Tanya-Jawab Sebelum Salah Langkah Ketika Pasang Behel Gigi

Written on 7 January, 2011 – 17:46 | by Rahmat Zikri |

Menyambung tulisan saya sebelumnya yang ternyata sangat populer (Jangan Pasang Kawat Gigi Sembarangan), kali ini saya mencoba membuat posting yang berisi beberapa daftar pertanyaan yang umum diajukan. Pertanyaan-pertanyaan ini biasanya diajukan oleh mereka yang ingin memasang kawat gigi (orthodontic), namun jarang sekali mendapatkan informasi yang tepat.

Beberapa pertanyaan-pertanyaan di sini juga merupakan lanjutan dari pertanyaan yang kerap muncul setelah saya menulis posting sebelumnya itu, baik yang diajukan langsung di bagian komentar tulisan tersebut atau yang ditanyakan langsung ke [klinik] istri saya (drg. Vera Susanti Z, Sp.Ort).

Posting ini mungkin sekali akan saya update dengan pertanyaan-pertanyaan (beserta jawabannya) yang lain, yang mungkin pada saat awal saya tulis terlewatkan (silahkan melihat nomor-nomor pertanyaan yang terakhir ketika kembali berkunjung ke mari). Jika Anda belum membaca tulisan saya yang sebelumnya, ada baiknya Anda juga membaca tulisan tersebut beserta pertanyaan-pertanyaan dan jawaban yang ada di bagian komentar. Klik di sini untuk membaca.

Berikut adalah daftar pertanyaan yang seringkali diajukan dan jawabannya:

1. Tanya: Saya sudah terlanjur pasang dengan bukan dokter gigi spesialis orthodonti, dan baru menyadari masalah pada perawatan gigi saya. Apakah saya bisa melanjutkan kontrol di tempat Anda (Sp.Ort)?

Jawab: Perawatan gagal yang dilakukan di tempat lain tidak bisa dilanjutkan di dokter spesialis orthodonti. Dokter Sp.Ort akan membongkar dan mengenai tarif pasang baru terhadap pasien seperti ini. Ini karena hampir bisa dipastikan perawatan yang dilakukan oleh non Sp.Ort tidak didasari oleh ilmu yang memadai.

Secara teknis seharusnya pada pasien gagal seperti ini dikenai biaya yang lebih mahal. Karena proses memperbaiki pekerjaan yang salah jauh lebih berat ketimbang memperbaiki gigi orang yang belum pernah melakukan perawatan orthodonti sama sekali. Jadi, jangan berharap malah lebih murah karena pernah pasang kawat gigi sebelumnya. Niat awal yang tadinya ingin di tempat yang lebih murah malah membuat Anda justru harus mengeluarkan duit lebih banyak, atau menanggung akibat salah perawatan seumur hidup.

2. Tanya: Saya sudah punya kawatnya, apakah saya bisa minta pasang dan kontrol di tempat Anda (Sp.Ort)?

Jawab: Tidak bisa. Pada saat ini ada banyak sekali orang yang menawarkan behel murah. Behel-behel seperti ini sangat tidak bisa dipertanggungjawabkan kualitasnya. Tidak akan ada seorang pun dokter gigi spesialis orthodonti yang akan membantu memasangkan kawat gigi yang tidak jelas seperti itu.

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa ukuran kawat gigi. Masing-masing ukuran memiliki kelenturan yang berbeda. Pada proses perawatan orthodonti yang benar, sangat mungkin dokter akan beberapa kali mengganti ukuran kawat gigi pada pasien, disesuaikan dengan proses yang sedang ingin dilakukan oleh si dokter. Artinya, tidak mungkin Anda seenaknya membeli kawat gigi yang tidak jelas ukuran dan fungsinya.

Kawat gigi yang dijual bebas (ada banyak di forum-forum Facebook, Kaskus, dsb) dengan harga bahkan di bawah Rp 1 juta, bahkan beberapa di antaranya diperoleh para penjual tersebut dengan harga modal tidak lebih dari Rp 100.000, yang diperoleh dari China (kata kunci: China. Apa pun bisa mereka bikin tiruannya). Dengan populernya penggunaan behel di kalangan remaja, bisa dibayangkan betapa besarnya peluang bisnis dan keuntungan yang ada di depan mata para penjual tak bertanggungjawab tersebut.

3. Tanya: Berapa usia maksimal untuk bisa pakai kawat gigi?

Jawab: Tidak ada batasan usia maksimal. Selama gigi masih komplit dan sehat, sah-sah saja untuk menggunakan kawat gigi.

4. Tanya: Berapa usia minimal untuk bisa pakai kawat gigi?

Jawab: Tidak ada batasan usia minimal juga. Hanya sebaiknya sejak awal dilakukan pemeriksaan untuk mendeteksi adanya kelainan bentuk pada rahang (misal rahang bawah lebih maju ketimbang rahang atas), maka perawatan harus dilakukan sedini mungkin. Sedangkan jika masalahnya hanya karena gigi menumpuk/berjejal, perawatan bisa dilakukan setelah semua gigi tetap tumbuh.

5. Tanya: Mengapa biaya pasang behel di dokter gigi spesialis orthodonti lebih mahal ketimbang di tempat lain?

Jawab: Orthodontist tidak akan menggunakan kawat gigi berkualitas rendah, apalagi murahan. Pemilihan kawat gigi terkait dengan hasil akhir perawatan. Selain itu, Orthodontist berbekal ilmu yang diperoleh dari (setidaknya) 3 tahun belajar khusus masalah-masalah terkait ilmu orthodonti. Bandingkan dengan dokter gigi biasa yang hanya ‘sempat’ mempelajari penggunaan alat orthodonti lepasan sekilas di salah satu matakuliah. Apalagi jika dibandingkan dengan ahli gigi di pinggir jalan. Jadi wajar saja, selain karena bahan yang digunakan tidak asal-asalan dan tidak murahan, sebab lain tentu sebagai ‘apresiasi’ atas ilmu.

Ongkos yang terlihat lebih mahal sebanding dengan hasil perawatan yang bisa dijamin secara keilmuan, ketimbang di tempat yang terlihat lebih murah, namun pada akhirnya sebagian besar berujung dengan kegagalan perawatan. Perlu diketahui bahwa hasil akhir yang benar tidak sekedar terlihat rapih, tapi juga mesti bisa menggigit dengan baik, simetris, dsb (baca posting terdahulu). Ongkos murah tetapi perawatan lama dan tak kunjung selesai, atau berakhir tidak sesuai harapan dan fungsi yang benar, untuk apa?

Ketika Anda menjadi salah satu korban kegagalan sebuah perawatan orthodonti dan terpaksa harus mengunjungi dokter gigi spesialis orthodonti, itu artinya Anda harus kembali keluar biaya (dan melupakan uang yang sudah terbuang pada perawatan sebelumnya) dan tentu membuang waktu dan tenaga.

Berdasarkan surat edaran Ikorti (Ikatan Orthodontist Indonesia) beberapa waktu lalu, pasien korban perawatan gagal yang dilakukan oleh non-orthodontist bisa membuat laporan dan berita acara untuk menggugat dokter gigi yang melakukan perawatan orthodonti tersebut. Berdasarkan laporan tersebut Ikorti akan menindaklanjuti dan melaporkan pada PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) setempat. Hal ini terkait dengan ijin praktek yang diberikan (pada prinsipnya selain Sp.Ort tidak mempunyai ijin melakukan tindak perawatan orthodonti, sehingga praktek pemasangan kawat gigi yang dilakukan oleh selain Sp.Ort merupakan pelanggaran profesi).

6. Tanya: Amankah memasang kawat gigi di tukang gigi di pinggir jalan?

Jawab: Pemasangan kawat gigi pada dokter gigi yang bukan spesialis orthodonti saja secara keilmuan dan profesi tidak dapat dipertanggungjawabkan. Apalagi pemasangan pada orang yang tidak pernah mendapatkan pendidikan kedokteran gigi.

Ahli gigi di pinggir jalan (yang dikenal juga dengan istilah tehniker) adalah orang yang belajar dan bekerja pada model gigi. Mereka tidak pernah mempelajari langsung pada gigi yang terdapat di tengkorak manusia. Jadi mereka tidak pernah tahu dan belajar mengenai aspek medis terkait dengan alat-alat yang mereka gunakan. Saat ini Pemerintah ingin menghilangkan praktek-praktek tukang gigi pinggir jalan dengan cara tidak mengeluarkan ijin baru, sehingga secara alami lambat laun akan habis dengan sendirinya.

Perlu diketahui bahwa kalau pun tukang gigi memiliki ijin dari Dinas Kesehatan, ijin yang mereka miliki hanya untuk membuat gigi tiruan dari akrilik dan memasang gigi tiruan lepasan dengan syarat tidak menutupi sisa akar gigi. Tukang gigi dilarang melakukan penambalan gigi dengan bahan apa pun, membuat atau memasang gigi palsu cekat. Tukang gigi juga tidak memiliki wewenang melakukan pencabutan gigi dan juga tindak medik apa pun.

7. Tanya: Bisa ngga, kalau periksa dan sebagainya di dokter, lalu pasangnya di ahli gigi?

Jawab: Lihat jawaban di atas. Sami mawon.

8. Tanya: Ahli gigi yang saya kenal adalah ahli gigi spesialis orthodonti. Dia sudah memegang beberapa sertifikat. Amankah saya memasang kawat gigi di sana?

Jawab: sama saja dengan jawaban di atas. Tidak ada istilah ahli gigi spesialis orthodonti atau spesialis behel.

9. Tanya: Berapa lama waktu perawatan orthodonti?

Jawab: Lamanya perawatan bergantung pada beberapa faktor, di antaranya: tingkat kesulitan/masalah gigi pasien, kerajinan pasien untuk datang kontrol secara rutin, jenis kawat yang digunakan, pengetahuan dan pengalaman dokter yang melakukan perawatan, dsb. Jadi pada setiap orang/kasus tidak bisa dipukul rata lamanya waktu perawatan.

10. Tanya: Apakah boleh kalau saya hanya mau pasang kawat gigi untuk gigi atas saja?

Jawab: Perawatan ortodonti yang benar dimaksudkan agar fungsi kunyah antara gigi atas dan gigi bawah optimal, di mana gigi atas dan gigi bawah bisa menggigit dengan pas. Hanya melakukan perawatan pada gigi atas saja tentu tidak memberikan hasil apa-apa selain kepuasan semu.

11. Tanya: Bagaimana mengetahui bahwa hasil perawatan orthodonti saya sudah benar?

Jawab: Cara termudah adalah dengan merasakan katupan antara gigi atas dan gigi bawah Anda. Lihatlah di cermin, apakah ada bagian yang terlihat sebagai celah (tidak menggigit sempurna). Lihat juga, apakah gigi depan bagian atas bertemu dengan gigi depan bagian bawah tanpa jarak yang signifikan. Perhatikan juga garis tengah gigi Anda, apakah garis tengah gigi atas segaris dengan hidung? Jika tidak, artinya gigi Anda tidak simetris karena salah perawatan.

Pemeriksaan lain bisa dilakukan dengan mengunjungi lab yang menyediakan layanan foto panoramik gigi. Lihat-lah susunan geligi Anda sampai akar-akarnya, pada foto rontgen yang dihasilkan.

12. Tanya: Saya ingin menggunakan kawat gigi, tapi dana terbatas. Apa yang sebaiknya saya lakukan?

Jawab: Daripada terjerumus pasang di tempat yang kelihatannya murah tetapi hasilnya tidak dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan dan profesi, lebih baik mendatangi kampus-kampus yang memiliki program pendidikan dokter gigi spesialis ortodonti terdekat, seperti di UI (Salemba), Unpad, UGM, Unair, USU, Unbraw, dsb. Kasus gigi Anda akan dikerjakan oleh para dokter gigi yang sedang mengambil program spesialisasi orthodonti, di bawah bimbingan dan pengawasan dokter orthodonti senior. Pilihan ini lebih bisa dipertanggungjawabkan ketimbang pasang di non-orthodontist, apalagi mengingat hasil perubahan gigi Anda merupakan syarat kelulusan mereka. Jadi tidak bakal asal-asalan.

Pemasangan orthodonti di kampus UI (Salemba) pada klinik Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Orthodonti pada tahun 2011 ini menghabiskan biaya pasang sekitar Rp 5 juta. Jangan lupa, ini adalah harga kampus. Selain dikerjakan oleh orang yang kompeten, bahan yang digunakan bisa dipertanggungjawabkan kualitasnya.

Klinik di kampus ini merupakan wahana tempat calon spesialis orthodonti menimba ilmu dan pengalaman. Bukan klinik yang mengejar keuntungan. Antara dokter dan pasien ada hubungan saling membutuhkan dan menguntungkan. Pasien untung karena dikerjakan oleh mereka yang sedang mengambil spesialisasi orthodonti di bawah pengawasan dokter-dokter orthodontist senior. Dokter yang sedang mengambil program spesialis orthodonti ini pun membutuhkan Anda (sebagai pasien) agar mereka bisa lulus (setiap calon spesialis orthodonti harus berhasil menyelesaikan perawatan sekurangnya 20 pasien sampai selesai).

Sekarang silahkan renungkan, yang harga kampus dan tidak mengejar keuntungan saja harganya RP 5 juta. Kualitas seperti apa yang diharapkan dari sebuah behel berharga di bawah itu (misal ada yang menawarkan Rp 3juta; bayangkan, modalnya berapa? nilai tersebut pastilah sudah dengan ambil untungnya bukan? di luar kampus, siapa dokter atau ahli gigi yang mau memasang tanpa mengambil untung?).

Sebagai informasi, kawat gigi yang digunakan di klinik PPDGS Orthodonti UI hanya produk yang terbaik (3M atau Ormco; keduanya made in USA). Dokter yang mengerjakan dan juga dosen yang mengawasi/membimbing sama sekali tidak mendapatkan bayaran atas jasa yang diberikan selama pasien dirawat. Tidak ada biaya operasional klinik yang ditagihkan ke pasien (pada klinik di luar kampus tentu secara tidak langsung pasien harus membayar lebih karena klinik butuh biaya operasional, seperti sewa gedung, listrik, air, gaji perawat, dsb). Tidak ada kalkulasi yang mesti diperhitungkan untuk mengembalikan modal dokter untuk membeli kursi dental unit, alat-alat praktek (tang, dsb). Semua peralatan (seperti tang, dll) adalah milik pribadi dokter yang sedang mengambil spesialis orthodonti. Lebih dari itu, klinik juga mendapatkan subsidi dari kampus (selain subsidi dari calon dokter spesialis orthodonti itu sendiri, yang telah membayar puluhan juta rupiah setiap semester-nya).

Sekali lagi, silahkan bayangkan, kualitas seperti apa yang Anda peroleh kalau harga pasang bisa sampai di bawah itu, padahal di tempat (praktek) yang tentunya mencari keuntungan.

13. Tanya: Saya ingin pakai kawat gigi, tetapi saya tidak ingin ada gigi yang dicabut. Apakah ini memungkinkan?

Jawab: Yang menentukan apakah harus ada gigi yang dicabut atau tidak adalah dokter. Bukan pasien. Jika Anda dirawat oleh dokter gigi spesialis orthodonti, tidak perlu ada kekhawatiran posisi gigi Anda menjadi jelek, tidak simetris, jarang-jarang, dan sebagainya. Sebaliknya, jika Anda tidak dirawat oleh dokter gigi spesialis orthodonti, Anda boleh memiliki kekhawatiran seperti itu.

14. Tanya: Saya pernah menggunakan kawat gigi, tapi sekarang gigi saya berantakan lagi. Kenapa bisa begitu?

Jawab: Setelah proses perawatan orthodonti, pasien harus menggunakan retainer (alat penahan) agar posisi gigi tidak kembali bergeser. Biasanya dokter akan menganjurkan pasien untuk menggunakan retainer tersebut selama beberapa bulan. Ketidakkonsistenan pasien dalam menggunakan retainer seringkali menjadi penyebab gigi bergeser kembali.

15. Tanya: Apa beda behel metal, porselen dan damon?

Jawab: Behel porselen menggunakan bahan yang transparan, biasanya digunakan pada mereka yang tidak ingin terlalu terlihat sedang menggunakan kawat gigi (tujuan estetika). Untuk mereka yang memakai kawat gigi karena ingin gaya (fashion), penggunaan behel metal mestinya lebih cocok. Behel metal ini pada implementasinya menggunakan bantuan karet (untuk mengikatkan bracket ke kawat gigi). Beragam jenis warna dan model karet merupakan salah satu daya tarik tersendiri…

Namun demikian, karena sifat bawaannya, behel berbahan porselen tidak akan sebaik behel berbahan metal ketika bertemu kawat gigi. Secara teknis, bracket metal bertemu kawat (yang juga metal) akan lebih efektif bekerja dibanding bracket porselen yang bertemu kawat metal. Akibatnya, proses perawatan yang menggunakan behel porselen menjadi lebih lama dibanding penggunaan behel metal.

Behel damon juga menggunakan metal pada bracket. Bedanya, behel damon tidak membutuhkan karet untuk ‘menyambung’ bracket yang menempel di gigi dengan kawat yang melengkung mengikuti kurva gigi. Selain itu, behel damon menggunakan kawat berkualitas tinggi yang memiliki kelenturan yang jauh lebih baik dibanding behel metal biasa. Akibatnya, proses perawatan orthodonti menggunakan behel damon bisa lebih cepat dibanding behel-behel lainnya. Waktu kontrol (kunjungan ke dokter gigi) pada pasien yang menggunakan behel damon juga lebih jarang. Jika pasien yang menggunakan behel metal harus kontrol sekitar 3 minggu sekali, pengguna behel damon cukup berkunjung sekitar 6 minggu sekali. Waktu kunjungan pengguna behel metal biasa sebenarnya lebih karena harus dilakukan penggantian karet. Setelah 3 minggu karet yang menempel di bracket mengalami degradasi dan menimbulkan bau. Jika ada karet lain yang digunakan (misal untuk menarik gigi ke belakang), hal yang sama juga berlaku… Setelah 3 minggu kemampuan karet tersebut untuk menarik sudah tidak ada. Jadi, harus diganti. Kalau malas, ya konsekuensinya jelas semakin lama pula waktu perawatan (selain resiko bau mulut… haha).

Secara tidak langsung penjelasan di atas juga memberikan gambaran bahwa mahal-murahnya harga behel terkait pula pada kualitas kawat yang digunakan. Harga yang lebih mahal tentu terkait dengan kualitas dan kemampuan elastisitas yang baik. Sedangkan kawat yang murah tidak lebih sekedar kawat biasa.

16. Tanya: Apakah bisa seorang pengguna behel alergi terhadap bahan metal yang digunakan?

Jawab: Sepanjang pengalaman praktek istri saya sebagai orthodontist, belum pernah menemukan kasus ada pasien yang alergi karena kawat gigi. Secara teori, bahan stainless steel yang digunakan tidak akan membuat alergi pada mulut pasien. Entah kalau kawat yang digunakan tidak jelas kualitasnya.

