Roaming Internasional di Jepang

Written on 19 March, 2007 – 22:45 | by Rahmat Zikri |

Salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh operator telepon selular adalah roaming internasional. Dengan fasilitas ini, pelanggan bisa menerima dan melakukan panggilan atau pesan singkat (SMS) sekali pun sedang berada di luar negeri.

Untuk dapat menikmati fasilitas roaming internasional ini, biasanya pelanggan mesti terlebih dahulu mengaktifkannya (dengan mengajukan permohonan ke pihak operator). Sepanjang pengetahuan saya, untuk operator-operator di Indonesia sampai dengan saat ini hanya memberikan fasilitas tersebut ke pelanggan paskabayar (berlangganan). Setelah fasilitas diaktifkan, kapan pun kita pergi ke luar negeri, kita akan tetap bisa menggunakan handphone seperti biasa. Yang tidak biasa (dan yang perlu diingat) adalah biayanya!

Walau kita tetap bisa menerima dan mengirim pesan singkat (sms) atau melakukan panggilan, harganya bisa berkali-kali lipat. Sebagai contoh, biaya kirim SMS (maks 160 karakter) antar operator di Indonesia rata-rata Rp 350/buah, kalau kita kirim SMS pada saat sedang roaming internasional di Amerika Serikat adalah $ 0,40 (atau sekitar Rp 3.680 pada kurs 9.200)… dan mestinya masih ditambah pajak lagi! Sekarang silahkan bayangkan kalau menggunakan handphone tersebut untuk melakukan panggilan.

So far, saya kurang tahu apakah menerima SMS ketika kita sedang berada di luar negeri terkena charge atau tidak. Tapi kalau menerima panggilan, dijamin afdol, tagihan pulsa telepon anda akan melonjak. Anggap nomor telepon anda adalah nomor Jakarta. Saat ini anda sedang roaming internasional di Los Angeles. Orang yang menelpon anda kapan pun hanya akan terkena biaya telepon ke nomor Jakarta (misal si penelepon ada di Bandung). Namun, biaya tanggungan pulsa Jakarta – Los Angeles adalah tanggungan si pemilik nomor telepon. Semakin sering anda mengangkat telepon masuk ketika sedang di luar negeri, semakin cepat pula isi kantong terkuras.

Khusus untuk di Jepang (setidaknya sampai dengan saat ini yang saya tahu), tidak ada sinyal GSM. Jadi, jika anda berharap menikmati fasilitas roaming internasional di Jepang, mungkin anda akan kecewa karena tidak bisa memanfaatkannya. Tapi jangan putus asa dulu, masih ada harapan… Syaratnya, handset yang anda gunakan mendukung teknologi 3G dan juga kartu telepon (SIM card) anda telah menggunakan teknologi 3G juga (jika masih menggunakan kartu yang lama, silahkan hubungi pihak operator telepon selular anda (Telkomsel, Indosat atau Excelcomindo) untuk mendapatkan kartu baru yang mendukung teknologi 3G).

Untuk ‘kasus’ di Jepang ini, saat ini saya sedang menikmati fasilitas roaming internasional di Jepang setelah mendapatkan handset Nokia Jepang pinjaman dari Husni, yang sekaligus juga jadi tuan rumah tempat saya menumpang makan dan tidur selama di negeri sakura :D

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--
  1. 14 Responses to “Roaming Internasional di Jepang”

  2. By Mira on Mar 20, 2007 | Reply

    Untuk Telkomsel, malah untuk roaming international untuk prabayar itu cukup dengan menelepon minta diaktifkan ke Call Center. Untuk teknologi 3G gak perlu ganti kartu, cukup ketik 3G sms ke 3636 untuk Telkomsel.

  3. By szn on Mar 21, 2007 | Reply

    Kalo ada yang murah, ngapain cari yang mahal? :)

  4. By Anthony Fajri on Apr 1, 2007 | Reply

    oh.. ternyata intinya zikri tidak punya handset 3G :) *ngacirrr*

  5. By putri on Aug 6, 2007 | Reply

    mr. zik hajimemashite, udah pernah ke tokyo-yokohama kan yah?.. :p (liat di fotografer.net-jadi berasumsi sendiri) aku mau tau tempat2 menarik untuk ‘stroll’ yang nggak terlalu menguras tenaga dan kocek dong.. dengan kata lain rute yang efisien dan efektif. ada rencana berkunjung ke japan 2008 nanti tapi masih blum ada bayangan mau ngapain dan kemana aja.. ;p jadi.. boleh minta sharing pengalamannya kah?.. arigatougozaimashita..

  6. By Jocky on Nov 15, 2007 | Reply

    halo mr.zikir,,, saya mau tanya nich… saya skrg berada di tokyo dan menggunakan kartu halo dan headset nokia 3G dan bisa menerima, plus memakai. saya ingin tanya, TARIF nya sekitar berapa ya untuk menerima telpon, menelpon, dan sms nya ??? mohon info nya… makasih banyak atas bantuan nyaaaaa..

