Prosedur Bebas Fiskal ke Luar Negeri dengan NPWP

Written on 24 December, 2008 – 15:01 | by Rahmat Zikri |
503 Error

Sorry, that didn’t work.
Please try again or come back later.

503 Error. Service Unavailable.

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya yang berjudul Punya NPWP, Bebas Fiskal ke Luar Negeri, ternyata menimbulkan pertanyaan lanjutan, bagaimana cara menikmati bebas fiskal ini?

Setelah Anda mendaftarkan diri sebagai wajib pajak dan memiliki NPWP (catatan: mendaftarkan diri untuk memiliki NPWP tidak berarti Anda harus bayar pajak. Jika ternyata penghasilan tahunan di bawah nilai penghasilan tidak kena pajak, ya ngga ada pajak yang harus dibayar :D), kini kita berlanjut ke cara menggunakan kartu sakti NPWP untuk tidak membayar fiskal setiap kali hendak ke luar negeri.

 

Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Menyerahkan fotokopi kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT) atau Surat Keterangan Terdaftar Sementara (SKTS), fotokopi paspor dan boarding pass ke petugas Unit Pelaksana Fiskal Luar Negeri (UPFLN). (Jika kartu NPWP atas nama Kepala Keluarga, maka anggota keluarga yang akan berangkat ke luar negeri harus melampirkan fotokopi kartu keluarga).
  2. Petugas UPFLN menerima dan meneliti fotokopi kartu NPWP/SKT/SKTS, fotokopi paspor dan boarding pass serta fotokopi kartu keluarga, kemudian memasukkan NPWP pada aplikasi yang tersedia.
  3. Apabila NPWP dinyatakan valid, maka petugas UPFLN menempelkan stiker tanda bebas fiskal pada bagian belakang boarding pass yang ditujukan untuk penumpang.
  4. Penumpang menyerahkan boarding pass yang telah ditempel stiker Bebas Fiskal kepada petugas konter pengecekan FLN untuk diteliti.
  5. Penumpang tujuan luar negeri tetap wajib membayar FLN jika:
  • tidak menyerahkan fotokopi kartu NPWP/SKT/SKTS
  • menyerahkan fotokopi kartu NPWP/SKT/SKTS, namun check digit menyatakan tidak valid
  • menyerahkan fotokopi kartu NPWP/SKT/SKTS yang dimiliki oleh Kepala Keluarga namun tidak melampirkan kartu keluarga atau melampirkan kartu keluarga tetapi nama penumpang tidak tercantum dalam susunan kartu keluarga itu.

(disadur dari detikFinance/Pajak.com).

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--
  1. 97 Responses to “Prosedur Bebas Fiskal ke Luar Negeri dengan NPWP”

  2. By ve on Sep 2, 2009 | Reply

    Tadi saya sdh baca penjelasan di atas,…..hanya ingin menegaskan…kalo do Passport ada nama marga tapi di NPWP dan KTP gak ada nama marga….gak akan jadi masalah ya Pa….
    ngeri juga soalnya kalo mau brangkat tiba2 harus bayar Fiskal yang sekarang makin mahal….tq

  3. By ve on Sep 2, 2009 | Reply

    Mau tanya lagi…….ada temen nih yg punya masalah.
    Di Passportnya pake nama Chinese, pas pembuatan passport pihak imigrasi lebih “menyetujui” nama Chinese-nya tapi di NPWP dan di KTP pake nama Indonesia. Apa temen saya ini harus bawa surat keterangan ganti nama juga….tq

  4. By Ricky on Sep 17, 2009 | Reply

    Saya (anak) punya NPWP mau ajak ibu saya ke luar negeri, beliau ibu rumah tangga tidak memiliki NPWP, akan tetapi bapak punya NPWP, Apakah bila bapak tidak ikut pergi (saya dan ibu saja yang pergi), Ibu saya dapat bebas fiskal dengan membawa Foto Copy NPWP Bapak dan KK?thanks

  5. By sisca on Oct 1, 2009 | Reply

    pak .. saya mau nanya .. saya mau berangkat nanti
    dan saya masi umur 21 dan mahasiswi pak.. itu gmn yah pak prosedurnya?
    saya tanya temen saya smuanya juga ga ngerti
    karena sistem baru yang sangat sulit
    saya masi kuliah soalnya, dan saya belom berpenghasilan
    gmn yah pak?
    thx pak

