Melancong ke Kuala Lumpur

Written on 11 May, 2007 – 10:05 | by Rahmat Zikri |

Seperti halnya berlibur ke Singapura, Kuala Lumpur telah menjadi salah satu tujuan wisata bagi sebagian orang Indonesia. Dengan ongkos yang hanya berbeda sedikit dengan ongkos Jakarta-Denpasar (Bali), Kuala Lumpur menjadi alternatif yang menarik. Karena ‘judul’nya adalah liburan ke luar negeri! Gengsinya jelas beda.

Tulisan saya kali ini akan membahas cara menuju Kuala Lumpur, lewat Singapura. Rute ini adalah rute yang sangat menarik, karena ibarat pepatah, sekali merengkuh dayung dua-tiga pulau terlampaui. Tulisan ini sekaligus merupakan sambungan dari tulisan saya tentang cara menuju Singapura dengan biaya lebih murah melalui Batam, yang bisa di baca di sini.

Rute yang bisa ditempuh untuk paket hemat ini adalah berangkat dari Jakarta menuju Batam, lalu ke Singapura dan melanjutkan ke Kuala Lumpur. Kembali ke Jakarta langsung dari Kuala Lumpur. Atau kalau mau dilanjutkan lagi, ada banyak alternatif, misalnya ke daerah Genting (pegunungan seperti di Puncak, dengan berbagai fasilitas hiburan, termasuk judi), atau ke Pulau Penang. Genting dan Penang masih dalam wilayah kedaulatan Malaysia. Kalau mau terus lagi bisa juga ke wilayah selatan Thailand (Phuket dan sekitarnya), terus ke atas bisa sampai Bangkok.

Pada umumnya pelancong yang sedang di Singapura dan ingin melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur akan mengambil alternatif perjalanan darat dengan bus. Selama ini rute baku yang diketahui adalah direct dari Singapura ke Kuala Lumpur. Naik bus dari terminal Golden Miles di Singapura, yang akan membawanya ke terminal Puduraya di Kuala Lumpur. Bus ini bertarif sekitar SGD 26/orang. Pilihan ini bukan yang terbaik. Karena dengan sedikit trik, anda bisa mendapatkan 1/2 harga, dengan naik bus yang sama!

Bagaimana caranya? Bus-bus yang berangkat dari Golden Miles (Singapore) ini akan mampir terlebih dahulu di terminal bus Larkin, di Johor Baru (Malaysia). Nah, cobalah naik bus tujuan Kuala Lumpur dari terminal ini. Tarifnya hanya MYR 24 (sekitar SGD 11 saja!). Untuk bisa tiba di terminal Larkin ini, ada banyak bus yang bisa dinaiki dari Singapura. Setidaknya yang saya tahu ada di dekat stasiun MRT Bugis, Lavender dan Kranji. Tarif bus dari Singapura menuju Johor Baru ini sekitar SGD 2.50/orang, dengan waktu tempuh sekitar 30-40 menit. Setiap saat ada bus yang berangkat. Mungkin sekitar 10-15 menit sekali di setiap tempatnya. Jadi, ngga usah khawatir.

Di perbatasan negara antara Singapore dan Malaysia kita mesti melewati checkpoint imigrasi ke-dua negara. Di sini, kita harus turun dari bus dan berjalan kaki ke loket imigrasi. Jangan lupa untuk membawa semua barang bawaan tanpa terkecuali. Karena waktu keluar dari sini kemungkinan besar bus yang akan kita pakai untuk melanjutkan perjalanan adalah bus yang berbeda. Tinggal naik saja. Yang penting perusahaan operator bus-nya sama. Ada beberapa yang saya ingat, misalnya SBS, Causeway, dsb. Jangan sampai tiket hilang, karena itu artinya harus bayar lagi. Bus berjalan sebentar, mungkin hanya sekitar 1-2 menit, sudah berhenti lagi dan lagi-lagi kita harus turun. Kalau tadi adalah imigrasi Singapura, kali ini imigrasi Malaysia. Hal serupa mesti dilakukan kembali, bawa semua barang.

Setibanya di terminal Larkin (Johor Baru, Malaysia), mungkin anda akan dihampiri oleh 1-2 orang calo. Ngga usah diladeni. Ngga perlu khawatir juga, terminal di sana cukup aman koq, jangan bayangkan anda seperti orang kampung yang baru tiba di terminal Kampung Rambutan atau Pulogadung di Jakarta, yang bisa “dimakan” orang. Bahkan di tengah malam sekali pun. Cobalah berjalan berkeliling beberapa loket agen bus yang ada di depan mata. Coba lihat tulisan jam keberangkatan bus tujuan Kuala Lumpur. Cari saja yang paling dekat jam keberangkatannya. Ada baiknya juga sebelum memutuskan hendak naik bus yang mana, cobalah memandang ke bus-bus yang parkir, bus milik operator mana yang menarik minat anda. Saya menghindari penyebutan nama perusahaan bus favorit saya di sini, karena alasan netralitas. Tapi mestinya mata anda pun tak akan berbohong pada diri sendiri. Bus mana yang bagus, setidaknya dari tampilan fisik. Pada poin ini pun tidak perlu khawatir, setiap saat ada bus yang akan berangkat ke Kuala Lumpur.

Waktu tempuh antara terminal Larkin (Johor Baru) dan Puduraya (Kuala Lumpur) sekitar 4-5 jam. Perjalanan pada malam hari akan lebih cepat, karena jalanan kosong. Jika ternyata masih ada waktu menunggu, di terminal ini juga banyak kedai tempat makan yang bisa dipakai sebagai tempat duduk-duduk membuang waktu sambil menikmati makanan atau kopi. Karena saya adalah pecandu kopi tubruk, catatan untuk sesama penggemar kopi tubruk di sini adalah, bilang: “saye nak kopi o”. Jangan cuma kopi. Nanti yang diberikan adalah kopi 3in1.

Selama perjalanan di bus tidak banyak yang menarik. Tapi lumayanlah buat ganti suasana pemandangan. Satu hal yang menarik, di Singapore atau Malaysia supir bus itu digaji. Bukan kejar setoran seperti di Indonesia. Jadi ngga akan kebut-kebutan. Malah pernah saya menggerutu sendiri, karena menganggap si supir terlalu lamban menjalankan busnya seperti keong.

Terminal tujuan di Kuala Lumpur adalah terminal Puduraya. Lokasinya tidak jauh dari daerah pecinan di Petaling street. Hanya sekitar 5 menit dengan berjalan kaki. Terminal ini pula-lah yang menjadi titik sentral bus-bus antar kota di Malaysia atau bahkan antar negara (Malaysia-Singapore atau Malaysia-Thailand). Jadi, jika nanti selanjutnya berminat melanjutkan perjalanan darat ke kota-kota lain –termasuk ke beberapa kota di Thailand atau kembali lagi ke Singapura– anda mesti kembali lagi ke terminal ini.

Sama seperti terminal-terminal antar kota di Indonesia, di sekitar terminal ini pun banyak tersedia penginapan. Mulai dari yang kelas losmen/hostel sampai hotel yang bagus. Jika anda tiba di sini dini hari, mungkin sebaiknya beristirahat dulu di penginapan yang murah. Lumayan menghemat, karena seperti di Indonesia, jika anda check-in sebelum jam 6 pagi itu dihitung menginap 1 malam. Check-in jam 7 pagi tidak ada bedanya dengan anda check-in jam 7 malam. Setelah hari terang baru mencari hotel yang bagus. Ini jika anda ingin tinggal di hotel yang lebih bagus.

Alternatif arah perjalanan anda untuk mencari penginapan ada 2 (dua). Berjalan ke arah bawah menuju Petaling street (pada arah yang sama jika diteruskan berjalan 4-5 menit dari Petaling street anda akan menemukan lokasi wajib lainnya yaitu Pasar Seni). Pada arah ini, tepatnya di seputaran Petaling street dan jalan-jalan di sekitarnya, ada beberapa hotel dan juga hostel (backpacker). Penginapan backpacker di sini bertarif sekitar MYR 30-40 per ranjang. Sedangkan untuk hotel berkelas bintang 1-2 tarifnya sekitar MYR 80-150 per kamar. Alternatif yang ke-dua adalah dari terminal Puduraya berjalan ke arah atas, ke arah Bukit Bintang. Ini juga adalah daerah wajib dikunjungi. Ada beberapa shopping center yang menarik, termasuk untuk belanja barang-barang elektronik (yang ini cari saja di Plaza Low Yat). Di seputaran Bukit Bintang ini ada banyak sekali penginapan. Lagi-lagi dari yang kelas hostel sampai hotel. Salah satu favorit tempat saya menginap ada di sini. Tapi tarifnya bukan tarif backpacker, tapi buat saya price per performance-nya lumayan.

Setelah urusan penginapan beres, tinggal masalah jalan-jalan. Ada banyak lokasi yang bisa dikunjungi. Selain Petaling street dan Pasar Seni yang tadi sudah disebutkan, tentu saja jangan lupa untuk meng-explore seluk beluk daerah Bukit Bintang ini. Seperti hal-nya daerah Geylang yang saya sebut pada tulisan terdahulu, Bukit Bintang adalah juga kawasan red-light. Tapi yang lebih banyak berkeliaran di sini adalah makelarnya. Pernah ada yang dengan terang-terangan menawarkannya ke saya dengan mengatakan: “awak nak ape… melayu ker? cine ker? atau nak keling juge ade!”

Seperti halnya orang ndeso jalan-jalan ke Jakarta yang tidak akan melewatkan wisata ke Monas, para turis yang melancong ke Kuala Lumpur pun wajib datang dan berfoto di menara kembar Kuala Lumpur City Center (KLCC), yang merupakan salah satu dari gedung tertinggi di dunia. Dari Bukit Bintang bisa saja jalan kaki ke mari. Tapi sebaiknya naik taksi. Kurang lebih ongkosnya MYR 10, pakai argo. Tapi harap diingat, pada jam-jam tertentu (jam macet, jam pulang kantor) banyak supir taksi yang ogah pakai argo untuk jarak dekat atau yang melewati daerah macet. Ada juga perusahaan taksi yang mengenakan tambahan biaya beberapa puluh sen untuk tambahan per penumpang (jika penumpang dalam taksi ada 2,3 atau 4 orang).

Jika anda berminat untuk naik ke atas menara, pihak manajemen KLCC mengijinkannya.. dan gratis! Tapi untuk ini anda mesti mengantri tiket terlebih dahulu. Sangat disarankan mengambil tiket sepagi mungkin. Lokasi tiket ada di basement salah satu menara dari twin tower ini. Cari atau tanyakan saja pada satpam. Di dekat loket tiket ini juga ada toko yang khusus menjual memorabilia tentang KLCC. Setelah mendapatkan tiket, anda akan mengetahui kira-kira jam berapa anda boleh naik. Perlu diingat juga, kalau hari Senin tidak ada turis yang boleh naik, karena itu waktu perawatannya. Anda akan mendapatkan kesempatan sekitar 10 menit berada di atas jembatan yang menghubungkan Tower 1 dan Tower 2, yang berada di ketinggian sekitar lantai 41-42.

Selain KLCC Twin Towers –yang juga disebut menara Petronas–, Malaysia juga memiliki Menara Kuala Lumpur (KL Tower), yang juga merupakan salah satu menara tertinggi di dunia. KL Tower ini mirip seperti Menara TVRI di Senayan Jakarta. Tapi lebih besar. Menara ini berlokasi di Bukit Nanas. Bisa naik monorail untuk mencapai lokasi ini. Sebagai orang Indonesia, kita boleh ikut berbangga, karena arsitek bangunan kebanggaan orang Malaysia ini adalah insinyur Indonesia. Anda boleh berlama-lama di atas menara ini, karena untuk menaikinya mesti bayar, MYR 20. Tapi dari atas sini kita bisa melihat sekeliling Kuala Lumpur dan meneropong berbagai tempat dengan teropong koin. Posisi anda pun jauh di atas posisi jembatan penghubung Twin Towers.

Tempat lain yang menarik untuk membuat foto kenangan adalah Dataran Merdeka (Merdeka Square). Di sini ada gedung menarik, Sultan Samad Building, yang juga menjadi icon Kuala Lumpur. Masih ada beberapa tempat menarik lainnya. Tidak usah khawatir, di berbagai tempat (misal di dalam mal di KLCC) anda akan dengan mudah mendapatkan berbagai brosur tujuan wisata di sekitar KL dan/atau kota lain di Malaysia.

Terakhir, untuk kembali ke Jakarta, anda bisa menuju stasiun KL Sentral dengan menaiki LRT. Dari sini, perjalanan dilanjutkan kembali menuju bandara. Uppss, bergantung pesawat apa yang anda naiki. Jika naik AirAsia, anda mesti menuju LCC (Low Cost Carrier) Terminal. Tapi jika naik pesawat selain AirAsia, anda harus menuju KLIA (Kuala Lumpur International Airport). Jika tujuan anda adalah LCC (naik AirAsia), anda mesti berjalan ke luar area stasiun LRT, cari petunjuk ke arah bus menuju LCC Terminal (turun ke bawah). Anda akan menemukan bus yang akan membawa anda ke LCC. Tarifnya hanya MYR 9. Tapi jika tujuannya adalah KLIA, mesti naik kereta KLIA Express. Kalau yang ini, anda ngga perlu ke luar area stasiun LRT. Cari di mana loket tempat membeli tiket KLIA Express. Keretanya bagus dan bersih. Hanya perlu waktu 30 menit untuk bisa tiba di KLIA. Tapi harganya juga bagus. MYR 35. hehe. Kalau bepergian dengan partner, 3 atau 4 orang, mending naik taksi ke KLIA (dari Kuala Lumpur sekitar MYR 80).

updated: Untuk tempat tinggal di KL dengan tarif ekonomis bisa coba sewa apartemen-nya Riyani (orang Indonesia yang tinggal di KL). Apartemennya disewakan untuk umum (ada beberapa kamar). Ukuran kamar terkecil 3x4m, ber-AC tentunya. Harga mulai dari MYR 80/malam. Lokasi di KL Plaza Suite, Jalan Bukit Bintang, bersebelahan dengan JW Marriott Hotel dan satu gedung dengan Planet Hollywood. Bisa hubungi Riyani via handphone di nomor +60164401978, atau email/YM: riyaniwong@yahoo.com.

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--
  1. 318 Responses to “Melancong ke Kuala Lumpur”

  2. By Nila on May 11, 2007 | Reply

    jadi,, kapan kita jalan2 ke spore n KL? =D

  3. By Jay on May 11, 2007 | Reply

    Wah weh, melancong setiap terus!

  4. By Zikri on May 11, 2007 | Reply

    #1
    minta ijin sama kakak otoy duluuu ;))

  5. By op on May 11, 2007 | Reply

    Wawwwww pengennnnnnnnnnnn….pengennnnnnnnnnn
    makasih infoya…mudah2an jiwa backpackers si guwah tidak luntur kalau ntar pulang..hihihi

  6. By tri basuki on May 11, 2007 | Reply

    Ma kasih. Info ini berguna buat istriku, hehehe…:) rencananya awal Juni ini, dia mau jalan2 kemari. Maklum, aku-nya gak bisa balik (sibuk persiapan konferensi :( ), dia aja yang kemarikan? Sekalian liburan. Selamat Berliburan (selalu! :) )

  7. By Zikri on May 11, 2007 | Reply

    #4
    op.. elo kan bisa backpacker-an keliling eropa.. gw pengenhhhh!

