Kehilangan Login Yahoo

Written on 28 December, 2007 – 16:43 | by Rahmat Zikri |

Siapa pengguna Internet yang tidak tahu Yahoo? Sepertinya sebuah jawaban yang sudah tidak perlu didebatkan lagi. Mungkin hampir semua orang pengguna Internet pernah menggunakan fasilitas yang ditawarkan oleh Yahoo. Apakah itu menjadi pengguna email gratis yang diberikan oleh Yahoo, atau memanfaatkan instant messaging yang terkenal dengan nama Yahoo! Messenger a.k.a YM, atau “terpaksa” menjadi anggota mailinglist di bawah Yahoogroups, atau sekadar memanfaatkan search engine-nya. Sebenarnya masih banyak lagi fitur yang ditawarkan oleh Yahoo.

Awal mula saya menjadi pengguna Yahoo sekitar awal tahun 2000. Ini jika dihitung dari secara resmi saya membuat login, bukan hanya memanfaatkan search engine. Semula saya ogah membuat login, yang artinya hanya menambah banyak alamat email yang saya miliki. Ketika itu, selain sudah memiliki beberapa alamat email di bawah domain ITB, juga domain-domain lainnya, email saya yang berdomain pribadi zikri.com pun sudah ‘hidup’ dan menjadi trademark yang mudah diingat oleh semua orang. Kalau tidak salah, pertama kali ada teman yang mengajak untuk bikin login di Yahoo adalah pada tahun 1999. Teman saya ketika itu bilang, “daftar gih, supaya bisa online pakai Yahoo Messenger dan kita bisa chatting”. Ketika itu saya menolak mendaftar, karena yang ada di dalam benak saya yang namanya ‘chatting’ adalah kegiatan tidak produktif yang hanya buang-buang waktu. Baru pada tahun 2000 saya menemukan manfaat penting dari sebuah instant messaging seperti YM ini, ketika mulai melakoni hidup yang ‘mobile’, dari sebuah tempat ke tempat lain. Dari sebuah kota ke kota lain. Instant messaging seperti YM (saya juga memakai Live Messenger, yang dulu dikenal dengan nama Windows Messenger atau MSN Messenger) sangat terasa manfaatnya.

Ketika sedang berada di luar kota, apalagi untuk keperluan pekerjaan, bisa jadi tiba-tiba ada sesuatu yang tidak saya mengerti dan perlu teman diskusi. Atau sebaliknya, ada teman yang butuh bantuan, padahal saya sedang berada entah di mana. Tanpa harus mengirim email –yang jelas tidak instan– atau menelpon –yang jelas mahal–, instant messaging hadir sebagai solusi murah dan cepat. Walau demikian, tidak semua orang mengerti arti penting seperti ini. Sebagian pengguna menganggap bahwa YM dan sejenisnya adalah media untuk ‘ngerumpi’, tempat ngobrol ngalor-ngidul dengan teman, yang jika dikembalikan lagi ke ‘tuduhan’ saya pada awalnya yaitu hanya sebagai kegiatan tidak produktif yang membuang-buang energi dan waktu secara sia-sia.

Beberapa kali saya pernah menerima protes dari beberapa teman yang di dalam isi kepalanya masih menganggap YM hanya untuk chatting –online di YM artinya sedang ingin chatting–, protes karena saya online tapi kalau diajak ngobrol hanya menjawab1-2 patah kata. Kalau ngga mau chatting ngga usah online! Pola pikir pengguna yang belum mencapai tahap ‘mature’ dalam ber-Internet semacam inilah yang mengakibatkan beberapa perusahaan membuat policy dalam akses ke Internet bagi para pegawainya, termasuk di antaranya policy untuk mem-blok akses ke instant messaging. Tentu agar pegawainya bisa lebih berkonsentrasi ke pekerjaan ketimbang chatting sepanjang hari. Padahal, sisi positif dari instant messaging juga ada. Setidaknya seperti yang saya sebutkan tadi, bisa dipakai untuk minta bantuan!

Dengan arti penting login Yahoo seperti itu buat saya dan juga mengingat saya telah menggunakan Yahoo secara aktif sejak tahun 2000, bisa dibayangkan apa jadinya jika tiba-tiba kehilangan akses ke Yahoo. Apalagi kalau mengingat daftar contact yang ada sudah luar biasa. Dulu, pernah ada batasan jumlah contact, seingat saya pernah mengalami beberapa kali peningkatan dalam batas, 100, 200, 300, 500. Padahal daftar ‘antrian’ yang hendak masuk list lebih dari itu. Dulu, tidak jarang saya terpaksa menghapus beberapa ID yang dianggap pasif, ngga jelas, nyaris tidak pernah online atau yang ngga ada gunanya, agar bisa menambahkan contact baru yang perlu di-approve. Sekarang, saya tidak tahu berapa quota daftar contact/friend yang diberikan oleh Yahoo. Yang jelas pada saat ini list di YM saya –yang beruntung tidak tereliminasi– mendekati angka 700! Rasanya kapan pun saya online, hari kerja atau libur, siang atau dini hari, seabrek orang akan tetap terlihat online di jendela YM saya :D

