Jalan-jalan Hemat ke Singapura

Written on 11 April, 2007 – 08:47 | by Rahmat Zikri |

Dulu, orang Indonesia yang berbelanja di Singapura di-identik-kan dengan orang kaya. Belum afdol rasanya jika merasa kaya, tapi belum punya hobi bolak-balik ke Singapura, hanya untuk berbelanja.

Lain dulu lain sekarang. Dulu, ongkos yang perlu dikeluarkan untuk ke Singapura memang mahal. Bayangkan saja, dua dekade yang lampau, di tahun 1990, ketika mulai ada penerbangan swasta nasional (Indonesia) yang melayani rute internasional Jakarta-Singapura, harga tiket pergi-pulang termurah yang bisa saya peroleh adalah 1 juta-an rupiah (lupa persisnya berapa). Itu pun dengan naik penerbangan milik maskapai penerbangan Sempati Air, yang telah lama almarhum sebelum sempat menikmati masa-masa booming penerbangan domestik di Indonesia belakangan ini. Jangan lupa, itu di awal dekade 90-an sebagai pembanding, harga sebuah mobil Toyota Kijang Super yang standar ketika itu adalah sekitar  Rp 15 juta-an. Belum lagi biaya fiskal udara yang mesti dibayar, sebesar Rp 250.000 per orang (sekarang fiskal udara adalah Rp 1.000.000).

Nah, sekarang, dengan booming penerbangan domestik yang terjadi di Indonesia, hukum ekonomi berjalan dengan baik. Dengan semakin banyaknya pilihan penerbangan, harga tiket pun ikut terkoreksi sesuai dengan harga pasar. Harga tidak lagi terlalu ditentukan sewenang-wenang. Karena calon penumpang sekarang punya banyak pilihan.

Dari sekian banyak pilihan yang ada, sebagian besar orang tetap hanya mengetahui rute konvensional ke Singapura, yaitu dari Jakarta (bandara Cengkareng) naik pesawat langsung menuju Singapura (bandara Changi). Walau belakangan ini mulai banyak yang mengetahui jalur alternatif yang bisa lebih murah, yaitu melalui Batam, tapi tidak semua orang tahu.

Bagaimana sih caranya jika kita ingin pergi ke Singapura lewat Batam? Aman kah? Bisa setiap saat? Bisa lebih murah? Jawabannya adalah YA.

Ada banyak pilihan maskapai penerbangan domestik dari Jakarta yang menuju Batam. Harga tiket termurah adalah Rp 200.000 per sekali jalan. Tentunya diperlukan sedikit kesabaran dan juga keberuntungan untuk mendapatkan tiket ini. Yang pasti-pasti sih, normalnya sekitar Rp 250.000-275.000. Kalau mau lebih pasti untuk mendapatkan tiket paling murah, rumus sederhananya adalah hindari pergi/pulang pada waktu akhir pekan, apalagi long weekend. Jangan lupa, di bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta, anda mesti membayar airport tax sebesar Rp 30.000 (untuk penerbangan domestik). Bandingkan saja, untuk penerbangan internasional dari Cengkareng, airport tax yang mesti dibayar adalah Rp 100.000!

Setibanya di bandara Hang Nadim, Batam, sebelum bertemu dengan tempat pengambilan bagasi dari pesawat, anda akan melihat ada sebuah konter penjualan tiket kapal cepat menuju Harbor Front, Singapore. Mampir lah ke situ. Mau tahu strategi saya? Pantau saja dari kejauhan terlebih dahulu. Kalau kira-kira ada orang lain yang akan menuju konter itu juga, dan dia sendirian atau berdua (pokoknya jika dijumlahkan dengan anda dan teman–jika pergi dengan teman/pasangan) tidak lebih dari 4 orang, segera lah mendekat. Untuk apa? Well, nanti saya sebutkan kenapa nya.

Di konter ini, kita bisa membeli tiket kapal cepat tujuan Singapura tersebut seharga SGD 12 untuk sekali jalan, atau SGD 14 untuk tiket pergi-pulang. Harga ini hanya berlaku untuk orang Indonesia (jika anda tidak ber-paspor Indonesia, harganya lebih mahal lagi. Kalau tidak salah SGD 20 per sekali jalan). Boleh dibayar dengan rupiah. Ada 2 pilihan kapal cepat di sini, Batam Fast atau Penguin. Menurut saya, sama saja. Berangkat nya pun nyaris bersamaan. Hanya berselang sekitar 10 menit. Hampir setiap jam ada jadwal berangkatnya.

Selanjutnya, dari bandara Hang Nadim, kita mesti naik taksi menuju pelabuhan. Ada 2 pilihan pelabuhan, Batam Center atau Sekupang. Terserah anda. Tiket ferry yang sudah anda beli valid di ke-dua tempat tersebut. Saya pribadi lebih memilih berangkat dari Batam Center. Lokasinya lebih dekat dari bandara. Memang, konsekuensinya sedikit lebih lama di laut. 60 menit. Sedang jika berangkat dari pelabuhan Sekupang, di laut hanya sekitar 45 menit. Masalahnya adalah, ongkos taksi jadi lebih mahal. Kelebihan lain dari pelabuhan Batam Center adalah bersebelahan dengan mall. Sehingga kalau masih ada waktu sebelum jadwal ferry berangkat, bisa lihat-lihat atau makan siang sebentar.

Ongkos taksi di Batam terbilang mahal. Untuk jarak Bandara Hang Nadim ke Batam Center ongkosnya Rp 70.000. Ngga pakai tawar-tawaran. Dengan jarak seperti itu, dengan naik taksi yang berlogo burung warna biru di Jakarta itu paling hanya sekitar Rp 25.000! Nah, di sini-lah kesempatan untuk kembali berhemat. Semua orang Jakarta yang ke Singapura lewat Batam pasti karena ingin berhemat. Jadi, jangan segan atau malu menegur orang yang sama-sama hendak membeli tiket ferry di konter yang ada di bandara itu, untuk sekadar mengajak bareng naik taksi menuju pelabuhan! Selama ini saya ngga pernah punya pengalaman ditolak. Pasti mau! Paling top bisa ber-empat. Ongkos taksi ya dibagi 4 :-))  Sebenarnya sih, dari waktu di dalam pesawat atau bahkan waktu mau check-in di Cengkareng, anda sudah bisa mencari teman sharing naik taksi di Batam. Coba sedikit lebih jeli, anda pasti bisa membedakan mana orang yang tujuannya memang hanya sampai Batam, mana yang mau terus ke Singapura. Gaya-nya lain :-D

Tiba di pelabuhan Batam Center, anda mesti check-in di konter perusahaan ferry yang anda pilih (Batam Fast atau Penguin. Oh iya, di sini juga ada pilihan lain selain yang dua ini, yaitu Wave Master). Pilih jam yang anda inginkan. Check-in ditutup 15 menit sebelum jam keberangkatan. Di sini anda mesti bayar seaport tax sebesar SGD 3 (seperti airport tax kalau di bandara lah).

Setelah itu, jangan lupa membayar fiskal laut di loket pembayaran fiskal. Biayanya hanya Rp 500.000 (bandingkan dengan fiskal udara dari Cengkareng, tarifnya Rp 1 juta!). Saya termasuk orang yang beruntung karena paspor saya keluaran kantor imigrasi di Lampung. Saya bebas fiskal jika berangkat dari pelabuhan/bandara mana pun di Sumatera. Begitu juga pemegang paspor Sumatera lainnya.

Segera masuk ke ruang tunggu, jangan sampai terlambat, jika memang anda memilih jam keberangkatan terdekat. Tunggu sampai ada panggilan untuk naik ke kapal. Nikmati-lah perjalanan di lautnya. Kapalnya lumayan bagus dan bersih kok.

Perjalanan 60 menit tidak terasa. Sebentar saja sudah tiba di Harbor Front di Singapura. Satu hal yang mesti diingat oleh para perokok, Singapura menerapkan no duty free untuk rokok. Dengan kata lain, berapa pun jumlah rokok yang anda bawa, sedikit atau banyak, akan dikenai cukai. Susah buat yang rokoknya kretek produksi dalam negeri. Harganya di negara singa ini bisa berkali-kali lipat. Tujuannya jelas, supaya orang tidak merokok. Tapi kalau mau lolos sepertinya gampang saja, kalau anda bawa beberapa bungkus, jangan ditaruh bertumpuk jadi satu. Sebar saja di beberapa tempat atau bahkan beberapa tas.

Dari Harbor Front, tinggal tentukan tujuan mau menginap di mana. Saya cenderung menghindari booking terlebih dahulu. Ada banyak pilihan tempat menginap di Singapura. Dari yang kelas backpacker –yang hanya sewa ranjang, sekamar bisa 10-16 orang–sampai hotel berbintang 5.

Karena tema yang saya angkat di tulisan ini adalah cara murah ke Singapura, tentu kita tidak berminat membahas penginapan yang bintang 4 ke atas.

Jika anda sendirian, mungkin menarik untuk coba tinggal di penginapan backpacker. Saya pernah coba di daerah Bugis. Kalau mau cari, silahkan saja naik MRT menuju stasiun Bugis. Saya lupa nama gedungnya. Yang jelas, penandanya adalah Burger King ada di salah satu sisi dari gedung tersebut. Burger King dan penginapan backpacker ini ada pada sisi L. Penginapannya terletak di lantai 3. Anda hanya perlu membayar sebesar SGD 20 per orang untuk kamar yang berisi ranjang tingkat sebanyak 8 buah (jadi kalau full bisa 16 orang). Kamarnya ber-AC. Waktu itu di kamar saya ada beberapa bule cewek dan cowok, ada Jepang dan juga India. Semua friendly. Ciri khas para backpacker. Alternatif lain ada di daerah Little India. Di sana saya malah melihat ada beberapa pilihan penginapan backpacker, yang jika dilihat dari luar sih sepertinya lebih bagus daripada yang pernah saya coba di daerah Bugis. Dibanding dengan alternatif lain, sebenarnya pilihan ini menarik.

Biasanya penginapan backpacker menyediakan beberapa mesin cuci pakaian yang bisa dioperasikan dengan memasukkan uang koin. Selain itu, juga ada yang menyediakan 1-2 PC untuk akses ke Internet dengan sistem pre-paid voucher –dengar-dengar yang di daerah Little India bisa akses Internet gratisan, malah menyediakan wi-fi hotspot juga. Ada ruang TV dengan aneka bacaan/novel yang biasanya merupakan warisan dari turis yang pernah menginap di situ. Breakfast pun disediakan, walau self-service. Ada roti dan mie instan. Juga teh, kopi dan susu. Selesai makan, bersihkan kembali semua peralatan yang anda pakai. Konon ada penginapan backpacker yang dengan kasar meminta tamunya untuk mencuci kembali peralatan makan yang telah pakai; dengan menempel tulisan yang kira-kira berbunyi “Don’t forget to clean up. Your mother doesn’t work here!” Untungnya itu di Eropa.

Update: Penginapan backpacker di Singapura yang memiliki website –sehingga anda bisa melihat-lihat seperti apa suasana di dalamnya– adalah Inncrowd dan Betelbox.

Jika anda kurang tertarik berpetualang dengan gaya backpacker, masih ada alternatif murah lainnya. Datanglah ke daerah Orchard (juga naik MRT). Di sekitar Orchard ada banyak apartemen yang bisa disewa. Yang sudah lumayan dikenal oleh banyak orang Indonesia adalah yang berlokasi di Lucky Plaza. Harga sewa mulai dari SGD 40-80 per malam. Jadi, jika anda tidak sendirian, menyewa apartemen adalah alternatif yang bagus. Apalagi Orchard adalah surganya belanja, mulai dari barang-barang murah dan juga murahan, sampai merk-merk kelas dunia, semua ada di sini.

Kalau anda masih lebih pilih penginapan konvensional –alias hotel– di berbagai penjuru Singapura ada. Seperti yang saya bilang tadi, ngga perlu booking terlebih dahulu. Daerah yang paling banyak hotelnya (yang murah meriah, dengan tarif sekitar SGD 40-80 per malam) ada di seputaran Geylang. Berbeda dengan Bugis, Little India dan/atau Orchard yang namanya terpampang jelas sebagai nama stasiun juga –sehingga anda akan mudah melihat namanya ketika hendak membeli tiket MRT– nama Geylang tidak ada di daftar stasiun yang dilewati MRT. Nama stasiun yang harus anda pilih adalah Aljunied. Jalan kaki sekitar 5-10 menit menuju sekitaran Lorong 22, Lorong 20, Lorong 18 dan Lorong 16 (tanya ke petugas di stasiun atau lihat peta yang ada di mana-mana. Jangan pernah takut tersesat di Singapura. Dari ujung ke ujung negara ini bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dengan mobil!), di sini ada setumpuk hotel. Ketika hari mulai menjelang malam, anda akan tahu kenapa di sini banyak hotel. Ya karena di sini adalah kawasan malam (red-light district) -nya Singapura. Mirip seperti Mangga Besar kalau di Jakarta.

Hotel-hotel di sini biasanya menerapkan juga harga diskon. Itu sebabnya, jangan booking dari Internet atau biro perjalanan anda di Jakarta. Waktu check-in dan mendapatkan tarif (biasanya terpampang di dinding pada front office), coba-lah untuk berpura-pura kaget dan bilang, lho kok segitu..? bukannya harganya mestinya segini… (sambil menyebutkan sebuah angka sekitar SGD 20 lebih murah dari harga yang dipajang). Tentunya ngomong dalam bahasa inggris. Tidak semua orang Singapura mengerti bahasa Melayu, apalagi mereka yang beretnis tionghoa atau india. Mintalah harga diskon, bilang kalau anda sudah sering ke sana. Tentunya selama paspor anda mengatakan bahwa anda sering ke Singapura. Kalau paspor anda tidak mengatakan begitu, bilang saja teman anda sering ke situ dan bilang harganya segini. It works, my friend!

Jika urusan menginap sudah selesai, tinggal urusan jalan-jalan. Semua orang Indonesia yang jalan-jalan ke Singapura pasti ke Orchard, walau mungkin hanya melihat-lihat. Tempat wajib lainnya adalah melihat dan berfoto di dekat patung singa (namanya Merlion. Naik MRT menuju Raffles City). Untuk berbelanja yang murah (street shopping) bisa dilakukan di Bugis atau China Town. Sebagai contoh, harga kaos bergambar dengan tulisan “Singapore is a fine city” yang populer itu bisa diperoleh seharga SGD 10 untuk 4 buah t-shirt berbagai ukuran. Salah satu tempat belanja “wajib” lainnya bagi orang Indonesia adalah Mustafa center. Naik MRT, turun di Little India. Pusat belanja yang satu ini sudah tersohor murahnya.. dan yang terpenting, dia buka 24 jam dalam sehari!

Masih banyak lagi segudang tempat menarik lainnya di Singapura. Ada banyak brosur yang bisa anda ambil di berbagai tempat publik di Singapura. Salah satunya ada persis di depan pintu anda keluar dari tempat pemeriksaan barang ketika baru turun dari kapal cepat yang membawa anda dari Batam.

Intinya, untuk jalan-jalan ke Singapura sekarang tidak perlu bermodal banyak. Yang penting tahu harus bagaimana. Oh iya, untuk jalur pulang, kali ini tidak ada salahnya untuk memilih rute langsung dari bandara Changi di Singapura untuk langsung menuju Jakarta. Setidaknya pada saat ini sudah ada beberapa maskapai penerbangan nasional Indonesia yang melayani rute Singapura-Jakarta; Garuda Indonesia, Merpati, Lion Air dan Adam Air. Kalau mau coba pesawat milik maskapai luar negeri seperti KLM, Cathay, Singapore Airlines, dsb juga menarik tuh. Sekali-sekali nyobain pesawat besar! Tiket tentunya sudah pesan dari Jakarta.

Note: tulisan berlanjut ke Melancong ke Kuala Lumpur.

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--
  1. 345 Responses to “Jalan-jalan Hemat ke Singapura”

  2. By Mira on Apr 11, 2007 | Reply

    Dari dulu pingin jalan-jalan ala backpacker belum kesampaian aja… Sekalian info jalan-jalan murah ke US dong.

  3. By admin on Apr 11, 2007 | Reply

    #1:
    jalan-jalan murah ke US? caranya ngesot di darat plus ngojay di laut :)) edisi US nanti yah mbak :D

  4. By kudaganesha on Apr 11, 2007 | Reply

    orang kayak lu, masih suka yg murah2 zik ?

  5. By admin on Apr 11, 2007 | Reply

    #3:
    wots wrong? hehehe.. gw kan masih kere :D

  6. By nonik djadoel on Apr 11, 2007 | Reply

    deuh, jadi kepingin ngebackpack ke sana lagi, hehehe…. kalo ke SIN, belanja yang murah2 mending ke bugis atau ke china town, nyelip2, suka dapet yang keren murah meriah… slurpss pulaak…

  7. By nonik djadoel on Apr 11, 2007 | Reply

    #4
    biar ngaku “kere” tapi gini-gini bisa moto2 bill gates … yihaaaa….

  8. By Anthony Fajri on Apr 12, 2007 | Reply

    Zik.. ditunggu tips-nya JALAN-JALAN MURAH DI JAKARTA

    oh iya, nanti pulangnya jangan lupa siapin harbour-tax di harbour front sebesar $10

  9. By rendy on Apr 12, 2007 | Reply

    aha,,,,

  10. By admin on Apr 12, 2007 | Reply

    #7

    tumben elu ngomong bener.. iya, kalau pulangnya mau lewat Batam lagi, jangan lupa sisakan duit SGD 10 utk seaport tax di Harbour Front.

  11. By vieldhie fukumoto on Apr 12, 2007 | Reply

    Kalo mau backpacker-an, lain kali ajak2 ya… :-)

  12. By admin on Apr 12, 2007 | Reply

    #10:
    私のゲストがありなさい

    (tulisan hanya muncul kalau di PC anda telah ter-install karakter jepang nya)

  13. By firman on Apr 12, 2007 | Reply

    mantapp… alah… om zikri mah lagi iseng doang tuh nyobain hotel2 backpacker… biasanya kan dia di bintang 5 :p hehehe

  14. By Hasyim on Apr 18, 2007 | Reply

    trims infonya, rasanya sy sudah di batam nih, tapi mau tanya adakah hotel murah, di dekat pelabuhan?

  15. By admin on Apr 18, 2007 | Reply

    #13
    haduh mas, nanggung amat.. kenapa ngga langsung nyebrang? sepanjang yang saya tahu ngga ada hotel di dekat pelabuhan Batam Center. kalau mau cari di daerah Nagoya saja.

  16. By Ghege on Apr 18, 2007 | Reply

    Om zikri, ada-in dunks jalan-jalan ruame-ruame ala backpacker..???
    Buat MUGI misalnya, hehehehehe….

