pihak cewek.. ok….

  17. By nita on Mar 16, 2007 | Reply

    ;) teorinya gitu yah

  18. By tetet on Apr 9, 2007 | Reply

    teorinya gitu ya tapi prakteknya weleh-weleh ternyata buat anak itu gampang2 susah lho ehmmm…. doain saya ya…

  19. By wibowo_pekalongan on Apr 15, 2007 | Reply

    Ga ada salahnya mencoba, tapi ya tetep Tuhan yang berkuasa, yo pok?

  20. By Tukul Arwana on Apr 15, 2007 | Reply

    Yang penting, Puas… Puas

  21. By Risma- Tobelo on Apr 25, 2007 | Reply

    Kalau saya belum berani coba soalx takut salah

  22. By ikha on Apr 27, 2007 | Reply

    Wah…teorinya om Zi nih bener lho…
    Dulu waktu SMA pernah dijelasin ama guru Biologi tentang kromosom, trus saya cuman denger dari saudara juga sebelum menikah, setelah menikah saya praktekin sama suami. Kita berdua pengennya anak cowok. “Bikinnnya” yaitu 10 hari dihitung dari hari pertama haid = masa utk bikin anak cowok (tentunya setelah wanita bersih dari haid). Kalo pengen anak cewek = 10 hari sebelum tgl haid berikutnya. Dan alhamdulillah, baby saya dikandungan yg baru 8 bulan ini, cowok. Namun, semua ini memang terjadi karena kehendak Allah swt.

  23. By farah zaida on May 8, 2007 | Reply

    Farah sudah punya 2putera lalu utk. yang ketiga kami mengharap kedatangan seorang puteri. lalu pelbagai petua teman2 saran kan.Petua yg.menarik dan kami telah cuba ialah mengubah kedudukan semasa bersetubuh.Jika kebiasaan isteri di sebelah kanan maka kini diubah suami pula di kanan.Alhamdullilah setelah dua kali percubaan kini farah sudah pun 20minggu hamil dan mengikut keputusan scan yg. dibuat minggu lalu doktor kata 90% jantina bayi adalah perempuan. Tapi farah tak mau begitu seronok kena tunggu lahir baru formula ini benar sah.

  24. By Naia Nazzade on May 15, 2007 | Reply

    aduuuh gampang banget kalu ngebaca teorimoe,padahal tuh ya aslinya susah banget,boro2 pingin anak laki or cewek,orang bikin anaknya aja susah jadinya alias gak jadi jadi.gue sumpex abis,tiap bulan gue mens terus,padahal gue n suami gue udah ngebet banget pengen baby. but its okhay kal skdar untuk referensi aja gak popo kok,tapi semua udah ada yang atur getu loooh….

  25. By Rekha mulanestivia on May 15, 2007 | Reply

    iyaaaaa deh entar gue coba saran elu kali aja jadi

  26. By parulian_batak on Jun 5, 2007 | Reply

    thngs ya ………………. info nya saya jadi pengen cepat cepat kawin mau coba praktekin bener ngak ya?

  27. By junilovers on Jul 7, 2007 | Reply

    nih ada lagi cara yg dikit membantu meneropong “laki, prempuan atau kemungkinan punya anaknya seseorang” (baik pria/wanita) (boleh percaya/tidak) (hal ini terbukti dari beberapa orang yang saya investigasi, termasuk saya sendiri) :
    1.(Palmistri) Pada telapak tangan kiri anda dibawah jari kelingking (pada ruas buku yg terakhir dari atas) ada guratan kecil horisontal (keatasbawah) semakin tebal guratan tsb, menunjukkan akan memiliki anak laki2, pudar namun masih terlihat kemungkinan akan memiliki anak perempuan, apabila tidak ada sama sekali..yah silakan investigasi juga spt saya..tapi menurut saya guratan garis tangan ini dapat berubah-ubah selama 6 tahun atau kelipatannya

  28. By heri_jpn on Jul 9, 2007 | Reply

    wuuih OPINI yg sangat baguss sekali…kebetulan tahun dpn mau nikah…dan kepengennya seh anak perempuan ! makasih atas resepnya…jadi nggak plu lg pake rekayasa genetika ya??