17. Tanya: Saya tidak ingin ada gigi yang dicabut ketika hendak memakai kawat gigi. Saya pernah dengar bahwa alternatif lain adalah dengan melakukan kikir pada gigi. Apakah itu memungkinkan?

Jawab: Pada kasus-kasus tertentu sah-sah saja dilakukan pengikiran gigi untuk mendapatkan ruang. Namun demikian harus diperhatikan beberapa hal. Yang pertama, pengikiran gigi tentu berakibat mempertipis gigi Anda. Semakin tipis gigi mengakibatkan semakin sensitif terhadap rasa (terutama dingin). Akibatnya tentu semakin mudah Anda merasakan ngilu di gigi.

Yang kedua, perlu diketahui pula bahwa maksimal pengikiran pada sebuah sisi gigi tidak lebih dari 0,25mm. Artinya pada sebuah gigi boleh dikikir sebanyak-banyaknya 2 x 0,25mm. Anda hanya mendapatkan space sebesar 0,5mm dari sebuah gigi yang dikikir pada sisi yang bersinggungan dengan gigi lain. Silahkan dihitung, ada berapa banyak gigi yang mau dikikir dan berapa ruang maksimum yang bisa diperoleh. Lebih baik dilakukan pencabutan saja… Selanjutnya percayakan pada Orthodontist untuk membuat susunan gigi Anda menjadi rapih.

vz-card

Bahan bacaan tambahan:

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--
  1. 319 Responses to “Tanya-Jawab Sebelum Salah Langkah Ketika Pasang Behel Gigi”

  2. By astri on Jan 11, 2011 | Reply

    thanks 4 info nya…niatnya dah mw pasang didkter gigi ref sepupu..tp aq perhatiin kok dah mw 3thn tp sepupu gak ada perubahan yg gimanaaa gitu,kl di univ,Moestopo ada juga gak dokter2 gigi yg lagi prakter ambil sp ort? lumayan tuh bwt ref aq..tks alot yah!

  3. By desi on Jan 13, 2011 | Reply

    thx bwt informasinxa,kalo ingin konsultasi tentang pemasangan & perawatan behel gigi di papua barat dimn?soalnxa disini blum ada spesialis orthodonti.

  4. By zshashy on Jan 15, 2011 | Reply

    mksh bgt infony ea,brguna bgt…klo refrnsi dr.Sp. Ort dmlg yg bgus cp ea…mohon bantuany!

  5. By Rizka on Jan 18, 2011 | Reply

    Thanks Infonya.. aku mau di pasang behel, cuman nunggu nyampe Februari (waiting list)

  6. By sonya on Jan 21, 2011 | Reply

    Kalau pasang behel di sp ort kira2 bisa bebas dari sariawan ga?? Krn saya perna pasang memang di drg..aduh sariawan terus..hihi..

  7. By dhea on Jan 24, 2011 | Reply

    mau tanya dong .
    pasang behel berapa lama yah untuk pemasangannya ?

  8. By stevanie on Jan 28, 2011 | Reply

    saya mau pasang mental braket (USA)
    kira” harga behel’y berapa n biaya pemasangan’y berapa?
    dan yg bagus pasang d mna
    itu drg vera susanti T,sp org bagus ga yg ada di c bubur……
    tolong ya d blz saya pgn bgt pasan behel dl prnah pasang tp gagal

  9. By FIRA on Jan 28, 2011 | Reply

    bsa gak psang behel tapi gi2 sya rusak dan prnh d tambal..

  10. By sinta on Feb 2, 2011 | Reply

    aku mau tanya ni ,aku mau pasang behel tpi gigi ku dah rapi niat nya mau pasang buat fashion ajah ,entar gigi ku bisa jdi bermasalah enggak nya ??? thx >.<

  11. By fianagus on Feb 2, 2011 | Reply

    berguna banget nih infonya .,.
    thanks.,.,

  12. By inggri on Feb 3, 2011 | Reply

    mau konsultasi nih,
    gigiku kan gingsul nih atas bawah, trus kalo misalnya masang behel yang atas dulu itu gimana?

  13. By dede on Feb 5, 2011 | Reply

    dalam waktu dekat saya berencana untuk pasang behel. saya sudah browse internet, dan sepertinya damon system masih jadi bracket yang paling efektif meskipun agak mahal. selain itu, bracket jenis damon juga ada yang transparan dan metal.
    yang mau saya tanya, apa ada perbedaan yang signifikan dari bracket damon metal dan transparan? karena pasti bahan penyusunnya juga beda. lalu kira-kira berapa harga damon metal maupun damon transparan per bracketnya? kalau satu paket berikut pemasangan?

    tolong dibalas secepatnya di blog ini atau ke email saya.
    thanks :)

  14. By sari on Feb 6, 2011 | Reply

    baru pasang nh…tiba2 bracket yg paling belakang copot…gmn tuh?bahaya g?
    sebaiknya saya ganti ke dokter lain atau gmn y?
    mohon sarannya…

  15. By aza on Feb 8, 2011 | Reply

    batas umurkan ngga ada mas, kalo adek saya mau pakai kawat gigi ternyata sudah tidak ada ruang untuk giginya karena giginya besar-besar itukan berarti giginya ada yang dicabut padahal ia masih dalam masa pertumbuhan berarti suatu saat rahangnya membesar kalau seperti solusinya bagaimana???

  16. By reni on Feb 11, 2011 | Reply

    apakah ada perbedaan clear damon dan metal damon selain dari sisi estetikanya. kalau saya mau menggunakan metal damon di gigi bawah dan clear damon di gigi atas, kira-kira biayanya berapa ya? mohon di jawab ya ke email saya. Terima kasih banyak..

  17. By yani on Feb 12, 2011 | Reply

    gigi atas saya lebih maju dri pada gigi bawah,,bisa gak klo yg dbehel gigi atas saja soal’a gigi bawah sya sudah rapi.,,apa bermasalah??

  18. By tia on Feb 14, 2011 | Reply

    saya berniat utk pasang behel, tp gigi saya sdh rusak sekali, banyak yg ditambal dan gigi bagian dpn pun sdh ditambal krn ada hitam2nya(kata dokter giginya si itu awal penyebab mau bolong, jd sebelum tambah lebar katanya sebaiknya ditambal). gigi saya jg sdh ada yg dicabut bagian geraham atas 1 dan bagian geraham bwh 1. saya ingin pasang behel tp saya takut malah tambah merusak gigi dpn saya itu jg(takut patah)..
    sebaiknya bagaimana?

    trmksh :)

  19. By nurul on Feb 16, 2011 | Reply

    curhat plus minta solusi

    saya punya kiki gingsul diatas kiri kanan. .
    dibelakang gigi gingsul kanan saya ada gigi seri. .
    konsultasi ke dokter gigi,ternyata harus dicabut gigi taring(gingsul) kiri dan seri dibelakang gigi taring kanan. .
    lalu saya dipasang kawat tanpa bracket. .
    saya menyesal karena gigi taring saya dicabut dan baru baca artikel ini sekarang..

    bagaimana nasib rahang saya,stelah gigi taring dicabut? niatnya agar gigi rapih tapi jadi seperti ini. . :(

  20. By riri on Feb 18, 2011 | Reply

    kalau pakai behel. tidak bisa menggigit makanan ya?

  21. By riska on Feb 19, 2011 | Reply

    saya mau tanya.. saya mau d behel tapi bibir saya tebal jd kalo pake behel nantinya kaya yang jontor ngg ya.. d karenakan bibir saya tebal.. terima kasih

  22. By refi on Feb 19, 2011 | Reply

    thanks atas infonya.
    kebetulan aq lg proses pasang behel di FKG UI Salemba.Alhamdulillah prosedurnya gampang banget.hari pertama langsung cetak,foto panoramik dll.Biaya jauh lebih murah dan dikerjakan oleh dokter yang sedang mengambil spesialis ortho di bawah pengawasan dokter ahli(dosen).

  23. By tika on Feb 20, 2011 | Reply

    gigi saya sudah bolong 2
    apa bisa di behel?

  24. By nita on Feb 20, 2011 | Reply

    kalau saya pertamanya memakai behel porselen agar tidak terlalu mencolok di bulan petama.lalu bulan kedua diganti menjadi behel metal. apa membuat biayanya menjadi 2 kali lipat?

  25. By hania on Feb 21, 2011 | Reply

    oia mas saya pasang behel tapi bkan d dokter gigi .. saya juga psang behel bukan untuk perapihan gigi tapi cuma untuk fashion aj .. itu masalah juga ga ya mas ?

  26. By nannie on Feb 25, 2011 | Reply

    thank a lot infonya. Tadi sempet ragu pas denger temen bahwa murah beli lewat internet cuma 1 jt s/d…. Kalo gitu tetep di dokter gigi gue aja walo 7-8 juta tapi amannn (^_^)

  27. By Gifari.G12 on Feb 26, 2011 | Reply

    saya ingin memasang behel.. trus katanya harus di cabut gigi gerahamnya… nah alasan harus di cabut tuh apa sih?? soalnya gara2 itu doang saya ga jadi di behel, jawab ya

  28. By Rahmat Zikri on Feb 26, 2011 | Reply

    @astri: di moestopo ngga ada program spesialis orthodonti

    @desi: maaf saya buta soal indonesia bagian timur

    @sonya: sariawan atau tidak itu tidak ditentukan oleh dokternya. tapi bergantung dari respon kulit anda sensitif atau tidak.. yang bisa dilakukan oleh dokter hanyalah meminimalisir faktor pencetusnya, misal adanya ujung2 kawat yg tidak terpotong dgn rapih.

    @dhea: lamanya perawatan bergantung dari seberapa ‘parah’ gigi anda dan seberapa rajin anda kontrol.

    @sinta: gigi yang sudah rapih bisa saja jadi berantakan atau maju/monyong karena kesalahan tindakan perawatan yg dilakukan oleh orang yg tidak kompeten.

    @inggri: pasang behel harus paralel antara atas dan bawah, jadi lebih cepat selesai kan?

    @dede: perbedaan antara metal dan transparan sudah saya bahas di tulisan di atas. metal bisa lebih cepat. sedangkan yg transparan lebih estetik (enak dilihat). pemasangan damon metal berkisar 15juta, sedangkan yg transparan lebih mahal lagi.

    @sari: bracket copot adalah hal yang wajar.. bisa saja terjadi karena lem-nya kurang kuat, atau karena anda menggigit makanan yang keras. ngga perlu ganti dokter.

    @aza: ini pertanyaan sulit yg ngga bisa dijawab dengan men-generalisir. ada banyak hal yg mesti dilihat dan dipertimbangkan. itu sebabnya seorang ortodontist akan melakukan berbagai pemeriksaan sebelum menentukan langkah perawatan (misal melakukan foto rontgent rahang, foto rontgent telapak tangan, dsb. utk mengetahui dan memprediksi perkembangan yg akan terjadi)

    @reni: perbedaan paling signifikan adalah di waktu perawatan (karena terkait dgn sifat bahan). metal akan lebih cepat merapihkan gigi. kalau mau pakai metal damon di gigi bawah dan clear damon di gigi atas bisa saja, asal siap bayar dua kali lipat :-p karena pembelian bracket satu paket yang tidak bisa dipisah. artinya waktu beli itu ya beli atas dan bawah.

    @yani: harus pasang atas bawah.. karena salah satu teknik memundurkan gigi atas adalah dgn memasang karet antara gigi di rahang atas dengan gigi di rahang bawah.

    @tia: lebih baik dikonsultasikan dulu dgn Sp.Ort terdekat

    @nurul: itu namanya mal-praktek. bisa dipastikan dokter gigi anda bukan Sp.Ort. silahkan saja kalau mau dilaporkan ke PDGI atau Ikorti. kesalahan fatal seperti ini (mencabut gigi seri dan/atau gigi taring untuk memudahkan proses merapihkan gigi) yang sering dikhawatirkan jika dilakukan oleh dokter gigi yg tidak kompeten (bukan Sp.Ort).

    @riri: kalau ngga bisa gigit makanan, gak bisa makan dong hai…

    @riska: tergantung masangnya di mana.. percayakan pada ahlinya (Sp.Ort).

    @tika: tambal dulu giginya

    @nita: betul.. bayar lagi :)

    @hania: tentu masalah dan bahaya mengancam kalau pakai behel bukan di ahlinya (walau namanya ahli gigi). apa pun alasannya. silahkan saja nanti diperhatikan, bisa saja gigi anda bergerak menjadi lebih maju dan berjarak gigit antara atas dan bawah karena yang pasang tidak memahami sifat bahan dgn baik.

    @gifari: alasan mencabut gigi geraham adalah untuk memberikan ruang gerak agar gigi bisa rapih.

  29. By adelia on Feb 27, 2011 | Reply

    apakah ada efek samping bila kita memakai behel cuma buat gaya saja ?

  30. By dzikranamaku on Feb 27, 2011 | Reply

    usia sy 15thn. 2 gigi seri kanan dan kiri atas saya, yang kanan lebih besar dari yg kiri. perbedaannya ekstreem sekali. bentuk yang kecil seperti gigi susu. yg besar normal seperti gigi tetap yg lainnya. dokter spesialist gigi apa yang harus saya datangi, u menyamakan gigi agar sama ukurannya? tks infonya,mohon dijawab.

  31. By Ahmad on Feb 28, 2011 | Reply

    Maaf pak, saya tau mungkin bapak tidak bisa memberi rekomendasi, tapi kalau saya nanya nomor yg bisa dihubungi (contact person) atau info lebih lanjut ttg PPDGS UI bapak bisa bantu gak? Dr Vera di Cibubur terlalu jauh soalnya :)

    O iya, saya sudah lama cari2 info ttg behel ini, blog bapak ini salah satu yg sangat membantu, makasih ya pak.. :)

  32. By Rahmat Zikri on Mar 3, 2011 | Reply

    @adelia: sifat bahan dari behel akan “memaksa” gigi mengikuti lengkungan. behel ada berbagai ukuran.. kesalahan tindakan pemasangan akan membuat gigi pasien malah melengkung ke depan membuat ‘monyong’ gigi anda. jadi, walau pun tujuannya cuma buat gaya, tetap tidak boleh pasang di sembarang tempat.

    @dzikranamaku: lebih baik datang dulu ke dokter gigi umum.. lalu lakukan foto rontgen gigi (dgn pengantar dari dokter tsb). ini dilakukan untuk memeriksa apakah di dalam gusi (atau bahkan langit2) masih ada gigi yang belum keluar. dari situ baru diarahkan ke dokter gigi spesialis yang sesuai (misal kalau benar masih ada gigi yang belum keluar, akan diarahkan ke dokter gigi spesialis bedah mulut + spesialis orthodonti).

    @ahmad: setahu saya ngga ada cp yang dedicated utk melayani pertanyaan2 via telepon di PPDGS Orthodonti. lebih baik datang langsung ke kampus UI yang di Jl. Salemba. dari pintu masuk utama, jalan terus sekitar 30 meter, lalu belok kanan.. ngga jauh dari situ langsung masuk ke pintu gedung di sebelah kiri. cari klinik Orthodonti.

  33. By adelia on Mar 4, 2011 | Reply

    thank’s info nya ..
    untung aku blum pasang behel yg lepas pasang , klau asal pake kan ‘bahaya’ ….
    :)

  34. By Novie on Mar 9, 2011 | Reply

    oh yaa . aku mau tnya niih .
    kalo kita punya gigi gingsul trs kita mau pasang behel . kiara2 gigi gingsul nya bkal di cabut gak ya ?

  35. By muthiiiiii on Mar 18, 2011 | Reply

    kalo pasang behel kira2 berapa ya harganya, trus kalo giginya gak rata kira2 jadi rata lagi perlu brp taun? sakit banget gak sih???
    -thanks-

  36. By yunika on Mar 22, 2011 | Reply

    mw nanya,saya d jogja,2 bln lg kerja d sulawesi tenggara.
    Konsul dgn drg dsini ,lalu disaranin damon system karena kata bliau waktu kontrolnya bisa lama (8-10 bulan baru kontrol lagi). jd bs pasang di jogja dan pas pulang k jogja kontrol lg. Apakah 8 bln behel itu masih efektif bkerja?
    Atau lebih baik saya mencari drg di tempat saya bekerja saja(supaya perawatan lebih mudah)? tapi belum tau kondisi di sana dan ada/tidak dokternya.
    -thanks-

  37. By amza on Mar 23, 2011 | Reply

    aq mw pke kwat gigi lg neh, kmarin waktu sma gak berhasil.

  38. By vero on Mar 24, 2011 | Reply

    drg. Vera, selain di cibubur praktek dimana? Daerah jakarta pusat agak ke timur

  39. By erna on Mar 24, 2011 | Reply

    numpang nanya,kalo saya mau pasang behel ( di dr sp ortho.)di daerah jawa barat misalnya, tetapi saya nantinya menetap di luar jawa yang fasilitas orthonya kurang memadai, bisa dilakukan tidak?atau bisa tidak saya cek perawatan rutin nya di beda dr ortho?

    terimakasih..

  40. By ucy on Mar 28, 2011 | Reply

    jd tuk pasang behel harus dirumah sakit besar gitu ya…suami saya ada langganan praktek dok,gigi niat saya ingin pasang ditempat tersebut..tp dok itu jg kerja di cipto..jd apa saya boleh pasang ditempat prakreknya..?

  41. By patma on Mar 29, 2011 | Reply

    Salam kenal
    Saya merasa Gigi depan saya sedikit maju(4 gigi depan atas)jd klo meneyeringai pas d foto keliatan bgt gedenya gigi dpn saya dan keliatan maju gt , tapi kata tmn2 saya sih ga maju,,, terus saya kepengen pake behel tapi gigi depan saya banyk tambalannya karena keropos, jd berlubang d sela2 setiap gigi depan, sdh saya tambal sih,
    Kira2 bisa pasang behel ga dengan keadaan gigi saya yang seperti itu ?? Mohon pencerahannya….

  42. By kikay on Mar 29, 2011 | Reply

    Wah. Nice info nih. :))
    Oh iya mau tanya, drg Vera punya rekomendasi untuk dokter gigi sp.Orto yang terpercaya dgn harga yang terjangkau gak, yang lokasinya di Bekasi (khususnya sekitar bekasi barat/ utara atau boleh juga daerah jaktim yang dekat ke arah bekasi barat)? Mohon rekomendasinya ya.
    Makasih.

