Roaming Internasional di Jepang

Written on 19 March, 2007 – 22:45 | by Rahmat Zikri |

Salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh operator telepon selular adalah roaming internasional. Dengan fasilitas ini, pelanggan bisa menerima dan melakukan panggilan atau pesan singkat (SMS) sekali pun sedang berada di luar negeri.

Untuk dapat menikmati fasilitas roaming internasional ini, biasanya pelanggan mesti terlebih dahulu mengaktifkannya (dengan mengajukan permohonan ke pihak operator). Sepanjang pengetahuan saya, untuk operator-operator di Indonesia sampai dengan saat ini hanya memberikan fasilitas tersebut ke pelanggan paskabayar (berlangganan). Setelah fasilitas diaktifkan, kapan pun kita pergi ke luar negeri, kita akan tetap bisa menggunakan handphone seperti biasa. Yang tidak biasa (dan yang perlu diingat) adalah biayanya!

Walau kita tetap bisa menerima dan mengirim pesan singkat (sms) atau melakukan panggilan, harganya bisa berkali-kali lipat. Sebagai contoh, biaya kirim SMS (maks 160 karakter) antar operator di Indonesia rata-rata Rp 350/buah, kalau kita kirim SMS pada saat sedang roaming internasional di Amerika Serikat adalah $ 0,40 (atau sekitar Rp 3.680 pada kurs 9.200)… dan mestinya masih ditambah pajak lagi! Sekarang silahkan bayangkan kalau menggunakan handphone tersebut untuk melakukan panggilan.

So far, saya kurang tahu apakah menerima SMS ketika kita sedang berada di luar negeri terkena charge atau tidak. Tapi kalau menerima panggilan, dijamin afdol, tagihan pulsa telepon anda akan melonjak. Anggap nomor telepon anda adalah nomor Jakarta. Saat ini anda sedang roaming internasional di Los Angeles. Orang yang menelpon anda kapan pun hanya akan terkena biaya telepon ke nomor Jakarta (misal si penelepon ada di Bandung). Namun, biaya tanggungan pulsa Jakarta – Los Angeles adalah tanggungan si pemilik nomor telepon. Semakin sering anda mengangkat telepon masuk ketika sedang di luar negeri, semakin cepat pula isi kantong terkuras.

Khusus untuk di Jepang (setidaknya sampai dengan saat ini yang saya tahu), tidak ada sinyal GSM. Jadi, jika anda berharap menikmati fasilitas roaming internasional di Jepang, mungkin anda akan kecewa karena tidak bisa memanfaatkannya. Tapi jangan putus asa dulu, masih ada harapan… Syaratnya, handset yang anda gunakan mendukung teknologi 3G dan juga kartu telepon (SIM card) anda telah menggunakan teknologi 3G juga (jika masih menggunakan kartu yang lama, silahkan hubungi pihak operator telepon selular anda (Telkomsel, Indosat atau Excelcomindo) untuk mendapatkan kartu baru yang mendukung teknologi 3G).

Untuk ‘kasus’ di Jepang ini, saat ini saya sedang menikmati fasilitas roaming internasional di Jepang setelah mendapatkan handset Nokia Jepang pinjaman dari Husni, yang sekaligus juga jadi tuan rumah tempat saya menumpang makan dan tidur selama di negeri sakura :D

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google