  29. By Riki Winatha on Jul 19, 2007 | Reply

    halahh…. bang zikri…
    Ekam googling pengen cari tahu gimana tips-nya buat anak laki – laki.
    kok malah ada di zikri.com :)
    hahaha..
    nyow kabar nikew ?

  30. By sak ade on Jul 21, 2007 | Reply

    heloooo

    aku ad….sekarang lagi nunggu hsl teori yg udh ad bc di sn…dari cebok pk air soda,,,orgasme dl dan smp ke dr kandungan cek masa ovolasi udah ad lakukan….sekarng kami cm bisa berdoa mg hslnya sesuai dgn yg kami harapkan,,,kebetulan km udh pny 2 putri..
    doa kan kami ya biar dpt anak cowok….

  31. By SI ORTU dr Baby Laki & perempuan. on Jul 22, 2007 | Reply

    PENGALAMAN NIH:
    Alhamdulillah, gw dah punya anak laki dan perempuan. Stlh saya pikir2 ternyata ada saat dimana satu berhubungan itu kondisi si istri harus dalam kondisi orgasme dan baru sperma dikeluarin.. atau teori lain spermanya seperti disedot ke rahim. Nah persis spt tulisan ini Yayah langsung ketemu Xibu.
    So kalau jadi Suami jangan cepet2 orgasme.. kalau pingin laki2 tunggu si Istri juga, jadi bareng2 lah.. :)) hiiii asyikkan..
    Nah ternyata itu salah satunya. bener gaknya ya buktiin.. :)))
    yg jelas sy dah buktiin.

  32. By Rahmat Zikri on Jul 24, 2007 | Reply

    #28
    I’m fine :))

  33. By Adit on Jul 24, 2007 | Reply

    saya gak tau pastinya zeek, tapi selain dari waktu seperti yang lo jelasin tuh. walaupun gw gak baca secara detail. Kondisi keasaman ruang pembuahan pun menjadi faktor penentu keberhasilan pembuahan. Ada perbedaan antara kromosom X dan Y pada kondisi tertentu (asam atau basa). Gw gak bisa jelasin, tapi mungkin bisa ditanya ke Prof. Google.com.

  34. By Didie on Jul 25, 2007 | Reply

    Dokter Zikri… lah kalo masa suburnya aja gak tau kapan gimana donk? :( Khan yang bisa bener2 jadi cuma pas di hari masa subur doank, sedangkan gue suka binun tuh ngitung masa subur gue :)
    Dulu guru biologi gw bilang, kalo masa bener2 subur itu si cewe akan merasa kedinginan pas menjalang magrib, jadi langsung aja atuh kalo mau punya anak minta suaminya langsung serbuuuuu :D
    Dulu pernah baca artikel buat ngatur jenis kelamin bisa juga dengan pengaturan pola makan. Sapa yang banyak makan sayur dan sapa yang banyak makan daging. Lah gue pemakan segala… duuhhh, pasrah aja deh sedikasihnya, yang penting anaknya sehat2 dan lucu2 kaya emaknya ha ha ha :D

  35. By DIAS on Jul 31, 2007 | Reply

    aku lagi ingin anak laki2 and aku membaca halaman ini ternyata walaupun bukan doktor tapi memang itu semua benar dan masuk akal setelah aku baca tentang ini dibuku tentang bab ini ,mas Rahmat moga sukses

  36. By sak ade on Aug 2, 2007 | Reply

    yaaahhhh,,,,,,,,,semua resep belum berbuah deh….padahal berhubungan udh di masa subur,,smp cek ke dr….malah tamunya ttp dtng….
    mungkin bulan ini emang belum waktunya untuk punya anak cowok…
    ada yg punya resep manjur gak?? biar bs pnx anak cowok…..bagi2 resepnya donk!!

  37. By budi on Aug 4, 2007 | Reply

    saya dari denpasar, namaku budi saya sudah 3 tahun menikah , belum punya anak , pertanyaan saya adalah cara membuat anak,??, perempuan mo laki2 gak masalah bagi saya, dan saya mohon solusi yang terbaik. tolong resep yg paling manjur ok saya tunggu

  38. By gigit on Aug 13, 2007 | Reply

    mas aq juga lg nyari arikel ini bisa masuk logic sih. moga aja hsil lg ngerencanaain anak laki jg nih

  39. By ardhie on Sep 25, 2007 | Reply

    wahhh…keeeeren!!!!bisa dipercayaga tuuuu….
    tar malem coba ach????

