Nokia Mail for Exchange

Written on 28 July, 2008 – 17:10 | by Rahmat Zikri |

Nokia E71 Kembali ke Nokia. Mungkin judul ini yang lebih pas untuk menggambarkan selera handset saya di tahun ini. Bagaimana tidak, dalam tempo kurang dari 1/2 tahun saya sudah membeli 4 buah handset Nokia. Padahal sepanjang dekade tahun 2000-an ini bisa dibilang saya ogah pakai Nokia. Handset Nokia terakhir saya adalah tipe 6110 yang masih saya pakai pada akhir tahun 2000.

Memang handset pertama saya di tahun 1997 adalah Nokia 8110 (Nokia ‘Pisang’), lalu berganti ke 5110 (Nokia "sejuta umat"), lalu sebentar dengan 3210, sampai ke 6110. Setelah itu, dengan alasan ogah punya banyak ‘kembaran’, saya beralih ke Ericsson, Siemens, Sony Ericsson, lantas beralih ke PDA Phone (yang terakhir saya pakai adalah O2 XDA Atom). Saya beralih ke PDA Phone (berbasis PocketPC/Windows Mobile) karena ingin mengutak-atik aplikasi yang berbasis PocketPC/Windows Mobile. Ketika itu, sebagai praktisi IT saya tidak hanya bermain di sistem infrastruktur jaringan komputer seperti konsentrasi saya pada saat ini, tapi juga bermain-main di pemrograman.

Baru setelah saya tidak lagi bermain aplikasi, ditambah rasa rindu menulis email dengan mijit-mijit keypad, akhirnya bulan Maret lalu saya beralih kembali ke handset tradisional. Pilihan jatuh pada Nokia 6120. Untuk handset CDMA pun segera saya Nokia-kan juga seminggu kemudian, dengan Nokia 6275i.

Tapi ternyata keputusan ‘melepas’ PDA Phone tidak sepenuhnya benar. Walau pada kenyataannya saya selalu saja memanfaatkan handset pada fungsi-fungsi yang paling baku, yaitu menelepon dan SMS, tapi ada fungsi aplikasi di Windows Mobile (PDA) yang sebenarnya bagi saya antara butuh dan tidak butuh. Yaitu fungsi ActiveSync Email. Fungsi ini memungkinkan pengguna email berbasis Microsoft Exchange Server mengakses email, calendar dan contacts dari Exchange Server. Sedangkan fungsi email pada berbagai handphone yang umumnya tersedia hanyalah push mail berbasis protokol POP3 dan/atau IMAP. Jika hanya ingin mengakses email (tanpa perduli dengan calendar atau contacts), kemampuan ini mungkin sudah cukup. Apalagi tidak semua mail server memiliki kemampuan kolaborasi (calendar dan contacts synchronization). Tapi, jika ternyata mail server yang digunakan adalah Microsoft Exchange Server, kemampuan tersebut bisa kita manfaatkan dengan optimal.

 

Saya sebenarnya tidak terlalu memanfaatkan fitur itu. Karena nyaris setiap saat saya online di Internet. Tapi pada beberapa kondisi saya memerlukannya untuk mencoba pada implementasi project Microsoft Exchange yang saya kerjakan di beberapa tempat. Akibatnya, 1 bulan terakhir saya mulai berpikir untuk membeli PDA Phone kembali. Sampai akhirnya tanpa sengaja hari Kamis lalu saya membaca berita tentang produk terbaru Nokia yang baru saja diluncurkan, Nokia E71 dan E66 yang secara memiliki aplikasi Mail for Exchange (dapat menjadikan handset Nokia anda menjadi client Exchange dengan full capability-nya). Aplikasi ini sebenarnya bisa di-download dari situs Nokia dan dipasang di beberapa tipe handset tertentu (seri E dan N). Tapi atas dasar pertimbangan fitur-fitur lain yang sangat mungkin akan berguna bagi saya pada saat dibutuhkan, lebih baik beli produk terbaru saja (ketimbang beli tipe lain yang lebih murah). Apalagi Nokia E71 ini secara penampilan sangat professional look dan sangat bersaing dengan produk-produk berwajah mirip seperti Apple iPhone atau Blackberry.