  17. By mca on Apr 22, 2007 | Reply

    zikri,

    ada hotel murah, Penang Hotel di daerah lavender. Kira-kira 10 menit jalan kaki dari Lavender MRT. Tarif S$50/malam (non backpaker). Ada kamar backpaker di lantai 1 tarifnya S$15.

    Nggak dapt brakfast, benar-benar buget :). Tapi di seberang hotel ada hawker center, cukup gede. Bisa makan nasi lemak harga S$2 – S$2.5, dan itu running 24 jam.

  18. By Koen on Apr 24, 2007 | Reply

    November lalu sempat coba sih cara ini. Tapi coba2 sendiri. Coba kalau sempat baca tulisan ini dulu sebelum berangkat …

  19. By phey on Apr 26, 2007 | Reply

    hai gw mo jln ke spor n kl.mo nyobain backpack sih. bisa kasih pilihan hotel di kl, yang backpak tentunya. tenkyu

  20. By Zikri on Apr 26, 2007 | Reply

    #18
    beberapa alternatif bisa dicari di seputaran Bukit Bintang, lebih spesifik lagi bisa dicoba di Jalan Tengkat Tong Shin (Bukit Bintang) dan sekitarnya. bisa juga ke daerah pecinan, di Jalan Petaling. Ranjang backpacker bisa sekitar RM 30-an.

    kapan rencana ke KL? saya ada rencana bikin tulisan perjalanan ke KL.

  21. By singa on Apr 28, 2007 | Reply

    thanks ya, infonya bearti banget^.^

  22. By dopay on Apr 30, 2007 | Reply

    budget makan and transport (MRT)di sing rata2 perhari berapakah?btw tau info sing ke johor bahru kah?lamanya, schedule bus or train, dan harganya? tq yak..

  23. By Zikri on Apr 30, 2007 | Reply

    #21
    untuk makan sekitar SGD 5/sekali makan sudah cukup (di kelas pinggir jalan atau semacam pujasera/foodcourt). refer ke nomor #16 tuh. untuk sarapan nasi lemak (seperti nasi uduk) SGD 2.50, plus minum teh tarik SGD 1.

    budget untuk transport sih tinggal pintar2 nya bikin schedule. memungkinkan kok untuk jalan kaki terus dari satu lokasi ke lokasi yg lain. kalau mau naik turun MRT, per hari SGD 10 sepertinya sudah lebih dari cukup.

    untuk yg ke KL nanti saya akan buat tulisan sendiri. dari Singapore ke Johor Bahru bisa naik bus dari beberapa tempat. yang saya ingat: dari Bugis (dari stasiun MRT mesti jalan sedikit) atau dari Kranji (di kompleks stasiun MRT nya), cari bus yg ke Johor (tanya saja ke orang di sekitar situ). tarif sekitar SGD 2.50. bus jalan setiap 15-20 menit sekali.

  24. By yayadias on May 3, 2007 | Reply

    bikin edisi london dong uda! gimana nyiasatin pounds mereka yang tetep berjaya n gak turun2.

  25. By azroel on May 8, 2007 | Reply

    kalo mo beli oleh2 yg murmer ada yang murah banget tuh di harbourfront.. harganya sekitar 3$ atau 10$ dapet 3

  26. By yorie on May 8, 2007 | Reply

    hi gw mo jalan ke penang tapi mau ke spor & KL dulu niy. Alternatif yg murah apa niy, apakah ke Jkt-Btm-Spor-KL-Penang or sebaliknya? trus dari Spor-KL and KL-Penang naik apa n berapa lama ya? Tq ya… :)

  27. By Zikri on May 8, 2007 | Reply

    #25
    alternatif yg termurah adalah: Jakarta-Batam-Singapore, Singapore-Johor Baru (naik bus, l.k 40 menit), sambung Johor Baru-Kuala Lumpur (naik bus, l.k 4,5 jam). Kuala Lumpur – Penang (naik bus, l.k 4 jam). dari Penang balik lagi ke KL, langsung ke JKT naik pesawat :)

  28. By yorie on May 8, 2007 | Reply

    dari spor tdk ada yg langsung ke KL? apakah harus melalui Johor Baru semua? bis apa yg ada? dari Penang g ada yg lgsg ya? krn bawa anak 2 thn niyh… Tq :):):)

  29. By Zikri on May 8, 2007 | Reply

    #27
    ada mas.. tapi harganya jadi 2x lipat. naiknya dari terminal Golden Miles (Singapore). harga SGD 26 per orang. kalau dari JB cuma RM 24 (ringgit tuh setengahnya dollar singapura). dari SIN-JB cuma SGD 2.50-an. nanti bus yg dari Golden Miles juga ngangkut penumpang di JB. judulnya, mobilnya itu-itu juga :D

    nanti saya bikin tulisan deh. minggu ini :)

  30. By yorie on May 9, 2007 | Reply

    ditunggu ya mas… :)
    minta infonya jg ya kalau ada untuk penginapan dan tempat wisata & belanja di KL and penang…
    Tq sooo much :). Btw Mba loh bukan Mas hehehehehe…

  31. By Zikri on May 11, 2007 | Reply

    #29:
    sudah saya bikinkan di sini nih jeng.. :)

  32. By asyri on May 13, 2007 | Reply

    trims atas info nya ya,…kasi tips2 jalan2 murah laennya aja untuk jalan2 ke hong kong.. sekarang kan baru buka disneyland nya.. orang2 pasti pada banyak banget yang minat ke sana. ayo ,, gw dukung,, karna gw juga pengen ke hk,,

  33. By yorie on May 14, 2007 | Reply

    thanx bgt ya infonya. Tanya lagi nih, ada tidak pesawat dari singapore langsung ke Penang? or transportasi lainnya yg langsung?
    Thx… :)

  34. By Zikri on May 14, 2007 | Reply

    # 32
    banyak kok.. pesawat ada. bus juga ada. naik dari Golden Miles.

  35. By yorie on May 14, 2007 | Reply

    pesawatnya apa aja ya mas? td aku liat singapore airlines mahal.
    kalau naik bus makan waktu berapa jam ? Thx

  36. By rieva on May 14, 2007 | Reply

    tengkyu bul atas infonya :)

  37. By Zikri on May 16, 2007 | Reply

    #34
    saya ngga hapal pesawatnya apa aja.. kalo naik bus l.k 8 jam :D duduknya 2-1 gitu koq. nyaman2 aja.

  38. By uuy on May 21, 2007 | Reply

    mau dong liputan jalan2nya yg standard aja duehh..jgn murah2 buanget….oce

  39. By yorie on May 22, 2007 | Reply

    need info dongs… kalau dari KL – Jakarta selain air asia yg murah apalagi y? Thanks… :)

  40. By asyri on May 23, 2007 | Reply

    eii bales dong comment sy.. ada tdk ya tips jalan2 murah ke hk ..?? thank u..

  41. By Zikri on May 23, 2007 | Reply

    #39
    sowry saya lagi di SIN dan nge-warnet doang :D
    kalau ke HK ngga ada tips khusus. paling cari tiketnya jurusan singapore-hongkong. dari Jakarta nya ke Singapore via Batam :)

  42. By maya on May 23, 2007 | Reply

    mas zikri, bln dpn saya dan teman2 berencana ke KL lewat sing, tp kalo baca penjelasan naik turun bis begitu..kok aga repot ya? secara bawannya pasti banyak, krn kita ke sing utk urusan kerjaan, bukan backpacking..kalo naik bis dr golden miles, nanti di imigrasi juga prosesnya sama ya? hrs pindah2 bis juga? thx b4

    btw, lulusan SMA 2 T.Karang bkn mas?

  43. By Zikri on May 23, 2007 | Reply

    #38, sepertinya cuma itu.. atau kalau mau coba, cari tahu penerbangan dari Eropa yang mampir di KL dan lanjut ke Jakarta (biasanya lanjut lagi ke kota lain). harga dan kualitasnya oke banget.

  44. By Zikri on May 23, 2007 | Reply

    #41
    kalau diganti ama kantor, kenapa ngga naik pesawat aja? :D
    yang dari Golden Miles, nantinya tetap harus naik-turun ke imigrasi di perbatasan Singapore-Malaysia. tapi ngga perlu bawa2 barang. nanti bus nya tetap yang itu lagi (jadi mesti ingat nomor bus nya)

    iya saya SMA 2 Tanjungkarang (90-93). sama? :D

  45. By maya on May 24, 2007 | Reply

    Diganti kantornya cuma sampe sing, ke KL-nya swadaya.. :)

    iya, kita satu almamater, tp berbeda tahun..saya 94-97. tapi kakak saya 1 angkatan sama mas zikri, namanya wahyu wijaya sari..mungkin kenal juga..

    btw, ada info ttg apartment yg bisa daily rent di KL?

    Mas, trims infonya ya..your blog is very resourceful!

  46. By Zikri on May 25, 2007 | Reply

    #44
    ooowww, adeknya wahyu.. dulu sekelas pas 1.1.
    kalau di KL saya gak pernah pakai apartemen. tapi mestinya banyak koq. paling gampang itu telusuri aja seputaran daerah Bukit Bintang.

  47. By boti on May 26, 2007 | Reply

    Dear Mas Zikri,
    Mas, saya mo infonya donk. Saya dari Jkt mo ke KL & Sing via Batam. Tujuan pertama saya adalah KL, kira2 menurut Mas Zikri jalur mana yang baik untuk ke KL, apakah dari Batam to Johor (Stuang Laut) or Batam to Sing dan langsung lanjut ke KL via bis.
    Ditunggu kabar2inya yah Mas. Terimakasih yah Mas atas bantuannya.

  48. By Zikri on May 27, 2007 | Reply

    #46
    Kenapa ngga jalan2 dulu di Singapore, baru ke KL, lalu pulangnya langsung dari KL ke Jakarta? ini lebih hemat waktu dan biaya.

    Tapi kalau tetap mau ke KL dulu, boleh langsung dari Batam naik ferry ke Johor. dari Johor naik bus ke KL.

  49. By maya on May 28, 2007 | Reply

    #45
    tepatnya sih adek ipar, mungkin kenal juga sama suamiku, wisnu (92-95) yg merasa mengenal mas zikri..what a small world! :)

    btw, boleh tau nama hotel di daerah bukit bintang yg sering disambangi mas Zikri? ktnya rate-nya proporsional, saya lg cari2 nih dan sangat butuh rekomendasi. Saya pernah menginap di royale bintang..tp saya butuh komparasi. makasihhh…

  50. By Benjamin Nelwan on May 29, 2007 | Reply

    Guys, aku baru pulang dari singapore, bangkok and manila, minggu lalu.
    China Town Singapore menurut aku adalah China Town terindah di dunia compare to the ones in Hongkong, SF, LA, San Diego, Hamburg, Amsterdam, Manila apalagi Jakarta.

    Jadi hukumnya, Ke Singapore musti keliling China Town… very charming!!!….
    Cari guidenya di Singapore Visitor Center, gratis!!! di Changi airport atau di Orchard Road…

    Cheers,

    Benjamin
    Esia 93272518

  51. By Benjamin Nelwan on May 29, 2007 | Reply

    Nambahin lagi maksudku guide book nya gratis di Singapore Visitor Center di Changi atau di Orchard road.

    Di china town ada Chinese garden kecil diatas jalan raya tepat diatas China Town MRT yang bagus banget buat foto2.

    Kalo mau cari souvenir murah di basement Lucky Plaza aja di Orchard Road.

    I enjoyed Singapore very much…

    Bon Voyage!!!

    Benjamin

  52. By asyri on Jun 3, 2007 | Reply

    makasih ya infonya.. btw emang ada ya rute batam-johor ? pake kapal apa sih? apa kapal nya sama kaya dari batam-sin ? durasi nya brp lama ya?
    tq,,

  53. By Zikri on Jun 3, 2007 | Reply

    #51
    ada mas.. sama seperti kapal batam-singapore. durasinya beda-beda tipis deh.

  54. By asyri on Jun 4, 2007 | Reply

    o ya,, mksi,,terus kalo yang dari batam-KL langsung ada ga? soalnya naek bus kan lama kalo dari sin-KL bisa 5-6 jam kan.. tq.

  55. By Zikri on Jun 4, 2007 | Reply

    #53
    ngga ada trayek Batam-KL. dari Sin-KL sekitar 5 jam-an.

  56. By asyri on Jun 4, 2007 | Reply

    ok mas, makasi yaa,,

  57. By fandi on Jun 6, 2007 | Reply

    mau tanya kalo dari sg ke kl selain naik bus ada alternatif lain ga ya?
    kapal laut ada ga?

  58. By Zikri on Jun 6, 2007 | Reply

    #56
    Alternatif lain adalah naik kereta api. Silahkan buka website Keretapi Tanah Melayu Berhad di sini.

  59. By satriyo wibowo on Jun 7, 2007 | Reply

    Boleh sumbang pengalaman nih?

    KL
    Saran pribadi tentang KL: ga usah bela2in kesana. Walau sama2 Melayu, tapi pelayanan orang KL kok rada2 judes ya… Tourist attractionnya juga kurang. Kalo masih pengin, atur waktu di KL maks 2 hari 1 malam, sisanya fokusin ke Genting. Di Genting ada 3 wahana yang must try: belajar terjun payung di skydive, masuk ruang salju, ngicip terbangnya di spiderman (kayak halilintar tapi posisi tubuh kita tengkurap). Banyak yg lain jg, tp karena cuma kmrn seting waktunya salah, ga bs icip semua ;(.

    Bangkok
    Must go lah…. Banyak tourist attraction, kemana2 relatif mudah (ada MRT dan skytrain, taxi jg ga mahal, lewat sungai bisa jg), most friendly buat turis (losmen backpacker banyak…). Untuk yg Muslim, paling enak cari penginepan di daerah Sukhumvit yg deket hotel Landmark krn di seberang hotel ada perkampungan Arab/Mesir, jd cari makanan halal gampang. Ada masjidnya jg. Ato kl pgn di hotel, coba hotel di mal MBK(Ma Bung Krok) krn di foodcourtnya ada makanan halal yang enak tenan! MBK pusat hape dan souvenir, dan deket dgn Siam Paragon yg punya Imax 3D paling bagus se-Asia.
    Selain itu, jangan lupa ke Chao Phraya naik boat, liat floating market, ke istana negara, dan kl datang bersama istri, dinner di atas Chao Phraya pake kapal ;)

    Hong Kong
    Pas ke HK blm ada Disneyland, jd ga bs cerita. Untuk Muslim, disarankan cari penginapan di daerah Causeway Bay karena dekat konjen Indonesia. Karena itu pula, gampang cari warung soto ato nasi goreng deket2 situ yang halal punya. Misal Warung Chandra +852 28810103 ato Warung Malang +852 29157859. Deket sana ada tempat laundry jg yg murah. Tourist attractionnya lumayan banyak, jgn lupa ke the Peak pake kereta yg naiknya 45 derajat mendaki bukit. Kl belanja sovenir ke night market di daerah Kowloon
    Kl senang berburu barang murah, naik kereta ke Shen Chen, bawa 1 kopor kosong, beli visa on arrival yg 1 hari, masuk ke mal yg deket stasion kereta. Tips belanja: masuk toko, ambil semua barang yg diinginkan, tanyakan harga total, tawar 10-15% dari harga yg diberikan. Kalo yg jual ga mau, tinggal pergi masuk toko lain ;).

    Hollywood, LA
    Must see : Universal Studio!
    Habisin waktu dan uang : Disneyland Anaheim (gua dari Hollywood ke sana total di perjalanan pk MRT&bus = 5 jam pp)
    Mampir unt foto2 saja : Kodak Theater dan Walk of Fame
    Di LA MRTnya ga jangkau semua wilayah dan bus Metro cm datang tiap 0,5jam sekali. Taxi mahal sekali. Jadi bisa habis waktu di jalan.

  60. By asyri on Jun 7, 2007 | Reply

    aduh mas zikri mau tanya lg ya,, kalo ke china itu biasa nya yang biaya nya relatif murah gimana ya cara nya?
    makasi,,

  61. By Zikri on Jun 7, 2007 | Reply

    #59
    ke kota mana dulu? tapi yang jelas tetap lewat singapore deh buat pilihan yg terbaik. karena ke singapore nya kita bisa hemat biaya via batam. di singapore juga banyak budget flight yg menuju beberapa kota di china.

  62. By asyri on Jun 9, 2007 | Reply

    saya mau nya ikut tour dari sin-china … harga nya lebih murah ga ya kalo di bandingin sm dari indo ??
    mkasi..

  63. By Zikri on Jun 9, 2007 | Reply

    #61
    jawabannya mirip seperti jawaban saya di nomor #60. jelas bisa lebih murah dari Singapore, caranya, ke Singapore via Batam. lalu di Singapore ke China nya naik budget flight (ada beberapa maskapai).

  64. By asyri on Jun 14, 2007 | Reply

    travel di singapore yang bagus ada di mana yah?

  65. By phey on Jun 15, 2007 | Reply

    maap baru on lg.
    rcna 13 jul – 22 jul. rute lwt batam-sin-kl. itinerary
    1st day : jkt -btam. batam -s’por – hostel di little india/chinatown
    2nd day sentosa, merlion park.
    3rd day : orchard-esplanade-kl. by bus
    apa ada saran hostel n t4 makan?
    empat hari berikutnya masih kosong, rencana ke bangkok tp blm beli tiket. tiger airways/jet star/air asia, bagaimana? bisa dibantu itinerary?
    tgl 20-22 di kl, karena tiket dari kl air asia.
    liputan mengenai kl-nya bisa dijadikan petunjuk bagus mas

  66. By abraham irawan on Jun 18, 2007 | Reply

    katanya hilton

  67. By Zikri on Jun 18, 2007 | Reply

    #65
    tergantung “musim” kali yah :))
    ini posting tanggal berapa pun…

  68. By jefri on Jun 18, 2007 | Reply

    maz mo nanya klo skrg SGD 1 brp rupiah seh,,,,o ya skalian mo nanya obyek wisata yang bagus2 di SIN apa aza??? plus harga per objek nya pls bls skrg

  69. By Zikri on Jun 18, 2007 | Reply

    #64
    Kalau mau nginap di Little India, hostel backpacker yang bagus menurut saya Inncrowd atau Fragrance. Keduanya berdekatan.
    Kalau mau di Chinatown, bisa coba Traveller’s Rest Stop. Bulan lalu saya mau cobain yang ini, iseng go-show tapi ternyata full. Kelihatannya menyenangkan.
    Kalau mau ke Bangkok lewat Kuala Lumpur, bisa pesan tiket via website Air Asia dari sekarang.

  70. By Zikri on Jun 18, 2007 | Reply

    #67
    Soal kurs kan bisa lihat di koran atau web bank mas.. sekarang sekitar Rp 5.800.
    Untuk obyek wisata, bisa lihat-lihat di sini. Atau bisa datang ke Singapore Tourism Board di gedung Danamon (depan ITC Kuningan/Mal Ambassador), bisa ambil brosur-brosur gratis!