Tahun lalu, pertengahan 2006, tiba-tiba saja saya tidak bisa login. Sebenarnya ini salah saya. Mengganti password, lalu lupa dengan password baru tersebut. Karena salah satu standar password yang saya pakai adalah harus kompleks, ada huruf besar, kecil, angka dan special character! Ketika itu sedang ‘mewabah’ email ‘phising’ di Internet, yang bisa berakibat password anda bisa diambil alih oleh orang lain. Pada periode sekitar Mei-Juli 2006, tiba-tiba saja ada beberapa teman yang meng-add saya di YM dengan menggunakan ID baru. Ke mana ID lamanya yang selama ini mereka pakai? Kenapa ganti baru? Ternyata mereka tidak bisa login ke ID nya yang selama ini dipakai.

Buat saya –dan tentu juga beberapa di antara mereka– hal itu adalah seperti mimpi buruk. Ada banyak contact penting di dalam list YM dan tiba-tiba kita kehilangan akses ke sana. Lebih buruk lagi jika mengingat ID Yahoo saya juga dipakai untuk mengelola beberapa mailinglist yang saya anggap penting. Kehilangan akses ke login Yahoo sama saja mematikan milis-milis tersebut secara perlahan. Sebelum terjadi, sekaligus dalam rangka periodik mengganti password, saya ganti saja password Yahoo dengan yang lebih kompleks. Saking hebatnya, esok harinya pun saya sendiri lupa nulis apa!

Hey, it’s okay… Kita bisa pakai fasilitas Yahoo untuk men-generate password baru. Saya coba masukkan data saya, it worked. Tapi sampai batas validasi data saja. Ketika masuk ke pilihan apakah akan menampilkan password baru di monitor atau kirim via alternate-email yang pernah didaftarkan, saya coba tampilkan di monitor. Kali ini ada satu pertanyaan rahasia yang harus saya jawab. Pertanyaan yang saya buat sendiri. “When is your anniversary?” Buset. Anniversary. Bukan birthday. Lagi-lagi saya lupa anniversary apa pula? Bisa jadi hal-hal yang saya anggap penting dalam kehidupan, atau jangan-jangan hari jadi kesatuan semacam Kopassus! haha.. Kalau pun ingat apa yang saya maksud, ‘bencana’ berikutnya adalah bagaimana ketika itu saya menuliskan format tanggalnya? Benar-benar secret question yang gila!

Gagal lah upaya untuk menampilkan password baru. Harapan berikutnya adalah pada option untuk mendapatkan password baru yang akan dikirimkan secara otomatis ke alternate-email. Saya sudah mendaftarkan beberapa alamat email sebagai alternate-email. Ada beberapa, karena saya menggunakan beberapa nama domain untuk identitas saya di beberapa milis. Saya klik pilihan ini. Sukses. Ada pesan yang mengatakan bahwa email yang berisi password baru telah terkirim ke alamat email alternatif. Ditunggu-tunggu, ternyata tidak sampai-sampai. Di folder junk-mail pun tidak ada. Saya ulangi lagi. Sama saja. 2-3 hari coba, akhirnya menyerah. Ini pasti ada apa-apa dengan sistemnya. Apalagi beberapa teman telah lebih dulu menyerah dan membuat login baru di Yahoo.

Tapi saya masih belum benar-benar menyerah. Saya coba hubungi pihak Yahoo melalui email. Saya tulis permasalahan saya apa. Juga saya sebut bahwa saya mengerti bahwa saya hanyalah user gratisan. Bukan pengguna premium yang membayar ke Yahoo. Tapi saya sangat berharap mereka mau menolong, karena saya sangat membutuhkan seabrek contact list di YM saya kembali, juga tentunya akses ke beberapa milis penting bisa saya kontrol kembali! Lagi-lagi, 2-3 hari tidak ada respon. Kali ini saya ulangi lagi email saya, lebih panjang lebar dan terstruktur. Juga dilengkapi dengan penjelasan action apa saja yang sudah saya ambil. Saya sebutkan kalau saya sudah coba menu untuk men-generate password baru. Tapi sampai detik itu saya tidak pernah mendapatkannya di mailbox @zikri.com. Email saya lengkapi dengan beberapa capture screenshot langkah-langkah yang sudah saya kerjakan. Saya lingkari beberapa bagian penting dengan warna merah dan diberi keterangan dalam textbox. Saya juga menyebutkan beberapa bukti kepemilikan saya atas login Yahoo yang sedang saya klaim. Email ini saya kirimkan rangkap 10! Untuk memastikan bahwa mereka harus “pay attention” pada kasus saya.

