Profil Outlook yang Corrupt

Written on 23 April, 2007 – 20:52 | by Rahmat Zikri |
503 Error

Sorry, that didnโ€™t work.
Please try again or come back later.

503 Error. Service Unavailable.

Minggu lalu, topik hangat yang menjadi perhatian saya adalah seputaran sistem operasi terbaru dari Microsoft, yaitu Windows Vista. Karena kebetulan saya mesti menjadi pembicara di 2 kota, untuk menggombal seputar Vista. Untung ngga ada yang protes karena laptop saya masih pakai Windows XP… demo yang saya lakukan menggunakan Virtual PC.

Sebelum jadi ada yang protes, saya jawab saja langsung. Sebab seringkali saya membutuhkan banyak memory untuk menjalankan beberapa PC secara virtual secara bersama-sama. Kapasitas memory di laptop saya sudah mentok di 2GB. Andai dia bisa menampung sampai 4GB, mungkin saat ini juga sudah saya bikin dia jadi 4GB.

Di ke-dua kota yang saya kunjungi itu, status saya sebagai MVP dibawa-bawa. No problem. Sebagai penarik minat orang untuk datang mungkin. Walau sebenarnya ngga nyambung dengan status MVP saya yang di teknologinya Exchange Server, bukan di Windows User. Kalau pun mau dianggap sebagai penarik minat untuk datang, mestinya itu adalah doorprize Windows Vista Home Premium, kaos dan buku untuk masing-masing kota yang saya dapatkan dari hasil setengah ‘nodong’ kenalan lama di Surabaya yang sekarang jadi juragannya Vista di Indonesia, Hermawan Sutanto. Saya bilang, ngga lucu loh kalau ngga ada yang dibagi-bagikan.

 

vista.jpg

 

Sambutan di kedua tempat sangat antusias. Apalagi pas giliran bagi-bagi hadiah. Andai saya boleh ikut sebagai nominee untuk mendapatkan doorprize, saya juga mau. Ya tapi ngga fair kaliii… It’s okay lah. Tinggal tunggu jatah Vista untuk MVP atau MCT.

Kembali ke masalah kaitan dengan Exchange, ternyata bisa-bisa saja “disambung-sambungin”. Dalam kasus upgrading Windows XP yang telah terinstall Microsoft Office 2003 (atau mungkin juga sudah jadi Office 2007), ternyata mungkin menimbulkan masalah seperti sebuah kasus yang muncul berikut ini. Ternyata pada komputer hasil upgrade tersebut menghasilkan error kecil di profile Microsoft Outlook yang sebelumnya biasa dipakai untuk mengakses email, calendar, dsb. Profile -nya corrupt!

Untuk menyelamatkan profile yang corrupt sebenarnya bisa dilakukan dengan trik kecil. Yang penting anda tahu di lokasi folder mana data Outlook anda tersimpan. Backup dulu isi filenya. Kalau bingung di mana lokasinya, gampangin saja. Cari file yang ber-extension .PST di harddisk anda. Backup saja folder yang ketahuan sebagai tempat menyimpan file-file tersebut.

Setelah itu, masuk ke Control Panel –> Mail. Hapus nama profile yang lama. Bikin nama profile baru. Lantas copy-kan kembali file-file yang tadi di-backup/copy ke lokasi profil baru ini. Gotcha!

Yah, just a simple trick… yang penting disambung-sambungin dengan Exchange…………

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--
  1. 11 Responses to “Profil Outlook yang Corrupt”

  2. By Koen on Apr 23, 2007 | Reply

    Kalau ada semacam demo di Bandung, ikutan ya ๐Ÿ™‚

  3. By Affan on Apr 24, 2007 | Reply

    Gua upgrade Windows XP kosongan ke Vista Business, maknyus tuh pake VMware, cuma males miara RAM nya itu. Terpaksa pinjem server sebelah yg RAM nya 1GB buat njalanin. Tapi gak rame, gak ada Aero ama Flip3D nya. Sing penting mlaku Vista ๐Ÿ˜‰ Tapi tetep aja kerja pake XP… dengan akses ke server VMware dengan RAM 2 GB.

  4. By Mira on Apr 24, 2007 | Reply

    Spanduknya TOP BANGET!

  5. By miss eGi on Apr 24, 2007 | Reply

    hihihihi…dasar narsis ;p

  6. By e.winarmo on Apr 24, 2007 | Reply

    jd pengen nyoba vista..tp memori belom cukup hehe ๐Ÿ˜€

  7. By Yuliana Tan on Apr 28, 2007 | Reply

    Selamat datang Bapak…

    Mau duong… Vista Ultimatenya…. bisa gak lobi2 dikit ke teman lamanya itu… ;))

  8. By zikri on Nov 15, 2007 | Reply

    name hang same ngan nama aku laaa

  9. By arianto on Dec 28, 2007 | Reply

    hallo pak,

    Mau tanya mengenai Outlook 2007. Ktr kami br sj migrasi dr Notes ke Outlook 2007. Di Notes, 1 mailbox / email address bs disharing di lbh dari 1 pc / user, dng hanya copy file idnya saja dan semua right accessnya sama semua. Apakah di outlook bs copy profile utk mailbox / address yg sama ke lebih dr 1 user / pc pak ?

    Terima kasih

  10. By ali zakaria on Apr 8, 2008 | Reply

    selamat malam pak,

    saya mau tanya ne,bagaimana caranya partisi hdd / resize hdd di windows Vista.saya dah coba ikutin cara yg ada di help & support namun hasilnya malah drive c: hilang alis tidak terbaca..

    mohon pencerahannya…

    salam,

    ali

  11. By arianto on Feb 11, 2009 | Reply

    pak Rahmat

    kalau file pst nya yang corrupt ada tools selain scanpst yang freeware ? (ukuran filenya sekitar 15 GB) thanks

  12. By Rahmat Zikri on Feb 24, 2009 | Reply

    @arianto: lupa mas.. udah lama ngga nemu kejadian corrupt. emang kalo dgn scanpst kenapa?

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google