  6. By melanie on Oct 7, 2009 | Reply

    Pak, aku mau tanya…
    Minggu depan saya, anak (4th sudah pasti bebas fiskal ya ?) dan mertua akan ke luar negeri. Saya sendiri punya NPWP sedangkan mertua punya tapi sudah sejak lama dan beliau lupa kapan terakhir bayar pajak. Jadi apakah dia akan dikenakan biaya ? Dan lagi beliau tidak ada di KK saya tapi alamat paspor kami sama karena kami pisah KK ?
    Mohon penjelasannya, terima kasih.

  7. By melanie on Oct 7, 2009 | Reply

    o.. iya, satu pertanyaan lagi.. emang yang punya NPWP harus kepala keluarga ? tp saya istrinya juga punya dan suamiku ga ikut, apakah saya bisa besas biaya ?

  8. By Cameron on Oct 18, 2009 | Reply

    Hi, Mas, mau tanya dong, saya berumur 36 tahun, wanita,tdk punya npwp karena tidak bekerja ( selama ini cuman bantu2 usaha keluarga ) mau ke luar negeri, boleh nga pake npwp papa (nama saya masih tercatat di kk papa )? soalnya ada yg bilang kalo uda umur 21 harus pake npwp sendiri nga bisa pake npwp papa. Dan apakah semua prosedur bebas fiskal itu berlaku dan sama di seluruh Indonesia??? Mohon penjelasannya, terima kasih.

  9. By jesi on Nov 1, 2009 | Reply

    mas, mau tanya..aku umur di bawah 21 tahun,
    kalo mau ke singapur, misalnya…
    itu kan bisa tanpa NPWP.
    tapi,masih butuh prosedur (seperti: KK atau NPWP ortu,)
    atau langsung lewat aja modal paspor,tiket, dll????

  10. By Dreacole on Nov 3, 2009 | Reply

    Bapak/Ibu sekalian,
    Biar jelasnya tolong baca peraturan yg dikeluarkan oleh dirjen pajak. Tolong diperhatikan dengan jelas jadi tidak bisa dibohongi oleh oknum yg kurang bertggjawab di bandara nantinya.

    Linknya sebagai berikut:
    http://www.kbrisingapura.com/docs/pp_dirjen_pajak.pdf

  11. By Jessica on Nov 7, 2009 | Reply

    Bapak, saya ingin bertanya
    Saya seorang mahasiswi berusia 22 tahun
    pada bulan desember ini saya akan berangkat ke singapore u/ berlibur
    SAya mendengar ada kebijakan dari pemerintah bagi mereka yang ingin berpergian ke LN tetapi memiliki penghasilan dibawah PTKP..
    Yang ingin saya tanyakan, apakah benar SURAT PERNYATAAN BERPENHASILAN DIBAWAH PENGHASILAN TIDAK KENA PAJAK tersebut berlaku?? Apa sajakah prosedur yang harus dilalui?? Apakah ada kemungkinan Surat pernyataan tersebut dinyatakan VALID karna saya pergi dengan keperluan pribadi??
    Terimakasih

  12. By sri hartati on Dec 23, 2009 | Reply

    pak, mau tanya: saya punya npwp sejak 6 juni 2004; dgn alamat di kota solo; sedangkan pasport saya dan kk terdaftar atas alamat di kota batam. apakah npwp saya yg berbeda alamat dgn pasport/kk valid untuk syrat bebas fiskal di airport nanti? terima kasih

  13. By lina on Jan 11, 2010 | Reply

    aku akan melakukan perjalanan dengan visa immigrant ke USA {siapa tahu ketemu obama :)}}

    dengan NPWP yang aku miliki ,kira kira nanti bermasalah apa nggak ya ???

    bayar fiska apa nggak ya ??

  14. By erna on Jan 17, 2010 | Reply

    Aku sudah terlanjur pindah ke swedia,lalu bagaimana saya harus melapor setiap bulanya di indonesia?? karna saya akan kena denda bila terlambat lapor…apa saya harus melapor dan menghentikan npwp saya??

