Tips Menikmati Penerbangan

Written on 4 March, 2007 – 15:47 | by Rahmat Zikri |

Berada di dalam pesawat terbang pada waktu yang cukup lama merupakan sebuah hal yang menjemukan. Selain tentu saja juga melelahkan. Apalagi jika penerbangan yang dijalani menempuh waktu berjam-jam. Tidak jauh berbeda dengan menumpang bus untuk perjalanan yang lumayan panjang.

Duduk, duduk dan duduk. Itu saja yang dilakukan sepanjang perjalanan. Tentu saja capek dan membosankan. Permasalahannya, jika perjalanan tersebut tetap harus dijalani, bagaimana meminimalisir kelelahan yang mungkin terjadi dan/atau menghilangkan kebosanan tersebut?

Sebenarnya ada banyak cara. Jika anda gemar membaca, cobalah bawa buku-buku bacaan yang sesuai selera. Jika senang bermain games, bawa saja perangkat portable games yang dimiliki. Jika hobi mendengarkan lagu, bisa bawa mp3 player misalnya. Laptop? Why not. Sepanjang semua bisa anda bawa ke dalam kabin dan tidak menyalahi aturan, ya bawa saja. Yang tidak boleh dibawa ke dalam kabin adalah senjata, bahan yang mudah terbakar/meledak atau binatang peliharaan. Yang tidak boleh dioperasikan di dalam kabin penumpang adalah semua peralatan yang menggunakan frekuensi radio dan/atau mengeluarkan sinyal elektromagnetis, karena dapat mengganggu komunikasi antara kokpit pesawat dan menara kontrol di darat.

Pada penerbangan internasional yang menggunakan pesawat berbadan lebar (misalnya Boeing 777, Boeing 747, Airbus A330 dan tentu saja yang akan segera muncul tahun ini double decker Airbus A380) biasanya telah terdapat beberapa fasilitas untuk memanjakan penumpangnya –yang di kelas ekonomi sekali pun–berupa games, musik bahkan video yang bisa diakses dari setiap kursi penumpang.

Untuk mengurangi rasa capek, sebaiknya sering-sering bergerak. Tentunya hilir mudik di dalam pesawat selama penerbangan sangat tidak disarankan. Karena bisa saja tiba-tiba pesawat mengalami goncangan yang bisa berakibat fatal pada penumpang yang sedang tidak mengenakan seat belt. Kalau begitu, bergerak di tempat saja. Melakukan beberapa gerakan peregangan pada beberapa sendi merupakan kegiatan yang bagus. Setidaknya untuk menghilangkan kelelahan di punggung, pinggang, pantat dan kaki. Sekali-sekali berdiri juga bagus. Apalagi jika perjalanan anda sangat jauh.

Sepengetahuan saya, udara di dalam pesawat memiliki kualitas yang bagus. Dibanding udara di sekitar kita sehari-hari, udara di dalam pesawat bisa dibilang tidak cocok untuk tempat hidup bakteri atau virus. Bukan karena tingginya, tapi karena kelembaban udara yang sengaja dibikin kering. Dengan rendahnya tingkat kelembaban udara, bakteri, virus atau mikroorganisme lainnya kemungkinan kecil bisa bertahan hidup. Tapi masalahnya, dengan kelembaban udara yang rendah seperti itu bisa membuat kulit penumpang menjadi kering jika harus berlama-lama di dalam pesawat.

Jika anda terbiasa menggunakan pelembab kulit, tak ada salah menggunakannya. Tapi yang paling penting untuk diingat adalah keringnya kulit tersebut karena tubuh anda mengalami dehidrasi akibat rendahnya kelembaban udara tadi. Solusi yang terbaik adalah banyak-banyak meminum air. Yang terbaik tentu saja air putih. Walau dalam penerbangan biasanya pramugari akan menawarkan beberapa jenis minuman, mulai dari air putih, teh, kopi, jus, minuman bersoda, sampai pada wine (pada penerbangan internasional), sebaiknya hindari minum minuman bersoda, apalagi yang beralkohol. Minuman ini hanya akan membantu anda makin cepat semaput ketika menempuh perjalanan jauh.

Tetapi dari semua yang telah saya sebutkan di atas, hal yang paling baik dilakukan adalah tidur saja di dalam pesawat. Apalagi yang hendak dilakukan dalam ruang gerak yang terbatas tersebut? Hal-hal yang saya sebutkan di atas sebaiknya baru dilakukan jika anda tidak bisa tidur atau sudah bosan tidur berjam-jam :D

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--
  1. 11 Responses to “Tips Menikmati Penerbangan”

  2. By susanvirna on Mar 5, 2007 | Reply

    deeuh yang mau terbang jauh…:) Selamat ketemu Bill Gates yang beneran yaa..bukan Bill Gates yang ketemu di Pasar Simpang…:D

  3. By Mira on Mar 5, 2007 | Reply

    sekali-kalinya terbang jauh, beberapa kali saking pegelnya saya nungging di kursi, untung kiri kanan tempat duduk kosong. Tips ini boleh dicoba kalo engga malu.

  4. By yanti on Mar 6, 2007 | Reply

    paling asik kayaknya cari gebetan ya? :D

    err.. perhatian.. cuma buat yg single :D. tapi ampuh deh, dijamin waktu jadi berasa cepet berlalu.

  5. By Yuliana Tan on Mar 9, 2007 | Reply

    Tidurrrrrrr … tidurrr … tidur… dan tidurrr… :D

    Selamat jalan… Ttdj.

  6. By Benjamin Nelwan on May 29, 2007 | Reply

    Tips from me: Malam sebelum perjalanan jauh jangan tidur, jadi sampe di pesawat langsung pules. Tokcer lho…
    Waktu aku ke Frankfurt, waktu aku dari SF, aku begitu, bener2 nggak pake jet lag.

    Bangun2 langsung makan, dan tinggal 4-5 jam lagi sampe di tujuan, perut kenyang hati pun senang…

    Happy travelling guys!!!

  7. By zhar aditya on Oct 7, 2007 | Reply

    Sedikit wine bagus buat tidur….
    Seteguk aja minum wine badan jadi agak enakan rileks (itu kalo gue…tak tahu yang lain)….
    Abis itu minum air putih dan tidur….

    PS:
    Jangan lupa bokerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr paginya ato beberapa hari sebelum takeoff….

  8. By Agen0573 on Dec 18, 2007 | Reply

    Duduk di dekat mergency door sepertinya ide bagus sebab agak sedikit lega malah kalau di boeing 747 (CMIIW) emergency door yg dekat sayap didepannya adalah deretan mba2 pramugari….lumayan kan kalau mereka lagi duduk pas mau take off dan landing… :)

  9. By Mommy on Dec 21, 2007 | Reply

    Biar ga boring adalh kenalan ma crewnya donk… lirak-lirik.. yg cakep, pasti ga boring, apalgi smp tukeran tlp.. n bisa di ajak ngdate de..or ngDugem …Mwach.. Bikin semagat trb trs…he..he..hidup Zi!!

  10. By Rahmat Zikri on Dec 22, 2007 | Reply

    #8
    ssssttt… kapan kita sepesawat? mau dong… :))

  11. By areyhans on Feb 20, 2008 | Reply

    tiduR,,gosip sama penumpang sebelah (ini tergantung orangnya sih),, tidur lagi, nulis2 agenda, baca,,trus tidur lagi ahaha

  12. By etanol on Jan 27, 2009 | Reply

    biar gak boring, liatin pramugarinya..

    trus nikmati goyangan pesawatnya, pasti terasa sensasi seperti naik jetcoster..

    met kenal,
    salam jogja

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google