  43. By Atina on Apr 3, 2011 | Reply

    Saya pengen ngratain gigi.Kalo kawat gigi yang bisa dilepas n’ dipakai sndiri d rumah sesuai keinginan itu gmn?thx.
    Tlg blz k email saya

  44. By arini on Apr 3, 2011 | Reply

    mau nanya nih
    gigi saya yang didepan(atas) agak maju dan sedikit miring kekanan
    dengan gigi seperti itu apa boleh saya memakai behel ?
    dan boleh tau gak lokasi praktek drg Vera dimana ?
    tolong dijawab ya :)
    terimakasih

  45. By septian on Apr 4, 2011 | Reply

    saya pngen pasang behel karna gigi atas depan 4 gigi tidak rata. giginya maju mundur. dan 3 gigi saya berlubang(atas). apkah saya bisa pasang behel??
    tolong jwb

  46. By Hari on Apr 7, 2011 | Reply

    Saya mau tanya,

    Apakah ada behel yang di pasang di sisi dalam gigi (jadi behelnya tidak terlihat).

    karena saya menggunakan behel untuk merapikan gigi tapi tidak keliahtan behelnya..

    Mohon infonya.

    terima kasih.

  47. By Rahmat Zikri on Apr 8, 2011 | Reply

    novie: selama yg dimaksud dengan gigi gingsul itu adalah gigi taring, bagaimana pun posisinya, harus dipertahankan (tidak boleh dicabut). karena fungsi gigi taring tak tergantikan oleh gigi lain.

    @muthi: dibaca lagi yang baik.

    @yunika: saya sudah sebut di atas, dgn sistem damon pasien bisa kontrol 1,5-2 bulan sekali. kalau 8-10 bulan sekali jelas tidak masuk akal, karena kawat gigi harus dikontrol arah pergerakannya. lebih baik pasang behel di tempat baru daripada pasang di kota yang berbeda. yang penting harus dipastikan Sp.Ort.

    @erna: pasang dan rawat harus di tempat yang sama, dan harus dilakukan oleh Sp.Ort. ini menyangkut rekam medis perawatan anda sebagai pasien. selain itu, biasanya harga yg kita keluarkan pertama kali wkt pasang sudah termasuk penggantian kawat selama perawatan. dokter yg pasang sudah menyiapkan set kawat yg akan digunakan selama perawatan. jadi kalau dirawat di dokter lain, bisa kena biaya besar lagi.

    @ucy: dibaca lagi yang benar. saya tidak pernah bilang bahwa utk pasang behel harus di rumah sakit besar. yang jadi permasalahan bukan apakah dokter tsb bekerja di cipto atau rumahsakit besar lainnya, tapi dia haruslah seorang spesialis orthodonti.

    @patma: lakukan perawatan terlebih dahulu pada gigi anda

    @atina: penggunaan kawat gigi lepasan tidak memberikan hasil yg maksimum. apalagi kalau pasien menggunakannya sesuka hati.

    @arini: koreksi gigi yang tidak simetris tentu bisa dilakukan dgn menggunakan behel. lokasi praktek di Kota Wisata, Cibubur (lihat gambar kartunama warna biru di atas).

    @septian: gigi yang berlubang diperbaiki dulu

    @hari: ada behel yang bisa dipasang di sisi dalam gigi, tapi harganya bisa dapat beberapa buah motor :) tidak semua bisa mengerjakan model behel ini. beberapa sub pekerjaan (seperti pemodelan) harus di-order di luar negeri.

  48. By ira on Apr 12, 2011 | Reply

    bagaimana tahap pemasangan behel? apakah yg tahap ini benar: ronsen, cetak, pasang behel, cabut..?

  49. By rendy on Apr 13, 2011 | Reply

    apakah bisa pencabutan gigi dpt dilakukan setelah pemasangan behel..? Kira” 2 bln stelah pemasangan behel.thx

  50. By via on Apr 14, 2011 | Reply

    saya sudah pasang behel, waktu pasang katanya gigi gramaham aku kecil jadi sulit cari ukuran ring … sampai saat ini saya tidak pakai ring, kutanya apakah tidak apa2 tampa ring dan dokternya bilang bisa aja. apa benar begitu? thanks

  51. By nanoo on Apr 17, 2011 | Reply

    saia udah pasang behel, tapi cuman d bagian atas, bagian bawah belakangan,,,, gimana tuhh penjelasannya, trus efeknya gimana???

  52. By eka on Apr 19, 2011 | Reply

    mau nanya,biasanya klo mau dipasang kawat gigi, dicabut berapa ya giginya?soalnya waktu saya mau pasang kawat gigi, kata dokternya harus dicabut 4(atas 2 bawah 2).apa itu ga kebanyakan?ntar gigi saya jarang,karena disuruh dicabut 4 saya jd takut..mksh :)

  53. By selfi on Apr 20, 2011 | Reply

    dok sy mau tanya apakah ibu hamil aman untuk pasang behel?

  54. By dyah meitia sari on Apr 20, 2011 | Reply

    dok , saya sih pernah denger kalau dana terbatas bisa ke universitas yang anda sebutkan di atas
    tapi saya berada di batam , bagaimana mungkin saya bisa menetap di tempat lain untuk mendapatkan behel berkualitas dengan harga murah .apakah ada dokter spesialis ortodentis di daerah batam alaupun harga nya mahal tapi bisa di cicil dok ?
    mohon bantuan nya .

  55. By yansa on Apr 21, 2011 | Reply

    terimakasih un info nya…sangat bermanfaat nih..
    un konsul lebih lanjut kemana ya…

  56. By viant on Apr 22, 2011 | Reply

    saya mo pasang behel,tpi kedua gi2 (depan samping gigi kelinci) sy baru2 ini copot karena kecelakaan,tapi sy kurang suka pke gigi palsu,karena kynya ribet,bisa nggak klo sy rapiin pke behel,mohon dibls via email sy yah?makasih…

  57. By anne on Apr 23, 2011 | Reply

    saya mau tanya, saya udah pake behel ini slama 3 bulan, tapi bukan di dokter, dia mengakunya sih orthodentist, 2 gigi bawah saya yg tadinya mundur sudah maju dan rapi, tapi gigi atas saya yg awalnya sudah rapih, lalu saya pakai behel, jd trasa ada space kecil, dan saya merasa gigi depan atas bawah saya goyang (sedikit) apakah itu hal yg wajar? saya minta solusinya. apa sebaiknya saya copot behel? dlm keadaan gigi goyang? apa akan menguat dengan sendirinya. terimakasih, mohon jwabannya segera.

  58. By adek on Apr 25, 2011 | Reply

    saya udah pasang ampir 2 bln, gigi dpn saya ada sarung porceline satu. behel bagian porceline itu lepas terus, gak ampe satu jam udah lepas… dokter saya udah berkali2 diulang lem tapi masi sama… ada solusi buat masalah seperti itu?

  59. By Dini on Apr 26, 2011 | Reply

    Ass..pak
    Saya ingin pasang behel di kampus UI Salemba pada klinik Prog PPDS Orthodonti, mengingat dana saya sangat terbatas..gigi saya berantakan, malah sering diejek seperti kelinci tapi saya berada di Pekalongan..libur krj cm tiap hr minggu. Lalu bagaimana saya menghubungi beliau2 yg sedang menjalani PPDS Ort? Apakah anda ada referensi seorang yg sdg PPDS Ort tsb shg jika saya k UI Salemba bs langsung ikut perawatan dsb
    Wass..Tlg bls ke email saya. Trmksh byk

  60. By titing rosmiati on Apr 28, 2011 | Reply

    Dok, sy usia 44 th, mau pasang behel.
    a. masih mungkin ga di usia yang tdk muda lg ?
    b. adakah efek samping dari cabut gigi tuk persyaratan behel, di usia 44 th ?
    c. mohon info nama Drg specialis orthodonty di kota Cirebon yang kualitas keilmuannya baik ?
    terimakasih…..

  61. By rina on Apr 28, 2011 | Reply

    Mo tny nich,skrng aku kan lg pasang behel.lg da rencana pengin hamil lg.boleh ga?

  62. By ATIK on May 4, 2011 | Reply

    APAKAH ADA SP.ORTODO DIMKS. KLU ADA LOKASINYA DIMANA?????

  63. By aisha on May 4, 2011 | Reply

    nice info! skrg sy lg pasang karet mg dpn br pasang kawat/ cabut gigi dulu ud scan gigi jg tp kok gk dipoto2 spt bpk blg ap berarti dokter sy in tidak pro pdhl biayanya 10 jtan?

  64. By ine on May 5, 2011 | Reply

    Wah,ga salah nih googling dl sblm masang behel.soalnya br aja ada yg nawarin paket behel cuma 500rb(lengkap,Made In USA..katanyaa) dikasih gratisan juga ogah deh..drpd tar tiba2 mengandung bahan berbahaya..
    *Gini Mas.RZ saya punya masalah gigi,hampir semua gigi seri saya miring2,tp ga sampe bertumpuk bgt,cuma kliatan na sedek2an gitu.waktu SD dulu,gigi susu saya yg seri di cabut 8-8 nya,gara2 ada 2+2 gigiseri atas+bawah udah nongol,pdhl gigi susu blm pd lepas,dah gitu ukuran na lbh besar dr gigi susu.jd samping2nya jg di cabut deh,tp pas tumbuh 8-8 nya tetep ga cukup tempat nya,dulu pake behel yg lepasan,cuma setaun,ga betah dah itu ga pake lg sampe skr usia 28thn.trus skr rencana mau pasang behel di FKG UNPAD tp dpt info dr temen saya, biayanya ga sampe 5jt,apa jangan2 kualitas na beda ya sama yg di UI??trus dapet lg referensi pasang di dinas kesehatan gigi,itu lebih murah lg katanya..hanya 3jtan,pemasangan jg sama DRg.Sp.ort,cuman waiting list,sampe 2bln-an,yang mau di tanyain,apa sebelum pasang saya tanya dulu ya,behel yg dipake tuh buatan mana?..atau merk apa ya yang biasa dipake di UI,mungkin bisa di jelaskan di email saya aja mas.klo masalah merk kan ga pantes dibicarain di blog..tp itu juga klo mas.RZ berkenan :p,
    maklum lah Mas..saya ibu2,mau nya ngirit,tp tetep dpt yg terbaik..hehe..
    thx b4

  65. By Shasa on May 6, 2011 | Reply

    Dok sy cewek usia 24 th…beberapa bulan yg lalu jatuh. Trus gigi depan bagian atas patah setengah, sekarang di tambal. kalau misalnya saya mau di pasang behel masih bisa gak ya dok?

  66. By Laras on May 6, 2011 | Reply

    saya 14 th,Gigi saya ginsul dan tidak rapi, krn wk kecil pernah jatuh dan gigi masuk gusi, rencana mau pasang behel tetapi kendala dengan drg Sp orth yang dekat di tangerang tidak ada kalo ke Dr Vera harus bolos sekolah krn sabtu masuk, jadi sampai sekarang belum pasang behel, bingung cari dokternya

  67. By intan on May 7, 2011 | Reply

    dok…kalo sy mau pasang kwt gigi,psangnya di sp.orto,perawatannya boleh di dokter gigi yg bukan sp.orto kn yah???soalnya kalo di daerah sy,gak ad yg sp.orto,trus klo bs, kontrol ke dr.gigi nya tiap berapa bulan??,bisa ksi ref.dr sp.orto di makassar ada gak???thanks

  68. By tiaa on May 7, 2011 | Reply

    maaf iya sebelumnya saya jual bracket bracket yg saya jual mempunyai depkes dan itu dokter gigi pun sama bracketnya beli d situ juga. g semua yg d katakan itu salah. g semua orang loh dok jual bracket yg d pertanyakan. saya jual ada no DEPKES saya jual lagi melalui FB juga jdi jgn asal bicara

  69. By lia on May 9, 2011 | Reply

    kalau pasang behelnya di trisakti bagaimana, apa sama kualitasnya dengan UI salemba..
    mohon pencerahannya..sebelum salah langkah..soalnya 2 minggu lagi akan di pasang behelnya..^_^

  70. By eli on May 11, 2011 | Reply

    saya mau nanya kalo gigi saya tuh ga berantakan tapi hanya renggang-renggang saja kira-kira kalo pake behel bisa rapih kan?oya gigi atas saya juga ada yang patah,apa musti di tambal dulu?
    trus saya mau mau make behel’y di gigi atas’y aja?apa boleh?
    mohon di balas ya,,,plissssssssssssssss baged,,,saya sangat btuh info yang jelas

  71. By princess ocha on May 13, 2011 | Reply

    thnks bgd bwt info’a, bnr2 berguna pha gie buat orang awam..

  72. By by rhia on May 15, 2011 | Reply

    kalau misalnya psang behel atas bawah apakah hrus sma jenis behelnya,yg sya tw ad bbrpa jnis behel,klo msalnya psangy beda jenis bisa tdk?slnya gigi atas sya agk maju yg pasti hrz pkai behel yg untuk mnarik gigi kdalam supaya rata,tp gigi bawah saya rata n tdk maju,apakh hrs pkai behel yg sma?thankz

  73. By Ann Gran on May 16, 2011 | Reply

    saya mau nanya..gigi graham bawah saya sudah dicabut dua (satu buah sebelah kanan bawah dan satu sebelah kiri bawah)itu gimana kalo mo pasang behel?apa harus pasang gigi palsu dulu?terimakasih

  74. By Raisa on May 17, 2011 | Reply

    makasih infonya bermanfaat sekali. Ijin share ya…thanks before! :))

  75. By yesi on May 18, 2011 | Reply

    thanks banget buat infonya,sangat bermanfaat.
    saya mau tanya kalo gigi saya ada berlubang kalau saya mau pasang behel apakah gigi yg berlubang di cabut dulu kan?
    trimakasih

  76. By riri on May 24, 2011 | Reply

    apasih kerugian jika memasang behel??
    :)

  77. By Sofie on May 25, 2011 | Reply

    dok, saya mau pasang gigi sama dokter specialis orto, tapi untuk tau dia benar2 spesialis orto itu melihat dari mana ya?dia praktek di klinik pribadi lulusan spesialis orto, bisa di cek ga sih di google dia itu bneran lulusan ortodonti?

  78. By eriel on May 27, 2011 | Reply

    mas saya mau pasang behel tapi gigi ku ada yg rusak berlubang,bisa gak mas pakek behel?

  79. By putri on May 27, 2011 | Reply

    mau tanya nih, rencana aku kan mau pasang behel ..
    tapi waktu ke dokter gigi (bukan ortho), dokternya bilang kalo gigi ku itu udah rapi , tapi rahangnya aja yg agak maju .
    trus disaranin sama drg nya buat konsultasi spesialis ortho .
    nah, kira2 kalo pasang behel bisa ga ya buat mundurin gigi, soalnya yg bermasalah itu di rahang atasnya .
    reply pliss , thanks :)

  80. By pipit on May 29, 2011 | Reply

    aku br pasang bracket di dokt gigi tp cm rahang atas aja berhubung dana terbatas.mmg dokter menyarankan pasang rahang atas dan bawah.tp saya tetap pasang atas saja.apa bs gigi kembali rapi dgn bracket atas saja?(cm 4 gigi seri atas saja yg agak menonjol)

  81. By maya on May 31, 2011 | Reply

    by:maya
    saya masang behel di ahli gigi ,baru seminggu bracket belakanya copot trs saya ke ahli gigi lg minta di pasang lg eh malah copt lg ..
    dah 2 kali bracket saya copot ,sakarang saya di diyemin aja ,trs gigi saya sering sakit yg atas . .
    tlg di balas ,
    ke e-mail saya aja
    thnks :)

  82. By sinta kurnia utami on Jun 1, 2011 | Reply

    saya mau tanya bedanya pemasangan behel seluruh gigi dan yang hanya 10 gigi saja apa bedanya ?. apa pemasangan yang hanya 10 gigi atas, dan sepuluh gigi bawah bisa memberikan hasil yang maksimal atau tidak ?.

  83. By tika puspa on Jun 5, 2011 | Reply

    dokter apa yang harus saya lakukan gigi saya jarang dan miring.apa harus saya cabut trus saya pasang lagi agar rapi.bagaimana solusinya dokter.

  84. By glory simanjuntak on Jun 5, 2011 | Reply

    aku pengen pasang mainan di gigi tapi bukan behel, soalnya gigi aku udah rapih. Kira-kira ada gak yah?

  85. By rita on Jun 6, 2011 | Reply

    saya mau pasang metal braket (USA)
    kira2 harga behel plus pemasangannya berapa dgn menggunakan jasa dokter Sp Ort.
    Mohon bls.

    Thank’s

  86. By tayuza on Jun 8, 2011 | Reply

    Sejak kecil saya sudah bermasalah dengan gigi. Dan saat dewasa gigi kelinci saya gingsul, sehingga saya jadi kesulitan untuk berbicar. Bukan itu saya menjadi masalah. Kedua gigi graham saya berlubang cukup besar (baca: grahan bawah kanan diri). Sangkin besarnya lubang tersebut, perlahan tapi pasti gigi saya mulai rontok dengan perlahan, sering sekali ketika saya makan, saya merasa seperti ada krikil di dalam lidak saya. Setelah saya cek ternyata itu patahan kecil gigi saya.

    Efek lainnya. Gigi saya yg berlubang itu sering mengelurkan darah. Sering sekali saya memasukan kapas ke gigi yg berlubang tapi ternyata darah di gusi itu mengental dan menjadi hitam pekat. Terkadang saya merasakan sakit yang luar biasa, tapi terkadang saya tidak merasa sakit. Hanya tidak nyaman saja dengan bau mulut yang diakibatkan gigi saya yang tidak rata dan bermasalah itu. Mohon bantuanya lewat email maupun postingan selanjutnya.

  87. By anindya on Jun 10, 2011 | Reply

    mau tanya dong,aku baru sebulan pasang behel ,tapi gigi seri ama taring aku goyang ,itu emang ada tahap seperti itu atau gimana ?

  88. By wulan on Jun 10, 2011 | Reply

    kira2 berapa harga standar pemasangan behel yang udh bagus….???