  8. By Zikri on May 11, 2007 | Reply

    #5
    om.. dari Palembang mending ke KL dulu juga oke tuh. baru dari KL ke arah Johor. lagi banyak tiket promo PLG-KUL :)

  9. By tri basuki on May 11, 2007 | Reply

    Iya… rencananya gitu… :) Oh, ya. Tiket pesawat mana yang lagi promo? AirAsia ya? Oke deh! Ma kasih ya :)

  10. By Koen on May 11, 2007 | Reply

    Czerita menarijzk. Danke.
    Duh, inget pernah diomelin ama imigrasi Johor. Beda bener sama Singapore yang ramah nian.

  11. By szn on May 12, 2007 | Reply

    akhirnyaaa.. ;))

  12. By galih on May 13, 2007 | Reply

    Mana nih skrinsyut-nya? Fotografer handal ngeblog kok tanpa foto? :P

  13. By Affan on May 20, 2007 | Reply

    Tips naik kereta dari KL Central ke KLIA : Naik KLIA Transit, beli tiket dari KL Central – Cyberjaya [6,2 MYR] , terus turun disitu. Naik ke tempat loketnya, beli tiket lagi Cyberjaya – KLIA [9,sekian MYR]. Loemajan kan, hemat 20 MYR. Tapi kalo buru2 ngejer pesawat ya gak bisa, sebab kena delay sekitar 30 min.

  14. By OkeyDokey on May 25, 2007 | Reply

    Om Zik, minta tips yg bagus tempat maen yg bagus kao kita stay di deket Petronas Tower yah :D, ditunggu kabarnya lho, japri aja lewat YM ;) …. BTW, prtngahan bulan Juni ada jalan ke KL lagi ga? Bisa ketemuan kita disana kalo lu ada acara.

  15. By hehe on May 26, 2007 | Reply

    smanda 93-95.
    kenal M Nuryadin PMR gendut? itu om saya.. :D
    friendster antibiotic_guard@yahoo.com

  16. By Zikri on May 27, 2007 | Reply

    #14
    salam sama om-nya yang gendut :D

  17. By yeni rahmawati on May 28, 2007 | Reply

    Om Zik, saya Yeni rencananya mau melancong juga ke KL tgl 26 july nanti…Akoe kebagian suruh nyari tempat asik di malaysia.Karena dari Malaka n check in di hostel number 8 jam 5 sore,kalo malem enaknya kemana yah…???

    n besok paginya enaknya mulai darimana yah???
    terus kalo mau ke genting naik apa n tiketnya berapa yah:)
    sebelumnya tx buat infonya

  18. By dodi maryanto on May 28, 2007 | Reply

    cara lainnya, pake kereta yg jurusan nilai. di nilai ini, turun dan naik bis kota ke klia. lansung diturunkan di pintu masuk terminal klia, gak perlu jalan jauh lg. ini adalah yg termurah.

  19. By Zikri on Jun 13, 2007 | Reply

    #16
    Sorry saya lupa ngejawab. baru balik dari SIN :D

    Hostel Number 8 itu lokasinya di Bukit Bintang. Kalo malam paling gampang ya jalan-jalan di sekitaran Bukit Bintang. Main-main ke KLCC juga boleh. Naik taksi sekitar MYR 12.

    Kalau mau ke Genting bisa naik bus dari stasiun KL Sentral (naik LRT atau taksi ke stasiun ini). Tiketnya murah, sekitar MYR 10.

    Tempat-tempat menarik lainnya bisa dilihat di sini.

  20. By cynthia on Jun 15, 2007 | Reply

    mau tanya nih….

    dari daerah bukit bintang ke KL sentral itu berapa lama ya kalo naik taxi and berapa biayanya? maklum biasanya taxi di KL kan harus tawar2an gitu ( supaya engga diboongin )

    thanks

  21. By cynthia on Jun 15, 2007 | Reply

    hehehe, ada yang kelupaan….

    saya tanggal 21 juni entar kan ke KL, sekaligus ke JB untuk menghadiri pernikahan temen saya. untuk penginapan di JB dan di Singapore saya sudah dapat, berhasil dapet 1 malem pas tanggal 24 di Lucky Plaza Apartment. yang saya masih belum dapat adalah untuk tanggal 21,25, 26 Juni 2007 di KL. kapan hari saya tertarik dengan info di website mana gitu mengenai sewa kamar KL Plaza Suite,(apartment ) harganya cuma RM80 lagi/day/room cuma sayangnya udah penuh, baru kosong tanggal 27, waktu saya harus balik ke indo, hehehehe. Mungkin bisa dibantu cari dengan budget segitu, di apartment yang laen kaya model2 Lucky Plaza. soalnya hostel saya males, sementara hotel kemahalan, karena kalo bisa saya stay di daerah bukit bintang karena akses kemana2 gampang. maklum cewe sendirian. thanks a lot

  22. By zaza on Jun 16, 2007 | Reply

    Thank’s ya buat infonya yg soal Kll
    karena saya sm suami ada rencana untuk honey moon
    di kuala lumpur.

  23. By Zikri on Jun 18, 2007 | Reply

    #19 & #20
    Dari Bukit Bintang ke KL Sentral bisa naik monorail. Kalau taksi mungkin sekitar MYR 15-17, tapi sebisa mungkin minta pakai argo (istilah di sana meter).

    Untuk alternatif nginap murmer di Bukit Bintang bisa cobain tuh backpacker di Hostel Number 8, Jalan Tungkat Teng Shin nomor 8, Bukit Bintang, KL.

  24. By cynthia on Jun 19, 2007 | Reply

    thanks atas infonya :)

  25. By adie soemardi on Jun 19, 2007 | Reply

    Saya ada rencana ke KL tanggal 14 Juli via s’pore dulu. pengennya sih dari s’pore malem. jadi sampe KL pagi. saya inginnya nginap di daerah Menara Petronas. ada yang disa kasih rekomen dimana saya bisa dapetin Hotel/Penginapan or apartement dengan harga dibawah MYR 100? Btw, saya belum pernah pergi ke Kl sebelumnya. Lagi manfaatin waktu saya mumpung masih di batam.

  26. By Zikri on Jun 23, 2007 | Reply

    #24
    saya pernah dengar katanya ada hostel backpacker dekat stasiun KLCC, tapi ngga jelas persisnya di mana. mestinya sih ini daerah mahal. mending nginap di daerah bukit bintang itu mas. ngga jauh koq dari KLCC (a.k.a Petronas Tower).

  27. By Margareta D. J on Jun 28, 2007 | Reply

    Hai guys,
    saya punya rencana akan ke KL di akhir bulan agustus ini, dan ini merupakan perjalanan pertama saya kesana dengan rombongan keluarga yg cukup besar (10 orang)
    Saya dan keluarga berangkat melalui batam dan langsung nyebrang ke singapore.
    Bissa bantu saya ntuk memberikan rekomen tempat-tempat yg enak dikunjungi khusunya untuk anak-anak?

  28. By rasty on Jul 1, 2007 | Reply

    hi guys,gue juga ntar agustus ini mau ke kl naik air asia via medan buat bebas fiskal kebetulan paspor gue medan.n gue juga bawa rombongan besar(7orang).ini pertama kali gue kesono n agak bingung.kalo pulangnya dari kl langsung jakarta kena fiskal gak yah?pls donk info tentang perjalanan dari kl ke thailand?

  29. By cs on Jul 6, 2007 | Reply

    alow.. met kenal…. bole tau gak ya kalo dari KL Central tuh mau ke Pudu raya ada direct busnya gak ya??? soalnya kan aku naik pesawat dari terminal LCCT nyampe nya kan ke KL central kan.

    Thank YOu

  30. By heri_jpn on Jul 9, 2007 | Reply

    saya dulu pnh tinggal 1 tahun di malaysia….memang benar skli spti yg saudara sampaikan…terminal bis di malaysia walaupun ada calonya…tapi kondisinya sangat aman sekali,tidak ada unsur pemaksaan atau pemerasan..semua terkoordinasi dgn baik!
    _saya udah pnh jalan2 ke puduraya,pulau penang,petronas dan terminal johor baru…pembangunan infrastruktur di malaysia memang patut di acungi jempol…saya pribadi kagum dgn jaln tol nya yg sangat lebar dan nyaman…jembatanya yg sangat panjang…dan gedung petronasnya yg menjulang tinggi!
    …..mudah2han negara kita tercinta…bisa secepatnya merealisasi jalan tol yg menghubungkan ”merak_banyuwangi !!dan jembatan suramadu….

  31. By Rahmat Zikri on Jul 10, 2007 | Reply

    #26
    anak-anak diajak main ke Pulau Sentosa.. terus ke Jurong Bird Park..

  32. By Rahmat Zikri on Jul 10, 2007 | Reply

    #27
    Fiskal itu hanya waktu kita keluar wilayah Indonesia saja. Pulang dari mana pun ke Indonesia ngga kena fiskal lagi.

    KL-Thailand? Thailand sebelah mana dulu.. kalo bagian selatan (seperti Phuket atau Hat Yai) bisa naik bus dari terminal Puduraya KL. Kalau ke Bangkok mending naik pesawat, seperti AirAsia.

  33. By Rahmat Zikri on Jul 10, 2007 | Reply

    #28
    Setahu saya ngga ada. Kalau mau naik LRT, dari KL Central turun di stasiun Pasar Seni. Jalan kaki dikit ke arah Puduraya. atau, ya naik taksi. di KL Sentral ada loket pesan taksi dan bayar sesuai tabel jarak.

  34. By Leny on Jul 12, 2007 | Reply

    lam kenal om rah-zik boleh nimbrung tanya-tanya gak ? tanggal 1 agustus ini saya mau bawa rombongan (11 orang) ke singapore and malaysia terus ke hat-yai . dan mereka minta saya bawa mereka ke factory outlet/pabrik coklat di kuala lumpur, tahun lalu sih saya pernah ke sana tap harganya gile mahal juga, ada yang punya info gak tempat lain yang lebih manusiawi gituhc ( saya dengar sih ada ). tahnks ya

  35. By Rahmat Zikri on Jul 17, 2007 | Reply

    #33
    Sowry… sy ngga pernah mainan ke tempat2 seperti itu :))

  36. By christine on Jul 17, 2007 | Reply

    Halo… Mas Zikri saya tgl 3 Agustus tiba di KL kira-kira jam 3 subuh, ada rekomendasi penginapan yang lumayan ngga? sekitar terminal puduraya/bukit bintang soalnya tgl 3 siangnya udah berangkat ke Genting. Trus ada rekomendasi hotel di bukit bintang yg murah meriah ngga?? tp yg nyaman…lebih baik beli dari sini atau go show ya? atau info yg punya apartemen KL plaza suites yg disewakan??thanks a lot…

  37. By nita on Jul 18, 2007 | Reply

    tolong dong jelasain kalo kita naik taxi dr singapur ke KL bukannya naik bis, kita harus ambil taxi di singapur nya dimana dan berapa ongkosnya sampai di KL
    terima kasih ya

  38. By Rahmat Zikri on Jul 24, 2007 | Reply

    #36
    wah, luar biasa… saya ngga pernah tahu apakah ada taxi yang bisa diajak lintas negara.

    sebagai pembanding saja, walau kita mampu membayar taksi Jakarta untuk mengantar ke Surabaya, misalnya, tetap saja tidak bisa terjadi. Misal, taksi Jakarta paling jauh sampai Cipanas (arah selatan), sampai Cibitung (arah barat) dan Purwakarta (arah timur).

  39. By tri basuki on Jul 24, 2007 | Reply

    # Ada banyak tersedia taksi (biasanya dibagian pintu masuk imigrasi malaysia) yang mau mengantar anda untuk ‘lintas negara’ seperti istilah om zikri, tapi yang sebenarnya terjadi adalah… anda bisa naik taksi dari johor (Johor Bahru) ke Singapore (ataupun sebaliknya).
    Ada kemudahan yang diperoleh bila kita naik taksi untuk melintasi batas kedua negara ini (Malaysia-Singapore) yaitu kita tidak perlu bersusah-susah jalan dan masuk ke dalam kantor imigrasi di kedua negara (belum lagi, bagi orang2 yang ‘dicurigai’ sebagai teroris, biasanya selalu masuk ‘office’, untuk diinterogasi lebih lanjut :) ).
    Bila anda ingin melanjutkan perjalanan ke KL, anda bisa naik bus dari terminal Larkin atau bisa juga naik bus dari Skudai (Taman Sri Putri) karena biasanya bus yang akan ke KL lewat Skudai.
    Salam :)

  40. By lina on Jul 25, 2007 | Reply

    bisa dapat info rate n no telpon hotel yang murah dijalan bukit bintang?
    tq banyak

  41. By rasty on Jul 25, 2007 | Reply

    mas zikry minta infonya lg dunk …..kalo mau ke bangkok lebih dekat darimana yah…dari kl or dari singapore?trus berapa lama yah perjalanannya via bus or train?

  42. By Ishak on Jul 26, 2007 | Reply

    mas zikry, kalo dari S’Pore naik train gimana ? lebih mahal apa lebih murah…rencananya pertengahan agustus nie, mo ke s’pore… sekalian mo jalan2 ke malaysia. tugas sampai hari kamis, jadi rencananya malam jum’at mo langsung cabut ke malaysia. Kasi alternatif rute yang paling murah dan bisa jalan2 ke banyak tempat.

  43. By biyan on Jul 27, 2007 | Reply

    Mas Zikri,
    Kalo nyari pinganapannya mendadak disana, apa selalu dapat kamar? (untuk kelas murmer di luar week end sm hr libur lho) atau sebaiknya kita pesen dari sini? kalo boleh bisa dikasih tau nmr telponnya? terima kasih dan ntar pasti masih ada pertanyaan lagi…

  44. By Rahmat Zikri on Jul 27, 2007 | Reply

    #39 dan 42
    saya biasanya main nyelonong saja. ngga pernah ngga dapat. kalau untuk hotel yang murmer sekitar MYR 70-90 deh.

  45. By Rahmat Zikri on Jul 27, 2007 | Reply

    #40
    ke Bangkok paling dekat ya dari KL lah. kan bisa dilihat di peta :D
    rekomendasi sebaiknya naik pesawat. naik AirAsia dari KL.

    perjalanan dengan bus terlalu jauh. dari KL sampai Phuket di Thailand selatan saja sudah sekitar 8 jam. dari Phuket ke Bangkok masih jauuuhhhh.

  46. By Rahmat Zikri on Jul 27, 2007 | Reply

    #41
    By train malah lebih mahal dan lebih lamaaa. tiket kereta bisa dilihat di http://www.ktmb.com.my/ .

  47. By hiro pf on Aug 2, 2007 | Reply

    bang, aku dah liat2 ni website trus dah mo rencana k sing->kl, nah masih penasaran nih.. kalo dr kl k phuket caranya gmana y?? rencananya mo ksana si trus bsoknya blk lg k kl.. milihnya si mo naek bus.. makasi ya..

