Syarat Menang Pilpres

Written on 19 June, 2009 – 09:38 | by Rahmat Zikri |

logo-pemilu Tulisan ini merupakan tambahan pelengkap tulisan sebelumnya, “Kalkulator Politik dan Pilpres Satu Putaran”. Bahwa ternyata tidak semua orang tahu mekanisme putaran dan kemenangan dalam pemilihan presiden (pilpres).

Semua pasangan calon presiden-wakil presiden tentu berharap dapat menang mudah. Kemenangan mudah di sini dapat diartikan sebagai kemenangan satu putaran saja, sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan tenaga. Namun, bagaimana sebuah pilpres dapat dinyatakan berakhir dalam satu putaran, atau harus lanjut ke putaran berikutnya? Atau pertanyaan sedikit diubah, bagaimana pasangan capres-cawapres dinyatakan menang dan sah menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia?

Kebanyakan orang hanya mengetahui sebatas kemenangan di atas 50% saja. Padahal, Undang-undang men-syarat-kan beberapa poin tambahan, selain sekadar meraup suara lebih dari 50%!

Sebagai pembuka, saya mencontohkan penduduk di pulau Jawa yang berpopulasi lebih dari separuh penduduk Indonesia, alias lebih dari 50% penduduk Indonesia. Menang mutlak 100% di pulau Jawa, namun kalah di luar Jawa (yang berarti menang lebih dari 50% suara) tidak berarti memenangkan pilpres di Indonesia!

Pilpres di Indonesia memberikan syarat tambahan selain meraup suara lebih dari 50% pemilih sah di Indonesia, yaitu:

  • Menang di minimal 1/2 dari jumlah propinsi di Indonesia (min. 17 propinsi). Artinya, walau meraih suara lebih dari 50%, tapi hanya berasal dari sejumlah propinsi, maka kemenangan tersebut tidak sah.
  • Pada propinsi-propinsi yang kalah, jumlah suara yang diraup tidak kurang dari 20%. Artinya, walau menang di lebih dari 1/2 jumlah propinsi di Indonesia, namun ada propinsi yang minim pendukung pasangan tersebut, maka kemenangan tersebut juga tidak sah.

Jika ternyata pada putaran pertama tidak berhasil mendapatkan pasangan yang langsung memenuhi kriteria tersebut, maka pilpres dilanjutkan ke putaran kedua dengan hanya menyertakan 2 kontestan teratas (jika terdapat lebih dari 2 pasangan kontestan).

Nah, 2 poin terakhir syarat kemenangan dalam pilpres ini tidak banyak yang tahu. Syarat pertama (meraup suara lebih dari 50%) jelas lebih populer dan implikatif dalam setiap persaingan yang ada di kehidupan sehari-hari. Namun, di sini kita bicara demokrasi yang berupaya agar pasangan terpilih benar-benar mendapatkan legitimasi dari seluruh rakyat Indonesia, tanpa pengecualian wilayah.

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google