Archive for June, 2008

Ahmadiyah dan Kebebasan Beragama

Thursday, June 5th, 2008

Hari minggu kemarin, 1 Juni 2008, serombongan massa yang diidentifikasi sebagai FPI (Front Pembela Islam) menyerang dan membubarkan aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh AKK BB (Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan). Pada malam harinya, saya mendengar keterangan bahwa aksi pembubaran tersebut dilakukan oleh Komando Laskar Islam, di mana FPI hanyalah salah satu elemen di bawahnya.

Sejatinya, jika melihat namanya, AKK BB, sudah barang tentu unjuk rasa yang dilakukan di lapangan Monas (info lain mengatakan bahwa di sana mereka hanya berkumpul, unjuk rasa baru akan dilakukan di Bunderan HI) ini bertujuan membela Ahmadiyah. Karena beberapa waktu terakhir mereka (AKK BB) adalah kelompok orang yang tidak mendukung pembubaran Ahmadiyah (oleh Pemerintah RI melalui Surat Keputusan Bersama). Sesuai dengan namanya, AKK BB menganggap Ahmadiyah layak untuk dipertahankan, tentu dengan alasan kebebasan beragama dan berkeyakinan.

Dalam hal terjadinya peristiwa Monas hari minggu lalu, saya tidak secara spesifik memihak pada FPI/KLI dan juga tidak ke AKK BB. Semua pihak tersebut punya kontribusi terhadap terjadinya kerusuhan tersebut. Hal yang membuat acara "berkumpulnya" AKK BB di lapangan Monas pun menjadi rancu karena ada yang mendompleng dengan mengatakan bahwa itu adalah peringatan hari kelahiran Pancasila, ada juga yang membonceng dengan isu kenaikan BBM. Tapi memang kalau mau fair, apa urusannya kebebasan beragama dan berkeyakinan dengan BBM?

(more…)

Microsoft Fast Track Academy Jadi Juara

Sunday, June 1st, 2008

Jika anda melihat profil MVP saya di situs Microsoft, mungkin pernah bertanya-tanya, apa itu Microsoft Fast Track Academy? Sejujurnya, Microsoft Fast Track Academy sebenarnya adalah sebuah program marketing, di bawah Business & Marketing Organization – Microsoft Indonesia. Program ini pertama kali digodok pada medio 2006 (bersama rekan Subhan Novianda Mani dan Mario Hadiwinata; keduanya sekarang telah resign), dan mulai dijalankan pada bulan Agustus 2006.

Program yang telah dijalankan beberapa kali (baru saja selesai batch ke-13, Mei 2008) mengundang orang-orang dari berbagai perusahaan di Indonesia untuk datang dan mengikuti program ini secara gratis! Sejujurnya lagi, orang-orang yang diharapkan hadir adalah mereka yang pada posisi bisa mengambil keputusan di kantornya (misal: IT Manager, Direktur, dsb). Walau tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang ada di posisi ‘prajurit lapangan’ seperti systems administrator dan sejenisnya. Namanya saja program marketing, tentu ekspektasinya adalah anda yang hadir bisa memutuskan untuk segera membeli dan menggunakan teknologi Microsoft.

Yang unik dari program ini adalah kemasan marketing yang dibungkus dengan edukasi. Program yang dijalankan dari Senin s.d Sabtu dengan komposisi Senin s.d Jumat dijalankan setelah jam kantor, 18.30-21.15 WIB (yang pada praktiknya biasa baru mulai jam 19.00, karena mesti memberi kesempatan yang menunaikan shalat Maghrib dan menikmati makan malam gratis yang disediakan) dan hari Sabtu seharian, 09.00-16.00 WIB. Pada hari Senin s.d Jumat agenda-nya saya yang akan aktif membahas berbagai issue, mulai dari Active Directory s.d berbagai back-end server Microsoft. Pada sesi ini peserta juga diharapkan aktif bertanya dan boleh membawa masalah di kantornya sebagai case study. Pada sesi malam ini tidak ada lab yang dikerjakan peserta, kecuali hanya saya yang mendemonstrasikannya. Di hari terakhir, Sabtu, peserta berkesempatan mencoba pada sesi hotlab sepanjang hari (1 peserta 1 PC, dengan jumlah peserta per-batch sekitar 30 orang).

(more…)

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google