Ingin Punya Anak Laki-laki atau Perempuan?

Written on 7 February, 2007 – 09:52 | by Rahmat Zikri |
503 Error

Sorry, that didn’t work.
Please try again or come back later.

503 Error. Service Unavailable.

drzik.jpgKali ini saya akan mencoba menulis opini dan logika sederhana yang terlintas di pikiran saya. Bagaimana caranya mendapatkan anak laki-laki atau perempuan? Mungkin terlihat sedikit naif, karena saya belum pernah membuktikannya *wink*

Kadangkala saya melihat ada pasangan suami-istri yang memiliki beberapa orang anak. Ada yang perempuan semua, ada pula yang laki-laki semua. Mungkin kalau mau kita tanyakan pada mereka dengan jujur, pasti ada terbersit keinginan memiliki anak perempuan, setelah sebelumnya mereka telah memiliki anak laki-laki, atau sebaliknya. Tapi kenyataannya yang nongol jenis yang sama lagi. Apa yang salah?

Tulisan berikut ini hanyalah ide yang sempat terlintas. Berdasarkan sedikit pengetahuan tentang reproduksi pada manusia. Silahkan dipercaya. Boleh juga tidak.

Perempuan pada usia produktif akan mengalami masa menstruasi secara periodik setiap bulannya. Pada saat menstruasi, terjadi pelepasan sel-sel telur yang tidak dibuahi. Ya bisa dibilang “telur busuk” lah. Sudah tidak terpakai. Jadi, dibuang saja.

Setelah masa menstruasi usai, rahim akan segera mempersiapkan kembali sel-sel telur untuk dibuahi oleh sperma. Jika ternyata lagi-lagi tidak ada yang membuahi dan dia telah cukup lama menunggu, kembali sel telur tersebut akan “membusuk” lagi. Maka terjadilah menstruasi kembali.

Yang perlu diketahui adalah, selama “masa tunggu” tersebut, tidak semua hari merupakan hari available untuk dibuahi. Waktu available ini biasa disebut dengan masa subur. Setahu saya, masa subur itu hanya sekitar 5 hari berturut-turut. Pada masa subur ini, sel telur mengalami puncak kematangan dan kesiapan untuk dibuahi. Dengan kata lain, tidak akan terjadi pembuahan sel telur oleh sperma jika ternyata sel telur belum mencapai kematangan. Walau demikian, bisa saja di luar masa yang bisa diprediksi tersebut terjadi kematangan tiba-tiba karena beberapa faktor.

Apa kaitannya dengan bagaimana cara menentukan jenis kelamin calon anak? Kaitannya adalah, kapan si laki-laki melepas spermanya menuju rahim perempuan!

Berikut ini adalah logika sederhananya. Pada sel telur calon ibu mengandung kromosom XX. Sedangkan pada sperma calon ayah mengandung kromosom XY. Untuk menghasilkan anak laki-laki, kromosom X dari ibu harus bertemu dengan kromosom Y dari ayah. Sedang untuk menghasilkan anak perempuan, kromosom X ibu harus bertemu dengan kromosom X si ayah. Rumus sederhananya, anak laki-laki dihasilkan oleh Xibu + Yayah. Sedang anak perempuan adalah Xibu + Xayah.

Xibu selalu siap sedia selama masa subur. Nah, masalahnya adalah bagaimana mengatur agar yang membuahi adalah Xayah atau Yayah! Cara yang terlintas di pikiran saya adalah cara sederhana. Berdasarkan usia hidup dan sifat dari kromosom X dan Y milik ayah.

Kromosom X pada sperma ayah sanggup bertahan hidup di dalam rahim selama beberapa hari. Kalau tidak salah bisa 3-4 hari. Tapi sifatnya pemalas. Sedangkan kromosom Y pada sperma ayah hanya bisa bertahan hidup di dalam rahim selama beberapa jam. Kalau tidak salah hanya sekitar 4-5 jam. Please correct me if I’m wrong. Tapi kromosom Y ini sangat gesit.

Dengan melihat sifatnya saja, X yang pemalas dan Y yang gesit, maka bisa ditebak dengan mudah bahwa jika kita menyuruh mereka untuk balapan alias adu cepat sampai finish (sel telur), yang akan tiba terlebih dahulu adalah Y! Dengan demikian, jika berharap mendapatkan anak laki-laki, lepas-lah sperma pada masa subur. Probabilitas untuk mendapatkan anak laki-laki akan sangat besar. Karena hampir bisa dipastikan kromosom Y akan lebih dahulu membuahi sel telur. Namun sebaliknya, jika berharap anak perempuan, jangan berhubungan intim pada waktu masa subur, tapi lakukanlah beberapa hari sebelumnya. Kenapa? Karena usia hidup kromosom X sang ayah sanggup bertahan hidup beberapa hari. Misal saja hubungan itu dilakukan 2 hari sebelum masa subur, maka setelah 4-5 jam kemudian kromosom Y dari sperma ayah akan mati. Yang tersisa adalah kromosom X. walau gerakannya lambat, tapi dengan pasti dia akan menuju sel telur dan bertahan di rahim dalam waktu beberapa hari. Begitu tiba waktunya sel telur mencapai masa kematangan, kromosom X ini langsung membuahinya. Sehingga hasilnya adalah X + X alias anak perempuan.