  89. By ayumi on Jun 15, 2011 | Reply

    mas rahmat zikri, mau tanya nih..
    waktu kelas 2 SMP/14 thn an aq pasang behel atas bawah yg lepasan ke dokter gigi(yg ky nya bukan Sp.Ort) dicabut 4 gigi, 2 atas dan 2 bawah, belum sampai selesai aq udah berhenti krn suatu saat pas aq kontrol, dokternya matahin behel atas nya (yg nempel ke langit2 mulut atas)& dia perbaiki tp ga spt semula (meski udah di amplas tetep ga rata & bikin sariawan, sakit, ga nyaman banget)… gitu deh aq ga pernah balik lg ke drg itu.. secara masih anak smp… heuehu…
    daaan aq tdk ke drg manapun setelah itu utk lanjutin behel ku.. (krn banyak faktor, domisili yg blm fix, biaya, lg hamil, lahiran, trauma dll).
    Setelah sekian lama (15 tahun ada kali yaa…hee), aq makin kawatir sama gigiku yg amburadul (pasti krn efek gigi blm rapet dulu ya) akhirnya dg dorongan dr org2 terdekat aq berniat pasang behel lg dg tujuan biar giginya rapet ga renggang2, ga goyang, ga ompong sblm jd nenek2,
    trs cari referensi & nyoba ke Sp Ort di suatu RS, tp krn ga sreg sm dokternya, aq ga jadi ke Sp Ort tsb..
    dgn rekomendasi dr brp orang, akhirnya aq ke drg ini (bukan SpOrt juga) tapi aq sreg sama beliaunya krn mau menjelaskan banyak hal ttg behel, resiko2, kewajiban2, hrs disiplin dsb (ga ngejar cm dapet pasien & nanya kita bener2 udah niat ato ga, klo masih ragu2 sebaiknya jangan)
    tapi 2 hari ini stelah baca2 postingan mas zikri jd ga nyenyak tidur nih…
    ditambah lagi, rahang bawahku spt nya miring, ga simetris antara kanan &kiri & menurut drg ku ini, krn tempat/rongga yg tersisa diantara gigi2 di rahang bawah memang tdk sama, lbh banyak tempat di kiri drpd kanan, jd otomatis garis tengah gigi nantinya tidak akan sama antara gigi atas & bawah..
    kondisi skrg, gigi atas udah selesai ditarik & sdg diikat utk 3-4 bln. sedangkan gigi bawah baru mulai ditarik ke belakang taring kiri nya.
    what should i do??
    aq ga mau garis tengah gigi bawah ga sejajar dg yg atas…
    & ga mau jd korban salah penanganan..
    musti gmana ya, pindah ke Sp Ort & mulai dr awal lg? masih ada kah Sp Ort yg mau nerima limpahan pasien? & saat inni blm pny rekomendasi SpOrt yg bagus di semarang..
    help…
    makasih sebelumnya..

  90. By reny on Jun 17, 2011 | Reply

    asalamu’alaikum,., aku berusia 19 thn,., aku ingin pake’ behel ,tp satu gigi atas kiri aku itu berlubang tinggal akarnya gtu,.,terus yang bawah ada dua gigi aku yg berlubang jg (bagian kanan bawah) tinggal akarnya., tp ga mau lepas,, kyknya sejak dari kecil itu blm lepas2 dan blm tumbuh lagi,.,heheheee ,, aneh ya,., bagaimna solusinya ,., aku pengen bgt pake bhel,., karena jg gigi aku yg atas agak ngga rata jg,.,
    apa aku hrus ke dokter dan cabut gigi aku yg berlubang itu ya ? tp aku takut gigi aku ga tumbuh lagi (ompong gt),., ihh sereemmm,.,””tolong kasi solusi,., mkasih

  91. By anton on Jun 18, 2011 | Reply

    pak salam kenal..

    saya 21 tahun , waktu saya smp gigi seri saya di cabut 2 karena tumbuh di langit2, belakang gigi seri lainnya (yang tidak di cabut).

    nah apa kah bisa rapi lagi dengan menggunakan behel? jadi ada celah2nya gitu dong??

    sebelumnya terima kasih..

  92. By vina on Jun 24, 2011 | Reply

    asslmlkm, wr.wb
    pak zikri, Saya ingin pasang behel di kampus UI Salemba pada klinik Prog PPDS Orthodonti,Apakah anda ada referensi seorang yg sdg PPDS Ort tsb shg jika saya k UI Salemba bs langsung ikut perawatan dsb
    Wass..Tlg bls ke email saya. Trmksh byk

  93. By Emmy on Jun 27, 2011 | Reply

    Assalamu’alaikum
    Pak Zikri saya ingin segera ke PPDGS UI Salemba, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan.

    1.Biaya 5 juta itu untuk kasus gigi parah, sedang, ringan atau sama saja tarifnya?

    2.Apakah buka praktek setiap hari?

    3.Apakah dokternya selalu ada?

    4.Apakah ketika kontrol dokternya diganti atau tetap sama dokter yang pertama?

    5.Seandainya ingin kontrol sebulan 2x, apakah tetap bayar 2x atau hanya 1x, mengingat peraturannya kontrol gk kontrol tetap bayar.

    Terima kasih

  94. By Amelia I.R on Jun 30, 2011 | Reply

    Siang ..
    Saya ada rencana mo pasang behel,tapi saya bingung..karna gigi geraham saya yg atas bermasalah skrg baru ditambal,tp blum sembuh(gara2nya klo kesenggol makanan dikit aja sakitnya ampun,soalnya berlubang)apa hrus dicabut aja ya??kira2 itu knp ya kok bisa sakit bgt apa kena syaraf ato akar giginya?
    Mohon sarannya ya… Thank you..

  95. By Andrin on Jul 2, 2011 | Reply

    Asslm wr wb

    Saya 18 thn, sudah pasang behel hampir setahun,
    Sebelum dipasang, gigi saya di rontgent dan ternyata taring kanan saya tidak ada gigi tetapnya (ga ada bakal-nya), cuma ada gigi susu yg dari kecil belum copot dan sudah ada bolongnya, bolongnya itu suka bikin sakit.

    Akhirnya sama dokter taring kanan ku dicabut, berhubung gigi susu itu kecil bgt dan akarnya juga pendek.

    Sekarang gigi depan atas agak miring ke kanan, tapi masih dalam proses ‘merapatkan’ gigi lainnya (merapatkan ke tempat taring ompong),

    apakah itu malpraktek? Tapi dokter gigi saya sp.orto kok. Dan apa yg harus saya tanyakan ke dokter saya?

    Mohon jawabannya pak, kalau bisa ke email saya supaya bisa langsung lihat.
    Terima kasih :-)

  96. By wenny on Jul 2, 2011 | Reply

    berarti kita2 yg gk punya duit sebnyak itu…gk prnh bisa yg nm nya ngerapihin gigi yaa??????????

  97. By fyan on Jul 4, 2011 | Reply

    saya pemakai gigi palsu bagian depan atas karena waktu kecil jatuh dari sepeda yang mengharuskan gigi bagian atas depan saya di cabut karena patah dan sekarang pemasangan gigi palsu itu saya tidak merasa nyaman karena bagian kawat yang menempel digigi mengikis gigi saya dan kadang terasa ngilu.Apakah saya bisa memasang behel untuk gigi ompong karena sekarang justru saya lihat gigi saya jadi berantakan ?

  98. By icha on Jul 6, 2011 | Reply

    saya mau tanya kalo mau pasang behel di istri anda berapa yy mas???? cz lgi nyari juga yang bagus tapi terjangkau harganya makasih

  99. By julia on Jul 6, 2011 | Reply

    saya pasang kawat gigi di dokter gigi daerah blok M,pricenya pertemananlah sekitar 6 juta.Tapi lama lama bete juga kalo mau kontrol karena susah ditemui. kebetuln dia praktek di RS lain yang lebih besar. pikir punya pikir kayaknya dia bukan ortodonti dehh….sebab hasilnya ga maksimal. padahal prosedur pasang sudah bener, foto panoramic, cetak dulu….akhirnya aku pindah ke dokter lain…prosedur baru lagi..nasib nasib….
    kebetulan sekarang lagi hamil, dokterku saranin behel harus dicopot semua kalau mau lahiran. in case mesti operasi caesar….
    bahaya ga sihh..operasi caesar masih pake behel…please reply ke email saya..terima kasih.

  100. By dezi on Jul 7, 2011 | Reply

    nice blog..
    infonya sangat bermanfaat :)

  101. By henie on Jul 7, 2011 | Reply

    bagai mana jika ingin memasang kawat gigi tetapi gigi kita ada bolong”x

  102. By imam on Jul 8, 2011 | Reply

    berapa sih biaya pasang kawat gigi?

  103. By salwa on Jul 8, 2011 | Reply

    saya berusia 11 tahun apakah saya boleh memakai kawat gigi?

  104. By salwa on Jul 8, 2011 | Reply

    apakah memasang kawat gigi itu harus menstruasi dulu?

  105. By yudi on Jul 11, 2011 | Reply

    untuk pencabutan gigi di lakukan sebelum pemasangn behel atau pada saat behel telah terpasang beberapa bulan??

  106. By nn on Jul 12, 2011 | Reply

    dokter, aku mau tanya kalo gigi seriatas aku ga tumbuh 2. kalo aku di behel, kira2 bagus ga kalo gigi taring saya jd ada di depan? mohon sarannya yah, dok.

  107. By atmaja on Jul 15, 2011 | Reply

    saya sudah terlanjur memasang kawat gigi dengan yg bukan drg.ortho, apa yang harus saya lakukan sekarang..? apakah behel gigi saya harus di lepaskan…

    sedangkan biaya untuk melakukan pemasangan behel gigi kepada yang ahli atau drg.ortho sekarang belum ada..!

  108. By inn on Jul 16, 2011 | Reply

    sariawan akibat pemasangan behel apa y obatny?? saya udah pake aloclair gel, tp tetap ga hilang…

  109. By iin on Jul 17, 2011 | Reply

    harga pemasangannya berapa?

  110. By jq on Jul 18, 2011 | Reply

    aku mo psng behel transfaran tp gigi aku bnyk yg bolong n ada juga yg sdh rapuh,gigi yg plg depan malah sdh hancur dan sudah ditambal jg hampir 60%.dan aku jg pnya gingsul dikiri dpn.yg harus dilakukan itu apa?hrs dicabutkah yg sdh rusak,dan gingsulnya juga haruskah dicabut????trus klo gigi yg sdh ditambal itu gmn???trima kasih harap dijawab scptnya…….thank ya…..

  111. By rury on Jul 20, 2011 | Reply

    saya mau bertanya, saya ingin pasang behel tetapi 2 dari gigi geraham saya sudah saya cabut kiri dan kanan, kira2 bisa ga ya saya pasang behel?

  112. By rury on Jul 20, 2011 | Reply

    maksud saya baris ke 2 setelah gigi geraham…

  113. By andri on Jul 22, 2011 | Reply

    Dok,mau tanya ni,kalo gigi tongos sd itu d cabut…tp tetap tongos,masi bisa pasang kawat gigi gak??????

  114. By chrissy on Jul 25, 2011 | Reply

    Saya mau tanya.. punya rekomendasi drg/ortho yang hanya menerima pemasangan behel aja.. utk bracketnya udah ada. trmksh.

  115. By jesica on Jul 26, 2011 | Reply

    dok boleh ga seumuran saya
    saya baru kelas 1 smp
    tpi gigi sya ga apa-apa

    sya pingin banget pake kawat gigi
    tpi di daerah sya ada yg buka di pingir jalan gitu
    tpi sya ragu
    apa saya pasangnya di rumah sakit ajah

  116. By olphie cantaz on Jul 27, 2011 | Reply

    gmn cra tnya k’kmpuznya kl d stu lge da praktik psang behel,. .
    Trz kl d daerah surabaya tmpatx dmn ea..-

  117. By olphie on Jul 27, 2011 | Reply

    mw tnya d0k,,
    gigi sya tuh tdk rpat alias renggang, kira” dgn pnggunaan behel bsa jd rpat n rapi g’..?
    N kira” btuh wkt brp lma..?

  118. By marco on Jul 27, 2011 | Reply

    Sempurna,,

  119. By ciia on Jul 28, 2011 | Reply

    apakah pemakai gigi palsu bisa memakai kawat gigi walaupun hanya yang lepas pasang ?

  120. By winda on Jul 28, 2011 | Reply

    saya adalah contoh korban dengan prakter ahli gigi yang walaupun sudah sangat terkenal, dan telah berdiri puluhan taun. menyesal sangat ! saya tidak tahu saat 1 gigi saya dicabut tanpa pemberitahuan apapun ke saya! jd ngga simetris ;(

  121. By ima on Jul 31, 2011 | Reply

    mau tnya yang di salemba ui blh minta alamtnya ga?n tempat klinik yang di salemba ui apa namanya yg direkomendsikn oleh anda yg hrgny 5 juta?mhn dibalas

  122. By depy on Aug 1, 2011 | Reply

    lox pasang behel harga’y 1,5 jt,, tp untuk yg ataz aj itu termasuk behel yg jelek bukan

  123. By Noveeta on Aug 3, 2011 | Reply

    jika gigi sudah rapi apakah tdk berbahaya pasang behel,,, boleh minta informasi untuk biaya pasang behel damon dan biaya kontrolnya,,, terimakasih atas informasinya

  124. By sinta on Aug 4, 2011 | Reply

    saya mau pasang behel,tapi gigi atas saya tidak sejajar,gigi depan bagian kanan lebih kebelakang,bagian kiri lebih kedepan dan sudah patah,
    apakah bisa saya pasang behel?dan kalo mau pasang d UI,saya harus menemui siapa?

  125. By amelia on Aug 5, 2011 | Reply

    gigi bagian atas saya berantakan tapi yang bawah rapi.. menurut dokter disini tidak masalah bila pasang hanya utuk gigi bagian atas.. tapi.. pengaruh g sich klo yg bawah tidak…

  126. By vey on Aug 7, 2011 | Reply

    mau tanya gigi saya berlubang yang dbelakang dan gingsul pada gigi atas, apa bisa pasang behel pada gigi berlubang? terus gingsulnya gimana? kira2 berapa biayanya pasang behel yang baik dan benar?

    tolong dibalas cepat ya
    thanks

  127. By Tia on Aug 9, 2011 | Reply

    saya sudah pakai behel sejak maret 2009 smp skrg. dokter yg menangani saya adalah Drg. Sam Sidharta SP.Ortho, beliau praktek di klinik bersalin prima medika ciputat.
    drg. Sam hanya praktek senin-kamis mulai jam 6 sore s/d jam 9. (fyi: saya kerja di daerah mangga dua, tinggal di Bekasi)
    pertanyaannya, kalau saya ingin ganti dokter gigi, apakah saya akan dikenakan cash awal lagi? dan sayangnya hasil cetakan gigi saya yg bawah hilang, tinggal cetakan yg atas aja.

  128. By fadhila on Aug 10, 2011 | Reply

    gigi saya gak ada yang kroak atau yang bolong.tapi di permukaan gigigeraham sedikit hitam.apakah itu harus dicabut?bisa tidak apabila kita minta dokter untuk mempertahankan gigi agar tidak dicabut?mohn untuk dijawab,saya sangat membutuhkan info.balas saja ke email saya.thanks bgt lho yaaa :p :) :D

  129. By fadhila on Aug 10, 2011 | Reply

    tanya lagi nih,kalo misalnya gigi masih ada yang susu harus dicabut atau enggak?thanks.bls aja ke email.

  130. By faris on Aug 11, 2011 | Reply

    nanya nih… kalo pasang behel emang kondisi gigi mesti utuh kah?? kalo banyak gigi kita yang berlubang gimana?
    terimakasih…

  131. By yanti on Aug 12, 2011 | Reply

    mau nanya , saya mau pasang behel gigi tapi gigi saya yang belakang atas dan bawa sudah pada dicabut… tinggal yang bagian depan bisa ga ya!

  132. By indah on Aug 12, 2011 | Reply

    Bisa nga pasang behel tapi giginya sudah tidak utuh, semua gusi bagian belakang atas dan bawa da habis dicabut, apa bisa pasang gigi palsu terus pasang behel

  133. By Lisa on Aug 14, 2011 | Reply

    Halo Zikri,

    menarik waktu baca blog ini. gak ngebayangin brp lama km hrs pake kawat krna salah masuk kamar.
    Aq kyknya jg ngalami mslh yg sama. Aq dlu perawatan ke 2 spesialis orthodonti. Pertama wktu di Malang itu dr awal. Termasuk pencabutan gigi. Waktu itu yg dicabut cm gigi sblh kanan aja, atas bawah. krn gigi kanan atas ada gingsul, alias tumpuk gigi taring dan gigi tambahan kecil which doesn’t belong to any kind of tooth. Dokter menyatakan bhwa gingsul taring ini harus dicabut krn posisinya diluar, jg gigi tambahan yg ukurannya terlalu kecil & mengganggu. Dokter blg sblh kiri atas tdk prlu dicabut krn gigi sehat smua. kanan bawah 1 gigi geraham, sblh kiri bawah enggak sm skali krn aq prnah cabut 1 geraham krn berlubang.

    Stlh 2 bln, aq hrs pndh ke bali utk krja, dan dirujuk oleh dokter pertama ke spesialis orto yg kebetulan adlh ka2k kelasnya. Skrg, stlh perawatan hmpr 2taun, baru terlihat klo gigi atas miring ke kanan sehingga midline ikutan miring sktr 2mili. Dokter gigi sy ksh pilihan utk memajukan gigi atas sedikit, tp mgkn midline tdk terlalu sempurna. Opsi pertama ini sy tolak mentah2 krn sy mrsa gigi bagian atas sdh dmajukan selama proses. Opsi kedua yaitu mencabut 1 gigi geraham kiri. Awalnya dokter blg, utk opsi ini, midline bs ddpt sempurna, tp ruang sisa bekas gigi yg tdk bs ditutup lg, terlalu sempit utk gigi palsu, dan terlalu lebar utk menarik gigi lebih keblkg. Krn sy msh ragu, makan dokter memutuskan utk mencetak gigi atas dlu dan melihat opsi terbaik.

    kmrn sy dtg utk kontrol lg, kemudian dokter blg akan membuka lengkungan gigi atas dgn hrpan jika lengkungan diperbesar maka scra otomatis gigi akan bergerak sedikit ke kiri dan midline akan ddpt. namun dokter sy ini msh belum puas dgn hasil krjanya. Sy tdk bs menyalahkan krn beliau tdk bkrja dr awal. Beliau msh membuka opsi utk mencabut gigi geraham atas. Beliau blg jika ini dilakukan, midline akan ddpt dgn sempurna dan gigi geraham plg blkg akan ditarik kedepan utk menutup space yg tersisa. Waktu sy tnya qr2 brp lama perawatnnya klo sy memutuskan akan melakukan. Beliau blg 2taun krn butuh wktu lama utk menarik gigi blkg yg kuat ke dpn.
    Sy sudah memutuskan tdk akan mencabut gigi kiri. Bs dblg sy capek. Jadi klo hasil stlh lengkungan diperlebar ternyata cukup memuaskan, maka itu sudah cukup.

    setelah baca blog ini, ada 1 hal yg menjadi pikiran sy, yg sblmnya sudah sy rasakan tp tdk sy anggap sebagai gangguan. Yaitu bunyi ‘klek’ yg terdengar ketika sy mmebuka mulut lebar2 kemudian menutup lagi. Jangan2 sy salah perawatan jg? Tp mengingat kasus sy maloklusi 3 yg cukup susah, sy tdk mau muluk2..
    Sy tau Zikri bukan dokter gigi apalagi orthodontist, tp istrinya kan orthodontist..jd mgkn bs bntu dgn opini..hehhehe..

    trims

  134. By annia on Aug 16, 2011 | Reply

    maw nanya nih,,,yg dimaksud gigi komplit tu yg gmn?yg msh utuh ada seri, taring , geraham ato yg gmn?koz aku ada satu gigi geraham nmr 2 dr depan yg mesti dicabut krn berlubang,apa msh bs pasang kawat gigi?tengkyu jawabannya

  135. By aii on Aug 19, 2011 | Reply

    merk apa yg bagus buad LP???