  71. By cynthia on Jun 19, 2007 | Reply

    hallo, zikri…

    saya tanggal 21 juni entar kan ke KL, sekaligus ke JB untuk menghadiri pernikahan temen saya di JB. untuk penginapan di JB dan di Singapore saya sudah dapat. yang saya masih belum dapat adalah untuk tanggal 21,24, 25, 26 Juni 2007 di KL. sebenarnya saya tertarik dengan info yang mengenai sewa kamar di apartemen KL Plaza Suite, harganya cuma RM80 lagi, cuma sayangnya udah penuh, baru kosong tanggal 27, waktu saya harus balik ke indo, hehehehe. Mungkin bisa dibantu cari dengan budget segitu, di apartment yang laen kaya model2 Lucky Plaza. soalnya hostel saya males, sementara hotel kemahalan, karena kalo bisa saya stay di daerah bukit bintang karena akses kemana2 gampang. maklum cewe sendirian. thanks

  72. By phey on Jun 21, 2007 | Reply

    tq infonya mas.boleh tanya lg ni? kalo di bugis bgmn,nss? biaya makan harian di s’por bkisar brp? bangkok by plane dr kl apa kena fiskal?bgmn dengan nanti kluar bkk?trims

  73. By izat on Jun 21, 2007 | Reply

    saya rasa tertarik dengan info travelling yang saudara berikan. Bahasanya juga agak mudah untuk saya fahami.Terima kasih .

  74. By Zikri on Jun 23, 2007 | Reply

    #71
    di bugis oke juga. biaya makan tergantung makan apa dan di mana yah. kalau yang biasa saja, SGD 5 sekali makan deh.
    yang ngenain fiskal kalau warganya mau ke luar negeri itu kayaknya cuma Indonesia :))

  75. By phey on Jun 25, 2007 | Reply

    makasih infonya mas. jangan bosen bantu2 yach

  76. By b0wo on Jun 25, 2007 | Reply

    berikut informasi terbaru tentang jalan2 ke singapura, lengkap dengan fotonya http://b0wo.blogspot.com/2007/06/go-to-singapore-for-dummy.html semoga bermanfaat

  77. By Rangga on Jun 25, 2007 | Reply

    Hallo salam kenal, saya berencana ke SPORE – MALAY – THAI.
    Kalau dari Malay ke Thai mending naik apa yah ?
    Pesawat air asia saya check 900ribuan.
    Terus waktu pulangnye mending ke malay dulu baru ke indo atau langsung ke indo dari bangkok ?
    Thx bgt yah..soalnya saya juga mau jalan backpack..
    Kalau bisa tolong balas ke email saja yah..thx

  78. By Tazfanz on Jun 26, 2007 | Reply

    Hi Mas Zikri, Salam kenal..
    Kalo mau sewa apartemen di singapore yang buat sekeluarga (3 adults 2 children) yang harganya reasonable dan tempatnya cukup nyaman dan bersih dimana ya? Kalo People Park Center bersih gak? dibandingin sama apt di Lucky Plaza mending mana? Soalnya bawa anak-anak, jadi mesti yg lbh layak tapi gak semahal hotel. Thx b4..

  79. By Rahmat Zikri on Jun 28, 2007 | Reply

    #77
    di People’s Park atau Lucky Plaza ada beberapa pilihan koq. Keduanya sama oke-nya. Bisa dilihat-lihat dulu. Kalau suasana, saya lebih suka di People’s Park (Chinatown).

  80. By b0wo on Jul 5, 2007 | Reply

    tidak semua pemegang passport sumatra yang akan ke singapura lewat batam bebas fiskal, diantaranya sumatra utara dan aceh, selengkapnya ada di http://b0wo.blogspot.com/2007/06/go-to-singapore-for-dummy.html, semoga bermanfaat

  81. By Nelly on Jul 10, 2007 | Reply

    Hai Zik, salam kenal,
    tanya dong, kalo kapal ferry nya ada sampe jam berapa ya dari batam ke sing? Btw km temannya egi ya?

  82. By Rahmat Zikri on Jul 10, 2007 | Reply

    #80
    paling ngga sampai jam 9 malam masih ada..
    iya temannya egi :-)

  83. By fendi on Jul 19, 2007 | Reply

    halo salam kenal
    sy ada rencana ke Spore for honey moon bln agustus, tanya apa mutlak hrs pake bhs inggris di Spore ?, karna bhs inggris sy masih ancur. mau tanya skalian hotel yg cocok dgn pasangan tapi ngga terlalu mahal dan jasa guide yg bagus untuk wisata keliling Spore. Thx banget yah

  84. By Tio on Jul 22, 2007 | Reply

    halo salam kenal
    sy ada tugas ke KL akhir agustus ini, istri mau nyusul jalan2 selama weekend (jumat s/d minggu). Rencananya jumat di KL, sabtu ke Genting, minggunya ke Penang. Senin pagi baru pulang ke JKT. Tapi sy belum tahu tempat2 yg menarik di 3 tempat itu dan bagaimana cara mencapainya. Bisa tolong diberi rute2 dan naik apa tepatnya? Tapi dananya terbatas. Thx sebelumnya.

  85. By Rahmat Zikri on Jul 24, 2007 | Reply

    #82
    wajib ngga wajib sih.. kalau yang anda temui itu orang Melayu, pasti ngerti bahasa Indonesia. tapi kalau chinese atau India, ngga semua ngerti. tapi bahasa inggris tarzan pun mereka ngerti lah.

    ngga perlu guide deh buat jalan2 di singapore. mending banyak-banyak cari info terlebih dahulu, misalnya dengan surfing ke web ini.

  86. By Rahmat Zikri on Jul 24, 2007 | Reply

    #83
    dari KL ke Genting, naik bus dari KL Sentral.
    dari Genting ke Penang naik bus juga.

    banyak koq…

  87. By Adit on Jul 24, 2007 | Reply

    Tambahan info buat RANGGA yah … gw bantuin Zik, aku saranin, sebelum sampe bangkok, singgah dulu di phuket. kalo mau murah, ya tentunya dengan menggunakan BUS dan minivan.

    Kalau kamu start dari Penang atau KL, biasanya kamu bisa langsung cari bus ke HAT YAI di Thailand selatan, untuk tarifnya saya gak tau pasti. Tapi sebagai perbandingan, dari KL ke Alor Star (Malaysia Utara) itu sekitar 35 RM (1RM = 2500). Jadi bus mungkin sekitar 2 x lipat dari harga tersebut atau mungkin lebih murah.

    Sampai di Hat Yai, biasanya akan banyak agen-agen travel yang menyediakan jasa angkutan minivan (seperti yang ada di film-film horor Thailand) ke daerah-daerah di selatan Thailand. Jika memang ingin singgah ke Phuket, saya menyarankan untuk naik minivan tersebut hanya sampai ke Krabi sekitar 4 jam dari HatYai, dari krabi ke phuket gunakan angkutan laut dengan terlebih dahulu singgah di Phi-phi Island (pantai ini jangan dilewatkan … karena benar-benar indah – info tambahan, film THE BEACH Leonardo diCaprio dibuat di pantai ini).

    INFO PHUKET: Pantai bersaudara kembar dengan bali (with more nightlife and less beauties of nature). Travel warning: beware of AIDS and Shemale (jangan sampe salah pilih).

    Hotel di phuket hanya untuk 2 orang (stict, tidak boleh lebih, sekitar 400 sampai dengan 600 bath semalam untuk hotel-hotel kelas losmen). Memang hotel lumayan mahal disini.

    Alternative: Direct flight dari KL ke Phuket naik Air Asia atau KL Bangkok atau Penang Bangkok.

    Dari phuket ke bangkok akan banyak sekali pilihan angkutan, tergantung dari budget anda. Namun sekali lagi, saya tidak menyarankan bangkok untuk liburan. Di bangkok tidak terlalu berbeda dengan Jakarta. Pantai Pattaya yang berada dekat dengan bangkok pun tidak terlalu menarik untuk disinggahi.

    kalau ada pertanyaan email di johan.a.saleh@gmail.com

  88. By ari on Jul 26, 2007 | Reply

    saya dari jambi ni mau ke spore lewat padang, gimana caranya ya / trus kita musti bayar apa / apa pake uang jaminan / pliiiiiiiiiisssssss jawab ya

  89. By Rahmat Zikri on Jul 27, 2007 | Reply

    #87
    Caranya ya tinggal ke Padang dulu.. beli tiket pesawat dari Padang-Singapore.

    Ngga ada yang perlu dibayar selain harga tiket dan airport tax penerbangan internasional di bandara Padang (saya ngga tahu berapa. mungkin Rp 100.000).

    Mana ada uang jaminan lah.. :)

  90. By fendi on Jul 28, 2007 | Reply

    mas zik, klau bawa laptop ke spore bisa jadi masalah ngga? yg berhubungan dgn keaslian software. thanks mas atas infonya.

  91. By Rahmat Zikri on Aug 3, 2007 | Reply

    #89
    sepanjang pengalaman saya, ngga ada razia software ketika memasuki entry point sebuah negara.

  92. By Ishak on Aug 7, 2007 | Reply

    mas zikri, minggu depan saya ke s’pore. rencananya nginep di china town, di hotel peacock. ada info tempat makan yang halal dekat2 situ nggak ??

  93. By sefryna on Aug 8, 2007 | Reply

    mas zikri,,mo nanya dong…prtanyaannya mirip sm yg diatas:)
    dlm wktu dkt aku mo ke s’pore,nginepnya di people’s park…mau info tmpt mkn halal disktr situ dong…oya..emg di chinatown ada apa aja??takut klo sembarangan beli makanan disitu… n,klo mo beli baju yg hrganya miring tp keren2 tuh dmn si??klo mo beli coklat??hehehe…tetteeeuup:)thx a lot yaaa..

  94. By Rahmat Zikri on Aug 12, 2007 | Reply

    #91 & 92
    di singapore masih gampang koq untuk cari makanan halal di mana pun, termasuk di china town. susuri saja tempat2 makan yang ada.

    #92
    di chinatown ada macam2. yang jualan makanan dalam kemasan juga banyak. biasanya orang beli oleh-oleh makanan juga di sini, termasuk coklat. kalau beli baju, coba susuri orchard road. ada beberapa plaza di situ.

  95. By Ishak on Aug 12, 2007 | Reply

    dah di spore nih sekarang…..
    barusan pulang dari lihat-lihat pameran di lorong…hehe
    ternyata….

    Untuk info, di china town ada rumah makan yang jualan masakan padang..cuma sayang, jam 9 malem dah tutup. beberapa rumah makan disini pun jualan makanan indonesia, cuma bagi yang muslim mesti hati-hati, soalnya kayaknya dijual bareng ama masakan yang mengandung barang haram

  96. By silvya joseph on Sep 6, 2007 | Reply

    mau tanya nih, kalo naik kereta api dari Singapore ke kuala lumpur berapa ya biayanya? trus lokasi naik & turunnya dimana? kalo dari singapore ke genting ada ga ya?
    thx ya..

  97. By lia on Sep 6, 2007 | Reply

    mas zikri, no tanya nich..
    rencana saya dan keluarga mau ke malaysia di lanjutkan ke genting.
    untuk penginapan yang murah tapi bersih di KL dan genting dimana yach. juga infokan kendaran dari KL ke Genting naik apa yach..?

  98. By Rahmat Zikri on Sep 7, 2007 | Reply

    #95:

    Untuk naik kereta api dari Singapore ke Kuala Lumpur lihat di website ini. Kurang disarankan sih, aneh.. jadinya lebih lama daripada bus.

    Ke Genting ngga ada kereta api. Dari Singapore atau Kuala Lumpur naik bus.

    #96:
    bisa lihat artikel saya yang berjudul “
    Melancong ke Kuala Lumpur“. Kalau penginapan murah di Genting sih ngga tahu juga ya :D

  99. By Jessy on Sep 8, 2007 | Reply

    Thanks for infonya .sangat bermanfaat sekaleee….

  100. By arum on Sep 10, 2007 | Reply

    mas tanya dong.. kalo harga public phone card berapa?? biasanya banyak dimana sih tokonya?? trus kalo mo beli kartu perdana hp dimana?? trus biaya2 untuk telpon disana tuh mahal ga sih??
    temen ku disana lagi bingung nih..mo nyari hotspot aja ga nemu… yg ada ngandelin kartu simpati dari jakarta ..plis yah mas jawab..
    thanks before

  101. By namarina on Sep 11, 2007 | Reply

    mas mau tanya dong.. kl mau nginep di apartemen lucky plaza itu mesti book dulu atau lgs dtg aja?? nanti ketemu siapanya??

    maab br mau pertama kali kesana.. terimakasih, tulisannya sgt membantu..

  102. By Vivi on Sep 14, 2007 | Reply

    Salam kenal mas Zikri,
    Apakah ada info mas ttg Axis hostel di Geylang ? kayanya harganya murmer tuh, tapi gambar di websitenya sangat terbatas, apakah benar2 recomended ?

  103. By endang on Sep 17, 2007 | Reply

    hai mas zikry…salam kenal… thanks buat info2nya. btw, mas kayaknya udah hapal banget s’por ya?
    saya lagi di sin’ ni…
    teronggok manis di apartemen teman saya di boon lay. lagi cari info mau kemana hr ni…

  104. By agustin on Sep 17, 2007 | Reply

    hi…. thanks infonya
    mas saya mau ke macau lwt batam, singapore, macau. dr sng pk tiger jam 11am kan hrs nginep tuch………
    hotel mana yang murah and…..
    gak mahal juga dkt ke bandara.
    thanks bgt yah
    blz ke emailku dunk

  105. By Yusnaini on Sep 20, 2007 | Reply

    Hi…Salam kenal thanks infonya soal KL and Sin’ ,bagus juga infonya uda aku print mas …. rencananya habis lebaran (oktober 17’07)saya mau ke Sin’KL , kalau dari KL ke genting berapa jam ya.. bisa ngak pulang pergi (KL-Genting-KL) nginapnya sih uda dapet ditempat murah di BB-AnjungKL questhouse, kalau nginap di genting ada ngak yang murah..? terus kalau dari genting ke Penang berapa jam ya naik bus… ???
    rencananya mau pergi bawa keponakan umur 8 tahun ..

    thanks ya infonya..
    balas ke email….ku ya.. ok..

  106. By marisel on Sep 28, 2007 | Reply

    mao tanya nih.. ada ga bus dari kl yg langsung ke phuket thailand.. kalo ada.. nama busnya apa ya or di terminal apa..kira2 makan waktu berapa lama… karna bentar lg sy mau berangkat ke phuket via kl… tolong informasinya..thanks..

  107. By pay on Oct 4, 2007 | Reply

    hi,
    mau nanya nih, kalo kita ke singapura tepatnya jurong east street, kalo dari bandara naik apa ya?
    terus kalo via batam lewat mana?
    lebih dekat mana?

    thanksn ya blog-nya bermanfaat banget nih…

  108. By Diky 93' on Oct 23, 2007 | Reply

    bagus juga tuch kri, tapi ngomong2x lu udah belum jalan2x ke krui, lumayan juga tuch dipromosiin lewat blogg lu ini, he he he bukan pesan sponsor ini, tapi wisata alamnya OK punya brur,

  109. By Rahmat Zikri on Oct 24, 2007 | Reply

    #99 public card phone atau kartu perdana sekitar SGD 15.. ada banyak koq. apalagi di pusat-pusat belanja gitu.

    hotspot internet ada banyak koq… kalau mau yg gratisan biasanya di cafe-cafe. kalau mereka punya fasilitas gratis biasanya ditulis di pintu depan. syaratnya cuma makan/minum aja di situ.

    #100 boleh datang langsung saja.. ada banyak koq di situ.
    #101 maaf belom tau. kalo mau didatangin langsung sih ok2 saja. toh di sana ada banyak penginapan alternatif. tapi biasanya kalo hostel cuma lihat di luar saja. mereka ngga mau kasih lihat ke dalam (biasanya bilang: “this is a hostel, not a hotel”).

    #103 bisa coba tempat2 yg saya sebut di posting ini saja.. ke airport kan tinggal naik MRT.

    #104 genting-penang sekitar 4 jam-an..

    #105 ada banyak.. dari terminal Puduraya

    #106 dari bandara atau dari pelabuhan feri yg dari batam ke jurong east tinggal naik MRT. turun di stasiun Jurong :)

    #107 hi Diky :D insya Allah deh :)

  110. By rian on Oct 24, 2007 | Reply

    boleh nanya ga mas.. terakhir total biaya dari bersih ampe kotor ke sg brapa ya?
    *biar ada ancer2 siapin uangnya ni..

    thx buat responya

  111. By adjie on Oct 25, 2007 | Reply

    hallo mas zick.,
    aku bulan kemaren baru dr sng and KL.,
    mo nambah info nie.,
    kalo transport di sng mending beli kartu ezlink aja harganya SGD 15.,tu bisa buat tiga hari kemana2x bisa di isi ulang lagi.,belinya di counter yg ada di stasiun MRT,.,harga kartu SGD 7.,nominal yg bisa di gunakan SGD 5.,trus deposit SGD 3 yg bisa di ambil lg ketika mo balik.,masa berlaku tuh kartu untuk 5 tahun.,kan lebih enak dari pada setiap mo pake MRT harus beli2x lagi.,iya ga.,
    trus kemaren aku jalan ke SNG adn KL tuh 8hr abis 3,5jt udah termasuk tiket pp jkt-btm ma pp SNG-KL.,
    trus penginapan di KL tuh Yg kelas backpacker aku sewa di pudu houstel adanya di jalan puduraya.,permalem untuk yg sekamar ber 4 cuma kena RM 13 di tambah deposit RM 10.,murah banget tuh.,iya gak.,
    trus kalo di KL mending pake kartu gsm sana karena buat nelfon ke jakarta permenit cuma kena RM 1.,murah banget tuh.,
    dah infonya itu aja.,
    kl mo nanya2x boleh kontak esia gw.,02198747836
    okeh.,
    cos gw mo buat biro jalan ala backpacker tuh ke sana
    jadi siapa aja yg membutuhkan jasa anter gw hubungin aja gw atur biar di sananya enak.,min 8 orang gw anter deh.,paling gw pungut Rp 300.000,-/orang itung2x biaya fiskal kl jalannya dr jkt.,itu uang buat ongkos gw.,okeh
    thanks mas zikri.,

  112. By adjie on Oct 25, 2007 | Reply

    nambah nie.,
    gw pungut itu itung2x biaya guide.,okeh.,
    min 8 orang gw anter kemana loe mau di sana.,

  113. By Dian on Oct 29, 2007 | Reply

    Mas, kalau kita pulang ke Jkt pake Valueair di Changi bayar airport tax nggak? Kalau bayar berapa kira-kira ya mas ?
    Tq

  114. By jumai on Oct 30, 2007 | Reply

    Dian kalo gak salah pesawat apapun kalo asal kamu tinggal di Singapore lebih dari 24 jam kamu bakal kena airport tax.