Sekali lagi, boleh percaya boleh tidak. Ini hanya teori basa-basi dari saya yang bukan dokter. Hanya sekadar untuk mengisi blog 😀

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--
  1. 72 Responses to “Ingin Punya Anak Laki-laki atau Perempuan?”

  2. By wherea on Oct 17, 2008 | Reply

    duuuh…. gimana ya… gw belum nikah tapi pengennya ntar punya anak cowok. bukannya ngebedain gender (gw jg anak cewek). tapi klo punya anak cowok seenggaknya kariernya ga keputus gara-gara harus nikah sedangkan cewek mau meraih cita-cita setinggi apapun asti kehalang sama pernikahan. klo calon suaminya dbawah si istri pasti ada gunjingan sana-sini. makanya klo bisa prefer pengennya punya anak cowok aja.

  3. By AdeL on Nov 2, 2008 | Reply

    q jg pengen punya anak cowok.
    tp belum ada bapaknya. he 3x.
    wong masih 3 SMA.

    denger2 biasanya anak cewek lebih deket bapaknya, anak cowok lebih deket ibunya.

    trus, biar yg ganteng ada 2 atau 3 di rumah.
    hehehe.

  4. By enda on Dec 17, 2008 | Reply

    aku dah 3bln menikah, tapi belum juga dikaruniai seorang baby..duh, padahal aku pengen banget cepet punya anak. kira-kira ada yang punya saran ga’ biar aku cepet hamil??

  5. By cah bagus on Jan 28, 2009 | Reply

    Mas emang secara teori seperti itu, tapi ada yang kurang mas bahwasannnya kehamilan laki-/perempuan itu dipenaruhi oleh unsur basa dari calon bapak/ ibu orang jawa bilang (kalau kecut) cenderung anaknya laki-laki tetapi kalau sesudah menstruasi berhubunannya maka cenderung anaknya perempuan, sebagai catatan pula kalu pingin anak laki-laki berhubungan 5 hari sebelum menstruasi(nidasi) dan kalu pingin anak perempuan 5 hari sesudah menstruasi (inkubasi)

  6. By ardhy on Jan 31, 2009 | Reply

    Cakep banget tuh teori aku pernah baca teori seperti ini di majalah tapi tidak selengkap ini n rasanya perlu dicoba tuh…..(tapi semua tergantung yang diatas iya nggak ??)

  7. By ns on Feb 2, 2009 | Reply

    anakku laki kedua2nya,nah kepengen punya 1 lg tp hrs berhasil perempuan,lg cari2 info nih,saran om zeek bakal dicoba juga…

  8. By J E T on Mar 15, 2009 | Reply

    zik…..pinter jg lho analisis tuh proses kehamilan,,,buruan nikah deeeh….biar teorix bener jd makin klop….!!!!

  9. By Yuli on May 7, 2009 | Reply

    wah…….boleh juga tuh sarannya, tapi kalo misalnya aku ma suami barengan kemungkinan jabang bayi yang dilahirkan apa ya mas? makasi banyak ya infonya mudah2an aku sukses dpt anak cowok.

  10. By Syafrizal Ardila on Jun 27, 2009 | Reply

    Wah boleh juga tu sarannya. tapi apa tanda-tanda anak laki-laki atau perempuan pada saat istri sedang hamil. terima kasih mas…..?