  7. By Rahmat Zikri on Nov 16, 2007 | Reply

    #5
    saya lupa dulu nemu tabel-nya di mana.. mestinya di salah satu website operator GSM di Indonesia..

    yang saya ingat, tarif yg berlaku itu bergantung dari negara mana yang kita kunjungi. tapi kurang-lebih, tarif untuk kirim SMS adalah sekitar USD 0.50 (jadi sekitar 5 ribu rupiah per SMS!). ini karena operator GSM Indonesia yang kita pakai mesti berbagi ‘fee’ dengan operator yang kita pakai di negara tsb karena pemakaian fasilitas.

    dari harga tersebut, mestinya cukup terbayang berapa harga yg mesti dibayar kalau kita menelpon pakai telpon Indonesia. solusi yang biasa dilakukan banyak orang adalah membeli nomor lokal. tapi masalahnya tidak semua negara membolehkan beli nomor seperti beli kacang goreng (seperti di Indonesia). beberapa negara hanya menjual nomor yang dibundel jadi satu paket dengan handset (diperhitungkan dalam pembayaran bulanan, termasuk di Jepang).

    jangan lupa, menerima telpon pun kita mesti bayar (sekali lagi, karena kita memakai fasilitas orang lain).

  8. By Agen0573 on Dec 18, 2007 | Reply

    Saya tinggal di Yokohama. Saya menggunnakan simpati prabayar sekitar 4000 rupiah per SMS dgn catatan Cellphonenya harus 3G.
    Bisa juga pake layanan SMS dr “Brastel” dgn sistem pembelian Voucher perSMSnya 50yen…dgn kurs 1 yen=80rupiah jatuh2nya sama juga.
    Kesimpulannya di Jepang emang ga ada yang murah :)
    Kalau mau telpon murah ya pake Skype atau Yahoo cuma musti bawa laptop kemana-mana…. :))
    Atau beli kartu telpon “made in china” yg relatif murah. Cuma kadang pulsanya suka ngaco, (tiba2 habis tanpa dipake).

  9. By hendraa on Dec 27, 2007 | Reply

    numpang iklan ya mas…
    ~~~~~~~~~~~~~~..
    Mulai 18 Desember 2007…
    kartu AS sudah bisa digunakan untuk International Roaming.
    Sementara ini baru bisa digunakan di Arab Saudi dan Negara lain segera menyusul.
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
    ane sering denger tentang mas zik, dari temen2 MUGI semisal mas Elang, salam kenal yahh.. :)
    cuit..cuit..

  10. By nayra on Jul 16, 2008 | Reply

    info terbaru…..
    bagi anda warga Indonesia yang tinggal di Jepang
    dan ingin mengetahui kemudahan
    untuk bertempat tinggal di Jepang kunjungi situs
    http://hidup-di-jepang.co.cc/

    semoga info kami bermanfaat…… Terimakasih^_^

  11. By Telkomsel Ribet on Aug 26, 2009 | Reply

    Saya sudah pake kartu berlangganan telkomsel 5 tahun, begitu minta di aktifkan fasilitas internasional roaming melalui 111, dicek lagi pemakaian saya 3 bulan terakhir, karena rata2 tidak sampai rp.300rb. permohonan tidak bisa diakses.

    disarankan ke grapari terdekat untuk membawa identitas diri (passpor atau KTP), dan kita juga harus deposit terlebih dahulu yang jumlahnya tidak disebutkan, karena harus datang ke grapari.. (perkiraan gw sih minimal 1 juta.. mendingan gw buat jajan dech.. hehehehe..)

  12. By lely on Sep 7, 2009 | Reply

    Saya skr tinggal di Jepang, bagaimana caranya keluarga saya bisa mengirim sms dari hp indonesianya ke keitai(hp) jepang saya?? dimohon infonya.. Terima kasih..

  13. By anti on Oct 14, 2009 | Reply

    teman sy da dijepang,dan rencanay sy diIndonesia mggnkn simpati bgtupun jg dgn tmn sy dijepang.yg mau sy tanyakan bagaimn cry mendaftar roaming internasinal&brp tarif tlpn jepang indonesia/sbliky?
    trmksh

  14. By JGC Group on Oct 21, 2009 | Reply

    Ada teman yg mengatakan HP 3G dan Telkomsel bisa digunakan di Jepang, pernyataan ini salah besar, yg pasti harus dimintakan ke Grapari agar bisa di hubungi baik sms & telp. 3G saja nggak cukup.

  15. By enal on Feb 21, 2011 | Reply

    Saat ini saya tinggal di Tokyo.saya menggunakan Samsung omnia pro B 7320 dan menggunakan kartu Mentari dan kartu Telkomsel.kalau Mentari dari Indosat,pakai signal Docomo.tapi kalau Simpati dari Telkomsel,pakai signal Softbank.waktu saya berangkat dari Indonesia saya tidak pernah aktifkan Internasional Roamingnya tuh.cuman saran saya kalau tiba di Jepang/negara tujuan, jangan lupa pengaturan BAND SELECTION nya di AUTO aja.trus klo gak dapat signal gunakan pencarian MANUAL di setting NETWORKS.gambatte ne.

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google