Hal-Hal Yang Tidak Membatalkan Puasa

Written on 14 September, 2008 – 10:59 | by Rahmat Zikri |

Waktu berusia SD-SMP, saya gemar sekali berenang. Bukan hanya di kolam renang beneran, tapi bisa di mana saja, di laut (bahkan bukan laut tempat wisata, melainkan di daerah perkampungan nelayan), di sungai (bahkan di dam kecil), sampai di kolam-kolam penampungan air di pabrik pembuatan es balok! Saya tahu persis apa yang saya dan teman-teman kerap lakukan ketika di dalam air, menggarami laut.. ups, salah… tepatnya mengencingi air kolam. Tampaknya itu adalah kegiatan yang mengasyikkan! Hehehe.

Lokasi pabrik pembuatan es balok yang berjarak sekitar 1,5KM dari rumah itu  kini telah tutup. Pabrik yang berangka tahun jaman kolonial Belanda (kalau tidak salah angka yang tertulis adalah 1928) ini menyimpan kenangan saya bersama teman-teman berenang di bak-bak penampungan awal yang sedalam 1,5-2 meter. Bak-bak berukuran kurang lebih 5×5 meter terdiri dari beberapa buah bak berjejer. Kolam penampungan air ini terletak di halaman belakang pabrik, yang bisa ditelusupi masuk melalui pagar kawat yang rusak, sehingga anak-anak bisa menyelinap dengan mudah. Setelah masuk, dengan santainya kami membuka pakaian, meletakkan di samping bak, dan langsung menceburkan diri ke dalam air yang dindingnya berlumut itu. Tantangan paling menyenangkan dari kegiatan ini adalah bagaimana caranya bermain air tanpa diketahui satpam-nya. Beberapa kali sih ketahuan, ya tinggal lari saja, sambil membawa pakaian yang belum sempat dipakai! :D “Kartu” yang saya pegang bahwa kami mengencingi air kolam di pabrik es, membuat saya ogah jajan yang mengandung es balok!

Nah, kegiatan berenang ini pasti terhenti kalau memasuki bulan ramadhan. Pasalnya, banyak teman ketika itu beranggapan bahwa jika sampai buang angin di dalam air, puasanya bisa batal. Padahal buang air kecil dan buang angin di dalam air adalah 2 hal yang seringkali dilakukan.

Walau sudah lama saya tidak mendengar ada orang yang masih menganggap buang angin di dalam air adalah benar-benar dapat membatalkan puasa, tetapi masih banyak hal-hal lain yang tidak ada tuntunan dan dasar hukumnya tetap saja dianggap oleh beberapa orang sebagai hal yang membatalkan shaum Ramadhan.

Di antara hal-hal tersebut yang saya coba daftarkan di antaranya adalah sahur dalam keadaan junub, sikat gigi, kumur-kumur dan memasukkan air ke hidung, berdarah (luka pada kulit), mencicipi makanan, suntik atau mencium istri/suami. Mungkin masih ada beberapa ‘fatwa’ batal lainnya yang beredar di masyarakat.

Ketika saya kost di Bandung pada masa kuliah dulu, pernah ada teman yang pagi-pagi buta, jam 3, menggigil kedinginan karena mandi wajib. Di Dago Atas yang dingin, dia mandi sepagi itu. Alasannya, baru saja mimpi “basah”. Padahal ketika itu lagi bulan Ramadhan. Dengan kata lain, dia mandi agar sahur dan puasanya sah. Tidak ada referensi yang menyebut bahwa kita harus sahur dalam keadaan bersih. Tidak sahur saja puasanya tetap sah, yang penting kita telah berniat untuk puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan. Yang tidak sah dilakukan dalam keadaan junub adalah shalat. Jadi, ketika masuk waktu shalat Subuh tapi dia masih dalam keadaan junub, barulah dia wajib mandi.