  48. By erika on Aug 3, 2007 | Reply

    mas zikri,

    salam kenal ya..

    aku mau ke pudu hari rabu bsk. tapi krn singapore libur, jadi kereta yg lgsg dan bis penuh [maksudnya kereta dan bis yg murah gitu..]
    kira kira di terminal larkin tengah malem aman ngga buat 2 cewek cantik backpacker ini? hehe…
    soalnya kita mmg rencana brgkt malem.

    makasih banyak lochh..

    ditunggu berat nich replynya..

  49. By Dini on Aug 3, 2007 | Reply

    Hi Zikri,
    Salam kenal..tau blog-nya dari fotografer.net :)
    Saya baru bulan kemaren travelling dari Kl ke Singapore naik bis dari pudu raya. Return ticket = MYR 80. Emang agak mahal sih, tapi busnya jauh lebih ok dr pada Mayasari bakti lah…hehehe :) Yg travelling sendirian bisa milih single seater (terutama kalo yg malas diajak ngobrol dlm perjalanan). Tapi perjalanannya lumayan lama. 6 Jam bo! Begitu nyampe di Coach bus station (lavender street) langsung nyari MRT and cabut ke Orchard. Agak kecewa jg…karna saya pikir singapore bakal banyak berubah dari terakhir kali saya ke sana (thn.2000). Tapi…nggak juga. Saya begitu senang waktu balik lagi ke KL. Ternyata KL jauuuuh lebih Ok dari S’pore. Menurut saya loooh….

  50. By Rahmat Zikri on Aug 3, 2007 | Reply

    #46
    dari KL ke Phuket naik bus dari Puduraya.. lama perjalanan sekitar 8 jam. Yakin nih besoknya setelah sampai Phuket balik lagi ke KL? :D

  51. By Rahmat Zikri on Aug 3, 2007 | Reply

    #47
    aman.. kalau ada apa2 bilang aja temannya saya.. :))

  52. By hiro pf on Aug 3, 2007 | Reply

    @49
    iya nih bang, kira2 harga-nya brp?? trus pake ganti2 bis gak?? oiya , itu bis apa minivan? doh, butuh banget neh.. kalo bs nama busnya paan ya?? bisa kasih saran.. makasih…

  53. By erika on Aug 6, 2007 | Reply

    ok mas…

    makasih loch atas quick responnya.

    kl udah nyampe terminal larkin, aku lgsg nyebut nama mas zikri 3 kali dech. ;p

    thanks a bunch ya…

  54. By Alvin Chesar on Aug 9, 2007 | Reply

    Mas Zikri..ke KL apa yang diliat ya selain liat2 menara kembar Petronas,naik KTM,Monorail..soalnya kata teman2 apa benar harga barang2 di KL yang katanya murah seperti Petaling street ternyata jauh lebih murah di Indo (Bandung,Mangga Dua,dll)..Kalo ke Genting Highland mungkin sedikit nyaman nkali ya bawa keluarga

  55. By hendry on Aug 10, 2007 | Reply

    mas kl ke bangkok naik airasia sekali jalan bisa ga? sebab teman saya aja dikenakan tiket plg pergi. ga bisa sekali jalan tuhh

  56. By Rahmat Zikri on Aug 12, 2007 | Reply

    #53
    tergantung sikon kali ya… sama pinter-pinternya nawar. jangan ragu untuk nawar miring. nothing to loose kan? kalau yg jual ngga ngasih ngga apa2. anggap aja sekalian tes harga. coba tawar lagi di penjual yg lain (naikkan dikit2).

    #54
    tiket AirAsia bisa dibeli one-way

  57. By Nad on Aug 16, 2007 | Reply

    Hi Mas, saya rencana tgl 27 bln ini brangkat ke KL pk AirAsia.. 6 orang gitu.. Kalo pake taxi pergi kemana2 kan susah, enakan pake MRT ato pake mobil sewaan gt yah?Trus carinya dimana?
    Tgl30 tar kan hr kmerdekaan Malay, kira2 KLCC Tower, antri tiketnya penuh gak? Saya hrs antri jam brp donk buat mhemat waktu?
    Trus, kalo dari Genting ke Bukit Bintang enakan naik apa?
    Makanan di Malay yg murmer tuh didaerah mana aja?
    Thanks..

  58. By hiro pf on Aug 19, 2007 | Reply

    @54 mungkin tu maksudnya harus ada return tiket.. jadi jelas tanggal baliknya kapan.. emang di situs air asia dianjurkan ada tiket balik..
    BTW, aku abis nglakuin pjalanan CGK (jakarta) – BTH (batam) – SIN (singapore) – HKT (phuket) – HDY (Had Yai) – KUL (kuala lumpur) dengan harga total 4,5 -5 jt.. lmayan.. trus pas d phuket jalan2 juga k ko phi phi (itu tempat main filmnya leonardo di caprio – the beach) hueheu..

  59. By hiro pf on Aug 19, 2007 | Reply

    eh anyway lupa, thx banget atas info2 yg udah d muat d blog ini.. especially to bang zikri yg udah ngasih kisi2 biaya yg mesti dikeluarin.. huehuehue.. thx banget bang!!

  60. By lia on Aug 20, 2007 | Reply

    mau tanya dong..kl dari bukit bintang ke genting naik apa yach mas. terus dari genting ke sun way…bisa naik bis nggak..?

  61. By jupri on Aug 23, 2007 | Reply

    apakah transportasi singapure ke Kuala Lumpur kereta api dan bis loket selalu buka 24 jam

  62. By zhar aditya on Aug 24, 2007 | Reply

    btw, bisa naik taxi dari malay ke sing…soalnya seinget gue ada harga di causeway S$2 untuk taxi…ntah praktiknya gimana cuman yah…mending naik buss meski rada capek ngangkat2 barang kalo barangnya banyak….

  63. By Rahmat Zikri on Aug 24, 2007 | Reply

    #61

    yang bener mas? masa ngga pakai logika sih? :D
    tiket bus nya aja $26. masa naik taksi cuman $2? itu mah tarif buka pintu.

    kalau pun ada taksi, paling hanya sebatas singapore-johor bahru.

  64. By harry on Aug 28, 2007 | Reply

    mau tanya dong, kalo dari SIN ke JKT enaknya naik pesawat apa ya? ada rekomendasi apa ya yg murmer? agak kesulitan cari2 n rata2 mahal bgt. thanks bgt sblmnya.

  65. By Johanna on Aug 29, 2007 | Reply

    Mas Zikri, saya bermaksud mengajak ortu dan anak-anak ke KL. Bisa ngga kasi informasi apt yang tidak mahal? mengingat bawa ortu dan anak nginep di hostel, kynya kurang nyaman, kalau di hotel, kemahalan.. maklum bawa pasukan bodrex….. Tks.

  66. By Ivan on Sep 8, 2007 | Reply

    Zikreeeee….

    loe punya info kapan fiskal free diberlakukan buat asean? bdg-kl cetiaw nechh.. bisa bokek duluan sebelum nyampe KL.. .wakakaka…

  67. By FRENNI ADAMS on Sep 8, 2007 | Reply

    Mas Zikri, saya bermaksud liburan dengan istri ke Bangkok via B.atam-Singapore-Malaysia. Bisa kasih Informasi rute jalan dan naik bus apa, nginap dimana, dan biayanya berapa ya?
    (kalau bisa Jangan yang mahal-mahal ya!!
    Terima Kasih.

  68. By hiro pf on Sep 12, 2007 | Reply

    @66

    boleh ngasih saran.. kalo mau rutenya dibuat Jakarta-Batam-Singapore-Bangkok/Phuket-Kuala Lumpur-Jakarta.. Dari Singapore ke bangkok (ato phuket, pantai disana lebih bagus :P) bisa naik psawat aja.. salah satu rekomendasi yaitu ValuAir, kalo mau beli tiketnya di Jakarta ada daerah Ruko RedTop.. lagi itu beli tiket Singapore-Phuket cuman 57USD (smuanya, dah tmasuk tax).. nah dari Bangkok ato Phuket bisa naik miniVan langsung (biasanya dicampur ama bis VIP) ke Kuala Lumpur.. ato dari Bangkok ke Phuket naik minivan ke Had Yai trus dsambung naik Bis ato Kereta di Had Yai.. Had Yai ini merupakan kota perbatasan.. jadi mulai dari sini udah mulai keliatan orang melayu-nya, kalo naik mini van biasanya diturunin bukan di terminal.. jadi mesti naik Tuk Tuk (sejenis oplet lah kaya’ masa-nya Bang Doel.. :P) harganya skitar 20 Baht trus lanjut ke stasiun kereta ato ke pool bis-nya salah satunya ada di Lee Garden Hotel kaya’ mal dan dsekitarnya ada travel2 bis yang menyediakan layanan bis ke KL.. (perlu diingat bis-bis AKAP-nya gak masuk terminal, biasanya mereka ada pool masing2).. salah satu rekomendasi Bis dari Had Yai adalah Andaraya.. smua bis itu tujuannya adalah PuduRaya.. nah pas d KL bisa liat rekomendasi bang Zikri aj.. yaah, moga2 bisa bantu deh..
    P.S.: kalo mau liat cerita jalan2 bisa di liat d blog friendster.com/hiropf

  69. By Sya on Sep 13, 2007 | Reply

    mo tanya nih, kalo mis saya dan 2 org temen mo ke genting melalui singpore pada tanggal 15 okt, kira2 beli tiket bus nya ama hotelnya susah nga sih?soalnya peak season kan? ato lbh baik ikut tur ke genting dr s’pore aja. Thanks

  70. By Sya on Sep 13, 2007 | Reply

    sorry nih mo nanya lagi, kalo ikut tur dari s’pore ke genting, ada nga sih yg rutenya s’pore-genting-kl? jadi ntar kita bisa jalan sendiri di Kl nya utk haunting brg2 murah. Thanks

  71. By arijanie on Sep 24, 2007 | Reply

    Dear Bung Zikri,
    Apa bener, airport tax di KL USD.62/org + insurance tax UD.15 ? , kalo kita rencana KL-BKK , atau pulang KL-JKT kalo emang airport taxnya segitu sama2 mirip bayar fiskal, dong ?
    Dan kalo pake Valuair S’pore-Phuket hanya USD 57 ? , berapa airport taxnya Changi ?
    Thanks infonya.

  72. By hiro pf on Sep 28, 2007 | Reply

    @70
    kalo ValuAir yg 57USD itu dah include semuanya (tax de el el) dan semuanya bisa dibayar di JKT ato lewat internet (coba liat aja di situsnya).. jadi pas d Changi tinggal check-in aja.. enaknya lagi, kalo ValuAir dilayanin d terminal 1 (bukan d terminal murahnya..) dan bisa milih tempat duduk.. jangan lupa kalo dah d phuket milih stay di Patong beach aja.. trus kudu k Phi Phi island..

  73. By linda on Sep 30, 2007 | Reply

    mas aku mau minta saran nih aku kan udah beli tyiket airasia ke batam.maksud aku aku minta tips jalan hemat dan seru ala mas. aku rencana nya mau ke sin-KL-kalo bisa mampir ke phuket juga.nah enak nya aku ke mana dulu? trus budget nya kira2 brp?
    thanks ya

  74. By Yanna on Oct 4, 2007 | Reply

    mau nanya donk, naik bus Economy Transnasional dari Lavender St harganya murah banget cm 15 SGD, apakah udah ber-AC??? selain bus Transnasional, bus apalagi yg murah dan berhentinya di terminal Puduraya????

  75. By shinta on Oct 4, 2007 | Reply

    mas zikri,
    bisa kasih recomend utk sewa mobil gak? oiya kalau di KL taksi apa sih yg bagus?

    Mohon info nya ya, karena Insya Allah berangkatnya tgl 19 okt nih.
    Thanks banget yaa..

  76. By ika on Oct 6, 2007 | Reply

    Pak, dr genting ada bus langsung ke ke singapore ya? trus kalo nyampe ke genting gmn mo ke first world hotel? ada petunjuknya ya>
    saya mo ke Kuala Lumpur ni tgl 12 via batam(johor baru)

  77. By Rahmat Zikri on Oct 9, 2007 | Reply

    #63
    biasanya yg murah itu pesawat yang dari Eropa tujuan Indonesia/Australia (tapi mampir di Jakarta). soal murah itu tergantung musim.

    #64
    apartemen yang murmer ya seputaran Bukit Bintang

    #65
    dulu di masa Megawati sempat digodok peraturan soal penghapusan fiskal. tapi di jaman SBY ini kelihatannya jadi ‘mentah’ lagi.

    #66
    rute anda sudah benar. mulai dari artikel saya yang “Jalan-jalan Hemat Ke Singapura”, di situ kan ada cara dari Jakarta ke Batam lalu Singapura. lanjut dengan artikel ini, berisi cara murah ke KL dari Singapura. Selanjutnya dari terminal Puduraya (KL) lanjut ke Bangkok. tapi untuk rute ini sih mending naik pesawat.

    #69
    singapore-KL-genting. naik bus ke Genting dari KL (dari terminal/stasiun KL Sentral)

    #72
    kan udah saya tulis cara ke Singapura/KL lewat batam nya. tinggal lanjut saja dari KL ke Phuket naik bus dari terminal Puduraya. santai aja.. ada banyak koq.

    #73
    SGD 15 itu sekitar MYR 30, make sense untuk harga dalam ringgit malaysia. mestinya sudah AC.

    #74
    saya ngga pernah sewa mobil di sana :D

    #75
    mestinya dari Singapura ada yang langsung ke Genting (dari terminal Golden Mile).. langsung aja ke sana deh. gampang.

  78. By Sya on Oct 10, 2007 | Reply

    Sori Pak, mo nanya lagi, kalo mau book hotel di first world untuk tgl 16 kira2 masi ada ato udah full ya, maksud saya begitu nyampe ke hotelnya lgsg book gitu, thanks

  79. By novi on Oct 10, 2007 | Reply

    hi bang zikri,
    thx bgt atas infonya ,berguna bgt.
    tp ad yg mo saya tanya ni . .klo bisa tlg cpt balesnya
    kan saya tgl 17 nop ad rencana jalan2 ke sing-KL-genting-thai
    yg pst sih thailand mo kbangkok n smuanya
    lbh mending ambil jalan dari sing ke KL dulu baru kebangkok atau sing-thai-KL-sing,saya perginya lewat batam.trus enaknya dr sing ke thai naek pa?trus klo dr thai ke KL naek apa?waktunya cuma 9 hari takutnya ga cukup.trus juga kan jalan2 ke thai ga tau jalan tuh,klo saya mo pake tour ketika sampai di thai/bangkok mending kemana y carinya.thx sebelumnya

  80. By Rahmat Zikri on Oct 10, 2007 | Reply

    #77
    mestinya sih sekarang lagi bukan peak season.

    #78
    lebih baik sing-KL-genting-thai, baru balik. soal tour, biasanya di sekitar tempat bus berhenti ada biro2 tempat tour package.

  81. By Telly Ingrid on Oct 11, 2007 | Reply

    pak, mau tanya…hotel dynasty sama hotel 81 bagus mana yah? Trus 1 kamar utk 4 org kira2 cukup gak? atau bpk bisa kasih info kmr yg lumayan bersih dan murah cukup utk 4 org di KL? makasih ya pak..