Beberapa hari berturut-turut, email tersebut saya kirim ulang. Sampai sebuah kejutan terjadi di hari ke-tujuh. Tiba-tiba ada respon dari pihak Yahoo. Tapi ternyata mereka hanya seperti “mesin” di sistem generator password mereka. Lagi-lagi bertanya beberapa data yang sudah saya jawab lewat web. Tapi pada bagian “When is your anniversary?” saya jawab ini masalahnya. Saya lupa. Saya berikan ‘pelajaran’ singkat kepada mereka, bahwa jika saya bisa menerima email mereka lewat alternate email saya di luar Yahoo ini, kemudian saya bisa membalas kembali, artinya saya dan dia telah sukses melakukan autentikasi 3 arah (3-way handshake authentication). Jika masih tidak percaya juga, bisa kontak saya lewat salah satu email namamilis-owner@yahoogroups.com pada milis-milis yang saya kelola. Ternyata mereka cerdas dan baik hati. Segera setelah itu, mereka mengirimkan email yang berisi password baru untuk saya! Gotcha!

Perjuangan ternyata tidak sia-sia. Saya mendapatkan kembali akses ke Yahoo. Sungguh tidak terbayang, Yahoo yang user-nya jutaan orang, ternyata masih mau melayani user yang menggunakan fasilitasnya secara gratis seperti saya.

Hampir 1,5 tahun berlalu, kasus hampir sama kembali berulang. Penyebabnya kali ini karena YM 9.0 Beta yang saya coba. Beberapa kali ada error yang menyebut bahwa ID atau password saya salah. Aneh. Padahal sejak pagi saya bisa online. Hanya ketika tiba-tiba disconnected, jadi ngga bisa online. Kalau saya coba di YM 8.1, bisa masuk. Awalnya saya pikir mungkin YM 9.0 Beta pusing dengan password yg kompleks. Saya coba ganti jadi password sederhana. Tapi ternyata masih juga sama. Awalnya bisa login, tapi terus error lagi. Beberapa kali ganti password, sampai lagi-lagi saya lupa lagi. Kali ini saya berharap sistem Yahoo sudah OK. Saya coba generate password agar dikirim via email. Ternyata gagal lagi.

Kali ini saya langsung kirim email kembali ke pihak Yahoo. Email respon mereka tempo hari itu saya forward saja. Biar ngga usah banyak basa-basi. Saya langsung bilang kalau kasus 1,5 tahun lalu terjadi kembali. Sambil menunggu jawaban dari mereka, saya iseng login dengan ID alternatif saya di Yahoo, yang sempat saya buat 1,5 tahun lalu dan rencananya dipakai permanen andai saja ID ‘asli’ saya tidak kembali lagi. Tapi saya juga lupa password di ID alternatif ini. Saya coba get new password. Ternyata berhasil. Akhirnya saya simpulkan, sistem Yahoo ‘mabok’ ketika berhadapan dengan ID yang memiliki beberapa alternate-email yg teregister di sistem mereka. Setelah sukses mendapatkan password baru untuk ID alternatif saya, saya coba kembali untuk men-generate password baru untuk ID ‘asli’ saya. Kali ini berhasil! Mungkin karena alamat email alternatif satu-satunya yang saya pakai di ID Yahoo alternatif saya sama persis dengan salah satu alamat email alternatif (dari 4 alamat yang saya daftarkan) pada ID Yahoo ‘asli’ saya. Akhirnya, kembali saya bisa online. Tapi esok harinya, passwordnya invalid lagi. Ternyata kali ini pihak Yahoo yang langsung mengganti password saya berdasarkan request saya lewat email. Tanpa korespondensi lagi, mereka langsung percaya :)

Kali ini support mereka benar-benar saya berikan acungan jempol… dan kali ini mereka meminta saya mengisi kuisioner soal kepuasan terhadap layanan mereka. Saya pun mengisi dengan senang hati dan memberikan semua jempol buat mereka.