Sikat gigi. Banyak juga orang yang menganggap bersikat gigi di siang hari ketika puasa bisa membatalkan puasa. Ya iya bisa batal, kalau odolnya dimakan, atau airnya diminum. Selama 2 hal itu tidak dilakukan, tidak ada alasan untuk tidak bersikat gigi. Adanya hadis yang menyebut baunya mulut orang yang berpuasa lebih harum ketimbang wangi kesturi di surga, selain lemah juga tidak mencerminkan ajaran Islam yang mengajarkan kebersihan dan kesehatan (tentu termasuk kesehatan gigi dan rongga mulut). Menterjemahkan hadis tersebut secara harfiah sehingga membiarkan mulut berbau busuk tidak saja buruk buat kesehatan si empunya mulut, tapi juga mengganggu orang di sekitarnya.

Hal lain yang kadang ada juga yang menganggap bisa membatalkan puasa adalah kumur-kumur dan memasukkan air ke hidung. Sekali lagi, ini benar bisa membatalkan puasa jika airnya diminum! Jika tidak, ya puasanya jalan terus. Kita tidak menemukan dalil yang menyebut tata cara berwudhu khusus ketika sedang berpuasa. Artinya, dalam keadaan berpuasa (termasuk di bulan Ramadhan), kita tetap saja berwudhu dengan cara biasa. Termasuk berkumur dan mencuci rongga hidung bagian depan. Yang penting dilakukan seperti biasa, tidak menjadi berlebih-lebihan yang bisa berakibat adanya air yang tertelan.

Ada pula orang yang mengatakan bahwa berdarah karena luka itu membatalkan puasa. Ini juga sama, tidak ada dalil yang menyebut berdarah bisa membatalkan puasa. Iya bisa batal, kalau yang dimaksud adalah darah menstruasi. Hehehe.

Dulu kerap saya ikut menonton di dapur, menyaksikan ibu dan kakak memasak atau membuat kue sebelum lebaran. Kerap ibu mencicipi masakan dengan menempelkan jari di ujung lidahnya. Pada salah satu hadis riwayat Bukhari hal ini dibenarkan dan disebut tidak membatalkan puasa, yang penting tidak sampai tenggorokan. Lebih afdol lagi tentunya setelah dicicipi di ujung lidah segera dilepehkan kembali. Kalau tidak dicicipi, bagaimana jadinya masakan-masakan tersebut. Jadi mencicipi makanan ini selain tidak membatalkan puasa, mestinya juga mengandung pahala, karena menyediakan makanan yang enak untuk berbukanya orang-orang yang berpuasa :D

Di waktu lain, ada juga orang-orang yang menolak disuntik ketika sakit. Khawatir suntikan itu membatalkan puasa. Suntik juga tidak membatalkan puasa, selama yang disuntikkan tidak mengandung bahan makanan (misalnya di-infus).

Mencium istri di saat menjalankan shaum Ramadhan pernah dilakukan Rasullulah Muhammad SAW pada Aisyah. Hal ini disebut dalam sebuah hadis riwayat Bukhari. Hal terpenting yang perlu dijaga adalah menahan diri dari nafsu syahwat. Akan tetapi hal ini tentu berat buat orang biasa.

Selain hal-hal tersebut di atas, hal yang menarik perhatian saya lainnya adalah anggapan bahwa tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Seringkali menjadi pemandangan yang umum kita lihat di masjid-masjid atau musholla terdapat banyak orang yang bergelimpangan. Tidur. Istilahnya “puasa ular”. Dalil yang mendukung hal ini juga saya anggap lemah. Bagaimana mungkin Islam mengajarkan umatnya bermalas-malasan. Padahal puasa seharusnya tidak dijadikan alasan untuk mengurangi aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan.

Demikian hal-hal yang bisa saya ingat dan sharing ke teman-teman. Semoga tidak ada lagi teman-teman yang mandi kembang, eh, mandi junub di pagi buta, atau bau mulut di siang hari, serta hal-hal yang sebenarnya dibenarkan lainnya.