    Oiya sekalian nanya, jadwal ferry nya jam berapa aja ya???

  115. By Rahmat Zikri on Oct 30, 2007 | Reply

    #112 dan #113

    Hampir di sebagian besar airport di luar Indonesia tidak “memungut” airport tax. Sengaja saya gunakan tanda kutip, karena sebenarnya airport tax nya sudah diperhitungkan di dalam harga tiket. Begitu juga di Singapore, tidak ada airport tax yg harus dibayar lagi di bandara.

    jadwal ferry ada sejak pagi s.d sekitar jam 8-9 malam.

  116. By odo on Oct 31, 2007 | Reply

    kalo gitu nuker rupiah ke USD enaknya dimana ya mas?

  117. By Rahmat Zikri on Nov 1, 2007 | Reply

    #115
    paling enak ya ke teman yang punya sisa dollar yang ngga terpakai. hehehe..

    yang penting tukarnya di Indonesia deh. kalau sudah sampai luar rate-nya kurang bagus, atau malah ngga laku sama sekali (ngga ada yang mau nukar).

    btw, koq tukarnya ke USD? kalau ke Singapura yang dibutuhkan SGD.

  118. By tuti on Nov 9, 2007 | Reply

    halo, salam kenal.punya informasi ga soal hotel murah di Macau & hong Kong ? Aku mo ke HK cuma ruteku dr Jkt – Kl, Kl – Macau.trus dr macau baru ke Hong Kong.rencananya di HK baru ikut city tour yg ke shenchen.Punya referensi travel yg murah tuk HK-Disney-Shenchen tp tuk akomodasi & city tournya aja , krn tiket aq dah ada.Tlng referensi hotel murahnya ya…di HK & Macau.krn keliatannya di sana hotelnya mahal2 apalagi di Macau.

  119. By Totok on Nov 13, 2007 | Reply

    Trims infonya untuk mas Zikri. Benar-benar membantu.
    Boleh nanya nama hotel di singapore tersebut? apa ada no telpon atau emailnya mas Zikri?
    rencananya saya mau traveling ke kuala lumpur dan singapore nih mas zikri, ber-16…:) berangkat dari palembang naik air asia ke kuala lumpur lalu pulang ke palembang lewat johor bahru jg dengan air asia.
    Mas Zikri jg punya referensi budget hotel di kuala lumpur?
    trims bangat ya mas…

  120. By Rahmat Zikri on Nov 14, 2007 | Reply

    #117 maaf, ngga tahu…
    #118 kan tinggal klik di link pada nama penginapan yg saya sebutkan di atas :) untuk budget hotel di kuala lumpur baca tulisan saya tentang kuala lumpur.

  121. By willy on Nov 14, 2007 | Reply

    Mas Zikri,
    Salam kenal ya..:)
    Mo nanya web link utk beli voucher hotel di Singapore/KL yg harga nya bersaing ..

    Terus udah saya check di directroom.com, asitarvel.com, asiaroom.com, wah harga nya koq selangit ya..??
    Soal nya saya planning nya pas peak season 24 des- 2 jan

    Ama info overnight bus coach, sin – genting, udah liat di grassland, transtar, fivestar dsb…koq rata2 udah fully booked utk 28 des ya ?? mau pesen ama travel di indo ga ada :(

    thanks ya…

  122. By salwa on Nov 17, 2007 | Reply

    dear zikri

    mau tanya donk
    kalo mau beli ezlink card di S’pore belinya dimana ya ? harganya berapa ?

    thank Before

  123. By Dewi on Nov 22, 2007 | Reply

    Halo mas Zikri,

    Salam kenal, mau tanya dong.. tau kira2 gimana caranya ngadain studi ekskursi ke singapur? kami mahasiswa jurusan arsitektur.. tolong ya..gimana prosedur yg harus dilakukan, ijin apa aja yg perlu ada, dsb.
    Rencananya kami mau adakan SE bulan Februari 2008.
    Terima kasih sebelumnya

  124. By divanka on Nov 28, 2007 | Reply

    Maaf ikut nambahin:

    # 120 Willy: Coba ke http://www.agoda.com untuk hotel di Sin dan Mal. Harganya lumayan murah, apalagi untuk Mal.
    Untuk ke KL kenapa gak pakai bus ‘bumel’ dr Stasion Larkin di Johor Bahru ke KL (Puduraya) terus pk Bus Genting Express. Dijamin lebih murah, banyak pilihan dan pakai Ringgit lg.

    #121 Salwa: Ezlink belinya di stasion MRT. Harganya 15$, 5$ harga kartu, 3$ Deposit dan 7$ nilai kartunya (keduanya bisa dikembalikan kalau sisa).

    #122 Dewi: Coba hubungi Singapore Education (http://www.singaporeedu.gov.sg) dan email di: singaporeedu@stb.gov.sg atau kevin_dragon@stb.gov.sg

    Makasih Zikri.

    divanka

  125. By divanka on Nov 28, 2007 | Reply

    Tambahan info:
    Pengalaman Juni kemarin ke Sin dr Batam, ternyata paling untung tukar rupiah ke dollar singapore (SGD) di money changer Mega Mall Batam, dibanding beli di Jawa. Lumayan lho, bedanya! Jadi sebelum nyeberang ke Batam Center, mampir dulu ke mall didepannya. Toh ferry banyak, hampir tiap jam.

    Salam!

    divanka

  126. By VITTA NOGOSANNYONO on Dec 4, 2007 | Reply

    Halo???
    Ada yg bisa kasih info ngak, kl ada seorang WNI hendak melahirkan di Sgpr, apakah bisa? bagaimana statuskewarganegaraan si anak stl anak lahir? dan apakah prosedurnya susah?tx yah sebelumnya, salam

  127. By divanka on Dec 6, 2007 | Reply

    Vitta, Kayaknya sih tetap WNI yah. Banyak kok org kt melahirkan di Sin. Coba tanya ke komunitas WNI di Sin: http://groups.yahoo.com/group/indo-sing/

    Salam

  128. By ovie on Dec 7, 2007 | Reply

    dear mas zikri,

    sy mau ke Johor bahru, rencananya rute saya naik pesawat medan-penang. kl dr penang ke johor naik bus apa n brp lama ya? ongkosny brp? trus di johor tempat nginap yg murah dmn? thanx

    salam.

  129. By Rahmat Zikri on Dec 8, 2007 | Reply

    #120
    kalau untuk hotel-hotel yg kelas bintang 1-2 di SG, saya lebih prefer datang langsung. lebih murah ketimbang lewat agen di Internet. untuk level bintang 3 ke atas, bisa lewat travel agent di Jakarta/Indonesia.

    #121
    EZLink card bisa dibeli di semua loket yang ada di stasiun MRT. harga SGD 15 (termasuk deposit SGD 3).

    #122 udah dijawab di #123 :D

    #124 iya bener, ferry dari batam ada setiap jam. ferry terakhir sekitar jam 8-9 malam.

    #127

    Penang-Johor sekitar 7-8 jam. ada beberapa perusahaan bus, katanya orang2, yg bagus adalah Konsortium Bus. Estimasi ongkos sekitar MYR 50 (saya turunkan harganya berdasarkan trayek Penang-Kualalumpur, Kualalumpur-Johor).

    Saya di Johor ngga pernah nginap di hotel.. tapi estimasi harga seperti KL lah. mestinya sedikit di bawah itu.

  130. By bagas suwandi on Dec 8, 2007 | Reply

    Salam kenal Mas Zikri,

    saya sama keluarga (istri & 1 anak) mau ke sing 22-25 des ini secara pribadi, ini kali kedua saya kesana, namun yang pertama dengan group tour jadi sudah di urus semua, kelihatannya semua hotel penuh deh.. kecuali beberapa bintang 4/5 tp ratenya tinggi sekali. saya dapat ref. apartment dan saya sudah coba call, kelihatannya pemilik cuma bisa bahasa chinese dan sedikit melayu.. dia kasih alamat yang bisa saya tangkap Bukit Batok 291 B, apakah alamat ini cukup yah mas kalau saya kesana langsung dari airport..? transport apa yang paling mudah kelokasi tersebut..? atau ada saran lain mas..?. thx yah mas…

  131. By Rahmat Zikri on Dec 10, 2007 | Reply

    Alamatnya cukup-lah. Paling mudah naik MRT, turun di station Bukit Batok :D kalau bertiga gitu cukup reasonable juga untuk naik taksi.

  132. By Imam on Dec 12, 2007 | Reply

    Salam kenal mas,

    saya mau nanya barang-barang yang dijual di daerah bugis itu apa saja? apakah ada barang elektronik? Compact Disc dll?

    terima kasih

  133. By divanka on Dec 13, 2007 | Reply

    Mas Bagas, coba lihat di :http://makanjalan.blogspot.com/2006/08/cara-hemat-ke-singapore-2.html

    Coba hubungi Ms. Lee, walau logat cinanya kental banget, masih bisa dimengerti. Lagian apartemennya di Lucky Plaza, Orchard.

  134. By wahyu on Dec 26, 2007 | Reply

    hai hai…

    aq ada renc jalan2 backpackers ke singapore april 2008 nanti.
    info tsb diatas masih valid nggak nih buat april 2008?
    btw, ada alternatif laen kl mo jalan murah ke sin..yaitu lewat johor bahru. pernah pake cara ini?
    krn aq baru akan pertama kali ini ke singapore jadi butuh banyak info travelling murah ke singapore..
    dan yang pasti harus safety juga dong…

  135. By Rahmat Zikri on Dec 26, 2007 | Reply

    #133
    Lewat Johor bisa lebih murah? Yang beneerrrr…??! :)

    FYI, Batam-Singapore lebih dekat ketimbang Batam-Johor. Jadi kenapa harus berputar ke Johor dulu, lantas balik arah ke Johor? Tiket jadi berlipat toh?

  136. By rinaldy on Dec 27, 2007 | Reply

    mas mo tanya, aku ada rencana ke sing berdua tgl 12 feb 08
    1. klo tanya airline , untuk promo belum buka harus sebulan sebelumnya, bener ngak ?
    2.saya liat ada air asia ke johor bahru apa lebih murah ketimbang lewat batam karena perbedaan fiskal sekitar 500ribu ?
    3. untuk hotel yang murah di bugis , apakah bisa langsung cari pada saat tiba di sana , gak usah pesan dulu ?
    4. untuk apartement , apakah ada apartemen yang hanya 1 kamar aja tidak sharing dengan yang lain , infonya dong ?
    Demikian dulu pertanyaannya., semua jawaban saya ucapkan banyak terima kasih

  137. By desy on Dec 30, 2007 | Reply

    Kita mau jalan2 ke singapur dan KL. berhubung dari banda aceh sudah ada pesawat langsung ke KL, maka kita maunya ke KL dulu br ke singapur. Dari KL ke singapur bisa via apa aja ya? trims yam mas…

  138. By Rahmat Zikri on Dec 31, 2007 | Reply

    #135

    1) normalnya iya begitu. untuk tiket promo biasanya muncul sekitar 2-3 minggu sebelum hari H. kecuali untuk AirAsia, tiket promonya kadang mesti di-booking jauh hari.

    2) kalau terbangnya ke Johor, baru ke Singapore, kamu tetap kena fiskal udara 1 juta rupiah. kalau ke Batam lalu ke Singapore, hanya kena fiskal laut Rp 500 rb. jika berpaspor keluaran Sumatra malah bebas fiskal.

    3) untuk beberapa tempat (hotel/hostel) sekarang lebih prefer kalau kita booking terlebih dahulu lewat web/email. cari tahu dulu website hotel/hostelnya.

    4) jarang apartemen yang bertipe studio. kalau mau cari sih mestinya ada.

    #136
    baca artikel saya yang ini.

    dari KL ke SIN bisa naik bus atau keretaapi.

  139. By Divanka on Jan 4, 2008 | Reply

    Ikutan jawab
    #135 Rinaldy:
    1. Air Asia makin jauh pesannya, makin murah harga tiketnya. Lihat aja di webnya.
    2. Kalau punya paspor Sumatra dan berangkat dr Sumatra lebih murah langsung ke JB, karena nggak kena fiskal. Dr JB ke Singapore paling kena $7/org sampai ke Bugis/Arab Str. Tapi kalau tidak punya paspor Sumatra dan berangkat dr Jkt, mendingan perginya lewat Batam, pulangnya lewat JB, ditanggung lebih murah.
    3. Wah mendingan pesan dr sini lewat internet, biar pasti. Biasanya kan org lain sdh pesan duluan lewat internet jg.
    4. Ada namanya hotel……!

    #136 Desy:
    Kalau mau murah pakai Bus umum, dr Puduraya banyak yg ke JB (Larkin), dr Larkin pk Bus biasa ke Sin, paling murah habis sekitar 30 ringgit/org smp Sin.

    Salam.

  140. By Yana on Jan 8, 2008 | Reply

    Kalau ke Singapura via Batam, sekalian aja explore Batam,nyebrang ke Tanjung Pinang(Bintan)sekitar 1jam dengan ferry dari telaga punggur batam, karena ada pulau penyengat yang patut dikunjungi ,dimana terletak Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, makam-makam para raja, Gurindam 12,kompleks Istana Kantor dan benteng pertahanan di Bukit Kursi.
    Setelah puas makan seafood di Tanjung Pinang, langsung deh nyebrang ke Singapore pakai ferry:-)

  141. By RARA on Jan 16, 2008 | Reply

    MAS SAYA MAU KE SINGAPURA LEWAT PADANG YANG MURAH , TAPI SAYA GA TAU G MANA CARANYA , SAYA CUMA PUNYA UANG 3 JUTA BISA GA ? NAIK TIGERAIRWAYS, NTAR DI BANDARA KITA NGAPAIN AJA ? BANYAK BAYAR INI ITU GA?

  142. By Rahmat Zikri on Jan 16, 2008 | Reply

    #139

    masukannya boleh juga. saya juga sudah pernah keliling pulau Bintan dan juga pulau Penyengat. menarik ya :)

    # 140

    paspor anda keluaran sumatera atau bukan? kalau bukan, tetap saja kena biaya fiskal udara sebesar 1 juta rupiah. kalau iya, ngga kena fiskal.

    kalau kena fiskal sih, kenapa harus lewat padang? memang mungkin pas ada promo harga tiket Tiger Airways dari padang ke singapura, tiket yg sangat murah.. tapi kalau mesti bayar biaya fiskal 1 juta, ya mending lewat Batam lah.. anda cuma kena fiskal 500rb (sama seperti di Padang, kalau paspor anda keluaran sumatera, bebas biaya fiskal).

  143. By Mantugaul on Jan 16, 2008 | Reply

    Sy pemilik paspor kalimantan barat. Ke kuching ataupun spore via batam jg tak kena fiskal. Dari ptk jg ada pesawat ke batam meski tdk tiap hari dg batavia. Tp sy seringnya ke kuching pake kijang. Bokapku malah pernah setir sampe brunei tentu saja lama sekali di darat. Sy blm pernah pk mbl ke brunei tp pk pswt pernah sekali tp ke miri lalu naik bus ke brunei.

    Kalo kuching itu kotanya kecil tp rapi dan bersih. Beda deh masuk border entikong dan tebedu. Hehehe. Dari ptk ke entikong which is our perbatasan sekitar 4-5jam. Dari perbatasan hingga kota butuh sekitar 1,5jam. Di kuching lg ada pembangunan kota pesat sekali. Bandaranya aja soekarna hatta cgk kalah desain. Meski blm sebesar jkt. Nah dr kuching bs naik airasia kemana2 krn ud termsk intl airport. Trip favorit adl KL dan macau. Dr macau ke HK kan ud dekat. Nanti kl ada wkt sy lanjutin deh soalnya nih ketik pake keypad ponsel :-D

    bos. Ke spore dari tiket nginap makan sedikit blj kira2 habis brp duit?

  144. By Rahmat Zikri on Jan 18, 2008 | Reply

    ya, paspor Kalbar juga gratis fiskal kalau berangkat dari Batam. sama seperti orang Sulawesi Utara yg juga bebas fiskal jika berangkat ke Filipina.

    berapa duit jika ke spore? tergantung dari mana. kalau dari jakarta via batam, utk ongkos pp bisa sejuta (plus fiskal 500rb, jika mesti bayar fiskal). makan dan nginap, tergantung di mana. menginap yg kelas backpacker seharga 100rb per malam banyak. sekali makan sekitar 30rb. mau belanja apa? patokan harga seperti di jkt aja. itulah total biayanya.

  145. By d'ul on Jan 22, 2008 | Reply

    kamu brp hari disana? oia, kamu lum nyebutin total pengeluaran kamu tuh. kira2 total keseluruhan biaya nya brp? (klo bisa rinciannya jg yak…hehe) karena aku rencana ber 4 ama tmn2ku mgkn mo ng-back packer ria :D
    thx ya…

  146. By armin on Jan 22, 2008 | Reply

    mas zikri makasih infonya?
    ak mau tanya jalan gi sentosa island mas?ak di KL.mas ini asal mana ya?saya mau nginap di bugis itu belah mananya burger king.pasal saya dah makan kak sana?
    ada contac nombor tak mas?
    plese replay?

  147. By novie on Jan 24, 2008 | Reply

    Mas Zikri,

    dalam waktu deket saya mau jalan ke SG-BKK-KL-JKT, ada alternatif jalan2 hemat ngak buat saya? nginep dimana and transportasinya? Rencananya sich mo jalan ama temen2.

    thanks ya atas infonya

  148. By Rahmat Zikri on Jan 25, 2008 | Reply

    armin, kalau mau ke sentosa, naik MRT sampai Harbour Front. nanti tinggal nyebrang (yg murah naik bus).

    saya tinggal di Jakarta. saat ini (ketika menjawab) saya kebetulan lagi-lagi sedang berada di Singapura :))

    hostel yg di bugis itu gampang nyarinya. dari burger king, lihat traffic light. di sebelah kiri traffic light tempatnya.. kalau tidak salah sekitar pintu ke-tiga. baca saja tulisan di setiap pintu.

    novie, soal rutenya sudah benar. alternatif yg bagus tentunya ke SG lewat Batam. how to get there (BTH-SIN, dst) sudah saya bahas di posting ini dan posting satu lagi (tentang jalan-jalan ke KL).

    good luck.

  149. By armin on Jan 26, 2008 | Reply

    mas zikri makasih dah reply.RENCANA raya cina saya mau gi singapore ramai gak klu time itu mas?mas klu kita beli card ezlind boleh tak utk naik bas yg masuk sentosa itu?rencana saya turun kak lavender mrt lps naik mrt dari situ lsg ke harbour front tampa transit ya?
    mohon mas beri penjelasaya?maksih banyak mas atas penjelasanya?