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--
  1. 67 Responses to “Kehilangan Login Yahoo”

  2. By Hardjono on Dec 31, 2007 | Reply

    Pak, Yahoo itu suka nakal. Dulu saya pernah bayar $20 untuk Yahoo MailPlus. Nomor credit card di pegang Yahoo. Akhir tahun otomatis Yahoo charge lagi. Setelah saya ganti kartu kredit, Yahoo rewel terus. Kirim email “reminder” bahwa kalau nomor credit-card saya tidak di update di profile, account saya akan di tutup. Saya bairkan saja. Lha enggak apa-apa tuh. Cuma saya di downgrade menjadi account biasa. Yang penting buat saya POP3 masih jalan :) [TH]

  3. By susanvirna on Dec 31, 2007 | Reply

    Hidup Pejuang Yahoo… :D
    Pantesan kemaren2 gak keliatan OL…
    Selamat Tahun Baru 2008 ……

  4. By Endah on Jan 2, 2008 | Reply

    stujuuu.. ym bukan buat ngerumpi doang… gue tertolong sama ym, gara2 kemalasan gue keluar rumah.. gue transaksi by ym, wawancara beberapa narasumber sekaligus by ym.. enaknya wawancara by ym ga usah cape2 nulis ulang.. tinggal save, trus susun deh dalam bentuk narasi..

    hidup YM!

  5. By Yuliana Tan on Jan 7, 2008 | Reply

    Setuju…. YM menolong sekali… walau kmrn2 sempat kena virus atau apalah itu, dimana kita dengan sendiri mengirim Link gak jelas ke teman2 di list YM.

  6. By reza on Jan 9, 2008 | Reply

    wah ini bisa masuk di CHIP nih….udah bisa jadi 1 artikel. Gimana?

  7. By Rahmat Zikri on Jan 10, 2008 | Reply

    #5 ya ‘diduitin’ aja oom :))

  8. By froggy on Jan 16, 2008 | Reply

    pak zikri…., kalo mau pake yahoo messeger tapi di blok ma server gimana ???

  9. By froggy on Jan 16, 2008 | Reply

    tologin gua dunk????

  10. By Rahmat Zikri on Jan 18, 2008 | Reply

    kalau ym di-blok ya udah, mau gimana lagi? coba pakai web messenger, berharap admin ngga nutup/ngga tahu :)

  11. By lailla on Apr 18, 2008 | Reply

    mas saya minta tolong saya lupa password imel saya and sekarang saya lg butuh ada data yang penting di imel saya tolong di bantu ya mas…yang jadi masalah saya lupa data2 untuk forget id or password nya..saya tunggu balesan nya ya mas..!thx

  12. By Irma on Apr 24, 2008 | Reply

    Halo mas, Saya Irma, salam kenal ya.
    Mas, Saya minta tolong, Saya tiba2 gak bisa masuk ke YM Saya. passwordnya salah terus. Saya juga udah berusaha tapi tetap gak bisa.
    Mas tolong dong bantu Saya.
    Ma kasih ya :)

  13. By __crack__ on Apr 25, 2008 | Reply

    keren mas :)
    terus berkarya ya mas :D

  14. By Rahmat Zikri on Apr 30, 2008 | Reply

    @ Laila: cuma kamu sendiri yg bisa nolong. kalau lupa semua data gimana dong? waktu mendaftar juga ngga bikin alternate email address? kalau sudah begitu, coba saja berkorespondensi, selama anda bisa meyakinkan pihak Yahoo (dan tentu jika mereka mau meladeni.. coba sebutkan apa saja isi mailbox anda, dsb), mudah-mudahan mereka mau membantu.

    tapi menurut saya sih tipis kemungkinannya. karena selama anda ngga me-register alternate email, dari mana mereka bisa memastikan bahwa mereka sedang berkorespondensi dengan pemilik aslinya?

    @ Irma: bbrp waktu belakangan sepertinya ada masalah di bbrp network ketika akses ke yahoo. coba dulu akses dari tempat yang berbeda (misal dari warnet, dsb).

  15. By fatur on Jun 24, 2008 | Reply

    Pak..
    mohon bantuannya
    sy punya email yahoo, lupa passwordnya, tp password alternate email sy ingat dan bisa akses. apa bisa alternate email digunakan untuk medapat password email kita?

  16. By fatur on Jun 24, 2008 | Reply

    pak, sebagai tambahan data di atas, email yg saya lupa pasword itu data2 pribadi juga lupa… apa bisa dikirim ke alternate email?
    thanks very much ya.. pusssiiinggggg

  17. By Rahmat Zikri on Jun 26, 2008 | Reply

    @fatur: susah juga tuh. satu-satunya harapan adalah belas kasihan admin-nya Yahoo. coba kirim email ke mereka, sebutkan saja apa yang bisa kamu sebut (misal isi email di dalam mailbox tersebut, terdaftar di milis apa saja, dsb). lantas memohon agar reset code untuk password nya dikirim ke alamat alternate email yang terdaftar di Yahoo.

  18. By fatur on Jun 28, 2008 | Reply

    alamat email admin yahoo apa ya?

