Tips Menikmati Penerbangan

Written on 4 March, 2007 – 15:47 | by Rahmat Zikri |

Berada di dalam pesawat terbang pada waktu yang cukup lama merupakan sebuah hal yang menjemukan. Selain tentu saja juga melelahkan. Apalagi jika penerbangan yang dijalani menempuh waktu berjam-jam. Tidak jauh berbeda dengan menumpang bus untuk perjalanan yang lumayan panjang.

Duduk, duduk dan duduk. Itu saja yang dilakukan sepanjang perjalanan. Tentu saja capek dan membosankan. Permasalahannya, jika perjalanan tersebut tetap harus dijalani, bagaimana meminimalisir kelelahan yang mungkin terjadi dan/atau menghilangkan kebosanan tersebut?

Sebenarnya ada banyak cara. Jika anda gemar membaca, cobalah bawa buku-buku bacaan yang sesuai selera. Jika senang bermain games, bawa saja perangkat portable games yang dimiliki. Jika hobi mendengarkan lagu, bisa bawa mp3 player misalnya. Laptop? Why not. Sepanjang semua bisa anda bawa ke dalam kabin dan tidak menyalahi aturan, ya bawa saja. Yang tidak boleh dibawa ke dalam kabin adalah senjata, bahan yang mudah terbakar/meledak atau binatang peliharaan. Yang tidak boleh dioperasikan di dalam kabin penumpang adalah semua peralatan yang menggunakan frekuensi radio dan/atau mengeluarkan sinyal elektromagnetis, karena dapat mengganggu komunikasi antara kokpit pesawat dan menara kontrol di darat.

Pada penerbangan internasional yang menggunakan pesawat berbadan lebar (misalnya Boeing 777, Boeing 747, Airbus A330 dan tentu saja yang akan segera muncul tahun ini double decker Airbus A380) biasanya telah terdapat beberapa fasilitas untuk memanjakan penumpangnya –yang di kelas ekonomi sekali pun–berupa games, musik bahkan video yang bisa diakses dari setiap kursi penumpang.

Untuk mengurangi rasa capek, sebaiknya sering-sering bergerak. Tentunya hilir mudik di dalam pesawat selama penerbangan sangat tidak disarankan. Karena bisa saja tiba-tiba pesawat mengalami goncangan yang bisa berakibat fatal pada penumpang yang sedang tidak mengenakan seat belt. Kalau begitu, bergerak di tempat saja. Melakukan beberapa gerakan peregangan pada beberapa sendi merupakan kegiatan yang bagus. Setidaknya untuk menghilangkan kelelahan di punggung, pinggang, pantat dan kaki. Sekali-sekali berdiri juga bagus. Apalagi jika perjalanan anda sangat jauh.

Sepengetahuan saya, udara di dalam pesawat memiliki kualitas yang bagus. Dibanding udara di sekitar kita sehari-hari, udara di dalam pesawat bisa dibilang tidak cocok untuk tempat hidup bakteri atau virus. Bukan karena tingginya, tapi karena kelembaban udara yang sengaja dibikin kering. Dengan rendahnya tingkat kelembaban udara, bakteri, virus atau mikroorganisme lainnya kemungkinan kecil bisa bertahan hidup. Tapi masalahnya, dengan kelembaban udara yang rendah seperti itu bisa membuat kulit penumpang menjadi kering jika harus berlama-lama di dalam pesawat.

Jika anda terbiasa menggunakan pelembab kulit, tak ada salah menggunakannya. Tapi yang paling penting untuk diingat adalah keringnya kulit tersebut karena tubuh anda mengalami dehidrasi akibat rendahnya kelembaban udara tadi. Solusi yang terbaik adalah banyak-banyak meminum air. Yang terbaik tentu saja air putih. Walau dalam penerbangan biasanya pramugari akan menawarkan beberapa jenis minuman, mulai dari air putih, teh, kopi, jus, minuman bersoda, sampai pada wine (pada penerbangan internasional), sebaiknya hindari minum minuman bersoda, apalagi yang beralkohol. Minuman ini hanya akan membantu anda makin cepat semaput ketika menempuh perjalanan jauh.

Tetapi dari semua yang telah saya sebutkan di atas, hal yang paling baik dilakukan adalah tidur saja di dalam pesawat. Apalagi yang hendak dilakukan dalam ruang gerak yang terbatas tersebut? Hal-hal yang saya sebutkan di atas sebaiknya baru dilakukan jika anda tidak bisa tidur atau sudah bosan tidur berjam-jam :D

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google