  150. By Renita on Jan 27, 2008 | Reply

    Mas Zikri, terima kasih atas infonya..
    Saya mau tanya, selama ini yg saya tau utk ke Singapore minimal paspor berlaku 6bln setelah wkt keberangkatan. Ttp baru2 ini ada yg bilang, minimal masa berlaku paspor 1thn setelah masa keberangkatan, kurang dari itu kemungkinan tdk diperbolehkan berangkat oleh imigrasi Batam, kira2 mas Zikri bisa kasih info mengenai ini?
    terima kasih sebelumnya..

  151. By Rahmat Zikri on Jan 28, 2008 | Reply

    Armin, pada hari raya cina (imlek) mestinya tak ramai lah. saya tak tahu whether we can use Ezlink card in bus to Sentosa or not. Beberapa kali ke Sentosa, saya selalu naik kereta gantung.

    Jika naik MRT dari Lavender, mesti tukar jalur di Outram Park menuju Harbour Front.

    Oh iya, soal hostel kat Bugis tu.. Alamatnya di Rochor Road, 162B (di Bugis Village). 2 hari yll saya sengaja jalan ke sana untuk bisa menjawab soal ini :)

    To Renita,
    memang ada banyak isu seputar umur paspor seperti itu. Tapi ini saya baru saja ke Singapore lewat Batam, dan paspor saya bulan Agustus nanti expired. Tapi saya bisa tetap masuk tanpa ditanya sebuah pertanyaan pun :) no problemo lah :)

  152. By reza on Jan 29, 2008 | Reply

    mas rizki say mau tanya,kalo masuk singapura dengan paspor yang beda bermasalah ga?saya mempunyai dua paspor.kalo kita udah masuk dengan paspor biometrik.trus kita masuk dengan paspor biometrik yang lain nama beda .bermasalah ga dengan imigrasi.tlg dijawab ya.thx

  153. By Rahmat Zikri on Jan 29, 2008 | Reply

    reza, kalau pernah masuk sebuah negara dan akan masuk kembali dengan menggunakan nama yang berbeda, di form yang harus diisi sebelum masuk menuju loket imigrasi itu ada kolom yang harus dijawab YA (sebuah pertanyaan yg bunyinya kira-kira: Apakah anda pernah masuk dengan menggunakan nama berbeda?).

    saya ngga tahu konsekuensi apa (jika ketahuan) yang akan diterima jika kita menjawab TIDAK, padahal pernah menggunakan nama berbeda.

  154. By Anca on Jan 30, 2008 | Reply

    Mas zikri, gw mo nanya neh,
    kan niatnya gw mo married di singapore, karena kita berdua beda agama, nah ada ketentuan dari sana harus tinggal 15 hari seblum nyerahin form notice of marriage..

    kira2 gw harus milih penginapan model kayak gimana ya?? soalnya 15 hari neh, dan budget juga terbatas

    thanx for the information ya

  155. By Rahmat Zikri on Jan 30, 2008 | Reply

    alternatif nginap murah itu sewa kamar di apartemen. apartemen di Lucky Plaza, di Orchard Road adalah salah satu favorit orang Indonesia.. salah satunya bisa coba kontak ncik Mei di hp +65 9678 9261. untuk sekamar berdua sekitar SGD 75. oh iya, ncik Mei ini orang Indonesia.

  156. By Anca on Jan 31, 2008 | Reply

    giling, sampe ada no hp nya..mantabb deh mas rizki..
    kira2 bisa di nego ga ya soalnya buat 15 hari neh..kan lumayan tuh, dan kemungkinan ke singaporenya itu sendirian..soalnya cuma ngasih form dulu..

  157. By armin on Jan 31, 2008 | Reply

    makasih mas zikri atas infonya.sangat membantu sekali buat perjalanan saya nanti.eh mas raya cina mas kak mane?klu naik cable car ?how much ticket mas? HF-SENTOSA?

  158. By armin on Jan 31, 2008 | Reply

    mas klu masuk bangkok kita orang indonesia kena pki visa juga ya?
    klu singapore ama malasia kan tak pki visa leh masuk?

  159. By armin on Jan 31, 2008 | Reply

    mas klu beli souvenir yg cantik2 kak mane?klu mau call ke indonesia kita boleh guna phone atau kad apa mas.tlg beri informasinaya .makasih banyak atas penjelasanya?

  160. By armin on Feb 8, 2008 | Reply

    mas ak dah di singapore tapi dah tak dapt hostel di bugis aqma di little india pun dah penuh semua/

  161. By yusuf on Feb 9, 2008 | Reply

    Mas armin, saya baru saja pulang travelling dr KL, Phuket dan Bangkok, untuk orang Indonesia masuk Thailand tidak pakai visa……
    Kalo ke Thailand…jangan lupa nyoba Thai Massage and mampir ke Phuket, Phi Phi Island dan James Bond Island.
    Ambil paket tour saja, jatuhnya lebih murah…salah satu agent tour murah di Phuket, Happy Tour di daerah royal paradise complex
    Buat yang lain, ada info travelling ala bagpacker ke hongkong nda neh??

  162. By armin on Feb 13, 2008 | Reply

    makasih mas yusuf atas infonya.tapi di sana gi banyak perang di selatan thai nih ,jadi takut mau gi sana.saya mau cuba naik bas dari KL-BANGKOK AGAK AMAN GAK YA MAS?selalunya kita masuk sana di bagi cop berapa bulan mas yusuff?

  163. By ririn on Feb 27, 2008 | Reply

    Mas, aku mo ke singapore nech maret buat menghadiri pameran furniture disana dan ini kali pertama aku ke sana. Please yach, inform me:
    1. kalau beli souvenir kena pajak g’?
    2. c/i ke chani airport apakah semudah c/i di indonesia?
    3. makanan jawa disekitar hotel meritus meridian ada g/

    thanks ya :)

  164. By David Seragih on Mar 5, 2008 | Reply

    Zik,
    Thanks for this blog. Sangat informative. Teruskan man….
    God bless you!

  165. By Rahmat Zikri on Mar 5, 2008 | Reply

    ririn, souvenir ngga kena pajak koq. beli apa pun di singapore (kalau kena pajak) bisa kita klaim kembali uangnya. tempat klaim pajak setidaknya ada di bandara Changi dan di Orchard. ada nilai minimum yg bisa di-reimburse duit pajaknya. saya lupa berapa.

    hotelnya di orchard kan? makanan jawa/indonesia banyak di Lucky Plaza.

  166. By Alief on Mar 6, 2008 | Reply

    Mas saya rencana k sin dgn konsep budget travel.
    O ya,sy googling hostel yg di bugis yg mas jelaskan namanya bugis backpackers hotel.
    Waktu mas zikri nginap di sana kira2 ad single roomnya g?
    Trus misalnya kalau saya nginap d hostel yg dorm gitu kira2 barang2x gmn?soalnya saya tdk backpacker tp membawa koper
    Mas sudah mencoba atraksi sin yg br blm yg kyk the london eye itu?kalau tdk salah tempatnya di dekat marina.
    Terimakasih.

  167. By novianti on Mar 7, 2008 | Reply

    Hi Mas Zikri…

    Mo nanya, tau ga ya penginapan yg murah di Malaka? rencana saya long weekend ini mo jalan ke Singapore – Malaka – KL.

    Mohon saran & rekomedasi ya… maklum baru pertama kali neh jalan ke daerah sono.

    Thanks before

  168. By Nurma on Mar 12, 2008 | Reply

    Dear bro Zikri,

    Saya baru aja ke Sin Cia Po alias Singapore 7-9 Maret lalu bersama anak semata wayang. Sebelom berangkat, dr jan-feb browsing soal singapore, webnya bro Zikri dan juga webnya bang Indra very helpful. Perjalanan saya lancar banget, jogja-jkt-batam pp by mandala abis 2,4 jt buat 2 orang, ferry ke singapore pp gratis (promo Singapore Tourism Board dan Mandala khusus Maret 2008), bayar fiskal 500 ribu, taksi batam pp 140 ribu, di Singapore hotel dan makan dan transpor abis sing dollar 200 buat 3 hari 2 malam, oleh2 abis 200, total pengeluaran saya buat jalan2 sama anak habis 6 jt lebih dikit. Anak saya (9 th) kecanduan MRT ^ _ ^ dia simpen EZLinknya baik2 buat balik ke sana lagi katanya hihihi

  169. By Darsono on Mar 19, 2008 | Reply

    Tgl 28 feb’08 saya baru saja jalan jalan ke s’pore via batam, nginap di batam aja lebih murah, sayangnya di batam sekitar hotel saya (hotel bahari) kalau malam toko2 pada tutup, usut punya usut ternyata banyak yg pindah kenagoya mall demikian kata orang2 disitu kecuali restoran, jadi kita shopingnya ke mall saja. Tiket PP batam s’pore S$25 beli di airport kalau di harbour S$27 lebih mahal S$2. Tax+asuransi S$7, kalau dari s’pore S$12 mahal amat dan kalau dipikir emang mahal karena kalau di Ind. tiketnya pake kertas kalau di S’pore pake magnetic card, yg kalau mau naik ke ferry akan di ambil oleh penjaganya untuk di hitung pake mesin (sepertinya mubazir yah)karena magnetic cardnya tidak bisa dipake lagi karena disitu tercantum nama kita, paling didaur ulang (buat mereka sih gak peduli mahal wong yg bayar penumpang kog), jadi sudah ada perubahan harga dpd thn yg ditulis Rahmat Z.

  170. By Mr Hoky on Mar 20, 2008 | Reply

    gank..1 lagi..jangan lupa beli singapore sweeps (www.singaporepools.com.sg) mana tau jekpot bisa2 ke singapore lagi nginap dihotel bintang 10 selama 1/2 taon..heheheh

  171. By imanz on Mar 21, 2008 | Reply

    buat Alief:

    nginep di dorm aman2 aja kok. biasanya bule disana,lagian orang indo yg kesana jg ga ada yg niat macem2…mungkin kebawa suasana kali. Bawa koper ga masalah, banyak juga kok yg bawa disana..beberapa hostel malah nyediain loker/penitipan barang2 kita. Kalo ga ada juga tinggal titip resepsionis aja..

  172. By evi on Mar 25, 2008 | Reply

    Hi, mas Zikri mau tanya kalau dr singapore ke johor lbh baik naik apa? Sy bw orang tua 4 org. Naik taxi brp mnt ke johor, hrg? tx

  173. By zeux on Apr 1, 2008 | Reply

    hmm , sepertinya banyak yang ke SG untuk jalan2 yaa, ada tidak saran untuk stay at Singapore for a month? kalau tidak salah SPass (berlaku 30 hari/1 bulan), rencananya 30 hari untuk bersemedi dulu , alias baca situasi disana, mengenai culture, languages, everythings karena ada rencana untuk mencoba mencari kerja disana.

    Mengenai hostel yang untuk Backpackers itu, apakah bisa di sewa sebulan? ada potongan harga tidak? atau sewa Apartement? dan yang paling terpenting, berapa budget yang dibuthukan jika live style kita itu bener2 seperti backpackers ..alias irit .

    terima kasih.

  174. By ERICK FEBRYAN on Apr 1, 2008 | Reply

    Mas Zikri, saya mau tanya…
    Niat saya mau ke Singapore, mau nyebrang lewat Batam, biar irit. Maklum Mahasiswa.
    Tetapi saya baru pertama ke Luar Negeri, apa gak ditanya macem-macem saat mau nyebrang ke Singapuranya di imigrasi singapore????Takut dikira TKI gitu. lagian paspor saya masih kosong momplong….
    Oh iya apa yah yang ditanya imigrasi di INDO or Di SIN apabila kita baru mau ke LN!!!
    Trik apa saja buat ngindarin inceran si Imigrasi???Boleh bawa Koper kan mas lewat kapal???Soalnya kalau tas ransel susah…heheheh
    Tempat2 yang perlu dikunjungi apa aja yah mas, Selain Melion dan Orchad Road???Kalau masuk tempat wisata biaya berapa yah mas?misal ke Nigh Safari…Kalau di SIN ada kayak DUFAN juga gak sih???dimana???Berapa biayanya???
    Sekali lagi mahasiswa yang harus irit dan rajin menabung…hahaha
    sekalian mas kalau mau Johor Baru, naik bis atau nyebarang sih???Berapa yah biayanya…DAn gimana sih imigrasi malaysia apa mereka galak dan selalu melihat Indonesian People as TKI,apa gak takut yah nyebrang ke Malaysial???coz kemarin liat TKI pada disiksa dan masuk penjara disana gara-gara urusan imigrasi….
    reply yah mas,,, trim.,……
    atau sapa aja yah tahu deh…

  175. By zef on Apr 4, 2008 | Reply

    btw…kalo ke sin via batam, harganya pengaruh nggak seh kalo low/high season? kalo naik airplane kan harganya beda2….

  176. By Rahmat Zikri on Apr 8, 2008 | Reply

    @ Alief: ngga ada single room. tapi di beberapa hostel backpacker ada yg menyediakan single room. mereka menyediakan locker, kita bisa pinjam gembok (deposit sekitar SGD 5). masukkan barang2 berharga di situ. tas pakaian ditaruh di samping tempat tidur. aman.

    @ Novianti: belum pernah nginap di Malaka :)

    @ Nurma & Darsono: iya ongkos via Batam sudah naik karena BBM naik, sejak Januari 2008. saya belum update web ini :)

    @ Evi: anda nulis pertanyaan sama di posting Kuala Lumpur. sudah saya jawab di sana.

    @ zeux: entry pass di Singapore hanya untuk 14 hari. kalau Malaysia sebulan.

    @ Erick: yang penting pede dan tunjukkan intelektualitas anda. lain-lain coba browsing situs singasik.com

    @ zef: tidak.

  177. By zeux on Apr 8, 2008 | Reply

    Bang Zikri..thanks informasi 14 harinya..

    bentar..foto2 dulu..hhehehe
    http://photos-538.friendster.com/e1/photos/83/50/8660538/1_483252707l.jpg

  178. By Wispam on Apr 10, 2008 | Reply

    All,

    Ticket domestik sekarang lagi mahal karena adam air ngak operasi.Untuk liburan sekolah Juni nanti saya sudah cek beberapa maskapai penerbangan JKT- BTM harganya sama aja dengan saya booking ke Lion Air direct Singapore. Jadi kalo dihitung2 cuma beda 500rb doank untuk fiskal. Belum termasuk naik taksi dari Hang Nadim ke Batam centre, ticket ferry, seaport tax (termasuk antri bayar fiskal yang agak panjang kalau liburan sekolah)… etc …

  179. By zef on Apr 18, 2008 | Reply

    jadinya lebih enak lewat batam atau direct flight? mana yang lebih murah untuk saat ini? soalnya bln juni akhir mo berangkat ke sin…thx

  180. By rushdie on Apr 24, 2008 | Reply

    Hi all,
    rencana mau ke sing awal july. tertarik apartment di people’s park center. ada yg tahu contact personnya gak? apa bisa dibooking dulu? thk.

  181. By Rahmat Zikri on Apr 30, 2008 | Reply

    @zef, ada benarnya yang dibilang oleh Wispam. dihitung-hitung dulu. kecuali kalau pegang paspor sumatra, bebas fiskal via batam.

    @rushdie, saya ngga tahu. mudah-mudahan ada yg bisa bantu. mestinya sih ada c.p nya dan bisa booking dulu.

  182. By Eva on May 9, 2008 | Reply

    Zik minggu depan rencananya aku mau berlibur ke KL dan Singapore. Berangkat dari Jkt ke KL pulangnya dari JB ke Jkt. Kalo dari Singapore ke bandara di Johor Baru yang lebih enak naik apa ya? Tolong kasih beberapa alternatif ya. Terima kasih

  183. By Makmur on May 10, 2008 | Reply

    Mas Zikri, Kalo changi ke bugis street itu yg murah naik apa, waktu tempuhnya brapa lama trus harus pake visa kah? ngurus visanya bisa di bandara ngga? bayarnya brapa? thanks berat kalo ini di jawab kalo ngga dijawab juga tetap terima kasih!

  184. By Rahmat Zikri on May 15, 2008 | Reply

    @Eva: dari Singapore ke Senai Airport kalau mau naik taksi langsung sekitar SGD 40-50. kalau mau lebih hemat, ke JB naik bus (sampai terminal Larkin). dari Larkin ke Senai bisa nyambung naik taksi.
    Alternatif lain yang termurah, naik bus tujuan City Lounge (Johor Bahru) dari stasiun MRT Kranji di Singapura. dari City Lounge nyambung naik bus menuju Senai Airport.

    @Makmur: WNI bisa bepergian ke semua negara ASEAN tanpa visa (termasuk Singapura).

  185. By nilz on May 29, 2008 | Reply

    Halo Mas Zikri, thanks banget ya info-nya
    Saya ada rencana ke Sin akhir Juli besok via Batam, kebetulan dapet tiket lumayan murah JKT-BATAM-JKTnya. Kira2 harga tiket Feri dan lainnya masih sekitar sama gak ya dgn postingan Mas Zikri ini?
    Kalo emang tau, mohon info ya
    Thanks a million

  186. By Enny on May 29, 2008 | Reply

    Hey,
    what you wrote really helps.. :) I’ve been to some big countries but not Spore (and people who know that was like “wow..” hehe)Thanks!!

  187. By Rahmat Zikri on Jun 8, 2008 | Reply

    @ Nilz: ada kenaikan harga di tahun 2008. coba baca komentar Mas Darsono (19 Maret 2008) di atas.

    @ Enny: u’re welcome :)

  188. By nickel on Jun 8, 2008 | Reply

    Bang, mau tanya kalo itungan hostel itu per orang atau per room ya?? soalnya kalau di hitung sama aja ya, sama kita bertiga booking 1 kamar hotel. Rencananya kita mau ke sana akhir Juli nanti dari kuala lumpur naik air asia dari surabaya tapi masih binggung soal akomodasinya. Baiknya booking on line atau langsung show off aja??? need your help. trims

  189. By nickel on Jun 8, 2008 | Reply

    trus kalo mau booking hostel lewat internet website yang terpercaya apa ya. thanks need your reply soon. udah coba booking, agoda, dll tapi itu untuk hotel ya.