  82. By Rahmat Zikri on Oct 11, 2007 | Reply

    #80
    saya ngga pernah coba dynasty. tapi mestinya ok.. sama lah dng 81. kalau ber-4 ngga cukup. kamarnya kecil. btw, jaringan hotel 81 itu di Singapura lho.. setahu saya ngga ada di KL.

  83. By pinna on Oct 15, 2007 | Reply

    hallo ..mau minta bantuan donk informasi kalo naik bis dari singapore or malaysia ke Manila…ada yang tau tidak? terus tiketnya berapa?..tx ya before

  84. By Rahmat Zikri on Oct 15, 2007 | Reply

    #82
    ngga ada.
    btw, pertanyaannya sebanding dengan “ada ngga bus dari KL ke Jakarta?” .. malah lebih ‘gawat’ :-)

  85. By Yuliana Tan on Oct 16, 2007 | Reply

    AHuahuahauah…. =) ngakak ngikutin tanya jawab ditulisan ini

    Zik… zik… udah gih… jd konsultan perjalanan aja… banyak peminat nih… *serius mode on*

  86. By utie. on Oct 20, 2007 | Reply

    nzik…cape deh…he….

  87. By Yanna on Oct 25, 2007 | Reply

    dari singapore ke genting harga tiket bus kira2 berapa yah??? bisa tau nama busnya???

  88. By Yanna on Oct 25, 2007 | Reply

    dari terminal puduraya, ada bus yang langsung ke genting??? lebih murah dari singapore langsung ke genting atau dari singapore ke kuala lumpur baru lanjut ke genting?? pengen tau perbandingannya!! ada yg bisa bantu??? tarif bus untuk dewasa apakah berbeda dengan tarif untuk anak???

  89. By Muhammad Iman on Nov 1, 2007 | Reply

    mau nanya..kalo dari KL ke jakarta ada jalan pulang yg lebih hemat ga dr naik air asia???thanx.

  90. By ana Gustini on Nov 3, 2007 | Reply

    Wah pengalaman yang mengasyikkan yah. Saya kalo pergi ke Luar negeri bisa nya hanya ngikut travel aja jadi gak pernah tau sampai detail terminal2 bisnya, semua sudah di atur si travel. Tapi melancong ala back packer mungkin sangat menarik untuk dicoba

  91. By Rahmat Zikri on Nov 4, 2007 | Reply

    #88
    dari KL ke Jakarta tinggal cari tiket pesawat yg termurah :)

    ‘masalah’ utama itu dari Indonesia ke luar negeri, karena mesti bayar fiskal. hehehe..

  92. By Yanna on Nov 5, 2007 | Reply

    wah karena kemaren dapet hotel di genting mahal banget, jadinya di cancel deh pergi kesana. Jadinya beli tiket airasia dari johor bahru ke penang, dari penang baru ke kuala lumpur.

    kayaknya more adventure dibanding cm ke genting.

    oh ya mau nanya donk, taxi dari queen street langsung ke senai airport berapa yah??

    terus berapa waktu yg dibutuhkan dari queenstreet sampe ke senai airport??? utk tanggal 1 JAN 08, kira2 semacet2nya butuh waktu berapa jam???

  93. By Yanna on Nov 8, 2007 | Reply

    dari daerah Bukit Bintang, ke airport LCC, kira2 tarifnya berapa yah?? Kita harus nawar dulu kan sebelum naik??? Sama sekali gak ada taxi yg pake argo meter yah???

  94. By mita paramita on Nov 20, 2007 | Reply

    halo salamkenal…saya itha..mau tanya insyallah febuari – maret ada rencana stay di kualalumpur 3 bulan ikut suami,,,,kira2 ada info tentang sewa apatemen yang murah meriah di daerah kuala lumpur plaza????…kira2 berapa ringgit nd ribet nggak ngurusnya?? thx banget

  95. By Theressa on Nov 27, 2007 | Reply

    Hi, salam kenal,
    Mau nanya, kalo dari Singapore ke KL naik kereta api, kira2 berapa jam perjalanan yah? Apakah lebih baik naik kereta api atau bus? Thanks utk infonya.

  96. By Rahmat Zikri on Dec 8, 2007 | Reply

    #91

    dari Queen Strett (Singapore) ke Senai Airport (Johor, Malaysia) naik taksi lumayan juga loh. mendingan dari Singapore naik bus ke terminal Larkin (Johor), cuma sekitar SGD 2.50.

    estimasi kalau naik taksi, dari Queen Street sampai ke perbatasan sekitar SGD 30, lalu dari perbatasan lanjut ke Senai Airport sekitar MYR 30. estimasi perjalanan sekitar 1-2 jam. kecuali kena traffic jam (pada jam pulang kantor).

    #92

    harus paksa supirnya untuk pakai taxi meter. kalau ngga mau, cari taksi lain saja. tapi kalau memang lagi traffic jam, bisa jadi banyak supir yg ngga mau pakai taxi meter (kita biasa bilang argo). estimasi taksi sekitar MYR 80-100.

    #93 ada banyak di google. coba keyword ini: “sewa apartemen di bukit bintang kuala lumpur”.

    #94
    lebih baik naik bus. naik kereta (train) malah lebih lama. kira-kira 5,5 jam.

  97. By Kila on Dec 13, 2007 | Reply

    nanya dunks..
    ada infokah mengenai perjalanan klo dr thai-malay-sing yg hemat?
    mksdnya siy klo dr thai ke malay itu lbh hemat naik apa..trus..klo dr malay ke sing gmn jg??
    thks bwat infonya..

  98. By selvy on Dec 17, 2007 | Reply

    Tolong donk kasi info kalo di kuala lumpur tuh bisa kemana aja?soalnya saya bakal 4 hari di kuala lumpur tapi yang saya tau cuma belanja di sungai wang, KL tower, KLCC, petronas. Tolong suggest tmpt bgs laen di kuala lumpur donk..Thanks ya :)

  99. By ganis on Dec 20, 2007 | Reply

    Mas Zikri,
    Saya br booking pesawat Jakarta-Batam buat tgl 29 Des ini, kira2 hostelnya di Sing dan Kl bayak yg poll pa ga ya???

  100. By M.M. inten on Dec 21, 2007 | Reply

    Thanks untk info jalan2nya.
    Mas boleh tau gak kalo dari singapore ke thailand, pake jalan darat, gimana caranya ya?
    thx lagi!

  101. By Rahmat Zikri on Dec 22, 2007 | Reply

    #98
    peak season nih.. tapi ya mudah-mudahan bisa dapat. cuma mesti siap2 mendatangi beberapa tempat dulu sebelum akhirnya dapat tempat :)

    #99
    kalau mau enak, naik pesawat. ada beberapa budget flight, seperti Air Asia. atau naik bus. yang langsung juga ada. kalau mau hemat banyak, naiknya dari Kuala Lumpur. Singapore – Kuala Lumpur nya ikuti petunjuk saya di posting ini :)

  102. By nunu on Dec 22, 2007 | Reply

    nama plaza / mall di dekat petronas?

  103. By Rahmat Zikri on Dec 23, 2007 | Reply

    #101
    maksudnya Petronas Twin Tower? di lantai bagian bawah gedung kembar ini ya mall :) bagian atasnya baru untuk perkantoran.
    department store yang terkenal di situ namanya Suria.

  104. By lea on Dec 30, 2007 | Reply

    saya mau tanya kalau dari kualan lumpur ke penang naik bus apa ?
    dan berapa jam sampai penang ?
    kalau sudah sampai penang enak tinggal di mana nya ? saya ingin tinggal dekat shopping mall atau pasar malam.

    trims

  105. By Rahmat Zikri on Dec 31, 2007 | Reply

    #103
    sekitar 4 jam. naiknya dari terminal Puduraya. nanti di sekitar terminal di Penang juga ada beberapa tempat penginapan.. di situ pusat kotanya.

  106. By Riyani on Jan 8, 2008 | Reply

    Just for information buat teman2 yang suka tanya ttg KL PLAZA SUITE, That’s me, Riyani yang punya apart. di KL PLAZA Jln. Bukit bintang, buat disewakan secara harian khusus org indo. Berhubung unit apart.ku cuma 1 makanya aku gak berani iklan sana sini, ntar dimarahi pula sama org coz selalu penuh ;-). Doa’in yah mas, aku segera expand nih. Abisnya susah sih kalo expand di KL Plaza coz 70% dimiliki Hotel Group Berjaya, (Berjaya Times Square hotel). Buat teman2 yg pengen nginap di apart.ku bisa contact jauh2 hari yah buat menghindari kamar full. Aku bisa disms di +60164401978 or email : riyaniwong@yahoo.com. harga kamar seperti hrg hostel, but with facility more than hostel hehehe (kok jadi promosi yah). Anyway kalo ada teman yg mau tanya2 ttg KL juga silahkan lo….

  107. By eka on Jan 9, 2008 | Reply

    #104
    Bang, saya Eka, dari Bali, berdua dengan teman, rencananya awal bulan maret mau ke singapore, tapi kita mau coba rute dps-jkt, jkt – johorbaru, johorbaru – singapore. Dari banyaknya pertanyaan diatas, kita dapet info kalo bisa naek bus dari johorbaru ke sin..Bang, perjalanan dgn bus itu berapa lama? safe? karena sampai di jhorbaru sekitar jam 10 malam..what do you think, Bang?

    thank you..

  108. By Rahmat Zikri on Jan 9, 2008 | Reply

    #105 Riyani, saya dapat jatah gratis ngga? heheheh..

    #106 dari Johor ke SIN itu udah deket banget.. tergantung SIN nya di daerah mana. ke pusat kota sekitar 1 jam deh. tenang saja, aman :)

  109. By eiraka on Jan 10, 2008 | Reply

    Mas Zikri,
    Mau tanya dong, rencananya saya mau ke Bangkok lewat KL, tapi saya ingin jalan-jalan dulu ke Penang (tanpa harus kembali lagi ke KL). Naik apa ya yang aman (selain pesawat) – kita rencananya mau gaya backpacker. Ini pertama kalinya kita ke Malysia. Saya sudah coba cari info ke kereta apinya malysia, jadwal penang ke bangkok gak ada ya. jawabnya yang cepet ya, mas. Kita mau berangkat sabtu, tgl 12 January 2008 ini. langsung ke email aku juga boleh deh.

  110. By Rahmat Zikri on Jan 11, 2008 | Reply

    #108
    kalau ngga mau balik lagi ke KL, dari Penang lanjut ke Bangkok naik bus. Lumayan juga perjalanannya. Biar asyik dan berasa backpacker-nya, dari Penang ke Phuket dulu. setelah main-main di Phuket, baru ke Bangkok.

  111. By eiraka on Jan 11, 2008 | Reply

    ok, thanks. wah kalo jawabannya pake lumayan, bisa semingguan di bus …hehe. Bukannya ada kereta apa dari butterworth atau dari Hat Yai ke bangkok ?? thanks

  112. By zaza on Jan 16, 2008 | Reply

    sy mau tanya nich sm semuanya,kalau pasport batam keluar negeri lewat jakarta,kena biaya fiscal or tdk ya?
    thank’s buat infonya

  113. By tini on Jan 16, 2008 | Reply

    dear bang zikri,
    rencanya saya ingin pergi singapore membawa adik, dan adik mempunyai anak berumur 8 tahun, apakah ada tempat di sngapore, yang murah dengan 2 ibu dan 8 thn anak, selain hostel number8, dan juga di kl,dan saya lupa apakah kita butuh visa buat singapore dan malaysia.dan pesawat yg murah dan harga anak dari jakarta, di bln maret.

    thank you, and waiting for your reply

  114. By Rahmat Zikri on Jan 16, 2008 | Reply

    #111

    tetap kena fiskal. sama saja koq seperti saya (paspor lampung), berangkat dari jakarta tetap kena. kalau saya berangkat dari batam gratis.

    #112

    bisa coba cari tempat sewa apartemen di Lucky Plaza di daerah Orchard (Singapura). kalau di Kuala Lumpur bisa coba sewa apartemennya Riyani tuh (di comment nomor 105).

    orang Indonesia tidak butuh visa untuk masuk ke Singapura dan/atau Malaysia.

  115. By shanti on Jan 23, 2008 | Reply

    Mas yang sabar…
    Saya rencana ke batam-sing-KL awal Maret. Paspor n KTP Lampung tapi temen saya paspor n KTP surabaya. Kita ke Batam lewat jakarta trus nyebrang pake ferry. Pertanyannya yang gak kena fiskal saya aja yha? kalo temen dr sby kena fiskal berapa? trus kalo backpaker cewek 2 orang (makannya gak banyak2 kok) amannya bawa duit berapa yha? bawa rupiah atau ringgit? enaknya duitnya dituker dimana. Ntar udah bawa sangu eh disana duit kita gak laku.

  116. By Rahmat Zikri on Jan 25, 2008 | Reply

    shanti, benar sekali, yg bebas fiskal cuma kamu. teman yang dari surabaya itu tetap kena fiskal, tapi cuman 500rb (karena fiskal laut).

    soal bawa duit berapa itu relatif. gampangnya, kira2 berapa biaya hidup kamu di jakarta/surabaya. yah di-dobel aja buat jaga2.

    duit sebaiknya ditukar di Indonesia. soalnya Rupiah kurang laku di pasaran :|

  117. By Riyani on Jan 25, 2008 | Reply

    sori nih dah lama gak aktif hehe, buat mas zikri kalo ke KL ada harga special donk hehehe, kalo gratis’an ntar semua minta kan gawat juga duh

  118. By Titin on Jan 29, 2008 | Reply

    Mau ikutan comment juga nih, mumpung barusan balik dari KL. Kemaren itu aku nginap di KL Plaza yg punya mba Riyani, wah ternyata orgnya masih muda, kira’in udah ibu2 hehehe. Gak salah deh tempatnya banyak direcomended, kamarnya sih standart tapi bersih n the best part is lokasinya itu lo TOP banget, kemana2 gampang n yg terpenting Aman bo. Di apartnya banyak security yg standby 24 jam, meski aku cewe alone tinggal disana en pulang kadang subuh :-), mungkin juga karena sekelilingnya hotel bintang 5 ya, jadinya tempatnya aman. Kalo mo hubungi dia bisa sms di +60164401978.

  119. By Ermawan on Feb 4, 2008 | Reply

    Bung Zikri,
    Aku sekeluarga rencananya tanggal 18 s/d 24 maret 08 mau ke KL, tolong dong dikasih tau tempat-tempat yang direkomendasi untuk keluarga, contohnya: Genting Highland, cara kesana gimana? harganya berapa? waktu tempuh berapa lama? juga Sunway Lagoon, Petronas Tower, dll? Patokan berangkatnya ya Bukit Bintang aja.
    Kalo bisa sih, stay nya di tempat mbak Riyani aja, asal harganya bener dikasih yang special.