  40. By monica on Oct 3, 2007 | Reply

    gmana ya biar cepat hamil …?

    apakah bisa hamil / tidak kalau sperma suami encer….?

  41. By thalita on Nov 2, 2007 | Reply

    wah….kemarin sdh aq praktekkan,alhamdulillah hamil…
    sekarang jalan 1,5 bulan
    doakan semoga babyku cowok y………

  42. By madun on Nov 4, 2007 | Reply

    ak pgn bgt pny anak laki2 tp ak g tw caranya? gmana dunk (madun)

  43. By Ladung on Dec 17, 2007 | Reply

    Desertasi yang satu ini kapan terbit-nya?

  44. By Aryo (bukan nama sebenarnya) on Dec 18, 2007 | Reply

    Gw udah punya anak 1 cowok tapi untuk punya anak kedua kok susah bgt ya? udah 3 tahun berusaha kok ga ada hasilnya?

  45. By Mommy on Dec 21, 2007 | Reply

    gampang aja mo buat anak cow or cew, 1.keinginah akan anak cew/cow hrs kuat, 2. bdoa yg byk, 3.manfaat nya u apa? anakcow/cew,(klo niatnya baik insyallah terkabul), 4.. pasra aja de…

  46. By vaLia on Jan 9, 2008 | Reply

    aq n suamiku pengen bgt pny baby nih…sudah 1 taun kami menikah tp blm dapet jg, sudah berbagai posisi yang disarankan dokter kami sudah coba, minum vitamin, minum susu perencana kehamilan, bahkan atas saran mertua aq pergi k tukang urut sgala walaupun tdnya sempat ku tolak…tapi kulakukan jg demi suamiku yg udah pengen bgt pny bayi, aq jg gemes bgt klo liat bayi2 orang lain rasanya pengen nimang2 n memiliki jg…doakan ya, smoga stelah kami terus berusaha & berdoa, kami diberikan karunia yg terindah dari Allah…tetapi bgmnpun jg kami tetap pasrah…smoga Allah mengabulkan doa kami pd saatnya…amien.

  47. By iwans on Feb 18, 2008 | Reply

    wah kalau cerita temen (cowok) yang sdh punya anak , istrinya orgasme duluan br ada proses pembuahan sel telur. Temen gue sudah punya anak cowok dengan cara bgt, dan ada anak cewek juga dengan kondisi sebaliknya, yi: temen gue orgasme duluan dr pd istrinya pada saat proses pembuahan… :D Ah coba aja..

    ———————————-
    http://beautycare4all.com | http://healthsave4all.com

  48. By wina on Apr 21, 2008 | Reply

    thanks ya atas saarannnya coz gue pingin banget punya anak laki2.
    ntr malem dicoba

  49. By Novha on May 26, 2008 | Reply

    kalau memang waktunya punya anak pasti dikasih, karena semuanya adalah rencana Tuhan,

  50. By wie on Aug 13, 2008 | Reply

    Gue tau semua teori yang ada itu benar tapi yang nentuin tetap yang di atas. So, keep on praying!! and trying!!!

  51. By novie on Aug 14, 2008 | Reply

    wach sarannya sich ok. tapi bikin anak memang ga mudah. soalnya aku uda berusaha tapi ga jadi”. tapi aku yakin klo Tuhan uda berkehendak aku di kasih juga. tapi saran nya aku mau ikut juga ahhhhhhhh. aku sich mau anak laki dulu biar disayank mertua. kan suami ku anak laki satu”nya. hehehehehe

  52. By wherea on Oct 17, 2008 | Reply

    duuuh…. gimana ya… gw belum nikah tapi pengennya ntar punya anak cowok. bukannya ngebedain gender (gw jg anak cewek). tapi klo punya anak cowok seenggaknya kariernya ga keputus gara-gara harus nikah sedangkan cewek mau meraih cita-cita setinggi apapun asti kehalang sama pernikahan. klo calon suaminya dbawah si istri pasti ada gunjingan sana-sini. makanya klo bisa prefer pengennya punya anak cowok aja.