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--
  1. 20 Responses to “Hal-Hal Yang Tidak Membatalkan Puasa”

  2. By krisna on Sep 14, 2008 | Reply

    wah, thx share ilmunya pak..ternyata hobi wktu kecil itu toh, ga disangka..ck..ck..ck.. ;p

  3. By susanvirna on Sep 14, 2008 | Reply

    aiih Zikri.. jadi senyum senyum sendiri baca artikelnya. BTW yang mandi junub di pagi buta saha..?

  4. By alia on Sep 14, 2008 | Reply

    Hahahaha, untung gw anti sama es balok dari kecil. ..Ri loe dari kecil emang dah jail yah! Tapi bagus..menikmati masa kecil. Untuk hal-hal lain yg disebut diatas, gue setuju banget. Paling nggak kita hrs berpikir dengan logika. Nggak asal telan apa kata orang. Top deh pak!

  5. By hermansyahr on Sep 22, 2008 | Reply

    Aswrwb, Alhamdulillah..syukron atas sharingnya. Jazakalloh ya akhi atas cerita dan ilmunya. Asyik juga tuch pengalaman ketika kecil; membuat ana geli abieez lucu klo dibayangkan.hehehe. Blog antum bagus juga. Salam kenal ya akhi. Smg brkah semua kegiatannya. Met shaum. TAQOBBALALLOHU MINNA WA MINKUM-TAQOBBALALLOHU YA KARIM… ;-) cu Wsslmwrwb.

  6. By Bunda Taqi on Sep 24, 2008 | Reply

    Ki, pabrik es ato air mancur samping rumah????

  7. By Rahmat Zikri on Sep 27, 2008 | Reply

    @hermansyahr: wa’alaikumsalam. salam kenal juga :)
    @Bunda Taqi: ogah ‘mandi’ di air mancur itu. aernya ijo. cuman anak2 yg bener2 edan aja yg nyebur ke situ. sayang skrg air mancurnya berubah jadi taman :D

  8. By Khaled on Jan 16, 2009 | Reply

    Zikri…ini Khaled from SMANDA….fisika 4….

  9. By saifullah on Aug 25, 2009 | Reply

    Pengalaman anda sungguh mengasyikkan, tak ubahnya seperti keadaan di tempat saya masa kecil penuh ceria lucu dan kadang kadang ada jail ok slamat ya

  10. By fauzie on Aug 29, 2009 | Reply

    Aslm,kebetulan pagi ini aku bngun tdr dalam keadan basah,tadi siap sahur langsung tidur lagi and bangunnya udah basah,gimana ne sah ga puasanya,oa satu lagi bila kita tdk kuat tahan nafsu pada malam hari melakukan onani tapi sebelum itu sdh baca niat tuk puasa besok apakah sah puasa kita dalam keadan junub abis onani

  11. By sikepikmerah on Sep 15, 2009 | Reply

    wah mas, saya ga akan minum minuman pinggir jalan lg! *apakah semua es batu balok dianiaya spt itu? sereeem* heheheh..

  12. By Nadiri on Nov 9, 2009 | Reply

    sharing sedikit tentang Puasa / Shaum dari bolg k-4-s.info
    Definisi dan Penjelasan Shaum / Puasa dalam Islam
    semoga bermanfaat.
    mohon maaf jika ada yang kurang pas.

  13. By riswan hernama putra on Aug 13, 2010 | Reply

    terima kasih atas informasinya pak……sebenarnya sy sdh tau kalo yg diuraikan diatas tdk membatalkan puasa…tp msh ada org yg menganggap hal itu membatalkan puasa….sy ga tau dasarnya apa.ketika saya tanya tentang dalilnya, dia tdk bisa jawab.mngkn dgn tulisan ini ,sy bisa kuat mempertahankan argumen sy..sekali lagi terima kasih…..