  120. By akio kuga on Feb 5, 2008 | Reply

    bro, mo tanya nih. klo dibatam tau penginapan yg deket dengan terminal batam center ga?
    ato penginapan2 lain yg akses ke terminal itu ga terlalu jauh.
    thanks before ya bro :)

  121. By diza on Feb 9, 2008 | Reply

    hi,
    saya mau nanya, mas punya gak info atau web site mengenai taman botanical yang ada di Malaka yang dimanfaatkan sebagai tempat joging untuk umum. saya butuh banget. makasih ya. tolong kirim atau balas ke email saya donk. ternyata hobi kita sama suka jalan-jalan juga. thanks b4 ya

  122. By risma siahaan on Feb 14, 2008 | Reply

    Halo teman-temans, bulan maret nanti aku mau ke bangkok sama temen SMA ku, kalo ada informasi untuk sewa apartment disana, boleh dong aku butuh satu kamar aja. Kami yang berangkat 4 orang. Kalo ada apartment yang bersih dan lokasinya dekat kemana-mana.. terutama dekat dengan sky train. Aku tunggu yah informasinya..
    Thanks a lot.

  123. By Rahmat Zikri on Feb 19, 2008 | Reply

    to Ermawan: mas, ngintip aja di http://www.visitmalaysia.com.

    to Akio: saya biasanya numpang lewat aja di Batam. pernah nginap, tapi di hotel bintang sekian lah :D

    to Diza: maaf ngga tahu. pertengahan tahun ini mungkin saya ada di Malaka. siapa tahu bisa dapat info :)

    to Risma: mudah-mudahan ada yg tahu sewa apartemen di BKK ya :)

  124. By bayu on Mar 4, 2008 | Reply

    Ass.WrWb, Mas mo nanya nih aq khan mo ke KL tgl 10/03/2008, Insya ALLAH brkt’nya lgsg ke menggunakan pesawat tp mgkn plngnya sekitar tgl 19/03/2008 mo’nya lwt singapore. Kr2 trayeknya/jalurnya gmn ya? maaf nih br ke Malaysia 1’st kalinya, jd rodo ndeso'(sendiri pula lg aq, alamak!! mencoba u/ jd traveler sejati a.k.a NEKAT) gmn mas ada advice ga? tlg mas kl ga keberatan informasinya di sent ke emailku di bayu_amnesiaboy@yahoo.co.id, thx mas!!

  125. By ishak on Mar 9, 2008 | Reply

    Ada yang pernah pulang ke indonesia lwt johor bahru dari singapura nggak ? berapa lama waktu tempuh dari singapura( kranji ) ke bandara johor bahru ? Maklum, mo nyobain pulang lwt sana..
    soalnya tiket yg murah cuma lewat sana…

  126. By uchy on Mar 24, 2008 | Reply

    Mas Zikri mau tanya dunk..kalo dari KL ke genting naik apa? dan berapa ya harganya.
    aku awal april au jalan ke KL.

  127. By evi on Mar 25, 2008 | Reply

    Mas Zikri, blm lengkap td ceritanya. Jg sy mau ke Johor dr singapore bw 4 ortu. kt orang2 kalau bw ortu lbh baik naik taxi sampai johor. menurut mas sy nginap di mana di singapore yg lbh dkt dng perbatasan sing-jhr. lalu sy nginap 1 mlm di jhr, bsk pgnya sy ke bandara naik peswt air asia jam 9 pg. Menurut mas di johor sy nginap di daerah mana (htl murah/hostel/ losmen),yg praktis ke bandara.perkiraan hrg taxi brp ya dr perbatasan singapore ke malaysia. Tx

  128. By Shanty on Apr 2, 2008 | Reply

    Thanks mas Rahmat ats info jalan2 ke S’pore and Kualalumpur. saya ada plan mau berlibur kesana tapi akan lanjut ke Thailand (Bangkok). bisa bantu kasih info caranya dari KL ke Thailand..? (tentunya dg biaya murah). sekalian route balik dari Thailand-Jkt.

  129. By lili on Apr 7, 2008 | Reply

    mas mau tanya nich…
    transport dari kl ke lcc berapa? kalau dari genting ke lcc berapa? lebih murah mana dari genting ke kl baru ke lcc atau dari genting langsung ke lcc.
    thank jawabannya……..

  130. By Rahmat Zikri on Apr 8, 2008 | Reply

    @ Ishak: dari Kranji ke bandara Johor Bahru ngga sampai 1 jam.

    @ Uchy: naik bus dari KL Sentral (ke sini bisa naik LRT). saya lupa berapa, sekitar MYR 20-an.

    @ Evi: Singapore-Johor hanya “seperlemparan” batu. deket. jadi mau nginap di mana pun di Singapore ngga ada masalah. tapi kalau pulangnya dgn pesawat pagi jam 9, sebaiknya malam sebelum pulang nginapnya di Johor. bisa naik taksi dari Singapore, tapi 1 taksi hanya bisa ber-tiga (1 di depan, 2 di belakang). saya baru sekali nginap di Johor, itu pun di rumah saudara :)

    @ Shanty: dari KL ke Thailand sebelah mana? kalau bagian selatan bisa naik bus (dari terminal Puduraya). kalau tujuannya Bangkok, mending naik pesawat seperti AirAsia. rute balik dari Thailand (saya anggap Bangkok) ke Jakarta ya cari tiket AirAsia saja.

    @ Lily: dari KL ke LCC? naik dari bus dari stasiun KL Sentral menuju LCC. kalau belum naik, MYR 9. Dari Genting ke KL Sentral naik bus, lalu lanjutkan dgn bus ke LCC.

  131. By Santi on Apr 10, 2008 | Reply

    Halo Zikri…
    Kayaknya sering lihat kamu ada di semua milis deh :)
    Btw, thx infonya ya…ngebantu banget…
    Soalnya saya dan 2 teman ada rencana ke Malaysia bulan depan.
    Kita mulai dari Jakarta-Penang, trus Penang-KL, trus KL-Johor, disambung Johor-Kota Kinabalu (KK), terakhir KK-Jakarta..
    Dihitung2 total tiket PP hanya 1,5 juta rupiah!!
    Tadinya saya pengen coba lewat Batam juga, tapi setelah dihitung2, malah lebih mahal, soalnya kita memang ambil tiket economy promo-nya Air Asia.
    Oya, mau tanya tth LCCT di KLIA dong…dari sana kayaknya mesti naik taxi ya ke Bukit Bintang? Kalau dari KLIA kan bisa naik ERL..
    Taxi yang bagus apa ya..paling gak kayak Blue Bird or Express di Jakarta deh..
    Thanks.

  132. By Bayu on Apr 15, 2008 | Reply

    Mas Zikri,
    Saya berencana naik bus dari Singapura ke Johor Baru (Larkin) dan berlanjut ke KL (Puduraya).. Rencanannya mau menghabiskan malam di jalan..
    Satu pertanyaan cepat, paling malam bis dari Golden Miles dan dari Larkin ini jam berapa ya yang ke arah KL? Apakah beroperasi 24 jam?
    Matur nuwun sanget..

  133. By Nurma on Apr 15, 2008 | Reply

    Dear Mas Zikri,

    Kalo saya dari KL mo ke Genting in the afternoon by bus, dan sesudah dari Genting (disana beberapa jam aja) mo lanjut ke Singapore by bus juga, bisa langsung gak ya? atau harus balik KL dulu baru dr KL naek bus ke Singapore?

    Thanks in advance.

  134. By vivi on Apr 16, 2008 | Reply

    Mas Zikri,

    Gimana kalau bawa anak” dari Dumai jalan-jalan ke KL, genting nginep dimana ya dua hari trus naik bus ke Singapura dan pulang via Batam trus ke Bali. Repot gak ya … apa lebih baik singapura langsung Bali ? Ticket nya bulan Juni lagi mahal nih. Saran dong biar liburan anaknya menyenangkan

  135. By haikal on Apr 24, 2008 | Reply

    Pada bulan Maret lalu saya berjalan-jalan ke Malaysia dalam rangka honeymoon bersama istri saya. Saya merasa berterimakasih pada pemilik website ini karena sebelumnya telah mendapat beberapa tips penting sebelum berkunjung ke Malaysia setelah membaca website ini.

    Saya berangkat pada tanggal 17-Maret-08, setelah tiba di KL saya langsung check-in di Sungei Wang Hotel di daerah Bukit Bintang, dmn di daerah itu bertebaran hotel2 dari segala kelas termasuk yg harganya terjangkau, mulai dari 120 RM, selain Sungei Wang juga ada hotel Bintang Warisan, Tai Chi Hotel, Agora dll.

    Dari situ dengan hanya berjalan kaki 5 menit kita sudah bisa mengunjungi beberapa mall yang ada di sekitarnya, seperti Sungei Wang Plaza, Bukit Bintang Plaza, Low Yat Plaza, Plaza YTL, Lot 10 dll, jalan kaki 10 menit ada Berjaya Times Square dll.

    Untuk soal makanan kita tidak perlu khawatir, karena harga-harga makanan di Malaysia termasuk murah, tidak jauh beda dengan di tanah air. Restoran Ramzan yang hanya sekitar 10 meter disamping Sungei Wang Hotel perlu untuk dicoba karena murah dan enak.

    Yang menyenangkan dari daerah Bukit Bintang ini adalah kita bisa mencapai banyak objek2 penting dengan berjalan kaki antara 15-20 menit saja, seperti ke KLCC dmn disitu ada Menara Petronas, Suria Mall dll, yang mana kalau tidak mau jalan kaki dengan mudahnya kita jg bs naik monorail dan dilanjutkan LRT kalau mau menuju KLCC. Tidak perlu takut nyasar karena petunjuk2 jalan ada dmn-mn. Kalau mau berfoto-foto di depan Menara Petronas, jauh lebih bgs kita datang malam hari.

    Selain itu dari Bukit Bintang dengan berjalan kaki dalam waktu yang kurang lebih sama (15 menit) kita bisa ke Petaling Street. Cuma saya merasa kurang nyaman berbelanja disana karena suasananya agak semrawut, seperti suasana di emperan Blok M. Pulang dari sana juga dengan berjalan kaki kita bs duduk-duduk sejenak di Dataran Merdeka.

    Objek wisata yang saya sarankan adalah Batu Caves, dengan naik taksi pakai argo (meter) dari daerah Bukit Bintang saya hanya kena 10 Ringgit 90 Sen, pulangnya bayar sekitar 17 Ringgit karena memang rute pulangnya harus memutar, ini masih termasuk normal.

    Jangan sampai kita tertipu/terbujuk rayuan supir-supir taksi yang tidak mau pakai argo (banyak diantaranya orang India) yang banyak mangkal di depan pintu keluar Batu Caves, karena mereka meminta tarif antara 30-40 Ringgit untuk menuju Bukit Bintang, ini jauh diatas tarif normal.

    Di Batu Caves ini ada satu patung dewa Hindhu raksasa (Lord Murugan), dan diatas bukit ada gua yang didalamnya terdapat kuil Hindhu juga toko yang menjual pernik-pernik, namun untuk mencapainya kesana kita harus menaiki tangga yang cukup tinggi, dan banyak monyet-monyet disana.

    Selain itu jangan lupakan untuk berjalan-jalan ke Genting Highlands. Kita bs membeli tiket bus terusan pulang pergi termasuk tiket Skyway (Kereta Gantung) untuk menuju kesana di Terminal Puduraya, yang juga bs dicapai dengan berjalan kaki dari daerah Bukit Bintang.

    Skyway untuk menuju Genting Hihglands disini tidak seperti Gondola di Ancol, TMII dll, karena lebih menyeramkan, menembus hutan/bukit dan jalannya naik-turun/tidak lurus, 1x perjalanan lamanya sekitar 20 menit, naik Skyway menuju & pulang ke Genting Highlands ini sungguh suatu pengalaman yang tidak terlupakan.

  136. By Rahmat Zikri on Apr 30, 2008 | Reply

    @ Santi: hehehe.. di milis apa aja? dari LCCT paket hemat bisa naik bus ke KL Sentral (bus-nya reguler, seperti Damri di Cengkareng). dari KL Sentral ke Bukit Bintang bisa naik taksi. Setahu saya ngga ada merk spesifik. yang penting jangan yang orang keling lah. Sering ngga bagus perangainya. Mending cari yang supirnya melayu atau cina.

    @ Nurma: bisa langsung

    @ Vivi: kalau mau pp ke Genting juga bisa. berangkat dari KL pagi2. info dari Haikal bagus tuh.

    @ Haikal: thanks bro :)

  137. By Bima on May 3, 2008 | Reply

    Mas riski kasih info dong,penerbangan apa ya yg murah kira2 kalo dari sini batam,terus singapor thailand atau ke hongkong,baru balik dari hongkongnya apa ke jakarta,thanks

  138. By desi on May 30, 2008 | Reply

    salam mas,,, saya dan teman ada rencana mau jalan-jalan ke kl bulan july depan, rencananya saya berangkat dengan fery dari pekanbaru ke malaka, trus ke kl. setahu saya kalo naik feri dari pekanbaru sampai di malaka jam 5 sore atau lebih. tolong bantuin saya gimana caranya dari malaka ke kl setelah lolos imigrasi. apakan naik bus atau taxi, kalo dari pelabuhan cari taxi atau busnya dimana dan kira-kira berapa lama juga ongkosnya..thx

  139. By desi on May 30, 2008 | Reply

    tolong informasinya juga hotel murah meriah di bukit bintang,,,thx again

  140. By Rahmat Zikri on Jun 8, 2008 | Reply

    @ Bima: Jakarta-Batam kan banyak.. lowcost airlines yg ada di Indonesia udah tahu dong, ada Lion, AirAsia, Sriwijaya, Batavia. Tapi yg namanya tiket itu fluktuatif harganya. Gampangnya, tanya aja ke travel agent, minta tiket yg paling murah yg bisa didapat utk tujuan Batam pada tanggal yang diinginkan.

    Singapore ke Thailand bisa naik AirAsia atau Phuket Airlines.

    Singapore ke Hongkong bisa naik JetStar.

    @ Desi: saya belum pernah ke malaysia (malaka) via pekanbaru. tapi kalau masih jam segitu sih kenapa ngga tanya ke orang di sana saja.. paling gampang tentunya naik taksi, minta diantar ke terminal bus. ada banyak bus dari malaka ke kualalumpur. utk tempat tinggal di bukitbintang, kenapa ngga coba apartemennya Riyani?

  141. By Hasan on Jun 10, 2008 | Reply

    Mohon bantuannya mas, rencananya akhir Juli ’08 mendatang saya bersama lima kawan2 ingin berangkat ke bangkok via KL.Kami dari medan naik pesawat ke penang. dari penang lalu lanjut ke pudu raya.Pertanyaan, kalau naik bus dari pudu raya ke bangkok, tarifnya berapa ya. Selanjutnya, kalau ingin balik dari bangkok ke KL, dimana kami naik bus (nama stasiunnya.

  142. By emir wiraatmadja on Jun 12, 2008 | Reply

    kalau pesan tiket bus langsung di terminal Larkin JB mudah tidak? Punya referensi soal bus yang tepat jamnya dan nyaman gak untuk perjalanan keluarga?

