Microsoft Fast Track Academy Jadi Juara

Written on 1 June, 2008 – 22:07 | by Rahmat Zikri |

Jika anda melihat profil MVP saya di situs Microsoft, mungkin pernah bertanya-tanya, apa itu Microsoft Fast Track Academy? Sejujurnya, Microsoft Fast Track Academy sebenarnya adalah sebuah program marketing, di bawah Business & Marketing Organization – Microsoft Indonesia. Program ini pertama kali digodok pada medio 2006 (bersama rekan Subhan Novianda Mani dan Mario Hadiwinata; keduanya sekarang telah resign), dan mulai dijalankan pada bulan Agustus 2006.

Program yang telah dijalankan beberapa kali (baru saja selesai batch ke-13, Mei 2008) mengundang orang-orang dari berbagai perusahaan di Indonesia untuk datang dan mengikuti program ini secara gratis! Sejujurnya lagi, orang-orang yang diharapkan hadir adalah mereka yang pada posisi bisa mengambil keputusan di kantornya (misal: IT Manager, Direktur, dsb). Walau tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang ada di posisi ‘prajurit lapangan’ seperti systems administrator dan sejenisnya. Namanya saja program marketing, tentu ekspektasinya adalah anda yang hadir bisa memutuskan untuk segera membeli dan menggunakan teknologi Microsoft.

Yang unik dari program ini adalah kemasan marketing yang dibungkus dengan edukasi. Program yang dijalankan dari Senin s.d Sabtu dengan komposisi Senin s.d Jumat dijalankan setelah jam kantor, 18.30-21.15 WIB (yang pada praktiknya biasa baru mulai jam 19.00, karena mesti memberi kesempatan yang menunaikan shalat Maghrib dan menikmati makan malam gratis yang disediakan) dan hari Sabtu seharian, 09.00-16.00 WIB. Pada hari Senin s.d Jumat agenda-nya saya yang akan aktif membahas berbagai issue, mulai dari Active Directory s.d berbagai back-end server Microsoft. Pada sesi ini peserta juga diharapkan aktif bertanya dan boleh membawa masalah di kantornya sebagai case study. Pada sesi malam ini tidak ada lab yang dikerjakan peserta, kecuali hanya saya yang mendemonstrasikannya. Di hari terakhir, Sabtu, peserta berkesempatan mencoba pada sesi hotlab sepanjang hari (1 peserta 1 PC, dengan jumlah peserta per-batch sekitar 30 orang).

Awalnya program ini hanya direncanakan berjalan 8-10x saja. Tapi ternyata respon rata-rata dari peserta sangat baik. Akibatnya, program terus berjalan dan masih akan berlanjut setidaknya pada tahun fiskal berikutnya (FY09 Juli 2008-Juni 2009). Memang waktunya sebenarnya sangat terbatas. Tidak akan bisa membuat anda menjadi tahu dan mahir berbagai hal dalam sekejap. Tapi setidaknya cukup untuk membuat anda mengerti apa dan bagaimana teknologi Microsoft pada sebuah infrastruktur jaringan komputer. Dan ini semua anda dapatkan secara cuma-cuma.. Setelahnya pun tidak ada paksaan untuk membeli produk Microsoft. Saya sendiri secara pribadi sangat memanfaatkan moment ini sebagai sarana memperluas relationship yang siapa tahu suatu saat berbuah project! Hehehe.

Sebuah kabar menyenangkan beberapa waktu yang lalu saya terima, ternyata program Fast Track Academy ini mendapatkan internal award di Microsoft regional Asia Pasifik untuk kategori Competitive Impact pada Asia Pacific Market Awards. Tidak ada hadiah dalam bentuk materi yang saya terima. Tapi kebahagiaan sebagai ujung tombak program ini mulai dari penggodokan sampai pelaksanaan di lapangan lebih dari cukup. Setidaknya apa yang telah saya lakukan tidak sia-sia 😀

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google