  14. By jaket desain on Sep 4, 2010 | Reply

    thax gan buat infonya…^_^

  15. By nimupedia on Aug 2, 2011 | Reply

    wah, thanks udah share. moga ramadhan tahun ini kita semua bisa menang. Amin

  16. By recki on Aug 4, 2011 | Reply

    M,baca artikel anda lmyan seru jg.Namun smua hal yg anda uraikan,menurut saya ada benernya dan jg ada yg nga bener nya (menurut saya).
    yg saya tidak setuju..kl mncicipi masakan wkt memasak tidak membatalkan puasa..saya nga setuju.
    gosok gigi,di anjurkan di pagi hari,bukan di wkt siang dan sore hari.(ini dalil2nya sudah jelas) dan nga perlu saya bahas lg dsini

  17. By joni on Jul 24, 2012 | Reply

    mohon ada dalil yg ditampilkan,untuk menguatkan pendapat antum…jazakumullah

  18. By riachan cakrawala on Jul 27, 2012 | Reply

    saat buang air kecil,sperma juga ikut kluar apakah puasa akan batal?

  19. By rendi punya sedikit ilmu on Jul 29, 2012 | Reply

    assalamu’alaikum.
    aku punya pnjlasanx(tpi sori y klo gk jlas). mencicipi makanan saat puasa tuh gk papa sm persis seperti yg di jlsin di atas. tpi btal klo di cicipinx smbil dibayang2ngin lagi makan enak. yg bttul tuh klo dah tau rsanya tuh ky mna, cpat2 di ludahkan kembali.
    nah klo sikat gigi saat puasa tu boleh dong. hampir sama persis kya yg di jlasin di atas. klo dah skat gigi pas pagi, jangan dinikmatin tuh rasa odolx. tu smaja kya makan. apa lagi klo di tllen. dijamin selain batalin puasa juga pikin sakit perut. nah, gini. ada ilmu dikit yg gue dapat tpi lupa dri artikel mana. klo qta sudah sikat gigi pagi, otomatis mulut harum dong. tapi, lama kelamaan harumx pasti hilang berganti bau mulut walaugak menyengat amat. klo menurut lo tuh bau mulut ganggu banget, apalagi ganggu orang lain, sikat gigi lagi gak papa kok asal tetep, gak difikirin + nikmatin rasa odolx n gak di telen tuh. ini ja yg bisa ku kasih taum maaf ya klo ada yg salah apalagi gk jelas.
    wassalamu’alaikum

  20. By rendi punya sidikit ilmu on Jul 29, 2012 | Reply

    assalamu’alaiku
    aku dapat info lagi nih. klo qta gak sikat gigi saat pagi hingga sore hari bisa ngurangin pahala loh. karena bau mulut tuh bikin orang mikir macam2 soal kita n tu buat orang dapat dosa. jelas dong bisa bikin pahala kita yg buat dia bikir masam2 bekurang. aku juga punya ilmu dikit nih
    maksudx mulut orang puasa tu kaya parfum apa gitu yg di jlasin di atas. tuh maksudx orang yg puasa kn gak makan macam2 yg bikin bau mulut, tapi tetp ja bau kalo gk di sikat. maksudx harum tuh gak kaya bau makanan yg bercampur seperti biasa gk puasa. nah. ada lagi nih. maksud dari tidurnya orang puasa tuh ibadah, maksudnya orang yg puasa lagi laper + lemes. jelas ding jadi malas buat ngapain2in. yg baik buatx ja biasanya gk di krjain, apa lagi yg gk baik(kadng2 :-P). tpi dngan puasa ular ni, rang dpt phlx gk bnyak2 amt. kta puasa kn biar ngrsa kya mn hidpx rang mskin gk bsa mkn bnyak. byangin ja klo rang mskin gk krja xri duit, tpi cm mlor mlu. di jmin tuh hidup sush. ydah. tu ja yg bisa q share.
    wassalamu’alaikum

  21. By vicka on Jul 12, 2013 | Reply

    jadi yang bener mana nih, boleh gosok gigi siang hari apa ga.

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google