  136. By Doktergigigaul on Aug 19, 2011 | Reply

    mau menambahkan sedikit. dokter gigi selain ortodontis bisa memasang behel, selama telah mendapat sertifikasi pelatihan yang sah. tetapi kasusnya terbatas hanya kelas I saja. selain oklusi kelas I memang harus dikonsulkan untuk dikerjakan dokter gigi sp. Ort.
    Tetapi memang sayangnya banyak drg, umum yang terlalu berani melewati “batasan” yang telah ditentukan.

    Soalnya bedah gigi terpendam, gak selalu harus dilakukan oleh Sp. Bedah Mulut, tetapi kasus tertentu, kelas I, bisa dilakukan oleh dokter gigi umum. yang sulit, harus dikonsul ke dokter gigi Sp. BM dan dikerjakan oleh spesialis tersebut juga.

    Terimakasih. Senang ada yang membahas kedokteran gigi di internet ini. Salam sejawat untuk istrinya :)

  137. By mutiara on Aug 21, 2011 | Reply

    aku pengen pasang behel lepas pasang.. sebelum aku beli aku mau nanya dulu… itu behelnya bisa copot ga sih? aku takut kalo aku dah beli ntar ga bisa masang..

  138. By ami on Aug 25, 2011 | Reply

    mau tanya dong..
    Gigi bawah saya ada 3(2 gigi graham,1 dpn gigi graham) yg sudah dicabut dan 1 gigi graham atas,krn dulunya saya bkn orang yg peduli dgn kesehatan gigi..
    Kira2 penanganan yg harus saya lakukan apa? apakah dgn pasang behel atau gigi palsu? Soalnya ada bagian gigi yg pada bergeser krn pencabutan itu. Makasih

  139. By zahra on Aug 25, 2011 | Reply

    kalo gigi berlubang sakitnya terasa berdenut lebih kencang apakah harus di cabut
    terima kasih :)

  140. By nanoo on Aug 26, 2011 | Reply

    oia aq dah psg behel,,, trus aq mau nx emangx ada batas gk sihh gue pke behel nii ato mau-mau gue ngelepasx kpn??? trus soal warna yg gw ganti tiap bulan bisa gk yahh warnax warna-warni gt???

  141. By wira on Aug 27, 2011 | Reply

    sebenernya gigi saya udah rapi , tapi yang atas itu agak sedikit maju .. maunya , saya mau pake kawat gigi yang invisible (transparan)..
    nah , pertanyaannya adalah berapakah biaya yang dibutuhkan untuk pemasangannya ?? dan baik enggak buat gigi saya ?
    please di bales … :D

  142. By eddyteja@yahoo.com on Aug 31, 2011 | Reply

    saya mau nanya nih, emang sih di dokter Sp. ort lebih mahal n lebih terjamin tingkat kerapiannya tapi yang saya pertanyakan adalah bagaimana jika banyak orang yg mempunyai dana terbatas (maksud sy mereka yg tingkat ekonominya menengah ke bwh) tp ingin gigi yg rapi???apakah gigi rapi hanya boleh dimiliki oleh mereka yg mempunyai uang lbh saja? sedangkan para Sp.ort tdk mau kompromi tentang tarif mereka dengan alasan apresiasi thd ilmu yg mereka timba. di daerah kami banyak dokter gigi yg orang tuanya dulunya berprofesi sbg ahli gigi pinggir jalan. jadi menurut saya soal ahli gigi di pinggir jalanan adalah hak dan cara mereka untuk hidup dalam mencari rejeki, jgn di gugat atau di ganggu oleh mereka yg sdh mempunyai ilmu dan gelar yg tinggi, dengan alasan tdk mempunyai ilmu yang memadai. bukankah dari perjuangan mereka akan memungkinkan lahir anak2 yg di masa depan akan berprofesi sbg dokter gigi n Sp. ort misalnya. saya sebagai pihak yang netral merasa bahwa itu semua merupakan alasan karna kalah dlm hal bersaing pengalaman n harga. trims

  143. By Rani rahma on Sep 1, 2011 | Reply

    Saya mau pasang behel yang untuk merapikan gigi, tapi adakah cara lain untuk merapikan gigi selain memakai behel ?

  144. By dian on Sep 4, 2011 | Reply

    mas q mau nanya nih,tlg dijawab yah.,soalna bnyak bgt pertanyaan blm djwab2,,,q perawatan behel di sp ort bru2 ini,,yg jd mslh gigi rahang atas q,,gigi taringna msh gigi susu,stlh q ronsen trnta ada gigi yg rusak n g mau keluar di dlm gusi,,dokter a,yaitu dktr gigi umum,blg bhwa perlu dirujuk ke sp.bm lalu bru dibehel,,dktr b,yaitu sp ort tmpt q make behel blg klo gigi q yg g mau keluar g usah diambil,,itu apa tdk apa apa mas?tktna mempengaruhi pergerakan gigi,soalna dia dokter sp.ort,puna s.i.p jg,,jd hrs gmna ya mas???tktna g rapi

    oh ya,,,ternyta nembel satu gigi tuh mahal ya mas,bs mpe 800rb,sekali dtng bs 135rb,dan hrs 5x dtng,,,knapa ya klo perawatan gigi mahal bgt,,,

    Satu lagi pertanyaan q ,,,untuk membuat retainer biayana rata2 brapa mas???trus jumlah gigi atas dan bwah apa hrs sm??klo tdk sm apa tdk apa2?

  145. By Cita on Sep 5, 2011 | Reply

    ada sebagian org yg bilang, dulu prnh pake behel, tapi gk berhasil, gak berhasil maksud.y kyk gimana sih???

  146. By Aku Malu on Sep 6, 2011 | Reply

    saya mau tanya nih, gigi saya kan maju, kalau pasang behel/kawat gigi, apakah gigi saya bisa mundur atau tetap seperti semula?
    mohon di jawab

  147. By rizal on Sep 6, 2011 | Reply

    klo kita punya gigi berlubang truz pngen ldngsung d tnaganin d clinik orthodonti,bisa ga????

  148. By Ira on Sep 8, 2011 | Reply

    Hi hi,
    mohon pencerahan ni… sy dpt info dr sodara sy kalo kawat gigi model terbaru itu namanya diamond 2 n ga bikin sakit sama skali.
    biaya pemasangan sktr 16jt.
    untuk saat ini apakah ada kawat gigi model terbaru lainnya?
    mohon pencerahan.

    thx

  149. By renss on Sep 8, 2011 | Reply

    saya udah pake behel ni, tapi baru 2 minggu pake kok udah ada 8 bracket yg copot ya? itu kira-kira kenapa? apa bahaya?

  150. By pipit on Sep 8, 2011 | Reply

    kalau gigi tengah atas hitam bisa pake behel gak y????makasih

  151. By chika on Sep 8, 2011 | Reply

    ap saya bisa memasang behel. krna gigi saya sudah ad item2 nya ?????
    behet thu bisa merusak gigi gag

    by:chika:D :p

  152. By Heru on Sep 9, 2011 | Reply

    KLo dalam program kampus spesialis ortodontist itu terpaku pada waktu tertentu tidak dalam hal prakteknya.??? ato bisa didatangi kapan saja??? apa tempat prakteknya berbentuk klinik???

  153. By jihan tamam on Sep 11, 2011 | Reply

    behel termurah berapaan ya untuk ngerapiin gigi terus kalo ada dimanaa

  154. By mama shanum on Sep 13, 2011 | Reply

    minta referensi dok Sp.Orto d daerah bekasi, klo musti k Cibubur terlalu jauh… dan mkn byk wktu, saya pekerja dan mempunyai putri yg msh batita. tks atas infonya.

  155. By mey on Sep 13, 2011 | Reply

    istilah pasang kunci itu apa ya ? mohon penjelasannya dong

  156. By finy on Sep 15, 2011 | Reply

    gigiku kelinci agak maju 0,3cm dr bawah pgen pke behel tp yg atas saja….kira2 brpa yak?
    yg murah pkai bahan apa y dok….(biar bisa milih yg murah ke dokternya waktu pasang ntar………hehehe)

  157. By Fara on Sep 15, 2011 | Reply

    Yg disalemba UI salemba kliniknya bk mlm ga ya

  158. By arie on Sep 18, 2011 | Reply

    kzih tau saya ya cara membersihkan klo aku pke behel dan pengaruh gak ya sama urat” gigi/kpla itu kan menyambung dri otak setahu saya yg pke behel tpi mnrut kalian semua sie saya gak yau …???

  159. By Mutia on Sep 18, 2011 | Reply

    Curhat nih,
    saya pemakai kawat gigi hampir 2thn, lalu skrg mau di lepas krn sdh selesai tapi sy krg puas krn gigi ats & bwah msih terlalu maju padahal ruang sdh tdk ada. lalu disepakati antara sy & dktr gigi utk mencabut gigi sy lgi sbnyak 2(dua) yaitu geraham atas. jumlah gigi atas (bila) sdh dicabut tinggal 12 gigi.
    apakah seperti itu normal?
    apakah ada efek buruknya bagi pengunyahan?
    dan pengaruhnya apa untk kesehatan sya? mohon dijawab ya. terimakasih. :-)

    (NB:umur saya 20thn)

  160. By Deasy on Sep 18, 2011 | Reply

    Dalam waktu dekat ini, aku mau pake Behel.. karna gigiQ yang atas kurang rata.
    Tapi aku masih ragu..
    karna posisi gigi bawahQ yang geraham belakang udah bolong parah 2-2 nya..
    Nah.. yg jadi pertanyaan adalah apakah masih bisa aku pake Behel..?
    makasih sebelumnya… :)

  161. By Mutia on Sep 20, 2011 | Reply

    Curhat nih,
    saya pemakai kawat gigi hampir 2thn, lalu skrg mau di lepas krn sdh selesai tapi sy krg puas krn gigi ats & bwah msih terlalu maju padahal ruang sdh tdk ada, dan saya tak ingin perawatan kedua ini gagal lagi. lalu disepakati antara sy & dktr gigi utk mencabut gigi sy lgi sbnyak 2(dua) yaitu geraham atas. jumlah gigi atas (bila) sdh dicabut tinggal 12 gigi.
    apakah seperti itu normal?
    apakah ada efek buruknya bagi pengunyahan?
    dan pengaruhnya apa untk kesehatan sya? mohon dijawab ya. terimakasih. :-)

    (NB:umur saya 20thn)

  162. By Nona Lis on Sep 21, 2011 | Reply

    Saya sudah menjalani perawatan orthodonti selama 1.5th dan hasilnya sih sudah nampak , tapi masalah yang saya hadapi sekarang ternyata garis tengah gigi depan saya tidak segaris dengan hidung alias sedikit miring ke kanan , apakah keslahan ini bisa diperbaiki?? karena takutnya semakin miring maka bibir saya pun akan ikut miring … mohon solusi dan penjelasannya

    Thx

  163. By pink on Sep 21, 2011 | Reply

    Saya baru pasang ceramic braces di dokter Sp,Orto, tapi setelah 1 jam salah satu ceramic lepas dari gigi, saya kembali ke dokter untuk diperbaiki pada saat itu juga. Setelah kembali ke rumah sekitar 3 jam kemudian tempelan ceramic yang kedua lepas (gigi yg.berbeda). Saya call ke dokter dia bilang tidak apa apa karena masih dalam tahap penyesuaian. Gigi tengah bawah agak kedepan dan terpisah dari yang lain (bagain yg. terlepas adalah tempelan sebelah kiri dan kanan dari gigi tengah yg.kedepan). Tapi apakah itu normal kalau tempelan ceramic lepas dari gigi dalam 2 kali berturut-turut setelah pemasangan? Dokter meminta saya utk. datang 1-2 hari lagi, tapi saya bersikeras utk datang besok pagi karena 5 hari lagi saya akan berangkat tugas ke LN dan saya hanya khawatir kalau nanti copot lagi.

  164. By rony medan on Sep 22, 2011 | Reply

    trimakasih bnyk y mas buat informasiny yg sangt membantu saya,kebetulan saya ingin memasang behel skali lagi trimakasih, murah rezeki y bg,,,,,

  165. By icha on Sep 25, 2011 | Reply

    Beruntung bgt saya baca artikel ini. Jadi ga terjerumus untuk coba pasang behel yg murah. Makasih mas

  166. By indah on Sep 27, 2011 | Reply

    hy aku anak kecil boleh di bhel ga umur 10 tahun

  167. By dian retno on Sep 30, 2011 | Reply

    gigi aku renggang atau ada spacenya hanya dibagian rahang atas. Apa behel bisa buat gigi saya kembali rapih?
    Dan apa boleh jika saya hanya memasangkan behel untuk rahang atas saja?
    Tolong dijawab ya!

  168. By dewi bRoto on Sep 30, 2011 | Reply

    aq mw nanya ini drg.Vera slain klinik di cibubur ada tmpt praktek lain tdk? lokasi nya buat qu jauh banget cibubur gt. daerah jakarta ada gak? kl ada, di mana? aq mau datengin.
    trimz..

  169. By han fajri on Oct 1, 2011 | Reply

    aku mau tanya,,
    kan aku tuuh udah pasang gigi behel sekitar mau 7 bulan.tapik kayanya aku salh masuk spesialis gigi coz, bagian depan gigi aku yang bawah sama yang atas berbeda..
    apa bisa bagian tengah gigi atas dan bawah menjadi sama sejajar…
    kan kalo kalo gak sama jadi jelek tuu keliatanya…
    kenava bisa seprti ituu ya..
    sukron…

  170. By irfina sari on Oct 3, 2011 | Reply

    aq mau nanya nich,,,, apa perbedaan behel yang memakai kawat dan behel yang tidak memakai kawat,,,, serta apa fungsinya masing2???
    tolong jawabannya yach drg.vera

  171. By eby tri on Oct 4, 2011 | Reply

    Terima kasih info nya, ,
    sangat membantu sekali buat sy yg mau psg behel,kebetulan ada slh satu sepupu yg lg kuliah ngambil orthodontist.jd bs lbh irit hehe…

  172. By ning on Oct 6, 2011 | Reply

    infonya bener” mantap, sekedar sharing, saya pernah operasi gigi di BM fakultas kedokteran gigi di salemba 2 kali, operasi pertama tidak ada masalah, nah operasi ke dua ditangani oleh seorang dokter gigi y sedang ngambil spesialis dan operasi itu berhasil dengan biaya yang relatif murah (sebelumnya dikasih ancer” 5jt an di dokter sp.bm, namun setelah operasi selesai dan sampai sekarang (sudah 3 bulan)bibir/dagu bawah sebelah kanan masih kebas dan terasa sakit, kemungkinan urat syaraf tersenggol sewaktu operasi (kata dokter). jadi kalau boleh kasih saran mau pasang kawat gigi mendingan ke sp.ort aja deh, lebih mahal tapi lebih terjamin. thx

  173. By LILIN on Oct 6, 2011 | Reply

    Gigi saya yang dua di depan agak maju, klo di pasang kawat gigi apakah bisa mundur??? soalnya saya minder klo lg di ajak foto bareng teman-teman saya, jawab ya

  174. By putri ayu maharani on Oct 7, 2011 | Reply

    banyak ya ternyata pengetahuan tentang pemasangan kawat gigi .. saya pengen banget cepet2 pasang behel tapi banyak banget faktor yang menunda itu semua .dari mulai biaya untuk bisa pasang behel yang bener2 bagus ,terus saya ragu kalo punya 2 gigi graham kana kiri yang bolong apa bisa pasang behel ? tolong info dong buat yang giginya bener2 bermasalah kaya banyak gigi bolong itu ngaruh gak sih buat di pasang behel ? makasih dok

  175. By princes on Oct 11, 2011 | Reply

    saya ingin bertanya gigi depan saya agak maju kedepan . dan saya ingi sekali memakai gigi kawat . saya malu kita teman ” mengejek dan memasan gigi kawat yang tidak terlalu mahal khusus kota kalbar ,pontianak dmna sih ???

  176. By tie on Oct 12, 2011 | Reply

    saya mau nanya , saya di behel , tapi cuman buat fashion aja , tapi di gigi sebelah kiri saya sedikit gingsul , aku pake behel atasnya doang , terus gimana yaa ? kira kira efeknya

  177. By eka on Oct 16, 2011 | Reply

    Mas, di FKG UI Salemba ada Damon System gak?
    Makasiiii buat artikelnya, keren abiezzzzz…….

  178. By nadya on Oct 16, 2011 | Reply

    aku udah pake behel hampir satu setengah tahun. dan gigi ku di copot 2 buah, sekarang kata dokter gigi ku udah rapat, tapi pas sedang perawatan, gigi geraham ku bolong. dan jadi gak rapat. gimana ya solusinya?

    mau jawab pertanyaan teman teman di atas yang nanya kalo gigi nya bolong bisa pake behel atau enggak. kalo kata dokter aku sih bisa. buktinya awal aku pake behel, geraham ku bolong duluan. hehehe :D

  179. By ly on Oct 17, 2011 | Reply

    saya mau pasang behel tapi kata dokternya kemungkinan midline bagian atas geser ke kiri skitar 1 mili karena gigi geraham kiri saya dicabut..
    trs gigi geraham bawah kanan saya jg dah dicabut,,
    kalo saya pake behel bisa ga midline gigi atas dan bwah simetris???
    tolong dibls lewat email ya,,
    makasi

  180. By khoidi on Oct 20, 2011 | Reply

    gigi nongol di atas saja..gigi bawah saya rapi…
    apakah perlu sayapasang behel dibawah juga..mohon dokter balas..

    trus saya mau tnya kalau saya pasang spealis di dokter gigi orthi di jakarta tapi say tinggal diriau trus saya minta perawatan nya diriau dngn doker orthi gimna???

  181. By ORJIMARU on Oct 20, 2011 | Reply

    mau nanya… apakah kalo pake behel terus dlepas sendiri apakah itu berbaya karena saya da capek dengan behel ini, dan apaakah bener kalo pasang behel gigi itu berhenti tumbuh….. tidaak panjanag lagi

  182. By elsa dara on Oct 22, 2011 | Reply

    1)saya pengen banget di behel,tapi gigi graham saya ada yang lubang.bisa gak,kalo giginya gak di tambel dulu?
    2)apa bedanya gigi yang di behel pake karet sama gak pake karet?soalnya ada temen saya yang di behel tapi gak pake karet.
    3)kalo misalnya giginya udah di behel, terus sakit gigi, maka dari itu pengen di tambel giginya, nah itu gimana caranya?
    TOLONG DI JAWAB YAAA….