  19. By Rahmat Zikri on Jul 14, 2008 | Reply

    @ fatur: coba ini my-login-request@yahoo-inc.com

  20. By anton on Dec 6, 2008 | Reply

    Mohon Bantuan!!!!!
    dikit panjang ga’ pa2 ya…..,begini lho temen2,aku punya masalah yang sampai hari ini ga’ bisa terpecahkan. masalahnya adalah yahoo messenger,,,mungkin ada yang bisa bantu. ceritanya, setelah aku install vista transformation pack 9 awal2nya normal,,setelah Mozilla Firefox saya ubah “about:config”nya,,tiba2 YM saya tidak bisa login, padahal sudah saya remove aplikasi browser dan yahoo messenger, dan sudah saya ganti versi yang baru maupun versi yang lama, dan itu saya lakukan ber-ulang2, tetep ga’ bisa!!!

    Terima Kasih sebelumnya atas bantuannya

  21. By E.Irwanto on Dec 14, 2008 | Reply

    Mas, saya punya masalah sama, tapi setelah saya coba2 apa yg mas lakukan, KOK gak bisa ya. Maksud saya, si owner tsb hanya inform kalo mrk gak bisa proses permohonan saya.

    GIMANA ya……

  22. By SILVERF0X on Jan 15, 2009 | Reply

    saya juga sering tuh dibilang salah password apabila sedang YM versi 9. Cara saya biasanya login dulu pake ID laen, trus sign out. baru login ladi dgn ID primer. It’s work. tadinya juga sempat berpikir lost password, tapi begitu login di HP, kok bisa

  23. By just_love_its_mine on May 2, 2009 | Reply

    enak donk , id saya malah di pake org yg gak bertanggung jwb, udah pake id org,,, malah digunain gk bener…. id yahoo bisa di blok gak sech…????

  24. By KUTU KUPRET on May 26, 2009 | Reply

    mas yang ganteng,,,sy ada permasalahan dengan facebook saya,,email,,danfriendster…..ketiganya tidak bisa di login oleh saya…

    sy menduga kemungkinan besar ini perbuatan teman karib saya yang meng hack email saya dari jauh..

    krn tmn saya ini tau email dan passw saya….saat ini kami sdh tidak bersahabat lagi krn suatu hal…dan makanya dia berbuat spt itu..

    yg ingin saya tanyakan sampai saat ini facebook saya belum bisa di akses..padahal email di yahoo saya dan friendster saya sdh bisa diakses dengan mengganti password pada email saya,,dan itu berhasil kecuali pada facebook saya…

    sampai skrg facebook sya lom bisa diakses…

    sy sdh kirim keluhan ke pihak FB..tp lom ada jawaban reset password dari pihak FB…harusnya mereka sudah kirim ke email saya…

    thx & best regards

  25. By arie on Oct 15, 2009 | Reply

    saya mengalami invalid id & password pedahal saya rasa semua sudah benar..karena saya sering kali memakai email ini..
    apa yg harus saya lakukan,tolong bantu saya..karena email ini saya sangat perlukan..

  26. By ihsan on Nov 15, 2009 | Reply

    mas, saya ada masalah dg YM saya, saat ngirim pesan instan ato nerima pesan instan, YM nya jd error, trs ketutup.. olong bls ke email saya ya mas…. makasih….
    ini report errornya

  27. By beni on Nov 28, 2009 | Reply

    mas…z mau tanya kok id yahoo z dari .com kok jadi .co.id ya. z bingung gmn bisa?? jadi waktu mau reset password facebook ga terkirim ke email z yang d yahoo. klo email facebook z beni_sukabola@yahoo.com tapi d yahoo z beni_sukabola@yahoo.co.id

  28. By adya on Dec 8, 2009 | Reply

    salam.. saya ingin brtanya,apakah secret question di email yahoo bisa dirubah secara permanen,karena ada yg mengetahui jawaban secret question saya. saya sudah mencoba untuk merubah secret question tsebut tapi dipasword helper yahoo,terdapat link “this’s not my question,jd kalo si hacker iseng itu mengklik link itu,maka pertanyaan rahasia akan kembali kepertanyaan awal yg sudah diketahui si hacker..
    mohon bantuan nya ya..saya tunggu balasan nya di imel saya,terimakasih.

  29. By adya on Dec 8, 2009 | Reply

    oya,satu lagi,apakah account yahoo bisa di hapus? kalo bisa,cara nya bagaimana? terimakasih byk.. dtunggu jawaban nya yaa di email..kalo bisa secepat nya.. skli lg terimaksih byk.. :)

  30. By reza on Jan 10, 2010 | Reply

    pertanyaan saya sama persis sama bung adya.
    yahoo secret question saya sudah diketahui orang percuma saya rubah pertnyaannya kalau masih dapat di panggil pertanyaan secret yang lama..

    mohon bantuannya boss…makasih bnyak..