  190. By Rahmat Zikri on Jun 8, 2008 | Reply

    @ nickel: hitungan per orang. kalau bertiga mungkin emang lebih enak di hotel. kecuali mau menikmati suasana backpacking. jgn lupa, kalau hotel yg seharga SGD 60-an ngga dapat breakfast. di hostel dapat. belum lagi ukuran kamarnya kecil. bertiga ngga nyaman.

    untuk booking biasanya mesti lewat web/email langsung pihak hostelnya. ngga lewat web agen. kalau mau datang langsung juga oke saja. kecuali pas musim liburan…

  191. By rachma on Jun 9, 2008 | Reply

    Mau ikutan nanya nih, Maz…
    1. Yang dimaksud apartment dg biaya 40-80 SGD tuh per kamar per malam ya? Kalo diisi 5 orang dewasa dan 2 anak-anak per malamnya tetap segitu atau dikali 7 orang?
    2. Kalau naik MRT, anak-anak usia di bawah 2 tahun harus bayar juga atau free?
    3. Dari harbourfront ke batam paling malam jam berapa (penyeberangan terakhir)?
    Makasih atas infonya. Rencana awal Juli ke Singapore untuk pertama kalinya…

  192. By Rahmat Zikri on Jun 9, 2008 | Reply

    @ rachma:
    1. iya benar per kamar per malam. tapi kalau diisi lebih dari 2 orang ada tambahan, kurang lebih SGD 5-10 per orang per malam.

    2. sepertinya free

    3. kalau tidak salah jam 10-an malam. coba cek: http://www.batam.com/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=34

  193. By Touti Asmara on Jun 16, 2008 | Reply

    Dear Mas Zikri,
    Thank’s for your info, mau tanya nih, bln Oktober aku mau nginap di Johor Baru, ada nggak hotel yang murah (**), apa bisa go show kesana ato musti book dulu?. Aku pergi dengan 6 dewasa dan 1 bayi, apa bisa 1 kamar yang double + extra bed?. Dan dari Senai Airport ada lagi gak tax nya kalo kita mau pulang ke Indonesia dengan Air Asia?. Ma kasih yah mas infonya.

  194. By eera on Jun 25, 2008 | Reply

    ga sengaja nieh nemu blog ini.emang sieh kalo masih seputaran asia tenggara bakal banyak cara buat berhemat.apalagi ke singapura dan malaysia dimana wistawan indo banyak berkunjungsaya udah pernah ngerasain soalnya.tapi tetep… sentosa island gak bisa dihemat..kalo di malaysia genting nya yang gak bisa dihemat..hehehehe

  195. By inggrit on Jun 26, 2008 | Reply

    mas zikri
    saya mo tanya..juli ini saya kan mo ke sin
    trus jalan ke bangkok juga saya ke bangkoknya kalo mau via darat bisa kasih info ng travel agent yang bagus n aman.
    truuss juga rekomendasikan hotel yang murah dan lokasi strategis yah.

  196. By Rahmat Zikri on Jun 27, 2008 | Reply

    @touti: ber-6 orang dewasa + 1 bayi di dalam 1 kamar dgn bed ukuran double + extra bed masih terlalu sempit. saya sendiri belum pernah nginap di JB. tapi kalau dari bandara2 yg ada di luar negeri, biasanya tax sudah tidak di-charge lagi (sudah include di dalam harga tiket). termasuk bandara2 di Malaysia.

    @inggrit: saya kalau jalan di ASEAN ngga pernah pakai travel agent (pesan). langsung saja didatangi. sy juga ngga paham BKK.

  197. By tuty on Jul 5, 2008 | Reply

    Salam kenal ya..
    mau ikutan nanya nih, kalo jalan berdua dengan orang tua (ibu) dari sin ke bangkok kira2 enakan naik apa ya ?

  198. By lilisdetiawati on Jul 9, 2008 | Reply

    aq blm punya passport, orang jawa barat bikin passport di lampung bisa tidak?

  199. By Rahmat Zikri on Jul 14, 2008 | Reply

    @ Tuty: kalau dengan orangtua sih ngga ada pilihan lain, naik pesawat. masa iya mau ajak orangtua naik bus berpuluh-puluh jam?

    @ Lilis: dengan peraturan baru, semua orang Indonesia sekarang bisa bikin paspor di daerah mana pun.

  200. By arizal on Jul 24, 2008 | Reply

    saya mau nanya ada gak kapal dari BTH ke JHB? Apa naiknya sama dengan yang ke SIN? trus tiketnya berapa? trus JB ke KUL pake bis bisa anytime gak? trus naeknya dari larkin or apa? trus..uah dulu deh, kesian jawabnya nanti, he.he..
    Thanks ya Zik, ur site become my fave now! keep goin Bro!

  201. By ARMIN on Jul 28, 2008 | Reply

    MAS KLU PASSPORT TKI BOLEH GUNA UNTUK JALAN2 KE ASEAN GAK MAS?TERUS CAM MANA VIASANYA NGURUSNYA?

  202. By ARMIN on Jul 28, 2008 | Reply

    SORYY.MACAM MANA KENA NGURUS VIAS DULU GAK ?KE EMBASSY NEGARA TUJUAAN KITA?

  203. By ARMIN on Jul 29, 2008 | Reply

    mas?klu pergi bangkok naik bus.aman tak ya?
    kan disana ada perang militan pemisah tu di selatan thai?

  204. By susy on Aug 5, 2008 | Reply

    Mas, aku mau nanya juga. Rencana pengen ngajak anak-2 berlibur k s’pore trus ke KL (blm pernah). Pernah ke BKK mrk gak happy gak byk tempat wisata anak-2. Bikin planningnya mulai sekarang biar bisa nyiapin dana. Kira-2 yg paling pas bln apa ya. Soale temen bilang klo wkt christmas bagus di S’pore. Cuma pasti biaya jd lbh mahal ya. Tempat yg bagus utk wisata anak-2 dimana,mereka masih umur di bwh 10th. Terus utk penginapan yg recomnd dimana hotel/apartmn. Karena ada 3 anak kecil. Untuk transport sebaiknya via batam atau by fligh ke s’pore dg biaya yg tetep terjangkau. Thx ya

  205. By Rahmat Zikri on Aug 13, 2008 | Reply

    @ arizal: dari Batam ada beberapa ferry yang tujuannya langsung ke Johor. harga tiket kurang lebih sama seperti tarif tiket ke Singapura. dari Johor ada bus ke KL, anytime. Iya naiknya dari Larkin.

    @ armin: maaf saya ngga paham soal paspor TKI. yang saya tahu memang berbeda dgn paspor biasa (seperti halnya paspor haji yang hanya berlaku untuk pergi haji). kenapa ngga bikin paspor hijau (paspor biasa) saja? hanya +/- Rp 300rb. naik bus ke Bangkok aman-aman saja.

    @ susy: menurut saya: bulan juni, agustus, desember-januari. atau coba main-main ke Singapore Tourism Board di Jakarta (di Menara Danamon, depan Mal Ambassador).

  206. By agung on Aug 15, 2008 | Reply

    saya mau jalan2 ke singapura dan kuala lumpur tapi ngak ada teman, kalo ada yang mau travelling kesana juga bisa hubungi saya hp 0812 58 013 94
    oh.. iya aku saat ini di samarinda

  207. By wewet on Aug 15, 2008 | Reply

    Lam kenal Zik…
    Ada niatan mo backpackan lagi g sekitar abisan lebaranan? gw ikut dong…

  208. By Rahmat Zikri on Aug 20, 2008 | Reply

    @ wewet: habis lebaran sepertinya ngga ada jadwal saya ber-backpacking. kalau bulan puasa ini saya backpacking ke Taipei.

  209. By rin on Aug 31, 2008 | Reply

    pengen …sih jln”ke singapura but timingnya nih yg ribet…kl lagi liburan tiket pada mahal….

  210. By li on Sep 1, 2008 | Reply

    Aku sudah bikin plan ke Spore 27 Des ’08 s/d 1 Jan ’09. Kita semua ber-5. Perlu pesan hotel ga ya, takut high season.. Aku interest dengan apartemen di Lucky Plaza. Barangkali ada yang mau sharing alamat persisnya atau nomor telepon & nama yang bisa dihubungi…thnx

  211. By Rahmat Zikri on Sep 2, 2008 | Reply

    @li: sudah saya tulis di salah satu comment di atas. ini saya tulis lagi, coba hubungi ncik Mei: +65 9678 9261 (HP). ngomong pakai bahasa indonesia.

    ke sana bisa naik MRT dan turun di stasiun Orchard, atau naik taksi. cari gedung perbelanjaan yg namanya Lucky Plaza. tanya Mei, kamarnya di apartemen yang lantai berapa, nomor berapa.

  212. By seruni on Sep 5, 2008 | Reply

    slmt siang mas, maaf .. boleh tanya, apa ada informasi pergi tahiland (BKK) yang murah meriah ? trm kasih banyak ya mas …

  213. By putri on Sep 24, 2008 | Reply

    haloo aku mau minta tips nieh … aku mau ke johor lalu ke singapore… tapi temen temen ku tuh perokok berat. berapa pack yah boleh bawa rokok ke senai iairport johor bahru..? terus ke singapore kalau lewat darat naik mobil di check enggak yah.. tas2 nya..?
    thx

  214. By Rahmat Zikri on Sep 27, 2008 | Reply

    @seruni: belom ada :)

    @putri: kalau ke malaysia saya ngga ingat maksimum berapa. tapi kalau ke singapore ngga boleh (atau bayar pajak tinggi). coba akalin aja dengan menaruh di beberapa sudut tas (lebih oke lagi kalau di beberapa tas). kalau ketahuan & ngga mau bayar pajaknya yg mahal, ya relakan aja diambil :D

  215. By tony adikara on Oct 4, 2008 | Reply

    hmm
    thank’s informasinya
    baru tahu ada alternatif lain..
    jadi total biaya transport sekali jalan kesana berapa..?
    regard’s
    tony a

  216. By ted,s on Oct 5, 2008 | Reply

    bro,boleh nanya ya,boleh emailin aku ga.
    aku mau ke genting malaysia,tp mau irit2an.
    boleh emailin rute and naiknya apa2 aja untuk sampai ke genting.
    kalo boleh sama penginapan yg ok tp murah di genting ya.
    thanks banget.

  217. By elsa on Oct 22, 2008 | Reply

    numpang nanya mas,

    waktu beli tiket ferry di pel.batam center seaport tax S$7 udah inc di harga tiketnya, trus wkt tiba di harbourfront apa kita bayar tax lagi? brp ya?

    Kalo keluar dari harbourfront mau liat2 dulu Vivocity, apa ada penyewaan locker utk koper2 kita? kalo ada dimana ya? tau tarifnya?

    Mohon dijawab yach mas…

    thx
    elsa

  218. By ayuzuricha on Oct 27, 2008 | Reply

    wew…. mas infonya berguna banget neh…. jadi pengen juga, kmarin papaku kesana gak ngajak-ngajak…. :D

  219. By Rahmat Zikri on Nov 1, 2008 | Reply

    @ tony: silahkan kalkulasikan sendiri totalnya berapa :)

    @ ted,s: ambil yang ada di sini saja. masa saya disuruh jadi konsultan pribadi untuk perjalanannya :)

    @ elsa: tax di harbour front sekitar SGD 12

    @ ayuzuricha: cobain lah :D

  220. By Michael on Nov 2, 2008 | Reply

    Mas Zikri, mau minta advise untuk transportasi yang efisien dan ekonomis dari singapore ke genting (saya akan membawa istri & anak umur 5th): bus spore-genting, bus spore-johor bahru- genting, atau pesawat spore-kl-genting?
    Apakah tiket bus tsb harus di book dari jauh hari sebelumnya (seperti pesawat?)?
    Oh ya,nanti dari genting,aku akan ke KL selama 2 hari sebelum ke JKT. Dari yang saya pelajari sebaiknya nginap di sekitar bukit bintang agar efisien untuk jalan2, apa benar? Bila ya, tolong advise untuk hotel (bintang 3-4) di sekitar bukit bintang yang lokasinya efisien dan nyaman. Terima kasih sebelumnya.

  221. By Rahmat Zikri on Nov 3, 2008 | Reply

    @ Michael: kalau bawa anak kecil, mending bus langsung Singapore-Genting. pastikan pilih bus yang duduknya 2-1.

    Hotel (bintang 3-4) yg cukup jalan kaki dari area Bukit Bintang: Allson Genesis, Capitol, Coronade, Royale atau JW Marriott :D

    Untuk lokasi, fasilitas, harga, dsb, silahkan searching nama hotel tsb di search engine (google, dsb). jangan lupa menambahkan keyword bukit bintang. tapi kalau booking/bayar-nya saya lebih menyarankan nanti saja pas di sana. kita bisa dapat harga lebih murah (bahkan minta tarif diskon) ketimbang harga di web (biasanya ini melalui situs pihak ketiga).

  222. By Afrinaldi on Nov 11, 2008 | Reply

    Mas Rahmat,

    Saya ada rencana cabut ke Singapore minggu ini, kalau sekiranya mau tukar rupiah ke dollar singapore lebih baek di Btam atau di S’pore yak? Trus kalau tukar dollar S’pore dengan ringgit Malaysia juga lebih baik dimana, terutama dari segi tukar harganya yang bisa menguntungkan, hehehe..Terima kasih Mas Rahmat

  223. By pin on Nov 19, 2008 | Reply

    salam kenal.

    mohon informasi apakah ada tempat apa ada penyewaan locker utk koper2 kita di Vivo? kalo ada dimana ya? tau tarifnya?.
    tlong ye…
    thx

  224. By agung on Nov 25, 2008 | Reply

    saya sangat berterima kasih sekali kepada mas Rahmat Zikri karena berkat blog ini perjalanan saya dari samarinda ke jakarta lalu ke batam terus ke singapura lanjut ke johor dan kuala lumpur nyambung lagi ke phuket terus ke bangkok berjalan dengan lancar. dan alhamdulillah selama bulan nopember 2008 airasia agi promo sehingga saya dapat tiket ferry gratis dari batam menuju singapura dengan hanya menunjukkan boarding pass. Kalo ada teman2 yg ingin mengetahui perjalanan saya selama lebih kurang 11 (sebelas) hari keluar negeri mengunjungi 3 (tiga) negara sekaligus bisa call 0812 58 013 94, saya dgn senang hati berbagi pengalaman beserta harga2 tiket selama disana… gratis…. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih yang sebesar2nya kepada mas Rahmat Zikri..

  225. By herning on Dec 6, 2008 | Reply

    Tolong dicarikan info kamar kost di dekat NTU untuk 2 orang Wanita. Maklum belum pernah ke Spore, jadi masih buta. trims

  226. By patty on Dec 9, 2008 | Reply

    Hi mas…
    Mau tanya, saya ada rencana ke Sing tanggal 26 desember. Naik mandala airlines dan sampai di Batam pukul 16.35. Saya takut tidak dpt tiket ferry ke sing. Apa harus book dulu dr jakarta ?
    Jam keberangkatannya paling akhir jam berapa ya ?

    Thanks banget ya mas

  227. By boy on Dec 17, 2008 | Reply

    wah blog’nya bagus sekali mas. sangat membantu!!

    1.mas saya mau tanya, saya mau ke spore pertengahan januari 2009. apakah fiskalnya sudah pasti naik ya per 1 jan 2009?(menjadi 1,5 jt) saya via batam. maklum saya blm punya NPWP. hehe
    2. mas, klo dari geylang menuju orchard road, memakan wktu brp lama ya apabila naik mrt/taxi/

    trima kasih byk sebelumnya!!

  228. By dewiq on Dec 18, 2008 | Reply

    mas aku, swami ama anaku (7th) ada rencana mau jln2 ke singapore 26-29 des ini. kalo kita cr penginapan apartment yg di lucky plaza bw anak layak ga yha? ada no yg bs dihub ga buat booking apart tsb? and surga belanja sing itu di orchad / china town siy?? tx yha tlg di info.

  229. By arie on Dec 19, 2008 | Reply

    mas, aku rencana pengen ke singapura, tgl 19-22 feb’09 lewat solo-kualalumpur-singapura.
    Tp masi bingung soale modal cekak, gmn caranya ya?
    thanks, Tuhan memberkati

  230. By Rahmat Zikri on Dec 23, 2008 | Reply

    @herning: coba lihat2 di http://www.share-accomodation.sg
    @patty: ngga bisa book. go show aja. masih ada ferry sampai jam 8-9 malam.
    @boy: baca posting terbaru saya soal Fiskal
    @dewiq: Orchard dan China Town adalah daerah wajib kunjung kalau mau belanja2. untuk pesan apartemen di Lucky Plaza, silahkan baca comment2 saya di atas.

  231. By yuli on Dec 25, 2008 | Reply

    tolong donk info transportasi dari airport changi ke genting.enaknya naik apa?kalo naik bis,naiknya dimana?nama bisnya apa?tarifnya?lama perjalanan?apa mesti naik mrt dulu ke pool bis?kalo ya,mrtnya tujuannya mana?ohya,kalo mau nginap di lucky plaza,perlu booking dl dr jkt nga?atau bisa langsung sewa di tempat?kalo langsung di tmpt,pst ada kamar nga?thanx.

  232. By Rahmat Zikri on Dec 30, 2008 | Reply

    @ yuli: dari changi naik taksi ke Golden Mile. di sini banyak bus tujuan macam2, termasuk ke Kuala Lumpur dan/atau Genting. lama perjalanan l.k 6 jam. utk penginapan di lucky plaza cari nomor kontak di komentar2 saya di atas.

  233. By Darman on Dec 30, 2008 | Reply

    Bro Rizqi.., sangat membantu info-infonya

    Kalau diapartemen Lucky Plaza nyewakan yang untuk family jg gak yach, (Suami Istri + 2 anak), punya info kira2 rate untuk yang kamar untuk family begini..?

    Air Asia nawarkan hotel di Geylang macam Group Hotel81 dan Fragrance, dibandingin Lucky plaza, untuk transport dan makan enak mana Bro…?, maklum bawa anak kecil

    Dari http://www.streetdirectory.net.my kalau misalnya mo ke Orchard dgn MRT dari Fragrance hotel naik di Aljunaid dan transfer kereta City Hall MRT, bener gak nih Bro…? (simulasi ifo, hehehe). Transfer MRT begini harus bayar tiap ganti MRT yach.

    Anak2, 6tahunan harus beri EZLink sendiri atau boleh di gesrek-kan dari kartu orang tuanya…?

    Terima kasih sekali lagi atas jawabannya

  234. By riri on Jan 3, 2009 | Reply

    Mas Zikri,
    Saya rencana mau ke Spore dan nginap di NSS Hotel.
    Punya rekomendasi restoran di sekitar hotel atau Rochor Road gak?
    Trus, bagaimana dgn minimarket? Apa mudah ditemukan terutama di sekitar NSS Hotel?