  183. By valent on Oct 22, 2011 | Reply

    makasi ya info nya mas. Saya pengen pasang behel, Apa ada rekomendasi dokter gigi di sekitaran daerah kalibata yang recommended? Saya dulu pernah pasang behel, tapi gak ngefek sama sekali mas. Kalo biaya yg spesialis orthodenti it sekitaran berapa ya mas? trus klo mau masang ke FKG UI itu ada syarat”nya gak mas? makasi ya mas

  184. By dewi on Oct 25, 2011 | Reply

    salam kenal mas,

    Mau tanya donk,
    1.apakah pemasangan behel sangat di perlukan molar band(cincin)dan apa efeknya jika tidak di pasang molar band tersebut…?

    2.keluhan gigi saya (gingsul di belakang)yang lainnya sih rapi-rapi aja,hanya gingsul tersebut mau di majukan sejajar dengan gigi depannya.melihat ada rongga di samping kedua gigi depan atas,maka di beri sejenis “per” agar dapat merenggang sesuai lebar gigi tsb.yang mau saya tanyakan “apakah pemasangan per tsb bisa membuat gigi saya maju (tonggos) mengingat gigi saya tidak ad yg di cabut.

    Mohon jawabannya mas…thkz sebelumnya. :)

  185. By Amy on Oct 31, 2011 | Reply

    Mau nanya dong… Kalo saya pasang behel di sini, apa bisa perawatan bulanan-nya di Amerika? Kalo seandainya bisa, apa saja info yg saya perlu bawa dari ortho di sini untuk ortho di sana? Terima kasih yaa, mas.

  186. By nana on Oct 31, 2011 | Reply

    dok, mau tanya. Saya pernah tanya, katanya kalau rahangnya miring ke depan/ monyong, tidak bisa di perbaiki kecuali potong rahang, apakah hal itu benar? akan tetapi giginya bisa dirapikan/diratakan tetapi rahangnya tetep saja monyong tidak bisa ditarik ke belakang? apakah hal tersebut benar? trims

  187. By Putri on Nov 3, 2011 | Reply

    Siang menjelang sore Bpk ma Ibu Dokter…\(´?`)/

    Konsultasi gigi n minta info-nya y Dok :
    1. Kn sy dah pernah psg bracket ga2l gtu cz sering lepas sndr n tnpa sdr ad yg ktelan jg bracketx pas lg mkn gtu dok. Mnta lepas kdokterx mlah gk dksi trz ad jg bbrp gigi geraham yg bolong tp br 1 yg dtambal mlah abses trs dok. Sy brenti dr drg itu cz krg tndakan lnjt dg gigi sy.
    Frustasi jg seh dok cz biji bracketx blm lpas dr gigi trs jdi ad retakn jg d gigi sy skg n mulut jg jdi bau cz bau anyir darah nanah dri gigi sy dok. Sy gk brani lg k drg, trauma gtu. Tp dgr tmn blg bkal ad efek kalo biji bracket gk dlpas cpt ma drg. Tp sy kburu sdih cz dah byr mhal n susah pyah nyicilx tp hsilx mnyedihkn n bwt sy jdi gk pede kalo ngmng dg org. Sy hrs gmn yax dok? bisa ksi pencerahan ttg gigi sy dok.. Sy ingin konsultasi benar mngnai gigi sy.

    2. Dg kondisi gigi sy skg apa msi memungkinkn utk psg braket lg dok? Cz sy mrs gigi sy dah ancur jdix..
    Mgkn sy bs share foto gigi sy kalo dokter ad email?

    3. Kalo mmg msi bs psg braket lg, bisa gk dok sy dpt drg yg kompeten n dg biaya yg bs dcicil, cz sy ingin gk ad mslh nntix dg kshtn sy dok.

    Mohon tanggapannya y dok. Trims n maap kalo ad slh kta.

  188. By sinta on Nov 3, 2011 | Reply

    Pemasangan kawat gigi untuk rahang maju efektif atau tidak??
    dan usia pemakai saat mau d pasang diatas 23 tahun???
    mohon sarannya …
    trims..

  189. By tyu on Nov 4, 2011 | Reply

    drg.Sp.ort d Kediri ada ga?
    saya pengen konsul dan pakai behel
    Thanks

  190. By Fajar on Nov 5, 2011 | Reply

    kalo giginya ngak lengkap bisa ngak di pasang behel???

  191. By jaar on Nov 5, 2011 | Reply

    kalo klinik (Harga Kampus) di UGM dimananya ya?? trus buka kapan aja??

  192. By alvin mangarahon on Nov 6, 2011 | Reply

    gw..pengen masang behel karna gigi bawah gw yang agak berantakan…tapi katannya sakit rasanya ? saat pemasangan benar ga sih jadi bimbang nih gw? terus bagaimana cara mengatasi kebimbangan gw ini?

  193. By alvin mangarahon on Nov 6, 2011 | Reply

    emm…gw pengen masang behel tapi kata temen gw sakit saat pemasangannya benar ga sih?

  194. By lia on Nov 10, 2011 | Reply

    mw donk infonya mengenai prosedur pemasangan gigi di kampus UI seperti yg mas ceritakan…thxs

  195. By lia on Nov 10, 2011 | Reply

    soalnya gigiku parah banget…
    akibat hobi ngenyot jempol dari kecil sampe sma, trus males sikat gigi n’ gemar makan coklat. sekarang dah banyak yg dicabut dan bolong-bolong… klw mw ke orthodontis ga kuat ma harganya…makanya mw info yg di kampus UI. tolong ya mas infonya, thxs a lot…

  196. By Fifi on Nov 11, 2011 | Reply

    saya mau nanya…
    alamat klinik Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Orthodonti itu dimana yah?
    Trus, saya tinggalnya di Jakarta Selatan, itu kejauhan gak?
    terima kasih

  197. By raizodanz on Nov 11, 2011 | Reply

    sy mw tanya, di dr. spesialis orthodonti bisa menangani pembersihan gigi yg agak kotor/berkarang sebelum dipasangkan behel??
    apa harus ke dr. gigi biasa dulu utk membersihkan gigi, baru ke spesialis ortho utk pemasangan behel???

    thx..

  198. By rendy on Nov 14, 2011 | Reply

    wah, boleh minta alamat klinik istrinya gak gan dan alamat e-mail sekalian ya? saya sedang mencari dokter gigi nih di sekitar jakarta barat, saya tinggal di kemanggisan, kemudian ama estimasi harga pemasangan behel berapaan ya ?
    thnx, boleh reply ke e-mail langsung saja. saya sangat menunggu balasan dari anda, thnx :)

  199. By erin on Nov 15, 2011 | Reply

    Mas.. saya mau tanya.. jadi beberapa minggu yang lalu, saya ke drg. Saya juga sudah diminta rontgen panoramic dan cephalometri. namun, katanya tulang gigi atas dan bawah saya terlalu rapuh, ditakutkan apabila saya memakai kawat untuk memundurkan, gigi saya bisa jebol. Lalu, saya disarankan untuk pergi ke FKG Trisakti dan UI. Saya bingung, apakah memang benar” gigi saya tidak bisa dipasasngkan kawat karena menurut dokter saya sangat beresiko, bukannya memperbaiki malah merusak? Lalu apakah kalau saya pergi ke FKG UI dan Trisakti itu aman? Karena resiko nya tinggi, saya takut apabila calon dokter spesialis yang menangani saya.. :( Tolong sarannya. Terima Kasih

  200. By armita on Nov 21, 2011 | Reply

    mau nanya, klo udh selesai perawatan kn pake retainer tuh y, harganya skrg kira2 brp y? trus biasanya d pake berapa lama? thanks.

  201. By doni on Nov 22, 2011 | Reply

    pak,saya ingin berencana memasang behel gigi di bagian atas saja,karena gigi saya agak miring ke kanan. tapi gigi saya sudah tidak utuh yang bagian atas. apakah pengaruhnya nanti bila sudah selesai pasang kawat gigi? dimana universitas yang bisa melayani foto rontgen rahang dan panoramik ya..makasih

  202. By alex on Nov 22, 2011 | Reply

    saya mau tanya.. rencananya saya mau pasang behel, tp harus mencabut 4 gigi. Kalo tidak salah gigi geraham kecil di belakang gigi taring.. yang saya mau tanyakan apakah memungkinkan mencabut gigi geraham kedua di belakang gigi taring, mengingat gigi tersebut rusak dan berlubang? meskipun nanti hasil merapikan giginya tidak maksimal. Karena gigi geraham kecil di belakang gigi taring kondisinya masih bagus. Mohon dengan sangat di jawab secepatnya.

  203. By Christine on Nov 23, 2011 | Reply

    Siang, saya mau tanya, apakah behel lepas pasang ada pengaruhnya? saya mau memasang behel, tetapi yg tidak terlalu terlihat, menurut dokter, behel apa yang harus saya pakai? Trims

  204. By sasa on Nov 25, 2011 | Reply

    saya mu tanya harga behelkan da yg 5jt tapi itu dah atas ma bawah kah???????????????????????????

  205. By lala on Nov 26, 2011 | Reply

    bener ya, ga ada batasan usia ? umur saya baru 10 tahun tp kata dokter nya malah umur 12 tahun ?

  206. By mega on Nov 28, 2011 | Reply

    gigi geraham saya yg dipakai cincin sering terasa sakit banget kt Sp.Ort yang menangani saya itu akibat ada poket didalam cincin pdhl saya sikat giginya sudah bersih, knp msh sering terasa sakit,?

  207. By Anita on Dec 3, 2011 | Reply

    Saya mau tanya..
    Saya sekarang dalam masa perawatan, pakai behel hampir 1,5 tahun. Saya bandingkan, sebelum dan selama pakai behel ada banyak perubahan. Salah satu perubahan yg jelas terlihat yaitu pada wajah. Sebelum memakai behel, pipi saya tembem, selama pemakaian sampai sekarang pipi saya berubah jadi tirus dan agak kempot. jadi terlihat seperti ibu-ibu dan kyak orang yang sakit. Padahal Saya masih muda. Saya agak risih dan kurang Pede dengan kondisi ini. Saya kepengen pipi saya berisi lagi (terlihat tembem), Tips nya apa ya??? Mohon dengan sangat dibalas secepatnya. Terima Kasih.

  208. By Ririn on Dec 3, 2011 | Reply

    apa boleh saya memakai behel seumur 10 tahun ? :/

  209. By amoet utha on Dec 6, 2011 | Reply

    kalo behel yg cocok bwt cowo behel yg gmna ???

  210. By deiiya on Dec 7, 2011 | Reply

    kemarin ibu saya di tawarkan behel se harga 1,7 … apakah aman dan menjamin????

  211. By desi on Dec 10, 2011 | Reply

    kalo harga harga pasangan behel kira kira yang menjamin berapa ya? min 5 juta ?di bawah 5 juta nge jamin ga? mksh

  212. By maya on Dec 20, 2011 | Reply

    saya sdh trlnjr pasang behel di tukang ahli gigi pinggiran dok, n bodohnya saya baru tau bahaya itu smua:'( jd gimana dok? ?:'(

  213. By dini on Dec 20, 2011 | Reply

    asalamualaikum .
    pak saya ada rencana mau d behel . trus saya sering sariawan ampir sminggu sekali . trus saya denger2 klo d behel itu sering bnget sariawan . apa ya solusinya ?
    trus gigi saya kn gingsul ga rapi bnget kira2 brpa lama klo pngen rapi ?
    trs harganya mahal ga ? ktnya kn trgantung jnis ggi nya ?
    trus klo misalkn uddah rapih giginya apa behelnya bisa d copot ga ?|
    mohon jawabannya .

  214. By Rizky Ef on Dec 20, 2011 | Reply

    Permisi
    Saya mau numpang tanya,sekitar seminggu yg lalu saya mengalami kecelakaan,,gigi saya yg depan atas bawah sakit & mengeluarkan darah,,,ternyata saya coba goyangkan pakai tangan goyang tp klu pkai lidah tidak
    Yg saya tanyakan bagaimana caranya gigi saya ini supaya tidak goyang lg?
    Klu bisa sih jangan di cabut
    Umur saya msh 17thn soalnya
    Ada 4 gigi yg goyang
    Berada di bagian depan atas & bawah
    Tolong bantu saya tuk cara mengatasinya selain di cabut,please…

  215. By By Lisa on Dec 21, 2011 | Reply

    ada salah satu lem behel saya lepas, apakah itu mempengaruhi besi2 yg lainnya ?? mksh ;)

  216. By Hannah on Dec 21, 2011 | Reply

    waktu saya sikat gigi ada salah satu besi behel saya lemnya lepas, dan besiyang memangjang itu bengkok , tapi saya perbaiki dgn tgn saya sendiri ternya kembali seperti smula tetapi lemnya masih lepas. apakah itu bermasalah ??? respon yah :D thks;)

  217. By sagita on Dec 24, 2011 | Reply

    Gmn y,sy mau psg behel krn gigi depan atas saya sdkt menonjol.Tetapi gig depan yg akan saya pasang kawat ada yg palsu satu,kira2 bisa gk ya.

  218. By hotmartuamuda nst on Dec 28, 2011 | Reply

    maaf ya sebelumnya ,,,saya sudah terlanjur pasang behel sekitar 1 juta yg sedang promosi di radio tempat saya,yg ditangani langsung dr dr,gigi UI,,disini sama sekali tidak ada pengukurn gigi sebelumnya,langsung pasang dan memekan waktu 3 jam.jd yg saya tanyakan,,apabila behel di buka apakah gigi kita berbekas dari pemasangan,,dan adakah cara lain agar gigi kita itu normal kembali ( tanpa ada bekas behel /limeniting dari behel ) tersbut,,,

  219. By dea on Dec 28, 2011 | Reply

    bisa gak pake behel kalo ada 2 gigi sarung nya?

  220. By Sofianisa on Dec 29, 2011 | Reply

    Bagian bagian behel tu apa aja ?
    Trus Damon,Metal,Porselen,itu bagian apanya ?
    Kalo giginya masih belum lengkap gmna ?

  221. By Amalia on Dec 29, 2011 | Reply

    hallo mas refi, saya mau tanya untuk pasang behel di FKG UI bayarny berapa yah?
    apakah bisa dicicl juga,soale dana terbatas.
    makasih bnyk yah mas untuk infonya..:)

  222. By Rere on Jan 1, 2012 | Reply

    dok… saya punya masalah m gi2 ney..
    baru 3 minggu saya abiss kecelakaan gigi seri saya ilang satuu…
    waktu ituu saya masih pakai behel.. sekarang saya ompong, doktr gi2 saya menganjurkan untug pakai gigi palsu..
    tapi saya merasa risihh dok..alna gigi plsu na yg bongkar pasang..
    bisaa g saya lanjudkan pakai behelna.. gi2 yang onpong ituu trtutupi g dok..
    alna saya g mau pakai yg palsu2..
    Sekarang saya merasa g pd dok..
    ksi solusi ya dok..
    t4..

  223. By Anis on Jan 3, 2012 | Reply

    Assalamualaikum mas.
    makasih infonya sangat berguna.

    mas dulu waktu sd saya pernah pake kawat gigi lepasan. tapi sekarang setelah lulus SMA saya baru merasa kalau gigi saya masih perlu kawat karena gigi atas hampir seluruh nya menutupi gigi bawah (deep bite)
    waktu saya konsultasi lagi ke dokter yg dlu pasangin kawat, (yg kebetulan bukan sp ort karna waktu kecil saya ga ngerti harus ke sp ort)
    dokternya bilang gigi nya tidak perlu lagi pakai kawat karna semua giginya sudah mengunci.
    tapi saya masih suka terganggu dengan gigi deep bite saya karena berkesan terlalu nampak gigi depan atas nya.
    apakah memang kasus seperti saya tidak bisa dikoreksi lagi gigi nya?
    mohon balasannya.
    terima kasih :)

  224. By dodos on Jan 4, 2012 | Reply

    apakah bahan yg digunakan tukang gigi dengan dr gigi berbeda..atau anda mempromosikan istri anda vera……haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  225. By by: anggia on Jan 5, 2012 | Reply

    gimana ya kalau masaih banyak gigi susunya tapi udh di pasang behel boleh gk ya??? aku msh kls 6 sd blh gk ya apa nanti tunggu SMP aja???

    terima kasih :D

  226. By arin on Jan 6, 2012 | Reply

    gigiku gingsul dok
    apakah perlu dicopot apa nggak dok ?

  227. By aldi edo on Jan 9, 2012 | Reply

    Assalamualaikum,saya ingin tanya,saya ingin memasang behel tapi mata saya sudah min dan silinder tinggi,lantas apakah saya tetap bisa memasang behel????

  228. By chici on Jan 13, 2012 | Reply

    sya sudah memakai behel selama 6bulan dok ,
    menurut saya gigi saya sudah berubah lebih baik ,tetapi ketika saya ingin melepasnya
    dokter tempat saya memasang behel bilang , klo untuk mempertahankn nya butuh waktu lebih lama lagi ..
    kira-kira saya butuh waktu berapa lama lagi dok , buwat mendapatkan hasil yang maksimal ?
    makasih

  229. By muhammad taufik on Jan 13, 2012 | Reply

    Dok,, mau nanya kalo mau psng behel tpi gigi atas dpanx ada yg copot stu,,
    gmna tu dok msh bsa ngak psang behel?
    trus mkan waktu brapa lama kira2?

  230. By hamzah on Jan 14, 2012 | Reply

    temenku mau pasang behel,,atas bawah,,tapi dia pakai gigi palsu , kalo gag salah gigi seri nya yg atas, itu tetep bisa pakai behel gak yah ?

  231. By mitha on Jan 14, 2012 | Reply

    Saya mau tanya nih pak? Apakah ibu hamil boleh pasang/ memakai behel? Apakah berpengaruh atau ada efek samping nya kpd si jabang bayi…? Tlong di jawab ya pak, terima kasih.

  232. By May on Jan 14, 2012 | Reply

    sore dokter…
    saya mau tanya kalo bersihin karang gigi itu sakit gak?dan mahal gak?
    terimakasih dokter…

  233. By ranita on Jan 15, 2012 | Reply

    saya kan mau memasang behel, gigi yang d cabut ada 4 namun kemrin dokternya bilang bagaimana kalo pasang behel dulu baru di cabut, apakah itu bagus ? dokter ini lagi KOAS

  234. By Nining on Jan 15, 2012 | Reply

    mlm mau ikutan tnya donk,,
    kbetulan aku udah psang behel 3 minggu ini,, sma dokter gigi biasa,tp dia ikutan praktek d klinik gigi terkenal juga,sya psang d rumahnya..
    tapi stelah bca bnyak artikel jadi tkut mlahan,,trus lbih baik sya gmna untk mndapat hasil yg maksimal..??
    trima kasih sblumnya

  235. By onggal on Jan 19, 2012 | Reply

    pertanyaan saya yg plg mendasar yaitu: yg mana diluan dihasilkan,teori atau praktek.
    untuk itu apakah teori hanya bisa didapat di kampus atau disekolahan saja?
    bukankah dokter gigi biasa juga mempunyai ilmu dasar ortodonti?
    tulisan anda ini kurang menarikkrn menjelek2ka temansejawat….
    kalo mau iklan bukan gini caranya. seharusnya tehniker yg perlu diberantas bukannya dokter gigi….
    bukankah dokter spesialis hanya melakukan pendalaman dari ilmu dasar?