  143. By Nurma on Jun 12, 2008 | Reply

    Dear Bro Zikri,

    Ini Nurma lagi, setelah sukses ke Singapore via Batam Maret lalu, aku mo ke KL dan Singapore lagi minggu depan, sebenernya itinerarynya dah tertata rapi, sayangnya ada bencana kecil nih, AirAsia emngubah jadual terbangku dari minggu sore jadi minggu pagi banget (jam 7) jadi aku harus ada di LCCT jam 5, which means dari KL Sentral jam 4 by skybus, which means aku harus nyampe di Puduraya dari Singapore jam 3 dinihari. my questions: aman ga buat ce seorang diri di Puduraya jam segitu? mohon saran transportasi apa yang bisa diambil dari Puduraya ke KL Sentral pada dinihari?

    Thanks a bunch.

  144. By nurul on Jun 17, 2008 | Reply

    salam kenal..

    sasya seorang mahasiswa yg ingin pergi kspore-kl via batam..ala backpaker..maklum mbdget tbatas..
    dan ini pjalanan ptama saya ke luar negeri..
    klo kita mbawa makanan dan mnuman apakah boleh?
    ke mly dgn bus sbs dari mrt kranji? apkh bus tsb akn mngantar ke imigrasi msg2?atau sy mesti lavender dulu u urus imigrasi?bgitu jg di johor??

    dan apakh form imgrsinya dibagi oleh supir bus tsb/kita minta kepad supit tsb/diberikan formnya wkt di kantor imigrasi?

    rncanany sy lgsg “go show”,jadi u isi formulir tmpt tinggal gimana? dan tiket plg rencananya ingin beli dimalaysia cos lebih murah?pdhl waktu di imigrasi nti akn dicek soal tket pulang??

    truz saya dengan ada soal uang tunjuk?jd kita harus mnunjukkan uang kita dikantor imigrasi?katanya

    dan rencnanya sayan ingin tiba di larkin j10malam.. dan naik bus yang kepuduraya skitar j11 malam ?apakah masih ada??

    thank for the advise,it would be very helpful for me

  145. By yuli on Jun 19, 2008 | Reply

    Mohon bantuan mas, saya mau tanya berapa jam perjalanan bis dari genting – JB – golden mile singapore ? karena jadwal pesawat saya di singapore berangkat jam 20.45 malam sedangkan untuk bis transtar berangkat dari genting – JB – golden mile singapore jam 11 siang, apa masih keburu pak ?
    Kalo nggak, apa ada bus dari genting – singapore yang berangkat pagi hari ?

    Tks mas atas bantuannya

  146. By myrna on Jun 21, 2008 | Reply

    mas aku mau nanya… dari LCCT ke Genting malem2 sktr jam 10 mlm naik apa ya?? apa ada bus? klo naik taxi mahal kan? kira2 brp MYR ya? makasih ya ditunggu bgt infonya…

  147. By myrna on Jun 21, 2008 | Reply

    oiya nanya lg kalo dr LCCT naik sky bus ke KL sentral lalu cari bus ke genting..apa ada klo dtgnya mlm2… mngkin sktr jam 11 – 12 mlm?

  148. By Rahmat Zikri on Jun 26, 2008 | Reply

    @hasan: dari Puduraya naik bus yang tujuan Hatyai (Thailand), sekitar MYR 40. dari Hatyai naik bus tujuan Bangkok, tarif sekitar THB 1000. terminal di Bangkoknya namanya Mochit. tapi inget loh, ini perjalanan yg nginap di jalan.. capek. mending naik pesawat.

    @emir: gampang. segampang dari terminal Kampung Rambutan (Jakarta) mau naik bus ke Bandung. kalau saya suka naik Konsortium Bas.

    @nurma: maaf ya telat menjawab.. mestinya aman2 saja.

    @nurul: boleh bawa makanan & minuman. dari Kranji atau Lavender sama saja. tujuannya adalah ke terminal bus Larkin (Johor Bahru, Malaysia). nanti di perbatasan negara disuruh turun ke imigrasi, nanti pas keluar, tinggal naik lagi bus yang dari perusahaan sama (yg penting tiket jangan hilang). isian formulir untuk tempat tinggal isi saja sembarang. tulis nama hotel/penginapan yang kira2 akan kamu tinggali. pokoknya asal diisi. soal tiket pulang tidak ditanya. kalau bus JB-KL (Larkin-Puduraya) sepertinya tiap jam ada terusss :D

    @yuli: mepet banget mbak. takut ngga keburu pas dari golden mile ke bandara-nya. mending reschedule jadwal. saya ngga pernah naik rute genting-singapore, jadi kurang tahu apakah ada atau tidak. coba split Genting-KL & KL-Singapore.

    @myrna: kalau jam malam begitu sepertinya ngga ada. kalau taxi kurang tahu ya.

  149. By Fifi on Jul 3, 2008 | Reply

    Kalau dari KLIA (Kuala Lumpur International Airport) menuju KL, apa harus ke LCC dahulu naik kereta lalu dari LCC harus naik Taxi ke KL ?

    apa tidak ada kereta yg langsung dari KLIA or LCC ke KL ?
    bisa minta advise-nya kalau aku tidak mau naik Taxi tetapi lebih suka naik kereta.
    thank you.

  150. By munzir baraqah on Jul 12, 2008 | Reply

    gua udah beli tiket air asia lewat internet untuk keberangkatan tgl 17 Juli 2008 dari Jakarta ke Kuala Lumpur untuk mengikuti seminar di KL.Cuma saya belum pernah ke KL, bisa nggak beri tips yg baik buat saya. Oya, saya perlu bayar embel2 fiskal, visa atau yg lainnya? thanks..

  151. By Rahmat Zikri on Jul 14, 2008 | Reply

    @ Fifi: dari KLIA ada kereta eksekutif menuju KL (Stasiun Sentral), sebelum BBM naik sih tarifnya MYR 35. ngga tahu skrg. dari LCC ngga ada (alternatifnya naik bus menuju Stasiun Sentral). MYR 10.

    @ Munzir: di Cengkareng kamu bayar fiskal 1 juta, bayar airport tax 100rb. ngga perlu visa untuk ke Malaysia. udah, berikutnya ngga ada biaya apa-apa lagi.

  152. By yOHANA on Jul 15, 2008 | Reply

    om zik mau tanya ne dari bandara LCTT ke Kuala lumpur naik nis turun di puduraya yach??

    terus kalo dari KL ke melaka naik bis dari puduraya juga yach???

    ada nggak bis dari LCTT ke melaka langsung???

    Hotel di daerah petaling yang dekat puduraya apa saja namanya.yang standard murah tapi bersih.

    Thank’s

  153. By fanny on Jul 23, 2008 | Reply

    hey..

    geh sedikit bingung neh,

    aq udah beberapa x juga pergi ke KL, genting, Melaka, Perak & banyak tempat lagi di Malaysia ne,

    karna Dekat dari Batam n banyak saudara juga disana.

    tapi

    tuk liburan x ini,
    aq pegi nya bareng temen” kelas qhu,

    dan
    aq yg bakal jadi pemandu mereka,

    karna
    mereka pertama x ini ke Malaysia,
    dengan status passport baru..

    so
    aq
    takut saLah aja,

    tp
    aq ykin koq
    pasty bisa bawa mereka,

    doain aq yh..

    thanx..

  154. By Dian I on Aug 5, 2008 | Reply

    Mas R Zik,
    Kalau kita naik Airasia dari KL ke JKT di LCC kita perlu bayar-bayar lagi nggak seperti airport tax dll.Kalau bayar berapa besar kisarannya. Dari KL Sentral ke LCC berapa lama perjalanannya? Apa BUS nya 24 jam dari KL sentral ke LCC.
    Thank’s

  155. By haris on Aug 10, 2008 | Reply

    Boss, saya mau ke KL, apa ada tempat untuk nitip barang ya di KL, di seputar Puduraya, terus ditinggal jalan-jalan (loker) gitu. Sebab barang gue berat nih.

    tengkiuuuuuuu

  156. By cynthia on Aug 11, 2008 | Reply

    zikri….e-mail mu hilang karena MSN ku ngadat T___T

    mau ke malaysia akhir bulan ini buat 3 bulan…kata temen ku orang malaysia, bisa minta extention visa ke imigrasi malaysia waktu sudah nyampe disana, tapi tergantung imigrasinya mau kasih ato engga. Bener ga sih? karena ada temenku laiinnya bilang dia sudah coba, tapi ga dapet, malah sama orang imigrasinya disuruh keluar ke thailand / singapore terus masuk lagi ( kalo itu mah memang sudah biasa kan ) soalnya kalo balik ke Indo males banget ( sakit hati bayar fiskalnya ), nah kalo misalnya memang ga bisa extention, jalan satu-satunya emang kan ke singapore, tapi kalo tiap bulan bolak balik bakal dibikin masalah engga di bordernya Malaysia – Singapore ( JB ) ?

    thanks

  157. By Rahmat Zikri on Aug 13, 2008 | Reply

    @ Yohana: bus dari LCCT ke KL turunnya di KL Sentral. Bus ke Malaka naiknya dari Puduraya. Untuk hotel di seputar Petaling / Puduraya, susuri saja sambil jalan.

    @ fanny: have a nice trip

    @ dian: urusan bayar2 hanya di Cengkareng saja (bayar airport tax 100rb, fiskal 1 juta). di Malaysia ngga bayar2 lagi. dari KL Sentral ke LCCT sekitar 1 jam. bus nya ngga 24 jam. kalau ngga salah terakhir jam 10 malam.

    @ haris: di dalam area terminal Puduraya ada tempat penitipan barang (locker).

    @ cynthia: kalau ngga mau kena fiskal ya paling murah keluar-masuk lewat Johor-Singapura.

  158. By Egun on Aug 15, 2008 | Reply

    Mas gue mau numpang nanya yah, liburan lebaran kali ini gue rencana mau ke malaysia dari makassar via air asia,yang gue mau nanya kalau gue tiba di LCCT jam 23.30 malam,gue harus naik kendaraan apa nich kalau mau menuju genting, trus KL ke genting itu makan perjalanan berapa jam, dan kira2x makan biaya berapa mas,oh iya apa plaza2x di malaysia pada tutup kalau hari lebaran?? thanks sebelumnya atas infonya mas

  159. By cynthia on Aug 18, 2008 | Reply

    Dear Zikri…

    thanks for the info, tapi kalo tiap bulan selama 3 bulan keluar masuk Singapore-JB apa entar ga jadi pertanyaan ya? ( sapa tahu )

  160. By didin on Aug 20, 2008 | Reply

    allo mas! wanna say thanks!tulisan mas soal singapore malaysia ini jdi pegangan utama waktu aq solo backpacker kemaren.
    beberapa udah terbukti benar^_^ walau ada juga daerah yg belum aq dtangi. abis waktu kemaren ini k.l and singapore cukup deres ujannya.
    anyway thanks ya mas!
    mungkin lebih giat nulis perjalanan yang ga mustahil buat solo backpacker cewek.
    thanks!

  161. By Rahmat Zikri on Aug 20, 2008 | Reply

    @ cynthia: resiko :D
    @ didin: congrats :)

  162. By dewi on Aug 26, 2008 | Reply

    halo, salam kenal, mau tanya dunk, mohon rute johor baru menuju singapore kuala lumpur dan bangkok. apa yang harus saya lakukan selam 7 hari terima kasih

  163. By Rahmat Zikri on Sep 2, 2008 | Reply

    @dewi: di tulisan ini dan di bagian komentar kan saya sudah tulis bagaimana cara dari johor ke singapura, kualalumpur atau bangkok :)

  164. By kanti on Sep 7, 2008 | Reply

    kalo dari KL ke SG dgn bus, ada kena biaya apa2 lagi ga? misalnya fiskal, tax, atau apa gitu….oya ada yg udh pernah cobain apartmennnya mbak riyani ga?

  165. By ratih on Sep 11, 2008 | Reply

    Mas, minta info donk, kt mau ke Sing & KL nih lebaran ini, info ttg KL aku dah dpt barusan, boleh minta yg lain ttg singpr-nya. Renc kt via batam-singpr, lgs ke KL dulu, balik lg ke sngpr – batam, tp waktunya cuma 4 hr aja (tgl 5 – 8 okt ’08) ini. Minta adv enaknya kemana aja, kt pengennya sih di Mlysia ke genting jg, anyway tq banget utk infonya & maaf ya kalo aku mintanya kebanyakan

  166. By Rahmat Zikri on Sep 11, 2008 | Reply

    @ kanti: ngga ada biaya apa2 lagi

  167. By iwan on Sep 18, 2008 | Reply

    Hai semua,

    sekedar info, untuk libur lebaran tahun 2008 ini bus-bus malaysia baru saja mengalami kenaikan harga sebesar 30 %. Jadi dari harga yang sudah kalian ketahui tambahan 30% ya, supaya tidak kaget gito loh, soalnya kalo dinegara orang kurang duit dikit aja bisa jadi BT banget.
    OK have a nice trip….

  168. By meg on Sep 24, 2008 | Reply

    Mas Rizki, tlg bantu donk, sy mau ke KL tgl 30 ini.. saya cm 1 hr di KL krn besoknya saya mau ke genting lanjut SG(TRAIN) (KL SENTRAL-GENTING-KL SENTRAL). di KL bagusnya saya nginap dimn yah?? daerah bukit bintang/tunehotels… krn berhubung besok paginya saya hrs ke KL sentral.. TQ bgt yah…

  169. By Rahmat Zikri on Sep 27, 2008 | Reply

    @iwan: terimakasih mas :)
    @meg: daerah bukit bintang itu udah kawasan paling ideal deh :)

  170. By ai on Sep 29, 2008 | Reply

    waduh apartemen bmak riyani full ampe tanggal 7.gmn nih,bisa kasi no yang bisa dihubungi lagi ga slain apartemnnya mbak riyani?gue skeluarga (5 org) pengen ke KL tgl 3.vielen dank lagi..

  171. By andi on Oct 6, 2008 | Reply

    mas jangan lupa kunjungi bali ya,, n salam kenal mas

  172. By elsa on Oct 17, 2008 | Reply

    Salam kenal mas,

    8-10 Des nanti saya ber-7 (tmsk anak 2 th) akan ke sing-malay, Dari Sing saya naik valuair ke KLIA, menurut mas transportasi apa yg paling efisien menuju tempat hotel kami (daerah bukit bintang)? Trus bagaimana cara mendapatkannya apa perlu pesan dulu?

    Thx
    Rgds,
    Elsa

  173. By felicia on Oct 25, 2008 | Reply

    Salam kenal mas,
    mohon info dong.Saya tgl.13nov ini mau ke Malaysia sampai tgl.16nov. Tujuan saya adalah meninjau limkokwing university di 63000 cyberjaya, kami ber 4.
    Hari pertama datang kami ingin langsung ke limkokwing, setelah itu baru rekreasi. Nah ada ga info hotel/hostel murah meriah yang juga mudah transportasinya. Thanks ya infonya, ditunggu banget bantuannya.

  174. By felicia on Oct 26, 2008 | Reply

    Mas tanya juga, kalau air airport ke limkokwing naik apa ya ? dan kira2 barapa harganya ? tq

  175. By yuli on Oct 30, 2008 | Reply

    Hallo mas, salam kenal ya.
    Sy mau minta tolong nih, rencananya tgl 17 nov ni sy mo ke KL, da meeting di Crowne Plaza Hotel di jl. Sultan Ismail. Krne sy belum prnah ke sana, jadi :
    1. naik taxi dr bandara KLIA ke hotel kira2 berapa ya mas, bener gak sampe MYR.200. Pakai argo atw harus nawar dulu ya ?