  31. By ilham on Mar 8, 2010 | Reply

    kk aku lupa pertanyaan yahoo aku .. gmna itu cara’a ??

  32. By Aq adalah diri Qu on Apr 4, 2010 | Reply

    Mz.. Tolongin donk.. Lupa ne password yahoo q..

  33. By Ed on Apr 4, 2010 | Reply

    sama dengan pertanyaan Adya.
    Please help…Udah ganti security question berulang kali, percuma aja. kerena yg lama udah ketauan orang. Gimana ilangin option “this is not question”
    Yahooo bener2 paling gak aman dari semua email..

  34. By rizal on Apr 7, 2010 | Reply

    mas zikri…saya kehilangan fb ma email saya….
    dan saya lupa pertanyaan rahasia email saya…
    buat ngatasinnya bagaimana…tolong segera balas….

  35. By intan on Apr 10, 2010 | Reply

    saya lupa sandi,dalam bantun sandi ada 2 pertanyan saya lupa jawabanya,,gmn cara solusny

  36. By Agus on Apr 22, 2010 | Reply

    langsung aja ya, sy minta tolong tmn2, sy dpt email yg isinya bahwa sy memenangkan undian lotere dari microsoft corp. word lotere united kingdom, apakah benar email yg sy terima ini? atau bohong belaka? tolong informasikan pengalaman dari tmn2 dong. Thanks ya
    email sy : aguzmulyana@yahoo.com

  37. By Andi on Apr 26, 2010 | Reply

    Pertanyaan saya sama seperti adya..
    bagaimana cara remove “This is not my queston” ?

  38. By rachma on Apr 30, 2010 | Reply

    Kak, saya lupa password dan 2 jawaban pertanyaan rahasia, mohon bantuannya.

  39. By angga on May 2, 2010 | Reply

    saya kehilangan password

  40. By Rahmat Zikri on May 30, 2010 | Reply

    @all: perlu dicatat bahwa saya di sini hanya sharing pengalaman. saya tidak dapat berbuat banyak terkait dgn kehilangan akses ke login pribadi anda semua.

    dari apa yang sudah saya sharing di atas, intinya jika terjadi kehilangan akses dan anda tidak dapat mengembalikannya, satu2nya harapan utama tempat bergantung adalah KEBAIKAN hati admin Yahoo. untuk itu diperlukan upaya gigih dan juga bagaimana meyakinkan mereka, sebagaimana yang saya lakukan seperti cerita di atas.

    sekali lagi, yang bisa saya sharing di sini untuk meminimalisir kemungkinan password anda dibobol antara lain:

    1. jangan gunakan password yang mudah ditebak (seperti nama pacar, istri, anak, suami, tanggal lahir mereka, tanggal jadian, dsb).

    2. gunakan kombinasi huruf besar, kecil, angka dan karakter khusus (seperti @,#,$,%,&,!,?) dalam password anda.

    3. rajin2 lah mengganti password secara periodik, kalau bisa sebulan sekali. minimal, jangan tidak pernah ganti password seumur hidup!

    4. jangan beritahu password anda ke orang lain dgn alasan apa pun.

    5. daftarkan alamat email alternatif di profil yahoo anda. jadi jika ada masalah, anda bisa menghubungi pihak yahoo menggunakan alamat email lain yang telah terdaftar.

    6. buatlah pertanyaan rahasia di yahoo dgn pertanyaan dan jawaban yang hanya anda ketahui sendiri. lebih afdol kalau tidak nyambung. misal, apa pun pertanyaannya, jawabannya: kampret.

  41. By ami on Jun 10, 2010 | Reply

    password saya tidak bisa di buka saya tidak tahu saya mau minta bantuan donk plas ?saya tidak tahu saya kan sudah ganti namanya a……..a tapi sudah saya buka kemarin bisa sekarang tidak bisa ? :D

  42. By haryo on Jun 26, 2010 | Reply

    mas Zikri tolong d bantu ya? saya mengalami kasus yg sama seperti mas Zikri, saya sudah mengirim email ke yahoo tapi nihil… mungkin alamat emailnya salah, blh mnta alamat email support yahoo???
    berikut surat yg saya kirim k yahoo…..