  11. By dokter joni on Jul 28, 2009 | Reply

    Dalam mempelajari ilmu kebidanan, kita coba buka literatur khususnya Rumus Naugele, dimana seorang perempuan masa siklus menstruasi tidak sama. Dalam Rumus Naugele ada istilah HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir itu sangat menentukan dalam proses terjadinya jabang bayi yang anda inginkan. Faktor lainnya adalah Usia Wanita saat HPHT, dan bulan terjadinya pertemuan X dan Y. atau saat bersenggama.
    Menyimak apa yang dilakukan oleh dokter B.D. Wahyudi dalam artikelnya, bahwa usia masa subur wanita adalah usia 18 tahun sampai 39.
    Misalkan wanita usia 25 tahun, HPHT bulan januari setelah itu tidak menstruasi lagi maka bayi yang akan dilahirkan nantinya lain dengan masa HPHT bulan pebruari, maret sampai desember.
    Salah satu contoh, misalkan Usia wanita 24 tahun lebih 5 bulan, HPHT bulan Januari, Pebruari, Maret, April, maka kondisi demikian kemungkinan besar jabang bayi yang dikandung adalah laki-laki, HPHT bulan Mei kemungkinan bayinya Perempuan, HPHT bulan Juni dan Juli kemungkinan jabang bayinya adalah laki-laki, Sedangkan bulan agustus sampai desember jika HPHTnya wanita tersebut, maka jenis kelamin jabang bayinya adalah perempuan.
    Jadi kita bisa mengatur ingin bikin anak-laki-laki atau perempuan tergantung usia wanita dan HPHT.
    Dengan rumus HPHT kita bisa memprediksi jabang bayi tersebut akan lahir tanggal berapa bulan apa dan tahun berapa.
    Perlu diketahui bahwa umur normal janin dalam kandungan adalah 280 hari atau 40 minggu dihitung dari hari pertama haid terakhir atau HPHT.
    Misalkan HPHT tanggal 10 bulan januari 2009, maka janin merasakan akan lahir atau menghirup udara di bumi adalah 17 Oktober 2009. Atau tanggal ditambah 7 dan bulan ditambah 9.

    Dengan alat kedokteran berupa ULTRASONOGRAFI, maka jabang bayi dalam kandungan bisa diketahui dengan jelas jenis kelaminnya alaki-laki atau perempuan.

    Meskipun tidak dengan alat ultrasonografi, maka kita bisa memperkirakan dengan tingkat signifikansi yang tepat bahwa bayi yang dikandung bisa diketahui dengan rumus Naugele.

    Misalkan Wanita umur 30 tahun, HPHT bulan Juni 2009, maka kita bisa memprediksi bahwa bayi yang dikandung selam 2 bulan tersebut dengan tingkat akurasi yang teruji maka bayi yang dikandungnya adalah perempuan, baru hasil tersebut nantinya kalau tidak percaya dicek ke dokter kandungan dengan alat ultrasonografi bagaimana hasilnya.

    Kalau saudari ingin lebih jelas atau mau konsultasi tentang bagimana melihat si jabang bayi atau ingin mempunyai anak laki-laki atau perempuan, silakan kirim email di alamat email saya : [email protected]

    Sekian Terima kasih

  12. By bandit on Aug 1, 2009 | Reply

    SUSAH PUNYA ANAK?

    TEORI MASA SUBUR YANG PERNAH AKU BACA DIBUKU BEGINI: MASA KONDUSIF SEL TELUR UNTUK DIBUAHI ITU HANYA SEKITAR 2 JAM-AN (BIASANYA MALAM HARI) JADI PEMBUAHAN ITU TERJADI SAAT ADA SEMPROTAN SPERMA ATAU ADANYA SISA2 SPERMA YANG TERTINGGAL DIRAHIM. SETELAH 2JAM TELUR AKAN DI SELIMUTI SEMACAM ZAT KAPUR YANG MAKIN MENEBAL DAN SUSAH DITEMBUS SEL SPERMA.UMUR SPERMA DI RAHIM KIRA2 30 JAM SETELAH DI SEMPROTKAN.MISALNYA SIKLUS HAID SI A 30 HARI MAKA MASA SUBURNYA DI TENTUKAN KIRA2 DI HARI KE-15 DI HITUNG DARI AWAL HAID. JADI SPERMA YANG TERTINGGAL DARI HARI KE-13 ATAU KE-14 KIRA2 BISA MEMBUAHI TELUR ITU DI HARI KE-15. MISALNYA HUBUNGAN ITU DILAKUKAN DI HARI KE-16 PADAHAL TELUR UDAH DISELIMUTI SEMACAM ZAT KAPUR TADI DAN SUSAH DIBUAHI OLEH SPERMA. KALAUPUN ADA KEMUNGKINAN PEMBUAHAN HANYA SPERMA YANG KUATLAH YANG MAMPU MENEMBUSNYA DAN ADA KEMUNGKINAN CALON JANINNYA ADALAH LAKI2.

    PENGALAMAN PRIBADI AKU INI TERMASUK PEMBUAHAN YANG KURANG TOKCER SOALNYA DAPETNYA ANAK PERTAMA GAGAL 3 BULAN DAN YANG KEDUA GAGAL 6 BULAN DAN PENGAMATAN TIAP BULANNYA ITU KALAU MISALNYA AKU MELAKUKAN DIHARI KE-12,13,14 BERTURUT – TURUT KEBANYAKAN MALAH GAK JADI. KAYAKNYA ANAK YANG KEDUA INI AKU NGLAKUIN DI HARI KE-15 YANG SUDAH DI TAHAN 3 HARI-AN. JADI KESIMPULAN AKU SENDIRI KIRA2 SPERMA AKU INI AGAK ENCER JADI KURANG BERKUALITAS KALAU SERING DIKELUARIN. MENURUT TEORI SIH JUMLAH SEL SPERMA ITU AKAN MAKIN BANYAK JIKA DITAHAN SAMPAI BEBERAPA HARI.

