Menyambut Era Unified Communications

Written on 27 June, 2007 – 16:21 | by Rahmat Zikri |

Bulan lalu saya berkesempatan ikut hadir di acara Ignite Tour perkenalan dengan produk baru dari Microsoft, yaitu Office Communications Server 2007, di Singapura. Produk ini direncanakan launching beberapa bulan lagi. Saat tulisan ini saya buat, masih versi Beta 3.

Office Communications Server (OCS) 2007 adalah produk baru yang akan menggantikan produk versi sebelumnya yang bernama Microsoft Live Communications Server (LCS) 2005. Berbeda dengan pendahulunya yang lebih sebagai produk server untuk mengimplementasikan instant messenger seperti layaknya Yahoo! Messenger atau Live Messenger (dulu disebut MSN Messenger), OCS 2007 diharapkan turut ambil bagian dalam tren teknologi komunikasi di masa depan, yaitu unified communications.

Komunikasi merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia sebagai makhluk sosial. Selain komunikasi secara langsung, ada berbagai moda komunikasi yang telah umum dipakai. Di era Internet seperti saat ini, yang paling lumrah dipakai adalah email dan messenger. Selain itu, moda komunikasi ‘tradisional’ yang tetap terpakai pada saat ini adalah surat, telepon dan faks.

Selama ini, masing-masing moda komunikasi di tersebut di atas berjalan pada rel-nya sendiri. Misalnya, kita tidak bisa menggabungkan layanan telepon dengan teknologi email, karena tidak ada teknologi yang menyatukannya. Jadi, bagaimana mungkin kita bisa menerima pesan dari panggilan telepon yang tak terjawab di dalam mailbox email kita di kantor?! Bagaimana bisa mengirimkan sebuah email, namun diterima dalam bentuk faks?

OCS 2007 (berperan sebagai server) yang dikolaborasikan dengan Microsoft Office Communicator 2007 (sebagai client application), Microsoft Office Outlook 2007 dan Microsoft Exchange Server 2007 (dalam implementasi unified messaging) dapat dipakai untuk mengoptimalkan teknologi komunikasi yang mungkin saat ini telah diimplementasikan di tempat anda (seperti: desktop telephone systems atau legacy PBX/IP-PBX systems, voice mail, faks, email, instant messaging, Windows-mobile powered devices, dsb. untuk mengimplementasikan unified communications antara lain: VoIP telephone service, audio/video conference, email, voice mail, faks, kalender, instant messaging, presence & contact, dsb.

Dalam rangka memperkenalkan dan memasyarakatkan teknologi unified communications, telah dibentuk sebuah komunitas virtual yang bernama Komunitas Unified Communications Indonesia, yang situsnya bisa diakses di link ini. Di mana dalam wadah virtual tersebut diharapkan bukan hanya sebagai tempat mencoba berbagai teknologi yang ditawarkan, tapi juga terjadi interaksi saling berbagi pengalaman antar sesama anggota. Walau pada saat tulisan ini saya buat, teknologi unified communications ini belum diimplementasikan pada situs tersebut.

Sebagai informasi tambahan, roadmap produk Microsoft yang saya ketahui ‘bocorannya’ mengatakan bahwa ke depan nanti produk Microsoft Exchange akan dilebur bersama Office Communications Server ini menjadi sebuah produk baru. Mestinya tahun 2008 nanti kita sudah bisa mulai melihat, apa yang dimaksud :-) Jadi kelihatannya mulai sekarang pun saya mesti siap-siap ‘berubah’ status dari MVP Exchange menjadi MVP Communications :-))

Jika berminat untuk mendapatkan evaluation copy dari produk Office Communications Server 2007 ini, silahkan datang ke acara seminar saya di Jakarta Convention Center pada hari Sabtu, 30 Juni 2007, jam 10.00-13.00. Kebetulan materi seminar ini mengenai Windows Vista dan Longhorn. Walau demikian, sambil menyelam buang minum air… Peserta akan mendapatkan juga copy CD ini.

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--
  1. 6 Responses to “Menyambut Era Unified Communications”

  2. By Nila on Jun 27, 2007 | Reply

    Masih adakah bangku kosong untuk ku..?
    Paling depan yaa,, biar jelaaasss,, hahahhaa…

  3. By Rahmat Zikri on Jun 27, 2007 | Reply

    #1 naik ke panggung juga boleh :))

  4. By Anthony Fajri on Jun 27, 2007 | Reply

    Baca bagian awal kirain info baru.. semakin ke bawah semakin keliatan bahwa ini adalah info narsis. ditambah kata “seminar saya”. nyaris pingsan dehhhhhhh

  5. By Rahmat Zikri on Jun 27, 2007 | Reply

    #3
    kok nyaris pingsan? bau mulut sendiri kecium ya? ;))

    soal isi posting, ini bagaimana anda menyikapinya aja koq. emang ngga ada info baru di sini? implementasi unified communications ini benar-benar barang baru. yang mungkin lupa saya gali dan tekankan adalah setiap user hanya perlu mengingat 1 (satu) identity nya (tau kan dengan directory services semacam LDAP, lebih spesifik lagi, Active Directory)? :-) tanpa harus mengingat atribut setiap user, misal, berapa nomor handphonenya, apa emailnya, apa messenger ID nya, dsb.

    kenapa dikaitkan dengan “seminar saya”? karena pas seminar saya nanti, CD installer Office Communications Server nya akan ikut dibagikan bersama beberapa barang lainnya… dan barang-barang ini tidak ada di sesi lain pada acara seminar/workshop di FKI 2007 besok :-)

  6. By Jay on Jun 28, 2007 | Reply

    Kirain bahas protokol XMPP :D

  7. By Oki on Jun 28, 2007 | Reply

    Om Zik, menarik nih OCS 2007..nyambung ama acara gw di KL kemaren :) btw, kemaren ada colleague yg nyobain Windows Messenger buat jadi softphone ke IP PBX yg pake SIP sbg protokol standar. Kok, ga berhasil2 ya? :)

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google