    Thx a lot buat waktunya
    Thx a lot buat infonya

  235. By dre on Jan 4, 2009 | Reply

    mohon pencerahan dong,
    pertengahan jan 09 ini sy & teman2 (7org) renc ke sing via batam.
    stay di furama city center & novotel batam (good choice kah?).
    Rute apa yg efisien spy bs dapat ke :
    – sentosa (cuma mau liat song of the sea, tp usahakan sampe sana sktr jam 6an, spy msh bs liat suasanany)
    – Merlion park, esplainade, sing flyer
    – orchad (renc mkn siang disini)
    – bugis, mustafa center, china town.
    itu adalah tempat yg wajib sy datangin (mungkin ada tambahan lain?)
    renc dr batam jam 10 pagi, dan kembali lagi ke batam keesokan harinya max jam 9 malam.
    transport prefer naik MRT.
    Klw bs sekalian info dimana bs mkn chicken hainan rice yg paling enak?

    hehe,… banyak bgt yaa permintaan nya..
    tp perlu banget nih..mohon dibantu yaa, thanks

  236. By dre on Jan 5, 2009 | Reply

    atw sy infokan rute sementara saya:

    hari ke 1
    10.00-11.30: hang nadim – batam center plus urus2
    11.30-13.00: batam – sing (ferry) plus urus2
    13.00-13.30: check in hotel furama
    13.30-16.00: orchad lunch, shopping
    16.00-17.30: mustafa center? Bugis? china town?
    17.30-21.00: vivo city, sentosa, dinner, song of the sea
    21.00-22.00: balik hotel, rest sebentar
    22.00-24.00: kemana yg bagus yg tdk terikat jam MRT? bgmn jika clark quay? atau apakah china town/bugis yg jual2 sovenir buka sd tengah malam? tlg info nya yaa
    24.00: kembali ke hotel

    hari ke 2
    09.00-12.00: masih belum tau, chinatown?Bugis?mustafa center?
    16.30-18.00: esplainade, merlion park, trus naik sing flyer.
    18.00-20.00: renc ke orchad utk liat situasi malam plus dinner.
    20.00-21.00: balik ke hotel, ambil koper trus menuju harbourfront utk balik ke batam.

    hari ke 3
    sd pk 15.00: keliling batam
    16.00 : airport utk menuju jakarta

    Bagaimana? mohon koreksinya, thanks a lot yaa

  237. By Cherry on Jan 19, 2009 | Reply

    Selama ini saya pengen banget berbackpack ria ke Singapore.Kmrn dgn nekadnya saya booking tiket pp batam-jakarta (mumpung ada promo)…ehhh, skrg malah binun mikirin hotel ??? makan ??? dll…untung saya baca blog anda…benar – benar mendapat pencerahan….thanks ya

  238. By denny on Jan 19, 2009 | Reply

    permisi, salam kenal nih…

    Kamis depan saya rencananya mau ke singapur malaysia lewat batam, mau tanya nih,
    1. harga tiket feri sekarang berapa ya? kan bbm dah turun..

    2. kalo dari harbourfront mau ke malaysia, naik bus sekitar 49 SGD (betul ga? mahal yaa..) Tapi kalo naik kereta api aja bisa ga ya? (kalo ga salah cuma 19 SGD) Turun di Kl Sentral Railway stasiun.

    3. Hotel di sekitar jalan sultan dan bukit bintang yang tarifnya 80 RM permalam ada ga ya?

    Mohon sarannya nihh… Thanks

  239. By Parwa Oryzanti on Feb 1, 2009 | Reply

    Hii om Zikri..boleh kenalan gak?
    Namaku Parwa Oryza..anakku 1 cowok umur 3 th
    wahhhh mas Zikri ini kok keren bgt sich?
    Suhunya IT sich ya..
    yg ksh komentar banyak…
    gimana sich kok bs pinter gitu???
    Btw thanks bgt loh info2 nya kepake..ini yg lg mau berlibur di bln Feb…
    Om..boleh numpang jualan gak?
    ha ha ha (maaf maaf becanda)

  240. By Parwa Oryzanti on Feb 1, 2009 | Reply

    om..kata suamiku, kenal ama om zikri di KPU..suamiku namanya Iwan. kerja di HP indonesia kuningan jkt.
    Mas Zikri yg suka kasih training kan?
    mbok kpn2 saya ditraining jg to mas biar pinter gitu…
    he he he, thanks.

  241. By irma on Feb 6, 2009 | Reply

    Sy bantu jawab ya mas Zikri. Untuk Denny : kenapa ga naik air asia aja langsung ke malaysia, sering ada promo harga murah lho (sy pernah dpt harga promo RM 149 pp) . Soalnya kl lewat batam agak ribet ‘n ujung-ujungnya sama aja biayanya. Apalagi mulai 1 Januari 2009 udah bebas fiskal LN bagi yg punya NPWP, jd bisa lebih murah. Kalo hotel budget segitu sy ga’ punya referensi, tp kl mau apartement, sy recomend apart. nya mbak Riyani, orang indo yg punya unit apart. untuk disewakan. Lokasinya strategis bgt di KL Plaza suite, jl bukit bintang. Ratenya sekitar RM 80-95. Untuk lebih jelasnya, silahkan hubungi mbak Riyani di riyaniwong@yahoo.com

  242. By irma on Feb 6, 2009 | Reply

    Riri : FYI, NSS Hotel sudah tutup sejak October 2008. Alternatif yg lain boleh coba Ah Chew Hostel, tp sy belum pernah nginap disana, jd blm bisa ngasih komentar bagus tidaknya. Tapi lokasinya strategis, di seberang jalan Bugis Junction (statiun MRT Bugis)

  243. By irma on Feb 6, 2009 | Reply

    Tambahan info buat Denny, kl naik air asia langsung malaysia, trus nyambung ke singapore bisa naik bus transnasional, one way: RM 30 (adult)/RM 15(child), return: RM 55 (adult)/RM 30 (child). Lebih hemat daripada dari singapore ke malaysia, soalnya kursnya beda jauh, tp ratenya sama

  244. By Rahmat Zikri on Feb 7, 2009 | Reply

    @Darman: 1. saya lebih pilih apartemen di Lucky Plaza. lebih nyantai.. walau kalau hotel kamarnya lebih bagus. tapi hotel2 yg disebut itu kecil2 kamarnya mas. di apartemen kan kita bisa pilih ukuran kamar yang paling sesuai, termasuk yg ukuran family. 2. tranfer MRT ngga bayar, karena sudah masuk perhitungan jarak (hanya gesek pas masuk dan keluar). 1 kartu EZLink untuk 1 orang. untuk anak kecil, coba tanyakan dulu di loket, apakah harus beli juga atau tidak.

    @riri: maaf, ngga ada rekomendasi saya di sekitar rochor.

    @dre & denny: sorry, telat ya..

    @irma: thanks

  245. By sisca on Feb 13, 2009 | Reply

    Waduh, yang commment banyak benerrrrr….
    thanks buat infonya yah….

  246. By solaris mania on Feb 16, 2009 | Reply

    Thanks infonya mas, saya praktekin beberapa bulan lagi ke singapur .. cuma yg bikin saya males bikin NPWPnya itu sebagai ganti fiskal…hehe

  247. By Rahmat Zikri on Feb 24, 2009 | Reply

    @solaris mania: kalo gitu tunda aja ke luar negerinya sampai 1 Januari 2012, udah ngga ada fiskal :-p

  248. By yanti on Feb 26, 2009 | Reply

    thanks banget infonya, sangat bermanfaat! kebetulan minggu depan sy mo mampir ke Sin setelah tugas di kepri, mo ambil gaya backpacker aja ahhh…kayaknya bakalan seru nih…

  249. By Eka on Feb 28, 2009 | Reply

    Halloo…

    Saya Vina, kebetulan air asia lagi ada promo nih, so saya dan 2 org tmn mau ke singapore bln November (Masih lama sih :D), tapi kami mau mulai cari-cari info ttg singapura dr sekarang, mohon bantuannya ya.. ^ ^
    (karena kami bertiga sama sekali belum pernah ke Singapore/Malaysia)

    1. Tiket yg kami beli PP tujuan singapore, tapi kami berencana ke Malaysia juga, bisa ga yah..? gimana caranya ? Ada syarat khususnya kah ?

    2. Tempat2 menarik dan indah yang wajib dikunjungi di singapura dan malaysia apa saja yah ?

    3. Mudahkah mencari makanan yang halal ?

    4. Mohon rekomendasi untuk penginapan di singapura dan malaysia, kira2 lokasi strategisnya didaerah mana? (Yang pasti sangat murah, krn kami “backpakers”), xixi…

    Please infonya ya..
    Thanks

  250. By liana on Mar 2, 2009 | Reply

    mas, rizky mo nanya juga dong…saya ada rencana ke singapore dari tgl 24-27 April, ada rencana ke Malaysia juga, bisa tlong kasih advise gk mas.. gimana cara-nya menjelajhi 2 negara tersebut dengan murah meriah (dalam hal transportasi maupun akomodasi terutama di Malaysia… dan saya akan balik ke indonesia via sing, so thank before for the advise

  251. By KempOng on Mar 22, 2009 | Reply

    Mas…. Klo dr bandara singapore ke sentosa&sing flyer jaraknya jauh g ya? (brp jam).. & saya mesti naek apa kesananya.MOHON DIJAWAB!!! THX

  252. By agung on Mar 31, 2009 | Reply

    bagi yang mau ke singapura, jangan merasa takut atau kuwatir sebab di sana aman dan sangat nyaman, karena saya sudah kesana. untuk penginapan memang benar kalo nss hotel sudah tutup tapi di sekitar situ ada ah chew hostel dan in the crowd backpacker( sekitar bugis junction) sebab di situ juga ada stasiun MRT. Saya betul-betul terpesona dengan KEBERSIHAN, KETERTIBAN, KEAMANAN, di Singapura. Tidak ada kesemrawutan, tidak ada kemacetan.

  253. By Minmin on Apr 21, 2009 | Reply

    Mas.. help…tgl 17 Juli (malam jam 21.30) s/d 21 juli 2009 ini saya rencana backpackeran ke KL bareng beberapa temen, cukup ga yah, waktunya ngitar2in KL 2 hari yaitu tgl. 18-19 Juli 2009. Sedangkan di tgl 20 saya rencananya pengen ke s’pore juga (ga nginep, pulang hari) dan balik lg ke KL, untuk pulang ke medan-my home town. Kira2 cukup ga ya waktunya? dan Ada saran tempat2 wisata yg dapat dikunjungi di wkatu yg mepet itu? Please…mohon sarannya… Thnx berat

  254. By ando on May 13, 2009 | Reply

    Wow,,info-nya sangat menarik skali Mas Zikri..

    sangat terbantu skali..

    Mas,mo nanya ni, saya kan mahasiswa, jadi blom punya NPWP. Denger2 biar bebas fiskal, katanya ftokopi NPWP ortu aja ya?

    Trus,artikel mas di atas kan dah cukup lama. Maksud saya, harga2 (transport,akomodasi,dll) kira2 skarang ini dah naik brapa persen ya? Kisarannya aja mas?

    Thanx before for your answer & attention

  255. By akina on May 31, 2009 | Reply

    pak, kalo pulang dr singapore kna fiskal lg ga?

    mohon bantuannya. arigatou ne ^^

  256. By maya on Jul 2, 2009 | Reply

    aku mau tanya nih. klo ke spore nggak perlu buat visa kan? kalo cuma berkunjung aja,.

  257. By teddy on Jul 6, 2009 | Reply

    Met kenal mas Zikri, begini mas, tiket ku pp jkt-batam pakai air asia, rencana mau ke sing sama malay, klo menurut mas, lebih efisien tuh ke sing dulu baru ke malay atau sebaliknya? thanks infonya

  258. By harjoni on Jul 14, 2009 | Reply

    to teddy :

    Lebih baik dari batam ke SIN dulu, baru ke KL. dari KL langsung aja ke jkt. Booking dari sekarang. Kalau harus balik lagi ke sin-batam-jkt, jatuhnya akan sama harganya. dan yang pasti lebih hemat waktu.

    to maya dan etc :
    Ke sin, kl dan negara asean tidak perlu visa, cukup paspor saja.

  259. By teddy on Jul 21, 2009 | Reply

    mas harjoni, tanya lagi dong klo dari KL bukannya bisa langsung ke batam lewat johor bahru?

  260. By farida on Aug 25, 2009 | Reply

    aku dua kali ke s’pore, yang pertama may 17-19 2009. aku dari surabaya, pake air asia via jogja. total semuanya habis 2,3 juta an. itu udah semua banget, travel sby-jogja PP, pesawat PP, biaya hidup disana, ama souvenirs juga.
    tapi itu untuk jalan2 ke tempat yg tidak berbayar alias gratis.
    nah, yg kedua tgl 25-29 juli 2009, aku pergi ke tempat2 berbayar banget nih. total habis sekitar 3,6 juta. udah semua muanya juga, dari rumah sampai balik lagi ke rumah.

    @ando, mgkn bisa bantu.
    kalo untuk mahasiswa yg blm ber-NPWP, kamu copy passport, kartu keluaraga sama NPWP ortu. ntar tunjukin sama petugas bandara nya gytu…

    @all, untuk info ttg singapura bisa dilihat banyak di blog wisatasingapura.kiosgeek.com

    happy travels yah…

  261. By Wisata Singapura on Sep 3, 2009 | Reply

    Ijinkan kami untuk memakai artikel anda sebagai testimoni wisata di Singapura di blog kami.
    Terima kasih.

  262. By dev on Oct 3, 2009 | Reply

    klo rute pulang dr singpore ke jkt dibikin sama dgn waktu brkt gmana?prbandingan hrga jauh lbh murah,kan?(biasanya aq gitu siy.klo mo naek pswt pesen’nya uda dr jkt pas brkt’nya?maksudnya gmana? ^_^” kmrn ke marina beach,tp kok sepi?view’nya siy lumayan..

  263. By trya on Oct 6, 2009 | Reply

    mas, kok kayaknya pertanyaan diatas banyak yang nggak terjawab. kok nggak di update lagi sih? tolong dong kasih update-an yang terbaru untuk yang 2009 ini dong..

  264. By cincin on Oct 7, 2009 | Reply

    Saya mau ty,kalo mau ke luar negri,ortu gak punya NPWP,tapi anaknya punya NPWP(masih 1 KK),syarat-syarat apa saja yang mesti disiapkan(dibawa) untuk bebas fiskal di bandaranya.Tolong diinformasikan ya,makasih

  265. By leni cocoly on Oct 10, 2009 | Reply

    Hehehe…
    Jadi inget pengalaman pribadi…
    ke s’pore via batam … meski menurut gw dari segi kenyamanan aga sedikit ribet tapi asik juga…boleh juga tuuw…will be some nice experience yg ga mudah dilupakan…. :)

  266. By miya on Oct 31, 2009 | Reply

    ifo ny bharga bgt,,,gw ma tmn2 gw br mu ptualang tuh k negeri singa,,tp g tau musti gmn,,

  267. By Donat on Nov 18, 2009 | Reply

    Wakakaka, mantab infonya gan.
    Tak bagi infonya di forum backpacker http://backpackerindonesia.com kalo dah pake pc

  268. By donald on Jan 1, 2010 | Reply

    Mas, mhn bantuannya ni
    Insyaallah bbrp bln ke depan sy akn berobat ke s’pore, tptnya ke Singapore national eye centre (SNEC) stlh berobat kllg jkt $ bdg. nmn sy msh ragu, jd tlg dibantu y mas..

    1. setiba di harbour front, ke SNEC bgsnya pake MRT ato pake taxi?

    2. lokasi penginapan murah di sekitar SNEC kisarannya brapaan mas, ada yg seharga backpackers ngga?

    3. Bwt org yg lg dirwt ato hbs opersi, aman nggak naik MRT?

    Bantuin y mas. Mudh2an byk membantu…
    Maksih sblmnya!

  269. By braja on Jan 10, 2010 | Reply

    ini om Zikri yang terkenal di NLC itu kan?

  270. By nia on Feb 4, 2010 | Reply

    mas sy blm prnh ke LN rencn mau ke Spore & KL,apakah nanti di bag imigrasi lngs di stempel utk pergi ke 2 negara tsb? atau gimana prosedurnya?

  271. By morishige on Feb 12, 2010 | Reply

    nice post bro… :D

    keknya ntar saya bikin paspornya di padang saja. biar kalo mau ke singapura gak bayar fiskal. :D

  272. By muchamad_ali on Feb 16, 2010 | Reply

    Saya kok ngerasa aneh dengan tulisan ini dan yg serupa. Entah mana yg benar dan benar2 kreatif.

    Cek ke: http://antontam.multiply.com/journal/item/16/Ke_Singapura_ala_backpacker

    “Go, blogger kreatif tanpa ‘copy/paste'”

  273. By mez on Feb 19, 2010 | Reply

    Ngapain harus via batam?? Maskapai juga udah murah kok…imigrasinya juga santai saja tinggal isi apa yg harus diisi…:)

  274. By antono on Feb 22, 2010 | Reply

    siang , aku minta bantuan tmn2x , apa ada biro perjalanan ke manila ? karna saya udah search tp belum ada kecocokan , terimakasih tmn2x…

  275. By Rahmat Zikri on Mar 11, 2010 | Reply

    @mez & all: benar, sekarang dgn adanya fasilitas bebas fiskal buat mereka yang sudah memiliki NPWP, lebih enak dan murah ke Singapura LANGSUNG dari Jakarta (atau kota2 lain, misal: Bandung, Surabaya, dsb).

  276. By Einst on Mar 28, 2010 | Reply

    Pa Zikri saya numpang nanya, kira2 berapa budgetny jalan2 k singapura?
    Kl 2-3jt bisa puas ga?
    Minta saran ny y..

  277. By Rima on Apr 15, 2010 | Reply

    hmm… thanx..very helpfull.. ^_^

  278. By parfum murah on Apr 17, 2010 | Reply

    thank tips nya

  279. By dessy on Apr 22, 2010 | Reply

    Mas rizki ini kan tahun 2007, untuk harga hotel dan oleh2 masih segitu hatganya? Ohya saya juga masih binggung cari hotel soalnya mau berdua sama ibu saya cari hotel bersih dan murah budget ya 500ribu gitu ada gak ya daerah orchard?

    Butuh info banget mas hehehe

  280. By spiritumsantorini on May 6, 2010 | Reply

    Bagus ni saran saranya..
    makasih banyak hehehehe…

  281. By Rahmat Zikri on May 30, 2010 | Reply

    @Einst: puas. asal bisa atur keuangan dgn baik dan dapat tiket murah.

    @Dessy: iya sepertinya harus adjust dikit harganya. dgn budget segitu saya ngga tahu hotel apa di orchard yg pas. tapi kalau apartemen sudah cukup dan bersih.

  282. By claudia on Jun 10, 2010 | Reply

    mau tanya hrga naik kapal ferry batam-singapore brapa?
    trus cra pesen tiket nya gmana?