Dengan fitur Mail for Exchange yang ditawarkan, Nokia E71 tentu sangat layak diperhitungkan sebagai ‘pembunuh’ Blackberry. Dari dimensi ukuran pun, ketebalan E71 hampir setengah ukuran tebal Blackberry. Soal dimensi ini juga boleh diadu dengan iPhone. Hanya saja kalau soal aplikasi entertainment di dalamnya saya kurang tahu. Dari dulu saya nyaris tidak begitu perduli dengan fitur-fitur seperti itu. Contoh kecil, keberadaan kamera digital di handset pun bisa dibilang boleh dihitung dengan jari berapa banyak saya pergunakan untuk setiap handset saya yang dilengkapi kamera. Paling top yang dinikmati adalah fungsi radio, itu juga kalau benar-benar sedang outdoor dan tidak ada hiburan lain.

Hari Sabtu siang kemarin, saya iseng-iseng hunting ke Senayan City dan Plaza Senayan. Di kedua tempat ini tidak tersedia stock, alias habissss. Sepertinya E71 mengalami masa euforia seperti kakak kandungnya, E90 Communicator. Sabtu sore saya berangkat ke Bandung untuk menghadiri resepsi pernikahan sepupu di sana. Pada minggu siang sebelum pulang ke Jakarta, Vera, dokter gigi pribadi saya (merangkap pacar tercinta :)) yang turut serta ke Bandung ingin mampir sebentar ke mall, mencari "obat wangi" di gerai Mark & Spencer. Karena sudah ada jadwal kunjungan resepsi pernikahan lainnya di Jakarta. Berhubung saya ngga tahu di mana mall di Bandung yang ada Mark & Spencer -nya, pilihan termudah adalah Istana Plaza. Biar tinggal ngacir masuk tol menuju Jakarta. Tapi ternyata di sana tidak ada. Yang ada malah saya yang jadi belanja, menemukan stok Nokia E71 di sana, walau dengan harga Rp 15.000 lebih mahal dari Jakarta (Rp 5.015.000,00).

Fitur-fitur lain yang tentunya menarik buat saya pada E71 ini adalah Mobile Virtual Private Network (VPN), Wireless LAN, Voice over IP (VoIP), dual mode (business dan home), Global Positioning System (GPS), dsb.

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--
  1. 9 Responses to “Nokia Mail for Exchange”

  2. By susanvirna on Jul 29, 2008 | Reply

    ada hikmahnya juga kan nganter neng Vera :)

  3. By Alexei Ivanovich on Jul 29, 2008 | Reply

    OS na masih pake zik?
    Symbian kah? or dah windows mobile 6?
    or linux?? :D

  4. By vera on Aug 1, 2008 | Reply

    Akyu khan dah bilangggg…Mark and Spencer adanyah di BSM..teteup ajah ngacirrr ke IP!!!!…begituuu liat NOKIA E71…lsgs deh..tanpa ba bi bu lg…bungkuusss!!Ngidam yah Pak?? :P

  5. By Ladung on Aug 9, 2008 | Reply

    oh jadi neng Vera sekarang sudah jadi CTO? kirain bakal jadi CFO .. hehehe

  6. By Rahmat Zikri on Aug 13, 2008 | Reply

    @ Ivan: OS nya Symbian

  7. By Endah on Aug 23, 2008 | Reply

    cie cie… ahum ahum
    ah kibornya E71 kekecilan ah.. mencetnya ga ok…

  8. By daus on Aug 25, 2008 | Reply

    punya antivirus gretongan ga boosss?

    thanks

  9. By Rahmat Zikri on Sep 2, 2008 | Reply

    @ Endah: jari elo aja yg kegedean.. buat gw enak nih, pas. dulu waktu pakai iPaq yang ada GPS dan keyboardnya, baru tuh kecil dan susah. gak pernah gw pakai keyboardnya.

    @ Daus: belom punya bos :)

  10. By kunkun on May 4, 2009 | Reply

    Kang Zikri, selain m2web (sekarang hanya trial 60 days) ada gak yg gratiss lagi ?

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google