  236. By SITI on Jan 19, 2012 | Reply

    HALO MAS ZIKRI,,

    TRIMA KASIH BGT INFO NYA SGT M’BNTU..
    SAYA SE DA RNCNA MAU PASANG BEHEL TAPI JD RAGU GARA2 BACA BLOG NE,, SAYA UDA KONSULTASI KE DOKTER GIGI D RS AL,, TAPI SAAT SAYA TANYA DY BLG DY BKN DR ORTHO,, JD SY RADA NGERI PASANG D’SNA,, KRNA MAS BLG ITU GAG BS D’PERTANGGUNG JWBKN HASIL NY..ITU GMNA Y ?? PDHAL KN DY PRAKTEK NY D RS..
    SAYA GAG MAU PASANG BEHEL KALO HASIL NY DIRAGUKAN PA LG SIA2,, HILANG UANG DAN WAKTU
    APA KAH SAYA SEBAIKNYA MENUNGGU DANA YG CKUP TUK PSANG BEHEL SAMA DR ORTHO ??

  237. By helen on Jan 19, 2012 | Reply

    MAU TANYA NIH,KALAU GIGINYA MAJU BUTUH DI BEHEL GAK????

  238. By tiesa on Jan 19, 2012 | Reply

    thanks ya atas infonya dokter… pas banget saya mau behel gigi…
    semoga sukses selalu buat dokter.. terima kasih.

  239. By Dhita on Jan 21, 2012 | Reply

    bleh tanya yaa ??? saya msh kecilumur 12 tahun gigi saya gingsul di depan dan sya kurang PD kalo ketawa. bolehkah saya memakai behel ? tetapi menurut Drg tempat sya kontrol tdk perlu memakai behel…tp gigi saya yg gingsul itu tdk rai rapi. apakah sakit jika memakai behel ???

  240. By Aulya on Jan 23, 2012 | Reply

    Saya pengen banget pasang behel. tapi masih ragu. Sakit apa enggak ya waktu pemasangannya?

  241. By yuneta on Jan 24, 2012 | Reply

    saya mau nanya,,bisa nggak masang kawat gigi untuk gigi yang di atasnya saja dan depannya saja,? soalnya yang disitunya saja yang berantakan,,trus kendalanya kurang biaya juga!!

  242. By nela on Jan 24, 2012 | Reply

    saya nela dari padang,dokter bisa nggak pasang behel gigi untuk gigi seri saja?tapi gigi yang diatasnya saja!! dan berapa kira2 biayanya dok?

  243. By maida on Jan 24, 2012 | Reply

    saya memasang behel… padabehel tersebut ada sambungan behel digigi graham, sambungan belakang behel dekat graham terlepas dan tertelan oleh saya… berbahayakah itu dok..?

  244. By indy on Jan 26, 2012 | Reply

    Bagaimana perawatan2 yg harus dilakukan untuk gigi yg dibehel? dalam jangka waktu lama gigi menjadi kekuningan karena sela2 yg sulit dijangkau. Mohon balasannya.. Trims…

  245. By Santi on Jan 27, 2012 | Reply

    2 minggu lalu saya lepas behel disuru dokternya. Bodohnya saya menurut saja, padahal masi ada kemiringan. Uda saya blg ke dokternya tapi dia blg ga papa. Lalu setelah dipasang retainer kawatnya jd tidak pas karna kemiringan tsb dan gigi lain jadi bergeser karna punya ruang. Apa saya bisa menuntut dokternya untuk pemakaian behel kembali?

  246. By dhilla on Feb 11, 2012 | Reply

    klo posisi rahang bawah sudah bergeser resiko apa yang didapat jika ingin memasang behel??

  247. By warsan on Feb 12, 2012 | Reply

    sy mau tnya, kalau gigi agak maju bisa d perbaiki gk, setelah pasang gigi kawat

  248. By Dali on Feb 14, 2012 | Reply

    Dok, rahang atas saya mengalami pergeseran. dikarenakan Pola kunyah yang salah yang cenderung ke kanan.jadi menurut seorang spesialis Bedah Mulut, sya diharuskan pakai Behel. meskipun sebenarnya sya lebih memilih untuk tidak memakai behel.
    pertanyaan sya: adakah solusi alternatif lain selain pakai Behel, dok?
    bagaimana dengan penggunaan Splint? apakah splint bisa membantu?apa fungsinya?
    Terimakasih banyak atas jawabannya.

  249. By melati :) on Feb 15, 2012 | Reply

    hello,mau tanya dong kalau msh banyak gigi susu apakah boleh pasang behel?

  250. By alvi on Feb 16, 2012 | Reply

    gigi saya tidak beraturan apa saya bisa pasang behel gigi ,,, ???
    tolong di jawab yah

  251. By Desi on Feb 23, 2012 | Reply

    saya mau tanya, ada salah satu rekan saya yg mau pasang behel di gigi bagian atas, dikarenakan ada gigi yg renggang di bagian atas depan giginya. apakah penggunaan behel itu bisa mempengaruhi gigi yg renggang tersebut bisa rapat kembali ? dan apabila memang bisa dilakukan, berapa lama pemasangan behel terebut bisa dilakukan sampai gigi menjadi rapat ??

  252. By riri on Feb 26, 2012 | Reply

    saya mau tanya, saya berencana memasang behel di dokter spesialis ortho. dia sedang promo bulan februari, pasang behel 2,5 juta atas bawah serta free kontrol 2 bulan. Kira2 bisa dipercaya nggak ya kualitasnya? mohon bantuannya.

  253. By henrie on Feb 28, 2012 | Reply

    saya punya ponakan, umurnya 9 tahun, giginya berantakan, gigi atasnya tampak cenderung miring ke arah dalm, gigi taring bawah mulai muncul dan kelihatannya ga cukup di mulutnya, sy takut bila dibiarkan lebih lama giginya akan tambah berantakan karena ukurannya yang besar padahal anaknya kurus, kapan sebaiknya dilakukan perawatan behel untuk ponakan saya ini? kesiapa saya harus menghubungi dokter gigi, karena saya sempat mendengar adanya dokter gigi spesialis gigi anak, apa boleh kesana? apa mereka berkompeten untuk memasang perawatan behel ini? sebaiknya kasus seperti ini dirawat oleh siapa?

  254. By christine on Mar 3, 2012 | Reply

    mas,saya menggunakan braket sejak 2007 sampai sekarang. saya mau tanya:

    1. jarak ideal gigi depan atas sama bawah brp mm? sampai brp mm baru bisa dikatakan perlu memakai kawat gigi? krn sy merasa gigi depan atas sy msh terlihat maju.mohon dibantu krn saya tinggal di pedalaman yang tidak ada drg sp.ort.krn itu jg sy pasang cekat sama drg yg kt beliau sdh dpt pelatihan khusus utk kawat gigi

    2. tp keluhan sy skrg, rahang kiri bunyi klek jika dibuka lebar2 dan kata drg itu hal biasa dan itu mgkn krn tulang rawan nya kering dsb.

    3. spt mbak anita diatas, saya merasakan perubahan pada pipi. dulu pipi sy tembem dan skrg jd kelihatan turun / kempot. jelas sekali perbedaannya. mohon dijawab makasi sebelumnya

  255. By aimee on Mar 3, 2012 | Reply

    saya merencanakan akan memasang bracket, bagaimana caranya saya mendapatkan referensi dokter spesialis orthodentic yang baik di UI karena ada banyak sekali dokter gigi disana. trims

  256. By nisa on Mar 8, 2012 | Reply

    tarif normal pasang behel berapa ya? yang aman

  257. By ipul on Mar 8, 2012 | Reply

    apakah boleh orang memakai gigi palsu menggunakan behel

  258. By april on Mar 10, 2012 | Reply

    aku mau tanya,apa dampak positif bagi pemakai behel yang buat fashion ajah,dan juga dampak negatifnya

    aku mau tanya lagi,kalau saya pakai behel apa nanti bibir saya menjadi agak maju…???

  259. By Lema on Mar 14, 2012 | Reply

    Mas zikri saya pasang behel setahun. Sebelum dipasang behel kondisi gigi saya salah satu gigi seri atas saya itu dilakukan PSA dan telah menjadi gigi mati serta berwarna keabu abuan, nah tambalan gigi mati itu sudah aus, nah perlukah gigi saya dicrown krn sy ngga pede dengan warnanya, serta apakah selama masih ada behelnya ngga bisa ditambal gigi seri saya yang aus ini. saya udah kedokter dan masing masing dokter jawabannya beda beda, ada yang suruh dicrown, tapi dokter yang lain bilang nggak usah dicrown krn sayang jika dicrown maka gigi akan di perkecil. saya jadi binggung mana yang harus saya percaya. trims.

  260. By riny on Mar 16, 2012 | Reply

    kalau masang behel, untuk kumur-kumurnya harus khusus atau boleh dgn air putih saja ?

  261. By retno on Mar 17, 2012 | Reply

    saya udah pasang behel kira2 setahun yang lalu, tapi ada masalah. gigi bawah saya sekarang rata2 goyang semua.jadi sama dokternya ga di kasih kawat, cuma pake ligatur yang katanya biar ga tambah goyang. yang pake kawat cuma atas aja. tapi sudah 6bulan lebih gigi bawah saya sampe sekarang ga kuat juga alias masih goyang. semua yang disarankan dokter udah saya lakukan misalnya dengan kumur batadine, tantum verde pijet gusi ke arah atas, kasih obat fordenta gel n rajin bersihin karang. tapi ga ada hasil juga. apa yang harus saya lakukan sekarang? kayaknya dokter saya juga bingung ni,,, terimakasih…..

  262. By nana on Mar 19, 2012 | Reply

    sore.. mo nanya, saya pernah cabut geraham kecil di kanan atas dan bawah. apakah memungkinkan pasang behel tanpa cabut lagi gigi di kiri atas dan bawah? apakah bisa mungkin simetris midline nya setelah selesai pasang behel?
    bila memang mesti dicabut, apakah boleh cabut geraham besar bukan geraham kecil, mengingat geraham besar di kiri bawah sudah ditambal besar, mahkota tinggal 1/3 dan dulu dipasang pin di tengahnya, syaraf nya pernah perawatan.
    geraham bungsu kiri atas dan bawah belum muncul, yg kanan sudah dioperasi keduanya. apakah akan ada efek bila dipasang behel?

    saya senang ada blog ini yg memberikan info yg lengkap.
    bisakah jawabannya juga dikirim by mail?
    terima kasih banyak.

  263. By Titya on Mar 20, 2012 | Reply

    dok, mau tanya sy ingin gunakan behel tapi gigi seri sy yang diatas di cabut karena kecelakaan dan gunakan gigi palsu. Sedangakan sy ingin memperbaiki gigi rahang atas sy yang agak maju ke depan. Apakah bisa dok pakai behel jika ada gigi palsunya? hehehe

  264. By Ranti on Mar 23, 2012 | Reply

    saya ingin memasang kawat gigikarena gigi saya tidak rapi tetapi saya khawatir..
    apakah gigi belakang saya akan di cabut..??

  265. By Prida on Mar 30, 2012 | Reply

    Assalamualaikum,,,

    Mw tanya nih, rahang sya yg bawah kan agk maju. Sya udh pke behel, tp bkn di spesialis ortho.soalnya saya g tau dr spesialis disini&klo jrak`y jauh takutnya telat kontrolnya.
    ~sya mohon info drg spesialis ortho di daerah purwakarta atw daerah cimahi,agar bisa dijangkau
    ~Klo pk karet power chain itu fungsinya gmn:?

    Makasih sebelumnya, :-)

  266. By Yuni on Mar 30, 2012 | Reply

    Gigi saya sompel yg depan nya dikid.
    Jadi saya mau supaya rata lagi.
    Harus gimana dok?

  267. By ani on Mar 31, 2012 | Reply

    makash tas infrmasinya… berguna bnget,

    sya pnya msalah sama gigi sya yang atas depan, posisinya ekstreem nie yaitu gigi depan atas saya sbelah kirinya mju hmpir 1 cm.krna itu sya jdi krang PD ni klo bcara sma tmen2 sya.. sya bngung sat nie sya msh skolah 2smk,maunya sih cpet2 psang kwat gigi.tpi blum dha biayanya. niatnya nanti klaw udh krja.. kira2 dngan keadaan gigi sya di atas proses prawatannya brapa lama y????

  268. By fuzhy nie anty on Apr 6, 2012 | Reply

    salam kenal, mau nanyya nech mas saya pke gigi tiruan satu di dpn bsa ga saya pasang behel? truz geraham nya jga dah dicabut krna berlubang. makasih ditunggu jawabannya lewat email ya.

  269. By thisa on Apr 9, 2012 | Reply

    dok,saya mau tanya saya udah pake behel pasangnya di dokter gigi spesialis orthodonti tapi saya udah tidak pertemu dokter tuh karena saya pindah rumah sangat jauh nah akhirnya saya ganti karetnya didokter dipinggir jalan.tuh apakah bisa rapi dok?

  270. By chani on Apr 17, 2012 | Reply

    mau nanya memang berapa yah biaya pasang dr awal smpe akhir di drg. Vera Susanti Z, Sp.Ort
    atau pasang behel di spseialis ort UI
    thanks

  271. By patpitput on Apr 20, 2012 | Reply

    Dear Drg. vera, kalau di anda, biayanya brp ya?terima kasih.

  272. By anton on Apr 21, 2012 | Reply

    mas brp tarifnya

  273. By diva on Apr 22, 2012 | Reply

    gigi kanan atas saya gingsul kebelakang, trus bisa diratain ga yah ? pake behel apa ? tolong bantu yahh.. makasih

  274. By yanie on Apr 24, 2012 | Reply

    mau tanya nieh, sy sudah pasang behel gigi di dokter gigi spesialis, sbnrya yang bermasalah hanya gigi bagian atas, tapi gigi yang bagian bawah juga ikut dibehel, trz malah gigi bagian bawah yang nggak bermasalah awalnya, kini kok jadi numpuk ya gigi yang bagian tengah, jd nggk bagus, trz gmn biar nggak terjadi numpuk sprti itu dok ???

  275. By Sevolcire on Apr 24, 2012 | Reply

    Dear all, mau share aja nih.. hari minggu kemarin (22 April) sudah tayang program reportase investi gasi di Trans TV mengenai jebakan kawat gigi murah (memasang behel di tukang gigi). Bagi yang kelewatan, rekamannya bisa disaksikan di
    http://www.youtube.com/watch?v=fSwRAZqd_ec&feature=youtube_gdata_player

    Rekamannya ada 3 bagian yah.. Happy watching

  276. By rta on Apr 28, 2012 | Reply

    mas Zikri, info nya sangat membantu, terimakasih banyak.

  277. By sarah on Apr 30, 2012 | Reply

    apakah setelah kita melepas behel, gigi kita akan dikikir utk merapihkan posisi tinggi gigi kita, krn ada org yg setelah lepas behel giginya rapi dan rata tinggi giginya, tetapi ada juga yg tidak, mohon infonya. Thanks

  278. By hani on May 3, 2012 | Reply

    dok, gigi atas kiri sy sdh tanggal( no 4 dr gigi seri atas), gigi seri yg nomor berapakah (atas kanan) yg hrs dicabut jk ingin menggunakan behel, agar hasilnya simetris?

  279. By titis on May 5, 2012 | Reply

    makasih atas infonya…
    akhirnya saya sekarang sudah memasang behel sejak 3 hari yang lalu di klinik fkg Unair.

    yang saya tanyakan, bagaimana jika saya menyikat gigi lebih dari 3 kali sehari menggunakan pasta gigi, mungkin saya belum terbiasa jadi setiap makan sedikit kepngin membersihkan gigi terus karena takut ada karang gigi juga siiih.. bagaimana efek jika saya sering menggunakan pasta gigi???

  280. By bella nissa on May 5, 2012 | Reply

    mau tanya donk, kalau gigi yang didepan dekat gigi kapak/besar ompong trus mau pasang behel bisa gak? soalnya gak bakal tumbu lagi. tq

  281. By Anis on May 12, 2012 | Reply

    Jika gigi taring memang mustahil dicabut, sedangkan tidak memungkinkan ada ruang kosong di daerah gigi depan maka gigi yang harus dicabut gigi gerahamkah?

    thanks..

  282. By valen on May 20, 2012 | Reply

    saya masang behel awalnya hanya untuk fashion, saya pake behel atas saja slama 3 bulan 14 hari di ahli gigi. kemarin baru dilepas. pas dilepas gigi saya malah ada bekas lem lem nya gitu . itu bisa ilang ga sih kira” ,lalu gigi saya malah goyang ngilu,bahkan saya rasa malah tambah maju.kira” bisa normal lagi gak? wktu hari jum’at yg lalu saya ke dokter,kata dokter sbenernya malah gigi bawah saya yang harusnya dirapihkan , terus katanya biar nanti giginya sama” ditarik biar rapih lebih baik pasang atas bawah , saya mau pasang atas bawah tapi saya masih takut sama gigi bagian atas karna masih goyang.apa bermasalah nantinya kalau gigi atas dipasang behel lagi ? tolong jawab ya . thanks.

  283. By muza on May 21, 2012 | Reply

    mw tanya , gigi depan rahang atas ku besar-besar dan maju ni, ,kira2 kalo pasang behel bisa rapi gag ya? soal nya saya kurang pede ni, , trima kasih

  284. By Devi on May 27, 2012 | Reply

    Saya mau tanya, smpe saat ni drg. Vera Susanti T, Sp.Ort apa masih buka praktek di Kota Wisata, Cibubur?

