Washington bukan Washington DC

Written on 28 August, 2008 – 03:13 | by Rahmat Zikri |

Seperti kebanyakan orang, pada awalnya saya juga sempat tidak bisa membedakan keduanya. Dulu, saya mengira hubungan antara negara bagian (state) Washington dan Washington DC (ibukota negara Amerika Serikat) adalah sama seperti halnya Kabupaten Bandung dan Kota Bandung. Kabupaten Bogor dan Kota Bogor, dsb.

Tulisan ini saya buat di sela istirahat makan siang, di kampus (headquarter) Microsoft Corporation, di sebuah kota kecil yang bernama Redmond. Di saat teman-teman di Indonesia justru tengah tertidur nyenyak jam 3 dini hari.

Berawal dari pertanyaan kecil dari seorang teman, “sampai kapan di D.C?”, ketika mengomentari status Yahoo Messenger saya yang menyebut sedang berada di Seattle, Washington. Seattle adalah ibukota negara bagian Washington. Redmond adalah kota kecil di dekat Seattle (yang juga sebenarnya tidak besar). Seattle dan Redmond mungkin seperti Jakarta dan Bogor. Tapi kalau naik taksi dengan tarif di sini, bisa klenger juga. USD 80! hehehe.

 

Negara bagian Washington terletak di sisi barat United States of America. Jika Anda mengetahui posisi negara bagian California, maka Washington ada pada sisi yang sama. Sisi yang jika memandang ke kejauhan, pada garis imajiner, kita menatap arah Indonesia. Washington terletak di bagian atas, berbatasan dengan Kanada. Sedangkan Washington DC (District of Columbia) terletak di sisi timur, yang jika memandang ke arah laut, secara imajiner pula kita menatap benua Afrika. Washington DC, tempat di mana pusat pemerintahan negara Amerika Serikat berada, terletak tidak jauh dari New York.

Jarak antara ujung barat sampai dengan ujung timur Amerika Serikat kurang lebih seperti jarak dari Sabang sampai Merauke. Bedanya, 2/3 wilayah Indonesia adalah wilayah perairan. Sehingga jika dihitung luas daratan, Amerika Serikat jauh lebih luas dibanding Indonesia. Posisi geografis Amerika Serikat dan Indonesia di bola dunia juga nyaris saling membelakangi. Jadi, bisa dibilang perjalanan ke Amerika Serikat seperti menempuh 1/2 lingkaran bola dunia.

Ketika perjalanan yang hendak di tempuh adalah ke sisi barat Amerika (misal ke Seattle, San Francisco atau Los Angeles), maka lumrahnya dari Indonesia akan menempuh perjalanan melalui arah Hongkong, Taipei, Seoul atau Tokyo. Lalu menyebrangi samudera Pasifik (trans-pacific). Sedangkan jika tujuannya adalah sisi timur Amerika (seperti New York, Miami, dsb), maka lazimnya transit akan melalui Frankfurt atau Amsterdam (via Eropa) lalu menyebrangi samudera Atlantik (trans-atlantic).

Jadi kesimpulannya, antara Washington dan Washington DC tidak hanya berbeda, namun juga berjauhan (seperti antara Sabang dan Merauke).

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google