    AKU JUGA MENEMPUH KB KALENDER DAN KB MENYUSUI KATA ISTRI KB SPIRAL ATAU PIL TAKUT EFEK SAMPINGNYA. ANAKKU LAKI SEMUA ORANG TUA AKU ANAKNYA LAKI SEMUA SAUDARA2 AKU JUGA ANAKNYA LAKI SEMUA JADI KESIMPULANNYA TRAH KELUARGA AKU INI DOMINAN PUNYA ANAK LAKI2 BUKTINYA GAK ADA ANAK PEREMPUAN DI KELUARGA AKU. “PASUKAN LAKI2”

    BENER SALAHNYA AKU GAK TAHU TAPI KALAU BERMANFAAT BAGI YANG SUSAH PUNYA ANAK MOGA BERMANFAAT DAN BERHASIL. MAAF YA NULISNYA PAKE “capital font” ( [email protected] )

  13. By anatalia on Aug 15, 2009 | Reply

    boro2 pengen mlih anak laki2 or perempuan,udah 2 thn kepengen aja blm dikasih2…segala macam dah ditempuh solusinya gmana ya??????

  14. By Dhea Thea on Oct 20, 2009 | Reply

    wkk secara ga ngerti tuh rumus….. jadi puyeng Bin puseng ga ngerti.Apapun gaya,rumus dll tetep Alloh yg tentukan tul tul tul

  15. By rozaq on Jan 12, 2010 | Reply

    yang penting masuk dulu kalliiii, kalo ga masuk gimanatuch,,,, hehehe
    tetep usaha ja yach n jangan lupa doa coyyyyyy…..!

  16. By lina on Jan 30, 2010 | Reply

    sudah setahun aku menikah,belum juga di karuniai anak,waktu bulan madu dulu jarang sekali melakukan hubungan ,2 bulan bulan madu persis 5 kali berhubungan ,terus suami kembali ke usa,sekarang 1 minggu kamu berkumpul dan non stop tiap malam berhubungan,belum hamil juga.aku lihat sperma suamiku encer ,kira2 bisa hamil gak ya ??aku inginnya anakku kembar 2 ,laki 1 dan cewek 1 ,biar gak repot nglahirin lagi,capek deh..:)

  17. By budy on Feb 16, 2010 | Reply

    kami sudah menikah hampir dua tahun tapi kenapa kami belum dikaruniai anak,jujur saja saya pekerjaan saya sangat menyita perhatian saya, jadi segalanya focus pada pekerjaan. nah, dan saya belum pernah sama sekali ceck masalah kesuburan sperma. dan yang saya tanyakan adalah:
    1. apakah dengan kesibukan saya dapat berpengaruh untuk kami mempunyai anak?
    2. normal nggak kalau menstruasi istri saya tidak lancar(2 bulan terakhir)?

    mohon bantuan anda, atas perhatiannya terimakasih

  18. By Mei lin on Jun 12, 2010 | Reply

    HOOO…Ok, juga idenya kebetulan Aku pengen punya anak cewek,Nah kebetulan juga kami berhubungan 2hari sebelum masa subur.Makasih infonya ya??

  19. By sri on Jun 19, 2010 | Reply

    saya mau tanya mens sy yg pertama tgl 25 trus maju tgl 18 maju lg tgl 15 maju 13 terakhir tgl 8 apakah in d sebut mens yg teratur ap tdk teratur

  20. By uzla,,, on Apr 7, 2011 | Reply

    terlalu ribet dengan teori langsung praktek aja,,,hihihi,,,tp saran-sarannya para commentator good bgt tq,,coz ni lg hamil muda moga aja posisi bisa menentukan kelamin my baby girl…so sweet,,

  21. By julia on Jul 6, 2011 | Reply

    hahahhha…whateverlah…..sihubby demen makan daging aku sayur….akibatnya calon anak keduaku ini cewek lagi…ya sudahlah. biar dia jadi yang paling ganteng dirumah….

  22. By slamet on Oct 2, 2013 | Reply

    tips yang bagus. tapi buat sy sih laki atau perempuan sama saja. apapun yang yang Allah berikan kita terima

  23. By nila on Jul 20, 2015 | Reply

    Sbnernya blm da program hamil cs pgn anak pertama sy mandiri dlu…..
    Dan ini sy dah telat 1 minGgu lbih…… Apakah masih ada cara yang bisa dilakukan agar bisa punya anak laki2, sedangkan skrg sudah terlanjur telat?
    Mohon direply

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google