  15. By lina on Jan 28, 2010 | Reply

    ah,relax sudah aku sekarang ,kini aku telah berada di usa bersama suamiku tercinta.
    dengan NPWP yang aku miliki aku bisa melenggang bebas di antara tikus tikus bandara.
    yang aku tahu NPWP harus lapor di kedutaan setempat di mana kita tinggal .ini jawaban buat bu erna yang sekarang di swedia.
    atau melalui keluarga kita yang ada di indonesia yang memegang NPWP juga .

    salam

  16. By kk on Feb 26, 2010 | Reply

    mau tanyaaaa!! harus pake KK ?? klo pake akte kelahiran bisa ga?? soalnya KK-nya sedang dipake ibu saya buat ngusrus visa umrah..
    kan di akta klahiran ada nama ayah saya…

  17. By ferry on Mar 5, 2010 | Reply

    merujuk pertanyaan anton,Go An Thong & Gunardi, memangnya di NPWP tercatat tgl lahir? soalnya di NPWP ku hanya ada tgk terdaftar aja nih.

    Thanks

  18. By Yuni on Mar 10, 2010 | Reply

    Makasih yah infonya… sangat membantu

  19. By david on Mar 14, 2010 | Reply

    maap, klo pakai NPWP abang saya untuk bebas fiskal k luar negri bs ga? soal na boakp ud ga ad, dan nyokap ud ga kerja jd na ga ad NPWP… thx b4

  20. By ayuni on Mar 26, 2010 | Reply

    Saya mo nanya nih.. rencananya saya mau bawa keponakan saya yg umur 18 th, tp ortu-nya nggak punya NPWP soalnya gaji dibawah rata2. yg mo saya tanyakan adalah apakah keponakan saya tsb bisa bebas fiskal meskipun nggak ada NPWP? kan umurnya belum lagi mencapai 21 th,dia memang udah kerja tp gaji pun bawah rata2 krn cuma lulusan SD

  21. By Ndru on Apr 13, 2010 | Reply

    Mbak Ayuni, keponakan masih dibawah 21 tahun (walau sudah kerja) tetap bebas fiskal, namun tidak bisa mbak Yun yang nanggung sebab nama keponakan mbak Yun gak ada kan dalam KK mbak Yun. jadi dia tetap pake NPWP ortunya sendiri. Perkara gaji di bawah rata2 gak masalah mbak, tetap ortunya harus punya NPWP. Kan kalau gajinya dibawah nilai minimal pendapatan tak kena pajak (PTKP) tetep nggak bayar pajak tuh.. jadi ortunya hrus tetep punya npwp. gak masalah kok mbak.. gak akan dikenakan pajak, cuma laporan aja kok tiap tahun.

  22. By Ndru on Apr 13, 2010 | Reply

    David, waktu aku mau ke Luar negeri sempat terbaca di konter fiskal tertulis kira2 seperti ini:
    Wajib pajak dapat menanggung:
    1. Suami.
    2. Istri.
    3 Anak-anak.
    4. Orang tua.

    untuk saudara mungkin harus ditanyakan langsung ke kantor fiskal di bandara biar jelas. Untuk cengkareng telefon ke: 021-5505307/5503054

  23. By jesli on May 4, 2010 | Reply

    Aku mau nanya sama temen2. Kalo mis udh punya NPWP tp ga bayar pajak, nanti kalo misnya mau ke singapura lewat Batam memang sih gak kena fiskal. Tp apa setelah pulang dari singapur nanti bisa dicek gak oleh pemerintah kalo kita itu ga bayar pajak?? Ketat gak sih pengawasan pemerintah di pelabuhan Batam itu tentang siapa2 aja yg udah punya NPWP tp gak bayar pajak?? Kalo di pulau Indonesia yg lain pasti ketat dong. Pemerintah kan selalu blg kalo misnya seseorang itu bisa pergi ke LN pasti mereka udh punya penghasilan yg cukup. Nah,kalo gitu kan nanti kita ditanya kenapa bs pigi ke LN tapi gak bisa byr pjk??? Nanti mau alasan apa???