    2. kira2 selain paspor, dokuman apa lg yg bakal di check di bandara KLIA

    3. klo pulangnya di KLIA selain airport tax, sy dikenakan biaya apa lagi ya mas ?

    Sebelumnya terimakasih bnyk lho mas, sy sangat memrlukan bantuannya, maklum sy agak takut kesana, karna bnyk cerita2 extrem tentang negri jiran itu terhadap bangsa kita.

    terimakasih,
    Yuli

  176. By Rahmat Zikri on Nov 1, 2008 | Reply

    @ elsa, kalau bertujuh, mending naik taksi (2 taksi tentunya). kalau bawa anak kecil, memang lebih aman pesan dulu hotelnya, daripada nanti ternyata full dan mesti jalan2 dari satu pintu hotel ke pintu hotel berikutnya.

    @ felicia: saya ngga pernah naik taksi dari KLIA ke Cyberjaya. Ongkosnya kira2 MYR 100. nanti kalau ada info akan saya update.

    @yuli: naik taksi dari KLIA ke Crowne paling mentok MYR 100. mestinya pakai argo (bilangnya: pakai meter). kalau dia ngga mau, coba cari taksi lain saja. biar ngga kebiasaan ‘nembak’. di imigrasi cuma di-cek paspor. tapi kalau mau siap2, boleh juga siapin undangan dan tiket pulang. tapi mestinya ngga akan ditanya koq. dari KLIA ke Jakarta ngga akan ada biaya apa2 lagi. cukup bawa tiket aja.

  177. By yuli on Nov 4, 2008 | Reply

    wah, terimakasih sekali infonya mas.
    tapi masih ada satu lagi nih yg mau saya tanyakan, maksudnya kode tiket pesawat HK atau RR itu apa ya ?

    Trmksh sebelumnya ya mas.

  178. By riyani on Nov 4, 2008 | Reply

    dear yuli,

    bantu jawab’in ttg ongkos taxi,
    1.kamu bisa beli kupon taxi dibandara. untuk hotel di daerah bukit bintang/sultan ismail sekitar RM.67 saja kok. Jangan mau naik taxi gelap yang suka ditawarkan diluar bandara, bisa2 kamu disuruh bayar up to Rm.200. Kejadian ini pernah kena ama tamuku yg masih lugu dan polos.
    2. Hanya paspor saja yg dicek di bandara kok. kode HK itu artinya sudah confirmed tiketnya (kalo gak salah yah, udh agak lupa juga sih hehehe)
    3. Airport tax sudah termasuk dalam tiket kamu jadi gak ada bayar airport tax lagi di bandara KL. Airport tax hanya berlaku di indonesia dan thailand.
    4. Pesan sponsor (harap diloloskan ya mas :-) Mba conference di hotel Crowne ya? kenapa gak inap di apart. aku saja? harganya dari Rm.80/nite jalan kaki ke hotel Crowne Plaza 10 menit udah sampai.Kemaren itu juga ada rombongan org oil yg conference di Hotel Crowne inap di apart.ku. Lumayan menghemat banyak ketimbang inap di hotelnya yg lumayan mahal hehehe

  179. By yufana on Nov 6, 2008 | Reply

    mas mau tanya…rencana agar dpt tiket murah..6 bln ke dpn alias bln april 09 saya bermaksud segera boking air asia agar lbh murah.rencana saya blm pernah ke KL namun suami pernah ke bangkok, tujuan jkt-kl-bangkok-jkt apa kah lbh baik. drpd jkt-bkk-kl-jkt ???? setlh saya cermati tyata kl-bkk jauuh bgt yah kalo tdk by plan..oya titip pesen utk riyani sy akan sewa apartm nya april 2 hari bs khan ?? oya byk terima kasih yah,,smoga pahala berlimpah utk anda yg sgt membantu kita2 ini.thhks alot

  180. By yuli on Nov 7, 2008 | Reply

    mbk riyani, terimakasih banyak ya untuk infonya, kata temenku yg aman naik taxi limo dari bandara, trus setelah turun dr psawat aku harus pergi kemana ya mbk utk beli tiket itu, masih didalam atw di luar bandara ya, trus kira2 berapa ya ongkos taxi limo itu klo ke crown plaza hotel ?

    anyway mbk, hotel ku jatah dari panitia kok he..he..he.. nanti klo aku kesana lagi aku pasti deh nginep di apartemennya mbk riyani aja.

    mbk, aku tunggu ya jawabannya dan terimakasih banyak sebelumnya.

  181. By riyani on Nov 7, 2008 | Reply

    dear mba yuli,

    taxi sebenarnya gak perlu yang naik limo, taxi biasa aja aman dan nyaman kok asalkan mba belinya di counter didalam bandara. kalo ongkos taxi limo setauku hampir 2xlipat dari taxi biasa, karena itulah mobilnya lebih keren,kalo menurutku yg biasa aja udah ok kok. kalo ada reimbursement dari kantor sih yah gpp naik aja yg limo hehehehe.

    buat mba yufanna, kemaren ini udh email ke aku bukan ya? sori agak2 lupa. ttg rute yg termurah mba bisa cek lgs aja di airasia.com, disana mba bisa bandingkan mana yg lebih murah apakah dari Jkt-BKK-KL-Jkt or Jkt-KL-BKK-JKT. Have a nice trip ya mba

  182. By Gita on Nov 11, 2008 | Reply

    Numpang tanya informasi dong..

    Kalo mau nyewa mobil (& supir) buat antar jemput ke dari bandara plus keliling KL, ada rekomendasi nggak? Driver-nya yang tau seluk beluk KL dan antar kita keliling gitu :)

    Perginya rombongan nih: 9 dewasa & 4 anak.

    Thanks :)

  183. By machdar on Nov 17, 2008 | Reply

    Hallo, mbak riyani mohon maaf ya minta informasi aparttemennya

    istriku ada rencana mau ke KL tgl 22 nop 2008, kira2 apartemnya msh bisa book ya
    salam,
    Machdar

  184. By roos on Nov 24, 2008 | Reply

    Assalam,

    Kenalkan, saya Roos.
    Saya baru pertama kali bergabung di blog ini. Saya berencana k KL tanggal 25 Nov.

    Adakah teman yang bisa memberikan informasi mengenai tempat-tempat wisata terbaru di Kuala Lumpur.

    Mohon bantuannya yaaa…

    Wassalam,

    Roos

  185. By lucky valentina on Nov 30, 2008 | Reply

    Salam.
    Mbak Riyani Tolong info apartemennya dong? aku mau nginap di apartemen mba tgl. 4 des sampai tgl. 6 des. kalau tempat mba riyani full tolong kasi tahu yang lain ada tidak?
    Tolong infonya ya soalnya saya kesana berlima dengan saudara-saudara saya (5 orang) 2 itu sudah nenek.
    Thanks loch.

  186. By Sningsih on Dec 2, 2008 | Reply

    Pak Zikri,

    ths banget infonya, berguna banget.
    Mau tanya nih, kalau untuk penginapan itu apakah bisa langsung on arrival, atau mesti booking..? soalnya saya pengin pergi jalan jalan dengan nak remaja saya 13 tahun , sya kawatir tidak ada tempat tinggal. atau ada info lain dari temen2 yang di KL atau singapore ?
    terimakash banyak
    salam
    sningsih

  187. By jonny on Dec 8, 2008 | Reply

    mas, mau nanya kalo misalnya kita naik pesawat dari pekan baru ke malaka apakah kena fizcal?
    kalo naik fery kemalaka apa kena fiscal?
    kalo naik pesawat dari palembang ke luar negeri apa kena fiscal?
    oh iya mas, dengar dengar mulai januari ke luar negeri lewat jkt ga perlu bayar fiscal lg? paa benar dengan syarat punya npwp
    maaf mas, pertanyaan ku banyak

  188. By syaiful.ys on Dec 10, 2008 | Reply

    10 Desember 2008,
    Mas mau nanya, saya mau ke Malaysia tgl. 19 Des ’08, rencana mau nginap di Bukit Bintang, kira2 hotel yang murah dan bersih hotel apa yah mas, soalnya saya baru kali ini ke Malaisia.
    Terima kasih mas atas bantuannya.

  189. By Fairrida on Dec 10, 2008 | Reply

    Pak Zikri,
    Saya minta infonya yagh. Maret 2009 ak akan ke Singapore n KL. mgkn ak butuk menggunakan jasa tour di KL, apakah Pak Zikri bisa rekomen ke ak tour mana gt? Pak Zikri tinggal di KL? Saya tunggu balasannya, kalau bs langsung ke email ak ja. Pak Zikri memiliki Email? Thx.

  190. By Christine on Dec 15, 2008 | Reply

    Dear Riyani,

    mengenai Apartement yang disewakan,untuk tgl 26-28 des, ada yang available ga? untuk 7 orang.
    mohon info nya ya.

    thx

  191. By Ninik on Dec 16, 2008 | Reply

    Mas Zikri,
    Boleh tanya donk ya. Januari 2009 nanti saya mo ke S’pore. Bisa kasih info untuk nginep yang murah gak ya? Denger2 ada Apartment Lucky Plaza ya,yang disekitar Orchard.Itu gimana mas cara bookingnya? Kita nanti ada 6 orang mau ke S’pore. Atau klo gak mas ada referensi gak hotel yang agak murah?
    Terus saya mo tanya juga soal fiskal. Denger2 soal bebas fiskal,klo saya berangkat dari airport Palembang yang biasanya gak kena fiskal,apa nantinya tetap gak kena fiskal ya mas klo berangkat tahun depan Januari 2009 nanti?
    Saya tunggu lo mas infonya.
    Regards,
    Ninik

  192. By riyani on Dec 18, 2008 | Reply

    dear pak syaiful,

    bapak bisa inap di apart.ku kok di bukit bintang, harganya bersaing. kebetulan masih ada yg kosong tgl 19 desember, kalo mau bisa sms aku di +60164401978

    untuk Christine tgl 26 desember sampai 4 januari apart.ku sudah full booked, so sorry yah

  193. By karina on Dec 28, 2008 | Reply

    Dear Mba Riyani,

    untuk tanggal 4-5 Jan 09 apart.nya available ga ya?? Thx.

  194. By Imelda on Jan 7, 2009 | Reply

    Mas, kalau naik Airasia ke Johor Bahru tibanya kan malam tuch (+/- jam 22). Enaknya gmn ya, nginap di Johor Bahru malam itu, atau langsung lanjut ke KL dengan bus malam itu juga? Lalu nginap dimana yach yg murah meriah tapi aman?

  195. By mei on Jan 29, 2009 | Reply

    Pak Zikri,

    saya rencananya mau ke Kl bulan mar, naik pesawat air asia. kalo dari airport ke KLCC jauh gak dan naik apa ?
    trus, bis atau train nya 24 jam gak ?
    thanks be4

  196. By Nicx on Jan 29, 2009 | Reply

    Ass wr wb mas …
    Tanggal 6/2/’09 besok sy akan ke KL bareng tmn 4 orang, pengen liat petronas trus genting trus bukit bintang area, midnight naik bus ke sin yang tiba sin pagi, (biar irit hotel hick!)
    kasi ide dong mas … aq cek bus kok yg murah ga ada yang jalan jam 10-11 malem ya …
    help pls.

  197. By Rara on Feb 3, 2009 | Reply

    Rencananya saya & ke 2 anak saya yg masih sekolah mau ke genting bulan Maret ini. Mohon bantuan sarannya, klo mau ke Genting highland nginep di first world dari Puduraya naik apaan? angkosnya berapa ya..katanya bisa naik kereta gantung ya? naik dari mana & ongkosnya berapa? Klo nginep di first world ga usah booking dulu tapi kita datang langsung, bisa ga ya?? Emang dari Singapore bisa langsung ke Genting highland ga? Mohon banget infonya. saya bener2 butuh informasi ini untuk pergi melepas kepenatan di Jakarta menghindari sejenak masalah.

  198. By nila on Feb 6, 2009 | Reply

    mas mo tanya airport tax dr KL_BKK n BKK-KL. ak rencana pergi PLM_KL_BKK_KL_PLM.thanx

  199. By indah on Feb 17, 2009 | Reply

    rencana oktober ini mau pergi sama suami dan anak ( 18 bln ) ..nonton motogp disepang ( udah booking di tune hotel sepang )..nah abis itu rencanya mau lgs ke genting ..berapa lama yach dr sepang ke genting, makluma bawa baby , kalo kejauhan kan kasian ..trus lebih baik nginep di genting apa pp aja yach ..( jdnya nginepnya di bukit bintang aja ) trus arena bermain yg okeh di kl apa aja sih ..thanks

    mba riyani..
    tgl 27 -28 okt available ngga ?? trus bisa minta pic kamar nya ke imel aku … trus kan katanya di daerah bukit bintang itu banyak bgt tour travel yg nawarin city tour, mau dong cp tour&travel yg murmer ..
    thanks

  200. By viela on Feb 18, 2009 | Reply

    hi all

    mo infonya dunk utk rute termurah jln2ku scr aku, suami en ortu (kita ber-4)dah booking tiket airasi pp 21-27 feb09 ini ke batam, en rencananya dari batam mo nyoba nyebrang ke spore en malay..kira2 lbh murah mana ya dari btm-sin-malay-btm or btm-sin-malay-sin-btm scr ktnya kalo beli tiket 2 way lbh murah dari 1 way..

    oh mba riyani, kira 2 utk tgl diatas msh kosong nda apartemennya en skrg brp ya costnya?

    thanks bgt yah utk infonya..
    -viela-

  201. By lukman on Feb 18, 2009 | Reply

    mba riyani..
    tgl 28 Feb 08 pagi saya rencana ke KL dan pulang tanggal 1 maret 08 (rencana nginep 1 malam) . trus bisa minta harga kamar ke imel aku … trus kan katanya di daerah bukit bintang itu banyak bgt tour travel yg nawarin city tour, mau dong harga dan pergi kemana saja tour&travel yg murmer ..

    thanks

  202. By vita patricia on Feb 19, 2009 | Reply

    Mas,mau tanya dong…tempat penginapan yang murmer tapi BERSIH,tidak jauh dari tempat2 wisata ;yang patut dikunjungi itu dimana ya?ada websitenya nggak?atau CP nya…Aku mau tanya juga dong,tempat2 wisata ;yang “harus”dikunjungin,rencananya bulan Juni 2009 saya bersama keluaga 5 orang mau berlibur ke KL..
    Tengks banget ya sebelumnya….