    First i want to apologize because my english is bad
    Yesterday, wednesday Jun 16 My acoount cannot sign in, and there are an alert that my password is wrong, i have try to reset password, then i have mistake in aswer the question, i don’t know this is my mistake or other, i have answer the question(Where ure honeymoon Place, I answer Lombok, and my first pet name, mopi)but still error 9001(wrong answer), this email is very important for me, there a lot of important contact and important draft here…. so i hope i can log in again, i think my account is cracked by someone.
    please confirmation(reply) my feedback to haryo.pramudito@gmail.com, thank you

    Regards,
    Haryo Pramudito

  43. By Rahmat Zikri on Jul 1, 2010 | Reply

    @haryo: tinggal tebak aja kan.. support@yahoo.com

  44. By Abu on Jul 4, 2010 | Reply

    Thx banget mas Fikri atas infonya, saya juga pernah mengalami penutupan email secara tiba-tiba, tapi dulu ga terlalu musingin kenapa. Mo tanya dunk, kebanyakan ngirim emal ke email2 yang ga valid bisa membuat akun kita diblokir ga? THx

  45. By jagat on Aug 19, 2010 | Reply

    Bagaimana bila lupa password yahoo ??? trus lupa juga sama pertanyaan yang dua ??? tolong bantuan yah …?

  46. By Rahmat Zikri on Aug 21, 2010 | Reply

    @Abu: mestinya ngga. tapi ya tergantung kebijakan pengelola juga.

    @jagat: misalnya email anda adalah emailnyajagat@yahoo.com. anda lupa segala hal yg terkait dgn email tersebut, lalu minta tolong admin Yahoo utk reset password Anda. saya tanya balik skrg, apa bedanya dengan saya dan orang lain yg sama2 ngga tahu apa2 tentang informasi awal email anda tsb? lalu saya atau orang lain juga minta ke Yahoo utk reset password email tsb. bagaimana Yahoo bisa membedakan mana yg pemilik sah? :)

  47. By bahrudin on Sep 24, 2010 | Reply

    mas mau nanya…
    saya dah bisa login, tapi gagal akses ke mailbox nya… kenapa yaa?? pake yang classic juga tetep gak bisa…
    kira2 kaya gini, Ouch!
    The error, LaunchEmptyResponse, occurred when trying to connect to Yahoo! Mail.
    saya coba buka pake opera di hp juga sama kaya gitu….bisa bantu gak ?? penting banget nih…trims

  48. By muchojin puji santoso on Oct 9, 2010 | Reply

    salam.
    q punya masalah dengan email yahoo ku. q gak bisa masuk ke acount emailku. padahal itu email utama saya. ketika q klik lupa paswod da beberapa pertanyaan yang tentunya aku sudah lupa jawabannya karena email ini aku buat sekitar 4 tahun yang lalu. tiap kali aku masuk selalu ada tulisan acount anda dikunci. lantas bagaimana cara menyelesaikannya. terima kasih. emial baruku “chojin_spiritualis@yahoo.co.id”

  49. By eryckdj on Nov 12, 2010 | Reply

    saya kesulitan membuka yahoo saya karna pertanya’an keamananya saya lupa

  50. By Free Download Genres on Jan 10, 2011 | Reply

    email yahoo ku bnyk bngt spamnya…gmn ya cara menghentikan mereka…

  51. By cokro indra on Feb 24, 2011 | Reply

    pak saya mau yahoo saya kembali bagaimana cara a pak….???

    saya mohon bantuan bapak.

  52. By arip on Mar 3, 2011 | Reply

    om yahoo tolongin temen saya donk
    yahoo punya dia d hack ma org lain
    ini e-mail nya
    roby_rosita@yahoo.co.id
    tolong bantuin saya ya om yahoo
    soal nya d yahoo itu ada aset yang berharga

  53. By Fajar on Mar 10, 2011 | Reply

    Pak Zikri,

    Mohon bantuannya untuk memberikan arahan kepada saya untuk membuka ID Yahoo saya yang password nya di ganti oleh orang lain, dan juga security questionnya pun sama di ganti oleh orang lain.

    Terima Kasih sebelumnya,

    Warm Regards

    Fajar Predian

  54. By indra on May 21, 2011 | Reply

    kemana saya harus kirim email buat yahoo…

  55. By asrullah syam on Aug 26, 2011 | Reply

    salam pak zikri,
    saya juga punya masalah yang sama dengan pak zikri, hanya masalah saya ini terjadi karena kesalahan saya sendiri.
    begini,
    awalnya saya tidak tahu bahwa untuk log in ke ym bisa manggunakan akun yahoo mail yang sudah dibuat. tapi karna ketidaktahuan saya, saya membuat lagi akun baru di ym, dengan user id yang beda dengan user email asli saya, namun password dan seluruh data saya di akun yang baru saya buat di ym sama dengan data dan password di email saya. sejak itu saya tidak bisa lagi log in ke email saya yang asli dan hanya bisa log in ke email baru yang saya buat dary ym. padahal email lama saya yang asli sangat penting bagi saya. saya sudah mencoba semua bantuan yang diberikan yahoo. baik itu reset password, recovery dan segala macamnya, termasuk contact us ke yahoo. saya menceritakan kejadian ini se detilnya ke yahoo namun sampai sekarang tidak ditanggapi. satu hal lagi, saya tidak ingat apakah pada email lama saya disertakan juga email alternatif. saya lupa. apa pak zikri bisa bantu solusinya, atau kemana saya harus menghubungi yahoo agar di tanggapi oleh pihak yahoo? terimakasih atas perhatian pak zikri pada permasalahan saya ini

  56. By teguhbayu on Sep 7, 2011 | Reply

    saya lupa password gimana nih

  57. By Khilafah on Oct 5, 2011 | Reply

    Pak zikri,
    assalamualaikum wr wb.
    yang saya tanyakan data2 apa saja yang perlu di berikan agar mereka yakin atas klaim email saya?