  283. By paula on Jun 24, 2010 | Reply

    @clauida..

    harga tiket Batam-Sing PP sekarang antara SGD 27 -30, udah termasuk harbour-tax dari batam, tp harbour-tax di harbour front SGD 20, jadi total untuk tranportasi Batam-sing PP SGD 47.

    lebih baik naik kapal Ferry dari pelabuhan Batam Center aja, nah di Pelabuhan itu ada Counter Ticket jadi tinggal beli disitu saja.

    FYI, yang harga SGD 27 itu kapal Batam Fast, jadwal berangkatnya jam 06:10, 08:30, 09:40, 11:10, 12:40, 14:10, 15:30, 16:30, 17:30, 18:40, 19:50 dan 21:00..

    Semoga bermanfaat… :)

  284. By devi on Jul 1, 2010 | Reply

    hai…mau minta dibantu informasinya nih.

    besok mau ke singapura dari jakarta ke bukit batok. kalau dari changi naik MRT rutenya gmn ya?

    trus..ada informasi untuk nginap murah nggak untuk daerah sekitar situ ? soalnya saya cuma 2 malam saja disana.

    Trima kasih.

  285. By Rahmat Zikri on Jul 4, 2010 | Reply

    @devi: naik MRT dari Changi, turun di Jurong East. ganti MRT yang tujuan Marina Bay, turun di stasiun pertama (Bukit Batok).

  286. By diana on Jul 6, 2010 | Reply

    hhmmh.. salam kenal… saya mo minta informasinya sedikit tentang sinagpore…
    saya ingin tau ttg jalur tranport dari harbour fort ampe golden miles, menggunakan apa ya??
    karena rencanannya, setelah bermain ke sentosa, ingin lngs ke golden miles untuk naik bis ke Genting, begitu..
    terimakasih…
    tolong infonya di japri ke email aja ya…

  287. By Turis Indie on Jul 8, 2010 | Reply

    @dessy bantu jawab ya, di Orchard penginapan yg cukup terkenal itu YMCA. Coba di gugling aja, setau saya ratenya yang paling murah bisa dibawah 300k.

  288. By bintan resort on Jul 18, 2010 | Reply

    baca posting ini inget waktu dulu disuruh bos beli batterai laptop, dikasih tiket PP denpasar-singapura,wkwkwk, ga sempet jalan2, ke singapura cuman beli batterei leptop..heleh2

  289. By membuatwebsites on Jul 31, 2010 | Reply

    wah.. menarik sekali ulasannya.. jadi ingin sekali pergi ke singapore :)

  290. By endah on Sep 18, 2010 | Reply

    hi all…yg females usia 4O ke atas suka petualangan….bs sharing travelling ya?…budget q tipis bgt…tp mo travelling…so bth tmn biar hemat ….tq

  291. By porkas siregar on Sep 20, 2010 | Reply

    mas Zikri,
    minta tolong info utk penginapan murah di Malaka, serta tempat2 yg bagus dikunjungi
    terima kasih

  292. By vearmy on Sep 24, 2010 | Reply

    Dear mas zikri
    Rencana tgl 30 des sy brkt k KL by flight.setelah landing sy ingin melanjutkan mencari penginapan d bukit bintang.
    Yg ingin sy tanyakan:bagaimana mencari bus dr airport k bkt bintang & apakah mungkin msh tersisa penginapan di tgl itu(akhir tahun).
    Rencana brikutnnya,di tgl 31 sy akan brangkat si spore.adakah referensi tmpt yg hrs sy kunjungi untuk merayakan malam pergantian tahun.
    Oh ya bagaimana sy mencapai chinatown dr golden miles(terminal)?
    Dan jam brapakah bus terakhhir dr golden miles ke johor bahru.
    Trims infonya mas

  293. By nana on Sep 25, 2010 | Reply

    hi, mas
    kira2 gmn yah kalo aku bawa batik kesana tuk dijualin, mumpung dpt gratisan ke singapura.
    sebenernya cm pengen jln2 aja, tp sapatau bs nambahin uang saku buat pulang. kira2 gmn mas barangnya kena pajak ga. atau takutnya ditangkepin polisi lagi…hihi

  294. By Daftar Hotel Bintang dan Melati Murah on Sep 30, 2010 | Reply

    Wah jadi kepengin mengikuti jejak mas….
    kayaknya tipsnya patut untuk dicoba

  295. By Rahmat Zikri on Oct 2, 2010 | Reply

    @diana: ke halte bus.. cari bus yang lewat golden miles… lihat saja papan petunjuk rute bus yang ada di halte. kalau bingung tanya sama orang yang ada di dekat2 situ.

    @porkas: ada banyak penginapan murah di sekitar rumah sakit Mahkota (salah satu tempat favorit orang Indonesia untuk berobat). tempat2 yang dikunjungi “cuma” jalan2 melihat bangunan2 kuno jaman portugis.

    @vearmy: dari bandara naik bus ke puduraya. dari puduraya naik taksi ke bukit bintang (jalan kaki juga bisa). alternatif lain, dari bandara naik bus ke KL Sentral.. lalu sambung dengan taksi (agak jauh).

    utk tahun baruan mungkin bisa menuju Marina Bay (Singapore) atau di dekat2 Merlion (patung singa) dan Esplanade… mestinya ada banyak kembang api di sekitar tempat tsb.

    dari Golden Miles ke Chinatown bisa naik taksi atau bus (lihat rute di halte bus terdekat). Saya ngga tahu jam keberangkatan terakhir (mungkin saja 24 jam). yg pernah saya coba adalah naik bus jam 1 dini hari.

    @nana: ngga disarankan utk bawa2 barang dagangan ke negeri orang dgn perjalanan sebagai turis. lagian mau dijual di mana?

  296. By feti on Oct 18, 2010 | Reply

    Ada yg punya rencana backpaker ke singapore bulan November 2010…Kira2 antara tanggal 13-17 november 2010????
    kalo ada..Gabung yuk..Kita jalan2 hemat kesana..Mumpung libur idul adha..
    Tx..

  297. By endah on Oct 19, 2010 | Reply

    hi feti…nov lg peak khan?

  298. By fani on Oct 28, 2010 | Reply

    @feti.. sayang sekali nih aq mo berangkat tgl 29 okt ini. kira-kira ada gk nih yang teman” yg mo ke singapore tgl 29-31 an. bisa gabung ma aq biar ada tmn nih ….
    @mask zikri: kok sedikit nervous nih berangkat sendirian ke singapore.

  299. By chichi on Oct 30, 2010 | Reply

    kira2…total untuk biaya ke singapura melalui batam n penginapan yg plg murah selama 3 hari berapa yah???

  300. By Rahmat Zikri on Nov 4, 2010 | Reply

    @chichi: sekarang sudah ngga ekonomis lagi lewat batam. karena skrg sudah ada fasilitas bebas fiskal (asal punya NPWP).

    soal berapa biaya hidup, ya tinggal dikira2. dari tulisan di atas sudah ketahuan kira2 biaya penginapan berapa. sedangkan utk makan dan jalan2 ya seperti biaya hidup di Jakarta lah. bolehlah dilebihkan buat jaga2.

  301. By Deus on Nov 8, 2010 | Reply

    Hmmmm aku pengen bgt ke sana tapi ga pengen lewat batam. klo lewat cengkareng ke sana + biaya penginapan selama 5 hari kira2 berapa yah??
    Thanks ^_^

  302. By fani on Nov 10, 2010 | Reply

    hmm.. akhirnya kesampaian jg niatan aq ke singapur… kmrn lewat batam tiket PP ferry batam fast biaya cuma $18 Singapore, tax di pelabuhan btm $70 dan dari Sg to Indo $200… orang di singp cuek nmun klu dimintai pertolongan sangat ramah. cool deh pkknya. sayangnya pas nyampe disana baru cari penginapan mlm hari hasilna dapat Hotel yg bwt single lady biayanya $63..

  303. By chandra on Dec 20, 2010 | Reply

    kalo pas libur lebaran apa iya gak harus book hotel dulu dari sini om?tks

  304. By surya suryadi on Dec 22, 2010 | Reply

    mas zikri, ulasanmu mirip petugas 108 yach ? apa sampeyan kerja di kementerian budpar ato kominfo ato telkom ? sayang yang diulas cuma turisme luar negeri, padahal turisme dalam negeri juga worth it. trus, untuk pertanyaan yg mirip2 , mestinya gak usah dijawab lagi, cape dehhh.. maaf, krn mas org IT, munkin bsa ada ulasan lain spt misalnya laptop merk anu dng spek anu, dibandingkan dng merk anu, lbh rekomen merk anu.. ato ulasan ttg peralatan penunjang It lainnya..
    sori rada nyolot…jangan marah ya..

  305. By Asia Hotels Review on Dec 31, 2010 | Reply

    Info perjalanan hemat ke Singapore yang bermanfaat
    salam kenal mas

  306. By Rahmat Zikri on Jan 3, 2011 | Reply

    @surya: betul. sudah lama dirasakan sih… ada niatan untuk membersihkan comment2 yang berulang di posting ini :)

    kalau nulis soal IT juga, ngga berwarna dong hidup ini. lagian ada blog saya satu lagi kok di http://mugi.or.id/blogs/zikri

  307. By mita on Jan 11, 2011 | Reply

    Hi mas
    lam kenal ya
    bisa bantu rute jalan jalan asyik dgn rute Kuala lumpur- singapore – Kuala lumpur ga ?

  308. By kristian on Jan 23, 2011 | Reply

    hi,klo aq jalan ke singapore dari jogjakarta terus apa aja yang harus aq siapin dan berapa biaya yang di keluarkan untuk stay 3 hari 2 malam
    trs kalo ke harbour enaknya naik apa dan tau ga tempat docking kapal pesiar di singapore ?

  309. By kristian on Jan 23, 2011 | Reply

    ohh ya biaya fiskal sekitar berapa dan berapa jangka ijin fiskal nya ?
    tolong balas ya

  310. By ferrik on Jan 25, 2011 | Reply

    perasaan sekarang fiskal sudah tidak berlaku lagi untuk negara2 asean dan beberapa negara di asia lainnya. jadi baik punya npwp atau tidak, ya ga ada fiskal. benar ga sih?

    oh ya… mau ke sing nih akhir april. di geylang katanya red district area. china town gimana? lucky plaza apt itu kira2 berapa ya mas zikri? buat berdua. mas zikri share lagi atuh rate2 hotel atau motel murah. thx yo..

  311. By novi oriflame on Jan 28, 2011 | Reply

    aminnnnn,bisa kesana, tapi mahal, hehehehehe

  312. By novi oriflme on Jan 30, 2011 | Reply

    wachhh,,, kerennn

  313. By Dafid on May 12, 2011 | Reply

    ThanX bgt buat infonya. C u

  314. By Jill Cho on May 20, 2011 | Reply

    mas zikri, hostel/apart murah yg deket Singapore Indoor Stadium ada ga y? bisa minta tlg kasih infonya?
    trus dr plbuhan k Singapore Indoor Stadium itu kira2 brp lama perjalanan kalo naik taxi?
    thank you ^_^

  315. By Rin on May 21, 2011 | Reply

    permisi, tolong edisi japanse tour donk :)

  316. By hbstephanus on Jun 30, 2011 | Reply

    Menarik infonya, mudah-mudahan masih relevan sekarang. Setahu ane harga tiket pesawat sekarang udah jauh lebih murah, kan ?

  317. By byjuri on Jul 7, 2011 | Reply

    wahh infonya sangat membatu sekali

  318. By ER's on Jul 10, 2011 | Reply

    Sip gan…ini nech baru namanya informasi yang keren…namanya juga hemat,,,jelas banyak peminatnya hehehe…

  319. By Gp on Jul 21, 2011 | Reply

    jaman emank udah berubah mas brow. tp tetep aja yang kaya makin kaya, dan yang miskin makin miskin. yang kaya bisa jalan2 ke luar negeri, yang miskin tetep mikir besok masih bisa makan apa ga.

  320. By andre kakashi on Jul 22, 2011 | Reply

    infonya mantafff

  321. By sisca on Jul 28, 2011 | Reply

    wah jalan jalan enak nih mas brow… thanks infonya

  322. By seli_usel on Aug 15, 2011 | Reply

    terimakasih atas infonya,
    tapi mau nnya adakah hotel yang murah d dekat setiap pelabuhan2??

  323. By evi on Aug 19, 2011 | Reply

    ga ngadain wisata backpacker k singpr pgn ikut. kalo sendiri ga brani.

  324. By ratna on Aug 19, 2011 | Reply

    nanya om, itu kan postingan 2007. klo 2011 itu masih berlaku ga ? thx

  325. By edo bali on Sep 25, 2011 | Reply

    shubanalloh, informasi anda sangat bermanfaat bagi kami yg membutuhkan. semoga keiklasan anda memberikan ilmu akan mendapt balasan rahmat dr alloh swt. bila main kebali boleh contact ane.

  326. By Novel on Sep 25, 2011 | Reply

    Salam kenal mas….
    Tgl 24 oktober saya rencana mau ke Singapura lwt KL.brkt dr sby naik AA ke Malay.setelah selesai nonton mtrGP malamnya naik bis ke Spura.apakah saya perlu booking hotel dulu dr Indo atau langsung di Singapura aja?rencana nginap hanya 1 mlm tgl 24.tempat wisata mana aja yg bisa aq kunjungi selama 2hari,krn 25 mlm hrs kembali ke KL. Tq infonya.

  327. By ani on Oct 1, 2011 | Reply

    salam kenal mas, saya ke kl tgl 5 okt 2011 ini mas pk air asia..sampai di kl jam 10 mlm, tapi saya belum dapat hotel/hostel yg murmer…mau pesan di agoda saya gak punya kredit card klo saya langsung cari hostel malam2 gt aman gak mas…n kmungkinan dapat gak mas…saya pergi dgn teman perempuan usia 45 th dan dua anaknya laki2 usia 19 dan 13 th…mhon bgt bantuany mas…ke email aq. mhon bgt mas soalnya dah mepet waktunya…makasih..

  328. By Novel on Oct 30, 2011 | Reply

    Hbs jalan dr KL…buat rekan2 yg mau nginap murah meriah bisa di sekitar Chinatown(Petaling) ada Hostel yg taripnya 30-40 Ringit semalam.Reggee 1 n 2.klu dibukit bintang byk juga yg murah tergantung suasana yg diinginkan.
    Naik Bis dr KL ke Spura 39Ringit .klu dr Spura $28 mahal dr Spura.
    Klu di Spura nginap di Hostel ABC dekat Bugis.semalam $20 isi 6 org.$23 isi 10 0rg.$26 isi 4 org. kebanyakan yg nginap org dr Indonesia (70%) Silakan dicoba bro n sist.

  329. By Novel on Oct 30, 2011 | Reply

    Sorry ya……$20 sekamar 10-16 org. $23 sekamar isai 6 orang, klu $26 sekamar isi 4 orang. tempatnya bersih dan nyaman,mau kemana mana dekat,stasiun bugis W12 cuma jalan kaki 5 mnt.
    Hostel ABC memang harga merakyat.hehehehehee

  330. By achmat juanidi on Nov 1, 2011 | Reply

    saya dan murid saya berjumlah 9 orang pingin info penginapan backpaker di singapore
    tgl 20 desember – 24 desember 2011
    sekalian info rute jalan jlannya

  331. By ophet on Nov 13, 2011 | Reply

    singapura ok…malay jg ok tapi udah pada nyoba nginap di batam blom….apalagi buat yg suka dgm……

  332. By eko on Nov 15, 2011 | Reply

    saya ingin kesingapore tp bawa motor supaya disana bisa jln2 sesuka hati saya :)

    yang saya ingin tanyakan, apakah kapal dr batam ke singapore bisa menampung motor ? jika bisa apa saja syaratnya .

  333. By rianpz on Dec 13, 2011 | Reply

    ada yang prnah backpaker k singapura,malaysia dan thailand gk gan,mohon share info2 ny..
    thanks before

  334. By Rizka Cibro on Feb 29, 2012 | Reply

    tks buat informasinya saya akan coba dengan saran kamu mudah mudahan tidak meleset hehehehe…

  335. By Adinda on Mar 1, 2012 | Reply

    Mas aku mau nanya info penginapan dengan harga 60 SGD per malamnya mas, di deket2 orchard Ada tidal mas. Terima kasih untuk info ya.

  336. By Adinda on Mar 1, 2012 | Reply

    Mas aku mau nanya info penginapan dengan harga 60 SGD per malamnya mas, di deket2 orchard Ada tidal mas. Terima kasih untuk info ya.

  337. By Santi Angela on Mar 7, 2012 | Reply

    Mau tanya..apa di Lucky plaza hanya sewa apartment saja? karena saya budgeted traveller, mau stay di hostel/hotel yang murah di sekitar orchard or any recommended area yang murah juga?
    thanks before

  338. By Indrias on Mar 17, 2012 | Reply

    Salam kenal Mas
    Tulisan tulisan diatas sangat membantu sekali. terimakasih.
    mohon dapat diupdate untuk kondisi 2012 donk (biaya-biaya penginapan, transport, dsb. tks

  339. By puramoz on Mar 20, 2012 | Reply

    hmmm,,,, bener banget.
    saya pernah kesingapura sama keluarga saya, tapi cuma jalan jalan disekitar bukit merah, bukit batu aja,, apartemen apartemen nya banyak amat dsana,, keren dah,,

  340. By Nila Lazuardi on Mar 30, 2012 | Reply

    wah, sangat membantu banget nih mas bro. makasih nh inpoh nya :)

  341. By Marinanda on Apr 22, 2012 | Reply

    bray, klo buat paspor harganya brp ya? eh klo lewat penerbangan jakarta – singapore, kena visa? jadi totalnya kira kira brp tuh klo penerbangan jakarta-spore ? hotelnya SGD20 ada ga? guepen yg murah aja.-.

  342. By pujiastuti on Apr 28, 2012 | Reply

    mas, saya mau nanya, kalo udah sampe di orchard road, gimana caranya supaya kita bisa tau apartemen yang bisa disewa ?

  343. By tripandtravels on Jun 14, 2012 | Reply

    seiring haraga kebutuhan pokok yang naik harag2 nya update gak mas?

  344. By global traveller on Aug 16, 2012 | Reply

    menginspirasi penyuka jalan-jalan seperti saya nih mas artikelnya ~

  345. By tricajus on Sep 2, 2012 | Reply

    wah menarik banget nih.
    pengen jadinya jalan jalan ke singapura
    salam kenal semua

  346. By tonie on Nov 6, 2012 | Reply

    saran saya sih, selama anda merasa takut kemana mana maka selama itulah anda tidak pernah tahu tempat yang anda impikan.
    Belajarlah berani sekalipun tidak mengerti bahasa Inggeris, Bahasa isyaratpun jadilah. Cuman akan lebih baik kita punya kemampuan di bidang bahasa terutama bahasa inggeris karena itu saja cara untuk berkomunikasi, sebab di Singapore bahasa melayu jarang ditemui, yang ada itu bahasa inggeris dan mandarin.

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google