  24. By Rahmat Zikri on May 30, 2010 | Reply

    @all: baca posting terbaru saya di http://www.zikri.com/2010/04/11/sekali-lagi-jalan-jalan-ke-luar-negeri-bebas-fiskal-dengan-npwp/

  25. By dik on Jun 2, 2010 | Reply

    gak papa fotokopian Rp 400 perak dari pada keluar duit 2,5 jeti.
    memang sih napa gak scan barcode pada kartu npwp praktis, sekalian sama scan paspor. hmmm era digital yang nanggung….

  26. By evy on Jun 2, 2010 | Reply

    Sy punya NPWP sejak th 2009 terus skg saya menikah dan tinggal di LN ikut suami tp tdk kerja,yg ingin sy tanyakan apakah saya hrs melapor ke konsulat RI utk mencantumkan alamat LN di passport ato jg melaporkan klu saya punya NPWP di indo,soalnya walaupun saya tinggal di LN tp saya tetap melapor SPT tahunan dan jg bayar pajak.
    thx a lots utk jawabannya…

  27. By amatbejo on Jun 17, 2010 | Reply

    wah bener-bener indonesia negara npwp.sampai-sampai orang bisa gila segila-gilanya. orang kkeluar negeri yang belum tentu banyak doit mesti bertatap muka dengan mr.npwp ok ke tak ok adkah jalan keluar yang tak serumit ini????
    tengok coment ini itu sampai mata menirenlah!!! sungguh deh adakah petunjuk yang to the point yang senang. macam bikin mie insant uff …………….

  28. By aishlinn on Jun 29, 2010 | Reply

    Mas mas dan mbak mbak sekalian. Saya mau tanya. Bulan juli 2010 saya mau ke KL,saya akan berusia genap 21th pada bulan desember 2010 karena saya lahir desember 2010. Apakah saya bebas fiskal? Bagaimana kalau nanti petugasnya ngotot bahwa saya wajib bayar karena menurut tahun lahir,saya sudah berusia 21thn? Saya perlu jawaban secepatnya.trims

  29. By Rahmat Zikri on Jul 1, 2010 | Reply

    @evy: saya ngga yakin sih, tapi mestinya berurusan dgn kantor pajak tempat anda terdaftar. lapor bahwa skrg tinggalnya di LN.

    @amatbejo: kenapa bisa gila? di tiap negara pasti ada aturan tentang pajak. kepemilikan npwp jadi syarat bebas fiskal adalah sebuah cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat utk jadi wajib pajak. seorang wajib pajak tidak mesti bayar pajak, jika memang penghasilannya belum memenuhi syarat utk kena pajak. pasti sampeyan belum pernah tinggal di negara maju macam Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Perancis, dsb. pajak di sana bisa lebih berat daripada di sini 🙂

    @aishlinn: pakai NPWP punya bapak. bawa fotokopinya dan fotokopi KK. apa yg dipusingkan?

  30. By Peter Sanjaya on Jul 17, 2010 | Reply

    Kakak perempuan saya dan suaminya mengelolah 1 toko atas nama istri dan istri yang mempunyai NPWP dan suami tidak ada, yang saya tanyakan kalau suami yang berangkat keluar negri apakah bisa bebas fiskal ?
    Pernah terjadi mereka sama-sama berangkat tetapi suaminya diminta bayar 1 juta.

  31. By ariyani on Jul 21, 2010 | Reply

    saya mau tanya klu anak2 yg nggak ada org tua kandung nya bisa nggak buat mpwp ?? penjaga anak2 ini nenek n atok nya,,blh kasih sikit penjelasan,,t’kasih

  32. By HESTY on Jul 29, 2010 | Reply

    rencana saya mau liburan ke LN sekeluarga ditambah dgn 2 orang adik yg masih kuliah,kebetulan adik waktu ngurus paspor masuk KK saya,klo untuk saya suami dan anak2 mungkin ga ada masalah karena suami punya NPWP,tapi buat adik2 saya gimana ya?apa bisa nebeng NPWP dengan kami?mohon informasinya ya pak,makasih..

  33. By Rahmat Zikri on Aug 9, 2010 | Reply

    @Peter, @Ariyani, @Hesty: di atas saya sudah tulis apa yang tertera di depan loket bebas fiskal di bandara. yang bisa nebeng HANYA anak, istri dan mertua.