  53. By AdeL on Nov 2, 2008 | Reply

    q jg pengen punya anak cowok.
    tp belum ada bapaknya. he 3x.
    wong masih 3 SMA.

    denger2 biasanya anak cewek lebih deket bapaknya, anak cowok lebih deket ibunya.

    trus, biar yg ganteng ada 2 atau 3 di rumah.
    hehehe.

  54. By enda on Dec 17, 2008 | Reply

    aku dah 3bln menikah, tapi belum juga dikaruniai seorang baby..duh, padahal aku pengen banget cepet punya anak. kira-kira ada yang punya saran ga’ biar aku cepet hamil??

  55. By cah bagus on Jan 28, 2009 | Reply

    Mas emang secara teori seperti itu, tapi ada yang kurang mas bahwasannnya kehamilan laki-/perempuan itu dipenaruhi oleh unsur basa dari calon bapak/ ibu orang jawa bilang (kalau kecut) cenderung anaknya laki-laki tetapi kalau sesudah menstruasi berhubunannya maka cenderung anaknya perempuan, sebagai catatan pula kalu pingin anak laki-laki berhubungan 5 hari sebelum menstruasi(nidasi) dan kalu pingin anak perempuan 5 hari sesudah menstruasi (inkubasi)

  56. By ardhy on Jan 31, 2009 | Reply

    Cakep banget tuh teori aku pernah baca teori seperti ini di majalah tapi tidak selengkap ini n rasanya perlu dicoba tuh…..(tapi semua tergantung yang diatas iya nggak ??)

  57. By ns on Feb 2, 2009 | Reply

    anakku laki kedua2nya,nah kepengen punya 1 lg tp hrs berhasil perempuan,lg cari2 info nih,saran om zeek bakal dicoba juga…

  58. By J E T on Mar 15, 2009 | Reply

    zik…..pinter jg lho analisis tuh proses kehamilan,,,buruan nikah deeeh….biar teorix bener jd makin klop….!!!!

  59. By Yuli on May 7, 2009 | Reply

    wah…….boleh juga tuh sarannya, tapi kalo misalnya aku ma suami barengan kemungkinan jabang bayi yang dilahirkan apa ya mas? makasi banyak ya infonya mudah2an aku sukses dpt anak cowok.

  60. By Syafrizal Ardila on Jun 27, 2009 | Reply

    Wah boleh juga tu sarannya. tapi apa tanda-tanda anak laki-laki atau perempuan pada saat istri sedang hamil. terima kasih mas…..?

  61. By dokter joni on Jul 28, 2009 | Reply

    Dalam mempelajari ilmu kebidanan, kita coba buka literatur khususnya Rumus Naugele, dimana seorang perempuan masa siklus menstruasi tidak sama. Dalam Rumus Naugele ada istilah HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir itu sangat menentukan dalam proses terjadinya jabang bayi yang anda inginkan. Faktor lainnya adalah Usia Wanita saat HPHT, dan bulan terjadinya pertemuan X dan Y. atau saat bersenggama.
    Menyimak apa yang dilakukan oleh dokter B.D. Wahyudi dalam artikelnya, bahwa usia masa subur wanita adalah usia 18 tahun sampai 39.
    Misalkan wanita usia 25 tahun, HPHT bulan januari setelah itu tidak menstruasi lagi maka bayi yang akan dilahirkan nantinya lain dengan masa HPHT bulan pebruari, maret sampai desember.
    Salah satu contoh, misalkan Usia wanita 24 tahun lebih 5 bulan, HPHT bulan Januari, Pebruari, Maret, April, maka kondisi demikian kemungkinan besar jabang bayi yang dikandung adalah laki-laki, HPHT bulan Mei kemungkinan bayinya Perempuan, HPHT bulan Juni dan Juli kemungkinan jabang bayinya adalah laki-laki, Sedangkan bulan agustus sampai desember jika HPHTnya wanita tersebut, maka jenis kelamin jabang bayinya adalah perempuan.
    Jadi kita bisa mengatur ingin bikin anak-laki-laki atau perempuan tergantung usia wanita dan HPHT.
    Dengan rumus HPHT kita bisa memprediksi jabang bayi tersebut akan lahir tanggal berapa bulan apa dan tahun berapa.
    Perlu diketahui bahwa umur normal janin dalam kandungan adalah 280 hari atau 40 minggu dihitung dari hari pertama haid terakhir atau HPHT.
    Misalkan HPHT tanggal 10 bulan januari 2009, maka janin merasakan akan lahir atau menghirup udara di bumi adalah 17 Oktober 2009. Atau tanggal ditambah 7 dan bulan ditambah 9.