    Apakah saya bisa meminta reset sandi dan dikirim ke email yang bukan alternative?

  58. By Tutik Prihatini on Oct 26, 2011 | Reply

    barangkali saya bisa tertolong oleh forum ini.
    Tmn sy susah login ke email yahoo. Stlh dia kutak katik, dia menemukan id yahoo sy (sebagai email alternatif). akhirnya dia menuding sy sbg orang yang berniat masuk ke email dia. sy tentu saja menyangkal, karena tdk melakukannya. Dia tdk bisa diajak kompromi krn ada bukti (id yahoo saya). Dia marah besar dan benci saya.

    Barangkali ada yang bisa membantu saya untuk menemukan orang yang memfitnah saya?

    terima kasih

  59. By lena on Dec 3, 2011 | Reply

    akun saya telah di hack serta jawaban pertanyaan saya juga telah d gantinya..
    bagaimana caranya agar saya bisa mengakses yahoo saya lagi?

  60. By vitri on Dec 10, 2011 | Reply

    mas, masalah persis sama seperti yang dialami mas kedua kalinya.. apa yang saya harus lakukan???
    jawaban secret question saya lupa..

    nangis berhari-hari nih mas… tolong….

  61. By ega on Dec 26, 2011 | Reply

    mas tolong saya juga mas
    saya lupa sandi fb saya
    sudah dicoba masuk ke email tambah 1 masalah lagi yaitu lupa sandi nya dan jawaban pertanyaan rahasia nya cuma ke jawab 1
    tolong mas penting banget nih.
    balas ke
    egalestari43@yahoo.com

  62. By vina on Jan 6, 2012 | Reply

    halo mas, mo tanya nih, kejadian sudah 2 mingu ini, saya bisa chat ym tau2 trus hang wkt pake android, nah kl saya login pasti diblangnya wrong pasword,signed in other location, bla2….

    kadang dia nyala(HP) tmen2 bisa liat saya ol,namun saya hanya bisa terima chat ,gk bisa balas, nah tertulis bahwa saya tidak terkonek dngan acount ini. begitu saya coba buka dengan komputer wah sama saja, saya bisa liat teman2 ol n teman2 bisa liat saya ol n bisa kirim chat,tp saya gk bisa buka chat. mohon sarannya apa yg musti dilakukan.Terima kasih
    Mohon balas ya.
    Vina

  63. By Andi Asmar on Jan 22, 2012 | Reply

    Mass, Bisa minta bantuannya gak di kirimin ke Inboxku Alamat email dari admin yahoo yang mas tempati kirim permintaan untuk pemulihan akun.

    Tolong YHHH

  64. By fadhil on May 15, 2012 | Reply

    bisakah jawaban pertanyaan keamanan yang kita buat dulu di lihat kembali dari dalam yahoo kita sendiri

  65. By diego dedio on Jun 6, 2012 | Reply

    ceritanya mantap juga gan, pe bnyak bener yg comment. ane angkat jempol buat perjuangannya balikin yahoo! nya, mantabg mantabh

  66. By syifak on Jul 21, 2012 | Reply

    mass bsa bntu reset paswort q gk.
    mngkn y emng salh q jg si.
    jd d pkk orng lain dan skrang q gk bsa akss email q lg

  67. By dr. karalovers(kamilia) on Jan 5, 2013 | Reply

    mas. sya mo curhat + naya yah.
    sya sedih banget mas. ID yahoo saya dianggap tidak ada yang memakai padahal saya sudah daftar dan malah saya juga menggunakan ID tersebit untuk membuat akun pada salah satu socialnetwork. saat saya mau konfirmasi ID tersebut., ID saya tidak dikenal dan dianggap tidak ada/tidak dipakai oleh siapapun. “SIAPAPUN” kok bisa sih mas. kayamana nih solusinya?????

  68. By Harry on Apr 13, 2013 | Reply

    mas, saya punya account yahoo dan selalu log in otomatis di komputer
    saya lupa total password dan secret question nya
    apa bisa dibantu bagaimana cara saya dapat password lagi
    emailnya penting buat saya, tapi saya tidak bisa log in dari komputer lain

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google