  285. By Errie on Jun 3, 2012 | Reply

    Saya mau tanya..apakah ada dokter Orthodontist di daerah Tangerang yg direkomendasikan Dr.Vera
    tolong yah dibantu yah… soalnya k cibubur terlalu jauh.. :)

  286. By Errie on Jun 3, 2012 | Reply

    Saya mau tanya..apakah ada dokter Orthodontist di daerah Tangerang yg direkomendasikan Dr.Vera
    tolong dibantu yah… soalnya k cibubur terlalu jauh.. :)

  287. By Vie on Jun 5, 2012 | Reply

    Dok, saya punya kasus gigi taring saya dicabut waktu masih kecil 13thn, karena tmbuhnya nembus daging/gusi.. sekarang saya uda umur 24tahun.. jadi gigi tengah saya ga pas di tengah karena bergeser ke kiri ke tempat bolongan gigi taring saya, oleh karena itu saya pasang behel..trus saya dipaksa untuk masang di dokter gigi kenalan mama saya,, skarang sudah 1tahun , gigi saya uda mulai rata, tapi yg bagian atas masih ada ruang kosong.. malah jd kosong digigi kelinci saya kae madona gitu -_-a.. nah dokter nya kasih option mau cabut 3 gigi (2 gigi bawah dan 1 gigi atas di sebelah taring), atau di kikir tapi bakal pasang gigi palsu.. tapi saya ga mau pilihan itu 2 2nya.. apakah kalo di drg sp.ortho bisa mendempetkan lagi gigi saya ke tengah dan bolongannya di geser aja? thx

  288. By olin on Jun 7, 2012 | Reply

    saya uda pake behel 2thn di dentsmile, drg.sudharmono.ort …puji Tuhan berhasil paaasss bgt 2thn. Pake behel itu DIJAMIN BERHASIL kalo kamu ke ORTHODENTIST,bukan dokter gigi biasa apalagi ahli gigi. Pakei behel itu ga bisa sembarangan asal temepel…salah2 malah yang asalnya rapi,malah berantakan krn dokternya salah tarik!

  289. By Joshua on Jun 21, 2012 | Reply

    Mau tanya, sebenarnya perbedaan mendasar antarabseorang general pacticionerndan seorang orthodontics itu apa? Lale perbedaan jenis kasus yang boleh dilakukan itu apa? Terima Kasih..

  290. By lim on Jun 30, 2012 | Reply

    pa bedaannya pasang cincin gigi di belakang gigi dan nempel lansung kawat gigi di belakang gigi, apakah sama fungsinya?????

  291. By Nanda on Jun 30, 2012 | Reply

    saya mau bertanya, saya menggunakan behel sudah ada 3 bulan lebih, untuk perawatan masuk Akpol. Namun setelah bebrapa bulan, saya merasa dan teman teman juga merasakan bahwa bibir saya semakin lama semakin memble terutama bibir bawah. saya takut, kenapa bisa seperti itu? apa yang bisa saya lakukan supaya bibir saya tidak memble terus? Terimakasih pak :(

  292. By Yuli on Jul 1, 2012 | Reply

    Dok, saya mau tanya donk kalo pasang behel sistem danom berapa di tempat dokter? Tk

  293. By tiatira on Jul 9, 2012 | Reply

    saya mau tanya saya sudah 6 bln pke kawat gigi, dokter saya mengajukan mencabut 4 gigi saya atas dan bawah. sekarang gigi saya sudah di cabut 2 yang atas geraham depan . umur saya 14 tahun apakah itu berbahaya? tolond di balas ya!!!!

  294. By dwi on Jul 13, 2012 | Reply

    sy berencana mau pasang behel, ada rekomend drg.ort di sangata kaltim ga?
    tx b4

  295. By rina on Jul 16, 2012 | Reply

    dok aku uda lepas kawat gigi, tapi aku jarang pake retainer dan skrg gigiku uda mulai brubah lagi dok. kalo skrg aku pake retainer lagi apakah bs memperbaiki gigi yg bergeser tsb? terimakasih dok

  296. By ima on Jul 17, 2012 | Reply

    dok.. tlg dong sy direkomebdskn ke dokter specialis Sp.Ort yg ada di pekalongan biar dekat tempat sy. biar ga ijin ngajar mksh….

  297. By lea on Jul 28, 2012 | Reply

    saya mau nanya nih…
    kalau gigi berantakan terus banyak gigi yang bolong dan karang gigi nya juga ada. itu cara nanganinnya bagaimana????

  298. By nisa on Aug 13, 2012 | Reply

    dokter.. aku mau tnyak nih..
    aku sudah pasang behel dengan hrga 3 jt cuman pas prtma x psang gigi aku nih gk d foto lh dokter.. cuman d cetak aja gigi aku nih..
    terus kmrn aku psang behelnya d rumah sakit metodis n stlh smnggu q psang, dokter yg msangkan behel q ni buka praktek sndiri n tmpat prakteknya itu d Plang papan nama.a tdk trcntum klo dy spesialis ortho..
    dy cma bikin Drg.rosmita gt aj dokter..
    itu gimana y dokter..???
    tlg y bantuannya dokter..

  299. By ELLA on Aug 30, 2012 | Reply

    SY SEORANG IBU 41 TH, SY MAU BERTANYA KENAPA GIGI SY SEMAKIN LAMA SEMAKIN KEDEPAN SUSUNANNYA. APKAH PERLU UNTUK PEMASANGAN BEHEL SEMENTARA GIGI GRAHAM SY SDH TDK ADA. MKSH INFONYA

  300. By Rasyid on Sep 1, 2012 | Reply

    Dok saya mau nanya, saya pernah jatuh sampe wajah saya terbentur, kbtulan saya mau cabut gigi geraham yg sudah brlubang di dokter gigi, kata dokter gigi tersebut harus konsultasi dan di cabut di spesialist ortho karena kl dicabut sembarangan nanti bisa bahaya, bisa2 gak bisa mingkem karena tulang rahang sudah geser, yg saya tanyakan brp biaya memperbaiki rahang yg geser spt saya ni dok?, dan apakah pasang behel harus menunggu rahang di perbaiki atau bisa pasang behel tanpa memperbaiki rahang (sbnarnya gak mengganggu dg brgesernya rahang dok, tp kl pas cabut gigi bisa bahaya aja kt dokter gigi. trus kalo kasusnya rahang atas agak maju (monyong) berapa lama bisa di perbaiki dg menggunakan behel? thanks so much

  301. By jannah on Sep 6, 2012 | Reply

    saya ingin bertanya,, saya ingin sekali pasang behel tapi kondisi gigi saya rapuh dan berlubang..
    apa yang harus saya lakukan agar saya bisa memasang behel.

  302. By umie on Sep 22, 2012 | Reply

    Mksh mas atas infonya,, saya ada rencana pasang behel… Kalau mau jadi pasien mahasiswa yg lg ambil sps orthodonthi di fkg ui gimana ya… Trma kasih atas jwbannya…

  303. By teesty on Sep 30, 2012 | Reply

    saya mau nanya,, klo psang behel d FKG UI waktu kontrolnya gmna? fleksibel apa sdh ditentuin sma dokternya? soalnya waktu luang saya cuma sabtu dan minggu saja.
    trz apa mereka (calon drg SpOrt) bakal bertanggung jawab penuh atas kondisi gigi pasien sampai sembuh dan tidak pindah lokasi walaupun dr trsebut sdh lulus?
    mhon pencerahannya.
    mksih.

  304. By teesty on Sep 30, 2012 | Reply

    mau nanya,, klo pasang behel di FKG UI waktu kontrolnya gmn yah?fleksibel ato udah ditentuin sama dokternya? masalahnya waktu luang saya cuma sabtu n minggu doank.
    trz apa mereka (calon drg SpOrt) bertanggung jawab penuh n tidak pindah lokasi smpai kondisi pasien yg ditangani bener2 sembuh total?
    mohon pencerahannya.
    makasih.

  305. By nada on Oct 21, 2012 | Reply

    DOK saya mau tanya nih klo misalnya gigi kita maju mundur gitu kita harus pasang behel atau nggak harus pasang behel dok?

  306. By redevil on Nov 23, 2012 | Reply

    Cman skedar sering sja!!!
    singkat cerita . Sya korban sperti anda” yang mengalami kesalahan dlm penangann kwat gigi, yg di kerjakan oleh drg. Non – Sp Orth maupun ahli gigi . Pertama pengen pasang di ahli gigi dan udah sepakat mau pasang , udah di cetak gigi , lalu kmudian sya tanya ahli giginya kpan sya biza pasang behel . Trus ahli gigi bilang ” sekitar semingguan soalnya harus di cari dlu yg pas sma ukuran bracket ma contoh cetak giginya soalnya yang bracket yang ada gak sma ada yag gde n kecil” itu c kata ahli giginya, pda malam nya saya lihat tuh di TV yg acara *INSERT INVESTIGASI* jdi ragu krna hbis nonton bahaya pasang kawat gigi di tukang gigi/ahli gigi. Jdi besoknya sya batalin yo west sya hrus relakan duit sya 200 lenyab. Trus sebulan kmudian terbesit di pikiran ku untuk pasang behel di drg . Eiiitzz. . Tanda kutip dlm artian sya lum tahu menahu drg apa yg smestinya pasang behel setelah behel terpsang pda gigi sya. Nah awal ke dokter gigi, Sya bru pasang behel ,2minggu sbelum pasang gigi sya di cetak terlbih dlu terus di rekomendasikn cabut 4gigi geraham pertma sebnyak 4 buah ke drg yg ada di ASTEK n foto ronggent panoramic di RSUD.setelah seminggu kmudian sya dtang lgi ke klinik nunggu giliran pangilan ,ehh pda saat di panggil langsung main pasang” jja .tanpa menanyakan mna bracket yg cocok n nyaman bwat gigi saya . Stelah di pasang saya ada sempat curiga ma drg nya sebab ada bberpa bracket yg dipasang ke gigi sya yg dibilang ama drg nya “ini mas krna
    klebihan bahan” , dalam hati bilang kalau klebihan bahan / kebesaran yah cari yang lbih pas toh, mau bilang v sudah dipasang n lem udah kering. sehingga gigi sya kalo mengatup ngilu karna terkna biji bracketnya,lalu gigi sya dkikir supaya sdikit tidak terlalu terkena sama biji bracketnya, selain itu lem bracket nya meluber di bgian pinggir bji bracket, yang membuat kurang bagus jika dilihat itupun bru saya lihat jelas pda saat di rumah. Nah setelah jlan 3 minggu pasang behel gigi sdah merasa goyah” n ngilu walaupun tidak ada rasa sakit sama sekali, pda saat kontrol pertama barulah ada rasa tertarik sdikit pda waktu penarikan gigi taring ke belakang nmun stelah hari berikutnya tdak da merasakan apapun sampai seterusnya, sya cek” dri awal pemasangan sama sekali perubahan sama sekali nol besar, y walaupun gigi taring udah diberi tarikan, stelah saya lihat n berfiqir emhhh, ini mah gmna mau narik sedangkan penariknya atau bisa di sebut power chain kyak bkan karet elastis tpi kyak karet mati tipis yang jika direnggangkan udah disitu jja tmpatnya tidak akan menyusut menarik gigi taring sya. Yang ada malah pada bagian gusi n akar penyanggah gigi tambah goyah yg mnambah tdak nyaman. sya ngerasa ingin mencopot behel(bracket) pda gigi sya sebab rasa ngilu n goyah yg teramat menggagu ditmbh lgi jika kdua rahang sya saling mngatup/ mengigit, gigi terasa bgt lemas kyak mati syaraf . Bkan nya gigi ditarik mundur yg ada malah Gigi jdi terasa lbh maju. Smpai berjalan hmpir 2blan gigi sya terasa skali goyahnya n mati rasa gtu pokoknya aslole rasane. Ingin sekali melepas behel namun takut gigi sya sudah goyah smua , yah sya harus mnunggu pertemuan sma drg. Gigi yg tangani sya untuk meminta pertagungjawaban , alhasil ini lah penyesalan yg teramat sangat krna sya orang awam jdi sya kurang tahu yg seharusnya menangani behel itu hrus drg. Sp ortho bkn drg. Biasa, sdih maupun kecewa. Nma jga nasi udah jdi bubur :( yah harus dterima krna kurang cermat dan teliti.
    naah looh. . . sekarang hanya bisa mkan bubur krna gigi dah bnyak yg goyah, derita deh. .

    WARNING!!!
    Di mhon kpada yg bru niat pasang jgan sekali” pasang behel di dokter gigi non-sp ortho aplagi yg nmanya ahli gigi . Yg jelas sekali mau pasang ,pasang lah di TEMPAT drg sp ortho yg jelas kualitasnya kalaupun merasa lbh mahal lbih baik mnabung dri sekarang dlu bru pasang behel dripda nyesal bgt kluar duit/waktu lbih bnyak terbuang sia”, bru nabung pergi ke drg.sp ortho.

    jkalau ada pembaca yg berfrofesi sbgai drg. Non – sp ortho “(YG PASANG BEHEL)”, tolong jgn jadikan pasien sebagai tmbang duit jdilah drg. Yg jujur n bertanggung jawab. Jikalau anda tdk merasa kompeten lbih baik pasien di beri saran/ di rekomendasikan ke drg. Yg udah kompeten di bidangnya drpada mnangani sendri & merugikan org lain.
    BWAT PDGI, tolong di tindak tegas anggotanya yg merasa melanggar kode etik sbgai dokter.

  307. By Kyle on Dec 21, 2012 | Reply

    Dok, saya mau tanya, sejak juni 2010 saya sudah menggunakan behel, dan sekarang sudah mau selesai, tapi gigi saya masih agak tongos, walaupun memang sudah berkurang banyak, tetapi saya ingin lebih mundur lagi ke belakang dan terlihat lebih lebar. Tetapi kata dokternya tidak bisa karena susunan tengkoraknya sudah segitu. Betulkah dok? Trims

  308. By septiana on Dec 27, 2012 | Reply

    dok,saya mau pasang behel tetapi ada satu gigi saya yang pernah patah pada bagian depan atas sekarang gigi tersebut sudah dipasang jacket, apakah masih bisa dipasang behel dengan kondisi seperti ini?
    makasih

  309. By rery on Jan 5, 2013 | Reply

    rahang atas saya lebih mau dari rahang bawah gigi saya.. apakah keguna kawat gigi bisa menyamakan rahang atas ama rahang bawah saya

  310. By eli on Jan 14, 2013 | Reply

    dok sy eli,ingin tanya,sy sdah lepas behel bru 1 mggu ini,sy blm menggunakan retainer dan sekarang ada sedikit giggi sy yang bergeser lalu dokter menyarankan untk mengunakan retainer,yang sy ingin tanyakan apakah gigi sy yg sdh sedikit bergeser bisa kembali rata setelah menggunakan retainer dengan rutin?

  311. By Waty on Feb 12, 2013 | Reply

    Saya mau tanya, kalau pencabutan gigi apakah sebaiknya dilakukan sebelum atau sesudah pemasangan behel? Saya berencana untuk pasang behel, dan meburut Dokter gigi saya harus dicabut 4 bh masing 2bh atas/bawah tetapi dicabut setelah behel dipasang, tetapi menurut info yg saya dapat dari hasil browsing, dicabut sebelum pemasangan behel, yang bener yang mana ya Doc, saya jadi bingung.

    Dan tentang retainer setelah behel dibuka, harus pakai retainer beberapa bulan, apakah setelah itu dijamin gigi tidak kembali ke posisi semula? Mohon info-nya, terima kasih banyak.

  312. By dwi on Mar 22, 2013 | Reply

    saya mau tanya, saya lagi kuliah kedinasan yang memiliki persyaratan tidakboleh memakai behel selagi pendidikan. namun 6 bulan ke depan saya lagi PKL dan tidak menjalani pendidikan, jadi saya berencana mau menggunakan behel selama 6 bulan itu. setelah 6 bulan saya lepas dulu kemudian menjalani pendidikan 1 tahun. setelah pndidikan saya tamat baru saya akan menggunakan behel lagi. apakah itu beresiko??? bagaimana sebaiknya,apa saya tunggu tamat pendidikan dulu atau tidak masalah saya menggunakannya sekarang??? mohon infonya..terimakasih

  313. By Dora on Apr 20, 2013 | Reply

    Mas zikri, sy mau nanya…

    Sy skrg berumur 21 tahun.. dan Saya pasang behel suda sktr 5 tahun, awl mslh pmsgn behel krn jenis gigi saya crossbite ( gigi bawah lebih maju drpd gigi atas) dr keturunan kakek buyut… Oleh krn itu dktr melakukan pemasangan expander di langit” mulut sya.. Baru” ini saya baru sadar kalo rahang sya miring (bkn gigi tidak simetris). Ada kemungkinan atau tidak, rahang miring ini krn expander yg melakukan pelebaran rahang berlebihan, jd gigitan gigi saya mencari posisi yang nyman, dimana gigi atas dan bawah bertemu? Atau krn mmg rahang saya yang tumbuhnya spt itu? Kata dktr ortho saya, mmg rahang syaa yg tmbh nya spt itu.. Cmn sya ragu, tktnya dktr symelakukan salah perawatan..

  314. By kiki on Apr 29, 2013 | Reply

    gigi sy ad gigi palsunya
    yg mau sy tanyakan apakah msh bs dipasang behel klo kondisinya ad gigi palsunya yg

  315. By Owie on Jun 8, 2013 | Reply

    dok.. saya telah memakai behe selama 14 bulan, sudah ada terlihat perubahan, tapi kini behel saya lepas satu, karena makan jagung. eeh gigi yang lepas behel tu maju lagi seperti semula ??

    apa tips setelah behel dibuka ? saya mau buka behel ini …

  316. By dewy on Jun 17, 2013 | Reply

    sy psang behel di doktr gigi spesialis di daerah saya dn skrg udh 7 buln, tpi kok sya jdi khwatir, trnyata ada yg pke behel g brhasil dan posisi gigi jdi tmbah brantakan. apakah sy akn sprti mreka smntara ini gigi sy trus mnglami prgrakan. tpi blm jls posisinya sprti apa. gmna ni dok.

  317. By Irma on Jun 21, 2013 | Reply

    Aslmua’alaikum…
    Wah keren banget yaa artikel’y bikin sy tau diri hehe :D
    kbetulan kasus gigi sy DIASTEMA.. Gak tau la mau d apain…?
    Ada tman2 jgak bilang di psang crown aja,, tapi stelah bca artikel ini sy kembaliin aj ke Sp Ortho.. :)

  318. By melda on Jun 28, 2013 | Reply

    Mas Zikri mau nanya…

    Gigi atas gue kan agak maju tp yg bawa ngga jd klo mau pasang behel yg bagian atas sj boleh ngga?
    Trus infonya donk untuk Sp.Ort di kota Makassar itu siapa aja & dimana aja?

  319. By Melisa on Sep 30, 2013 | Reply

    Halo, terima kasih atas ulasannya mengenai kawat gigi,

    saya ingin tanyakan, dapatkah hanya gigi bawah saja yang memakai kawat gigi sedangkan gigi atas menggunakan invisalign? kebetulan saya bekerja di bidang legal yg cukup serius, rekan-rekan saya yg terlihat memakai behel sering dianggap kekanakan dan kurang serius oleh partner dan atasan.

    Mohon info. Terima kasih.

  1. 1 Trackback(s)

  2. Jan 7, 2011: Jangan Pasang Kawat Gigi Sembarangan | ..RahmatZikri

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google