    Dengan alat kedokteran berupa ULTRASONOGRAFI, maka jabang bayi dalam kandungan bisa diketahui dengan jelas jenis kelaminnya alaki-laki atau perempuan.

    Meskipun tidak dengan alat ultrasonografi, maka kita bisa memperkirakan dengan tingkat signifikansi yang tepat bahwa bayi yang dikandung bisa diketahui dengan rumus Naugele.

    Misalkan Wanita umur 30 tahun, HPHT bulan Juni 2009, maka kita bisa memprediksi bahwa bayi yang dikandung selam 2 bulan tersebut dengan tingkat akurasi yang teruji maka bayi yang dikandungnya adalah perempuan, baru hasil tersebut nantinya kalau tidak percaya dicek ke dokter kandungan dengan alat ultrasonografi bagaimana hasilnya.

    Kalau saudari ingin lebih jelas atau mau konsultasi tentang bagimana melihat si jabang bayi atau ingin mempunyai anak laki-laki atau perempuan, silakan kirim email di alamat email saya : rahmansumardi@yahoo.co.id

    Sekian Terima kasih

  62. By bandit on Aug 1, 2009 | Reply

    SUSAH PUNYA ANAK?

    TEORI MASA SUBUR YANG PERNAH AKU BACA DIBUKU BEGINI: MASA KONDUSIF SEL TELUR UNTUK DIBUAHI ITU HANYA SEKITAR 2 JAM-AN (BIASANYA MALAM HARI) JADI PEMBUAHAN ITU TERJADI SAAT ADA SEMPROTAN SPERMA ATAU ADANYA SISA2 SPERMA YANG TERTINGGAL DIRAHIM. SETELAH 2JAM TELUR AKAN DI SELIMUTI SEMACAM ZAT KAPUR YANG MAKIN MENEBAL DAN SUSAH DITEMBUS SEL SPERMA.UMUR SPERMA DI RAHIM KIRA2 30 JAM SETELAH DI SEMPROTKAN.MISALNYA SIKLUS HAID SI A 30 HARI MAKA MASA SUBURNYA DI TENTUKAN KIRA2 DI HARI KE-15 DI HITUNG DARI AWAL HAID. JADI SPERMA YANG TERTINGGAL DARI HARI KE-13 ATAU KE-14 KIRA2 BISA MEMBUAHI TELUR ITU DI HARI KE-15. MISALNYA HUBUNGAN ITU DILAKUKAN DI HARI KE-16 PADAHAL TELUR UDAH DISELIMUTI SEMACAM ZAT KAPUR TADI DAN SUSAH DIBUAHI OLEH SPERMA. KALAUPUN ADA KEMUNGKINAN PEMBUAHAN HANYA SPERMA YANG KUATLAH YANG MAMPU MENEMBUSNYA DAN ADA KEMUNGKINAN CALON JANINNYA ADALAH LAKI2.

    PENGALAMAN PRIBADI AKU INI TERMASUK PEMBUAHAN YANG KURANG TOKCER SOALNYA DAPETNYA ANAK PERTAMA GAGAL 3 BULAN DAN YANG KEDUA GAGAL 6 BULAN DAN PENGAMATAN TIAP BULANNYA ITU KALAU MISALNYA AKU MELAKUKAN DIHARI KE-12,13,14 BERTURUT – TURUT KEBANYAKAN MALAH GAK JADI. KAYAKNYA ANAK YANG KEDUA INI AKU NGLAKUIN DI HARI KE-15 YANG SUDAH DI TAHAN 3 HARI-AN. JADI KESIMPULAN AKU SENDIRI KIRA2 SPERMA AKU INI AGAK ENCER JADI KURANG BERKUALITAS KALAU SERING DIKELUARIN. MENURUT TEORI SIH JUMLAH SEL SPERMA ITU AKAN MAKIN BANYAK JIKA DITAHAN SAMPAI BEBERAPA HARI.

