Tahun Baru, Situs Baru dan MVP Baru

Written on 4 January, 2008 – 09:42 | by Rahmat Zikri |
503 Error

Sorry, that didn’t work.
Please try again or come back later.

503 Error. Service Unavailable.

1 tahun yang lalu, untuk pertama kalinya saya ikutan nge-blog. Ya, baru di bulan Januari 2007 itu-lah terjadi. Tidak pernah ada blog lain yang pernah saya buat, walau sebenarnya sejak bertahun-tahun sebelumnya banyak yang menyarankan untuk mengganti situs zikri.com dengan blog.

Selama 1 tahun berjalan, blog yang saya buat dipublikasikan dengan alamat http://blog.zikri.com. Di saat yang bersamaan, situs lama saya yang selama ini dikenal dengan nama Planet Zikri! masih setia menghuni alamat utama di zikri.com, yaitu pada alamat http://www.zikri.com.

Sejak pertama kali situs tersebut online pada tahun 1997 (sebelumnya dengan alamat http://zikri.indoglobal.com), situs utama ini pernah beberapa kali mengalami perubahan. Hal yang paling utama yang membuat situs ini lumayan populer di Internet dan dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia adalah kehadiran halaman Books Online, yang sebenarnya hanyalah kumpulan link buku-buku yang bisa dibaca (dan/atau di-download) secara online di Internet yang dulu rajin saya kumpulkan. Kalau tidak salah, updating dari segi content yang signifikan yng saya lakukan itu terjadi di akhir 2003, dengan meng-update halaman Books Online ini.

Updating minor lain yang terjadi adalah di tahun 2004, menambahkan info status keterlibatan saya dalam tim teknologi informasi pada pelaksanaan hajatan nasional Pemilu 2004. Setelah itu, tidak ada hal lain yang saya tambahkan, bahkan ‘pengalaman’ setelah Pemilu 2004 selama 1,5 tahun berstatus sebagai direktur sebuah perusahaan baru pun ‘ogah’ saya tambahkan.

Walau sebenarnya sejak 2004 saya sudah memiliki keinginan untuk me-‘moderninasi’ zikri.com dengan aplikasi web modern, tidak sekadar HTML biasa, tapi keinginan tersebut selalu terbentur dengan kemalasan yang berpadu dengan kesibukan lain. Baru pada 12 Januari 2007 lah terealisasi, setelah dibantu Priyadi dan di-‘trigger’ oleh sebuah email dari Microsoft pada 2 Januari 2007 yang menyatakan bahwa saya terpilih sebagai Most Valuable Professional untuk Windows Server System – Exchange Server. Sebagai persiapan untuk mempertahankan award tersebut di tahun berikutnya, salah satu upaya yang dilakukan adalah membuat blog, karena bisa menjadi sarana untuk menunjukkan kontribusi individu yang bersangkutan dalam dunia ‘persilatan’nya.

1 tahun berjalan setelah Januari 2007 tersebut, sebenarnya kontribusi yang saya lakukan melalui tulisan-tulisan di blog yang signifikan berkaitan dengan teknologi Exchange bisa dibilang minim. Secara pribadi minat saya justru lebih senang membicarakan hal-hal lain di luar hal seputar IT yang menjemukan. Yang benar saja kalau setiap saat dan di setiap tempat saya mesti ngomong itu-itu saja. Tapi untungnya kontribusi saya di luar blog masih sangat cukup untuk membuat Microsoft kembali mengirimkan email pada 2 Januari 2008. Status MVP Exchange Server pun kembali saya peroleh.

Per Januari 2008 ini juga saya putuskan bahwa masa transisi keberadaan 2 situs saya, http://www.zikri.com dan http://blog.zikri.com di-‘merger’ jadi satu. Kembali ke alamat utama, sekarang hanya ada http://www.zikri.com. Isi situs lama dihapus. Isi http://blog.zikri.com dipindahkan ke alamat utama. Alamat situs http://blog.zikri.com tetap bisa diakses, namun sekarang hanya berupa nama alias. Pengunjung akan otomatis di-redirect ke alamat http://www.zikri.com. Halaman Books Online yang selama ini membuat situs saya populer di banyak search engine juga mengalami koreksi. Saya sebut sebagai koreksi karena saat ini saya belum menambahkan koleksi baru. Yang ada malah menghapus banyak sekali koleksi yang ternyata sudah obsolete. Alamat asli sumber bukunya sudah tidak ada di Internet. Ke depan tentunya saya berkeinginan menambahkan link-link baru. Mudah-mudahan tidak perlu waktu bertahun-tahun untuk ini. Hehe.

Jadi, sebagai pembuka tahun 2008 ini adalah Tahun Baru, Situs Baru dan MVP Baru (re-awarded tepatnya. haha.). Selamat tahun baru!

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--
  1. 16 Responses to “Tahun Baru, Situs Baru dan MVP Baru”

  2. By fisto on Jan 4, 2008 | Reply

    wuih…mantap…pak MVP, selamat yaaa….keep up the good work!
    kayak pemaen basket aja, ada MVP juga yah ternyata di microsoft…

  3. By Jay on Jan 4, 2008 | Reply

    Congratulations!

  4. By aRuL on Jan 4, 2008 | Reply

    Congratz πŸ™‚
    Gudlak juga πŸ™‚

  5. By Endah on Jan 6, 2008 | Reply

    selamat yaaaaaaaa….

  6. By Muhammad Zulfikar on Jan 6, 2008 | Reply

    Selamat mas !

  7. By reza on Jan 7, 2008 | Reply

    Selamet Zik…taun depan harusnya bisa double MVP dong. Exchange dan Windows Live. Bisa gak ya πŸ™‚

  8. By Dondy on Jan 7, 2008 | Reply

    Situs kagak pernah di update gini !

  9. By Yuliana Tan on Jan 7, 2008 | Reply

    Makanya… jangan malas…. πŸ˜€ tahun baru judulnya bersih-bersih website pribadi, hehe… Good Luck untuk semuanya!

  10. By Arche on Jan 7, 2008 | Reply

    Congratulations and keep up d good work.
    It looks like gifts in d new year 2008

  11. By verlita on Jan 7, 2008 | Reply

    met tahun baru yah…
    good luck deh pokoknya… πŸ˜€

    salam…

  12. By bronto on Jan 7, 2008 | Reply

    wah BUGIL ternyata pinter nulis juga…
    PROkKkk… PROKkk…
    ternyata selain pengoleksi 3gp, handal juga tulisannya…
    hebat EUY!!!!

  13. By susanvirna on Jan 11, 2008 | Reply

    wuuuiiiih selamat yaaa….. Kado ulang taun dong dari Microsoft…
    Mudah mudahan dapet jodoh juga di tahun ini…

  14. By meily on Jan 14, 2008 | Reply

    Happy New Year and Best of LUCK in 2008.

    last but not least

    Happy B’lated B’day and many happy returns πŸ™‚

  15. By Hendra on Jan 16, 2008 | Reply

    Zik, perpanjangan MVP loe nggak masalah yah??? Ternyata blog bukan jaminan yah bro. Gw sama kaya zikri, malas nulis blog, apalagi tentang IT

    Congrat

  16. By Teguh on Apr 30, 2008 | Reply

    Wah..mataff.. dari ilmu itungan-itungan HPG, hitung perataan..berubah jadi Microsoft MVP.. Salut mas..

    IMG ’00

  17. By Jonathan Haryanto on Sep 12, 2008 | Reply

    Saya juga ingin mengucapkan selamat atas situs baru yang bagus ini. Semoga semakin ramai dikunjungi.

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google