  34. By elyzabeths on Aug 11, 2010 | Reply

    hello, nanya dunk. agak binun juga soal bebas fiskal ini. saya punya npwp n passport ber alamat di Bogor. tgl 25/8 saya mau ajak mama saya ke Malaysia. nah, KK saya (Bogor) ga ada nama mama karena mama masi masuk di KK Palembang) Kepala Keluarga di KK bogor saya adalah papa saya. alamat passport mama juga di Palembang. tapi papa dan mama saya sudah tidak bekerja ( umur nya 51 thn)
    gimana ya mas apa mama bisa bebas fiskal?? mohon jawabannya yah…urgent nich…terima kasih 🙂

  35. By Rahmat Zikri on Aug 17, 2010 | Reply

    @elyzabeths: lihat baik2 di KK Anda.. mestinya tertulis siapa nama ayah dan ibu kandung. bawa fotokopi KK tsb.

  36. By ina on Aug 30, 2010 | Reply

    klo misalnya saya udh 21 thn tapi blm bekerja,trus mau ke luar negri,apa yg haruss disertakan ketika di imigrasi agar bebas fiskal?
    saya msh kuliah dan msh tanggungan orangtua.
    trims

  37. By Rahmat Zikri on Sep 7, 2010 | Reply

    @ina: coba tanya ke Kring Pajak 021-500 200. tapi kalau saya coba tebak2, pakai saja NPWP ortu + KK + Kartu Tanda Mahasiswa. jangan lupa fotokopi semuanya.

  38. By santi on Sep 21, 2010 | Reply

    haloo pa,,mohon bantuannya ya,,saya berumur 23 tahun,dulu saya pernah bekerja slama 2 tahun dan telah memiliki npwp,tapi sudah 2 thun blakangan ini sya memutuskan untuk tdk kerja kantoran lagi karna saya disuruh org tua saya untuk melanjutkan usaha dagang,tapi skrg sih masih ikut banyu ibu saja di toko,trus gmn dong pa,apakah no npwp saya masih aktif atau tdk?thx

  39. By Rahmat Zikri on Oct 2, 2010 | Reply

    @Santi: nomor seharusnya masih aktif. tapi anda sudah 2 tahun ini sepertinya tidak melaporkan SPT. seharusnya laporkan saja walau nanti ditulis nilai pajaknya NIHIL.

  40. By Bondan on Oct 8, 2010 | Reply

    Kalo alamat di kartu NPWP tidak sama dengan di Passport dan KTP gimana ya? validkah? atau ditahan di bandara?

  41. By wahyu on Oct 11, 2010 | Reply

    itu paspor ama NPWP harus sama ga, krn paspor ku diterbitkan palembang (sesuai KTP) dan akhirnya gw pindah ke Jawa tengah, KTP palembang abis, dan buat KTP jateng, dan NPWP dari KPP di jateng,kalo seperti itu msh bs ga

  42. By steve on Dec 26, 2010 | Reply

    dengar2nya taon dpn npwp ga guna lagi bener ga ….

  43. By Rahmat Zikri on Jan 3, 2011 | Reply

    @all: mulai 1 Januari 2011 sudah tidak ada lagi biaya fiskal ke luar negeri.

    http://www.zikri.com/2011/01/01/sekarang-bebas-fiskal

  44. By jun on May 25, 2011 | Reply

    saya mau nanya nih… kalau sudah punya NPWP.., ingin keluar Negeri kita mesti bayar fiskal lagi?? mohon infonya… trims

  45. By jus manggis on Oct 13, 2011 | Reply

    waah ini baru blog keren dengan postingan keren. rame banget pengunjungnya..

  46. By susi on May 3, 2012 | Reply

    Hai Mas yang baik,

    October 2012 ini saya berencana ke LN (Vietnam),bawa anak saya umur 10 tahun, apakah dengan menunjukkan NPWP saya + paspor saya dan anak, anak saya juga bebas fiskal? please infonya mas, thanks.

  1. 1 Trackback(s)

  2. Apr 11, 2010: Sekali lagi, Jalan-jalan ke Luar Negeri, Bebas Fiskal dengan NPWP | ..RahmatZikri

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google