    AKU JUGA MENEMPUH KB KALENDER DAN KB MENYUSUI KATA ISTRI KB SPIRAL ATAU PIL TAKUT EFEK SAMPINGNYA. ANAKKU LAKI SEMUA ORANG TUA AKU ANAKNYA LAKI SEMUA SAUDARA2 AKU JUGA ANAKNYA LAKI SEMUA JADI KESIMPULANNYA TRAH KELUARGA AKU INI DOMINAN PUNYA ANAK LAKI2 BUKTINYA GAK ADA ANAK PEREMPUAN DI KELUARGA AKU. “PASUKAN LAKI2″

    BENER SALAHNYA AKU GAK TAHU TAPI KALAU BERMANFAAT BAGI YANG SUSAH PUNYA ANAK MOGA BERMANFAAT DAN BERHASIL. MAAF YA NULISNYA PAKE “capital font” ( andinafhan@yahoo.com )

  63. By anatalia on Aug 15, 2009 | Reply

    boro2 pengen mlih anak laki2 or perempuan,udah 2 thn kepengen aja blm dikasih2…segala macam dah ditempuh solusinya gmana ya??????

  64. By Dhea Thea on Oct 20, 2009 | Reply

    wkk secara ga ngerti tuh rumus….. jadi puyeng Bin puseng ga ngerti.Apapun gaya,rumus dll tetep Alloh yg tentukan tul tul tul

  65. By rozaq on Jan 12, 2010 | Reply

    yang penting masuk dulu kalliiii, kalo ga masuk gimanatuch,,,, hehehe
    tetep usaha ja yach n jangan lupa doa coyyyyyy…..!

  66. By lina on Jan 30, 2010 | Reply

    sudah setahun aku menikah,belum juga di karuniai anak,waktu bulan madu dulu jarang sekali melakukan hubungan ,2 bulan bulan madu persis 5 kali berhubungan ,terus suami kembali ke usa,sekarang 1 minggu kamu berkumpul dan non stop tiap malam berhubungan,belum hamil juga.aku lihat sperma suamiku encer ,kira2 bisa hamil gak ya ??aku inginnya anakku kembar 2 ,laki 1 dan cewek 1 ,biar gak repot nglahirin lagi,capek deh..:)

  67. By budy on Feb 16, 2010 | Reply

    kami sudah menikah hampir dua tahun tapi kenapa kami belum dikaruniai anak,jujur saja saya pekerjaan saya sangat menyita perhatian saya, jadi segalanya focus pada pekerjaan. nah, dan saya belum pernah sama sekali ceck masalah kesuburan sperma. dan yang saya tanyakan adalah:
    1. apakah dengan kesibukan saya dapat berpengaruh untuk kami mempunyai anak?
    2. normal nggak kalau menstruasi istri saya tidak lancar(2 bulan terakhir)?

    mohon bantuan anda, atas perhatiannya terimakasih

  68. By Mei lin on Jun 12, 2010 | Reply

    HOOO…Ok, juga idenya kebetulan Aku pengen punya anak cewek,Nah kebetulan juga kami berhubungan 2hari sebelum masa subur.Makasih infonya ya??

  69. By sri on Jun 19, 2010 | Reply

    saya mau tanya mens sy yg pertama tgl 25 trus maju tgl 18 maju lg tgl 15 maju 13 terakhir tgl 8 apakah in d sebut mens yg teratur ap tdk teratur

  70. By uzla,,, on Apr 7, 2011 | Reply

    terlalu ribet dengan teori langsung praktek aja,,,hihihi,,,tp saran-sarannya para commentator good bgt tq,,coz ni lg hamil muda moga aja posisi bisa menentukan kelamin my baby girl…so sweet,,

  71. By julia on Jul 6, 2011 | Reply

    hahahhha…whateverlah…..sihubby demen makan daging aku sayur….akibatnya calon anak keduaku ini cewek lagi…ya sudahlah. biar dia jadi yang paling ganteng dirumah….

  72. By slamet on Oct 2, 2013 | Reply

    tips yang bagus. tapi buat sy sih laki atau perempuan sama saja. apapun yang yang Allah berikan kita terima

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google