  203. By lina on Feb 19, 2009 | Reply

    mas,apa ada cara yang murah untuk melakukan perjalanan dari singapore ke hongkong?seperti ke singapore via batam ini….berapa ya kira2 ongkos perjalanannya?Trims banget ya mas…

  204. By dr. hajar marlina on Feb 21, 2009 | Reply

    mohom ijin tuan punya website utk tlg menjawab, anyway saya dari malaysia.buat mba indah, kalau dr sepang ke genting tu mau makan separuh hari kerna dalam dua negeri yang berbeda. kalau dari sepang udah sore ya sy sarankan mba bermalam di kl aja. langsung ke genting keesokkannya dari pagi nyampei malam. itu lebih bagus kerna pd hematku makan dan penginapan di genting itu agak mahal. kalau mau ke genting naik aja bus dari puduraya (k lumpur) terus ke genting harga dewasa MYR 8.50. masa dalam 3 jam jadi bertolak harus pagi2. kalau naik teksi tu mahal bener. kalau bisa hemat uang bagus juga kerna mau main dalam genting tu MYR 51 untuk semua taman..genting dibuka sampai 10mlm jadi setelah seharian di sana pulang semula ke kl naik bus.. jangan lupa beli tiketnya siap2 di kl ya.. good luck

  205. By dr. hajar marlina on Feb 21, 2009 | Reply

    another thing is kalau menginap tu ngga perlu bukit bintang juga ngga apa2 kok. di malaysia ada aliran bus juga keretapi laju (lrt) yang bagus. sejurus itu menginapnya yang penting harus dekat dengan station bus atau keretapi itu. langsung mudah ke mana2 aja. kerna penginapan di luar bkt bintang itu jauh lebih murah dr yang di bukit bintang. hope this helps..
    peace..

  206. By Rahmat Zikri on Feb 24, 2009 | Reply

    @vita: tempat penginapan udah berkali2 disebut. website yg bisa jadi reference: visitmalaysia.com dan tourismmalaysia.gov.my.

  207. By Rahmat Zikri on Feb 24, 2009 | Reply

    @lina: satu-satunya cara adalah mencari budget flight ;)

  208. By Rahmat Zikri on Feb 24, 2009 | Reply

    @dr hajar: terimakasih :) feel free to answer every single question :)

  209. By odick on Feb 27, 2009 | Reply

    Mas Zikri & dr. hajar,

    kalau ke Malaca apa yang menjadi objek wisatanya, krn InsyaAllah dalam waktu dekat mau ke KL & Malaca.
    thank ya …….

  210. By Gilank on Feb 27, 2009 | Reply

    Salam kenal,

    Kebetulan saya lagi cari info tentang KL, kebetulan nemu Blog ini, Mohon infonya nih.
    Saya mau pulang ke Indonesia dari Maldives. Tapi pengennya langsung ke Bandung naik Air Asia :), jadinya pindah kelain pesawat dan pindah Terminal juga dari KLIA ke Terminal LCCT? Berapa lama jarak tempuhnya dan proses transfer nya?
    Makasih sebelumnya

  211. By Sem on Mar 2, 2009 | Reply

    Salam Kenal mas…
    kebetulan tgl 6-8 maret ini saya mau ke KL lewat batam-johor baru.
    minta info donk harga tiket fery batam-johor (+tax batam&johor) & tiket bus johor-KL coz ini pertama kali saya kesana.
    mohon bantuannya yach….thanks

  212. By dr. hajar marlina on Mar 2, 2009 | Reply

    To odick, kalau ke Melaka, tempat2 wisatanya banyak yang berkait dengan sejarah Melayu.
    Cadangan saya:
    Kalau 1 hari ke bandar Melaka saja.
    1. Kota A Famosa- fort yang dibina sebagai pertahanan dari pihak Portugis
    2. Naik kereta lembu dan beca
    3. Menara Taming Sari- bisa lihat kota Melaka dari atas menara
    4. Kapal Portugis-binaan kapal Portugis yg besar dengan hiasan dalamnya sekalian
    5. Istana Melaka- bisa liat tempat raja Melayu bersemayam

    Kalau lebih dari 1 hari teruskan perjalanan ke Air Keroh, Melaka
    1. Zoo Melaka
    2. Taman Buaya
    tapi saya recommend anda ke Taman Budaya Melaka untuk melihat rumah2 tradisi orang Malaysia. Mungkin ada persamaan dengan Indonesia tapi kelainannya tetap ada.

    Kalau mau belanja boleh ke Jonker Street (waktu malam) atau ke sekitar A Famosa juga.

    Melaka adalah Bandar Warisan Dunia UNESCO jadi banyak yang berkaitan sejarah, kalau ngga minat boleh jadi bosan juga..

  213. By dr. hajar marlina on Mar 2, 2009 | Reply

    To Gilank,
    Actually I don’t really get your plan. I assume you will be taking a flight from Maldives and in between you will be travelling around Malaysia. And after that, procced to Bandung from Malaysia. I hope I am right. Usually the flight by Air Asia fly off from LCCT Airport. Yang internationalnya dari KLIA. Makanya ia 2 airport yang berbeda. Kalau kamu mau transfer dari KLIA ke LCCT tu dekat aja. Naik bus dr KLIA ke LCCT makan masa approximately 22 minutes aja. The bus will come every 30 minutes and it will cost you MYR 1.50 per pax. Ask the front counter so you get the right bus.
    Dari pengalaman saya, you better spare some money because you will need to pay the extra luggage fee. Kerana kalau naik flight dari Maldives bag allowance is like 30 kg max and Air Asia is like 20kg max. Therefore you will need to pay the extra 10kg which can be expensive.. Hope this help..

  214. By Budhi on Mar 3, 2009 | Reply

    Salam kenal buat semuanya,….
    Mau nanya nih Mas…, saya tgl 27-29 besok mau ke KL, jika saya bawa anak ( di bawah 6 tahun ) apakah disarankan untuk menginap di daerah bukit bintang ? maklum denger 2x di daerah BB itu red light nya KL seperti halnya Geylang di Singapore

    Hatur Nuhun…

  215. By liana on Mar 4, 2009 | Reply

    mas, rizky mo nanya juga dong…saya ada rencana ke singapore dari tgl 24-27 April, ada rencana ke Malaysia juga, bisa tlong kasih advise gk mas.. gimana cara-nya menjelajhi 2 negara tersebut dengan murah meriah (dalam hal transportasi maupun akomodasi terutama di Malaysia… dan saya akan balik ke indonesia via sing, so thank before for the advise

  216. By Gindo on Mar 5, 2009 | Reply

    Salam kenal semua, saya ada saran nh, buat yang mau liburan hemat ke sin or malay, sekarang lewat batam jadi lebih mahal, tiket Fery aja dah kena total S$40,(setara 280 rb),while kalo lewat jkt-sin or jkt-kl, sekarang air asia lg banyak promonya, bahkan kalo dr KL ke sin dengn air asia cm RM 48.5 setara 140 rb an, ketimbang naik kereta atau bis. any way..ada yang bisa reverensi in apartement di KL? kalo ada boleh di info in?

  217. By Joice on Mar 7, 2009 | Reply

    Salam kenal.. ^_^

    Saya rencana mau ke KL april nanti bersama 2 tmn saya.
    Berangkat 25 April pagi.
    Pulang 29 April malam.
    Saya brkt naik airasia dr Surabaya ke KL..
    Saya pake skybus dr airasia menuju KL central.

    Yg saya mau tanyakan mungkin ga saya dlm wkt sesingkat itu mampir ke S’pore sebentar??
    Cm mau ke pusatnya saja.
    Orchard,esplanade,& merlion.
    Kalo dr KL central menuju s’pore naik bus apa ya??
    tarifnya brp?
    Saya blm pernah ke S’pore.

    Menurut anda spend wkt di KL dulu atau lsg ke S’pore saja di hari2 pertama??
    Mengingat tgl 29 saya harus sudah kembali ke SBY naik airasia dr KL.
    Ekonomis ga pak??

    Kmudian dr S’pore ke KL naik bus apa dan tarifnya brp??
    Rencananya dr S’pore saya lsg menuju Bukit Bintang??
    Apakah ada bus yg lsg kesana??

    Thx before,,

  218. By Gilank on Mar 9, 2009 | Reply

    @dr. hajar marlina : Thx alot for ur info.

  219. By evi on Mar 13, 2009 | Reply

    kalo mau ke sunway lagoon naek kendaraan umum gmn caranya

  220. By aak on Mar 15, 2009 | Reply

    Evi.

    Targetnya ialah Sunway Pyramid.

    http://www.rapidkl.com.my/images/therm/area%205/a_05_eng_ani.gif

  221. By sian on Mar 20, 2009 | Reply

    Juli ini aq mau ke KL, nginep di Tengkat Tong Shin Bukit Bintang

    Tolong advice nya.
    Pagi 2 mau ke Petronas, Naik apa yang cepat & murah ? kalo jalan kaki berapa lama ? Nyasar gak ?

    Terus ke Putra jaya dari Petronas naik apa ?

    Dari Putra Jaya cari oleh2 murmer mendingan Pasar Seni apa China Town ?

    Txs infonya

  222. By sian on Mar 20, 2009 | Reply

    Zikri,

    Kalo dari Bukit Bintang area mau ke batu Caves bisa pakai bis apa ? naiknya dari Pudu Raya ?

  223. By Ana Togatorop on Apr 1, 2009 | Reply

    Bang,
    mau tanya dong, tgl 11-16Agt’09 ini kami 3 keluarga mau ke KL, kami sdh terlanjur isued air asia Jkt-Kl, Kl-Jkt, tp saya jg tertarik ke singapur, menurut abang gimana yah..krn waktunya saya liat terbatas juga kalau saya mau ke genint & pangkor, mohon petunjuk yah Bang

  224. By jolie on Apr 15, 2009 | Reply

    Kl mau ke petronas plg enak naik LRt sampai bukit nanas pindah naik subway lsg turun di KLCC

  225. By Ella Kalesaran on Apr 20, 2009 | Reply

    Salam kenal mas zikri,
    saya dan keluarga(5 orang)mo k malaysia pertengahan mei,semiggu disana,saya biasa nginep d hotel nova,jalan alor,b.bintang.
    Saya blm k genting,mo tanya klo sewa mobil van tarifnya brp ya?biar sekeluarga 1 mobil gitu.
    Tanx be4 mas…sukses

  226. By tony on Apr 20, 2009 | Reply

    To Ella,
    Mau tanya mengenai Hotel Nova , apakah bersih dan ok buat bawa keluarga ? Kl ke genting sewa cab sekitar 200-250rm PP

  227. By Ella Kalesaran on Apr 20, 2009 | Reply

    To Tony,
    Cab itu kan taxi ya,oke,aku cr klo yg mobil van muat 5 orang lebih,tp tanx infonya.
    Hotel Nova murah meriah,yg pasti aku paling numpang tidur aja lumayan enak,apalagi kamarku view-nya KL tower n petronas,itu emang jd request,depan hotel nova klo sore menjelang malam sampe subuh penuh makananan macam2,betah deh d nova hotel.
    Aku jg waktu k s’pore lewat terminal puduraya by bus.
    Aku sih selalu rekomendasikan nova htl ke keluargaku/teman2ku yg lain klo k malay.

  228. By sha sha on Apr 20, 2009 | Reply

    Salam Kenal,

    Mau tanya dong kalo dari hotel sekitar KLCC mau ke Airport LCCT (naek Air Asia) kira2 kalo naek taxi berapa lama yah? dan kira2 berapa costnya?

    Thank U ya atas infonya..

  229. By Ella Kalesaran on Apr 21, 2009 | Reply

    to sha sha

    klo aku blh saranin,kmu naik taxi dr htl dkt KLCC ke KL sentral +RM 10 (tawar segitu),br dr KL sentral tinggal naik bus air asia RM 9 k LCCT,lebih murah kan,drpd naik taxi dr KLCC ke LCCT.Mudah2an membantu.

  230. By reky nelsen on Apr 21, 2009 | Reply

    Hai, kalau boleh mau tanya nih.. 1.)dari LCCT saya menuju KL sentral naik taxi, ingin bermalam karena landingnya malam hari dan akan berangkat ke genting esok harinya.. mau cari hotel yg murah dan nyaman dan dekat dengan stasiun bus yg akan mengantarkan saya ke genting highland esok harinya.. 2). alternative.,.. kalau ongkos taxi dari kl sentral langsung ke firstworld hotel ada gak? tarifnya? thanks ya infonya.

  231. By ev on Apr 22, 2009 | Reply

    Hai,saya mau nanya nih, saya bisa sewa transportasi apa yg murah ya klo saya pergi sama rombongan (6 dewasa & 1 bayi)selama saya di KL dan besoknya tujuan ke Genting(di Genting hanya 1 hari saja tidak menginap)? Tq ya 4 d info.

  232. By Hairie on Apr 23, 2009 | Reply

    Salam, saya dari Malaysia, ingin sekali bantu saudara/i sakelian. kalau ada yg mau jalan2 di Malaysia atau KL, boleh saya jadi HOST anda. boleh e-mail saya kapan bila saja mau datang ke mari di (super_kasparov@yahoo.com. Sya juga bisa ke Indonesia utk jalan2 & liburan. jadi kalau kita bisa berkongsi pengalaman sambil bantu jika masing2 ke tempat satu sama lain, itu kan lebih hemat & bagus sekali?

  233. By Herry on Apr 29, 2009 | Reply

    Thnx atas infonya..kebetulan kami berencana jalan2 ke KL liburan Idul fitri bersama rombongan dan saya rasa info yang kami dapatkan sangat berguna sekali lagi trima kasih.

  234. By Nana on May 3, 2009 | Reply

    halloo slm knal…

    saya berencana liburan ke KL,saya butuh info hotel/apartemen yang harganya terjangkau di dekat menara petronas…thanks:)

  235. By Vero on May 6, 2009 | Reply

    Saya akan pergi ke M’sia tgl.29 Juni ini (11 org)bagi info dong.. sewa mobil / minibus dari airport LCCT ke Genting… Thx

  236. By dewi on May 12, 2009 | Reply

    salam kenal,
    senang bs dpt info dr sini..
    mau tanya bang,
    saya & keluarga (6 dewasa & 2 anak dibawah 10thn) rencana ke malaysia akhir juni nanti by air asia dgn rute perjalanan dr airport langsung genting stay 2 malam trus lanjut ke KL city stay 2 malam lagi trus lanjut balik ke jkt.
    sebaiknya naek apa ya dr airport untuk lngs ke genting (agak kurang jelas mengenai genting lewat darat sama yg harus naek cable cart itu..helppp me)..trus abis dr genting mau ke KL city enaknya naek apa??krn taxi kan ga cukup bang…
    ditunggu jawabannya segera berhubung agak bingung (by email boleh bang) ..thanks before bang

  237. By sania on May 21, 2009 | Reply

    salam kenal,
    mo tanya mas…renc saya d klrg bsr mo ke KL, (6 dws, 6 ank2 dan 2 org tua) kira2 penginapan yg murmer tp dkt dg wisata dmn ya…dan kalo cuman 3 hari, wisata apa yg didulukan yg paling bagus dan wajib dikunjungi…dan kalo beli cenderamata yg murah dmn?
    Ditunggu jwbnya mas…n makasih banget!

  238. By ulil amri on May 22, 2009 | Reply

    thanks bwt semua tulisannya..rncana gw mo pergi taon depan…mo nabung dlu..!!!

  239. By rini sumaryo on Jun 4, 2009 | Reply

    Terima kasih untuk infonya.

    Kebetulan kami ada rencana bepergian ke KL & SIN dg pesawat dalam waktu dekat.
    Boleh minta saran hotel harga terjangkau (mungkin sekitar Bukit Bintang ya?)dan SIN sekitar Orchad, tempat makan (yang halal tentunya) dan tempat rekreasi yang patut dikunjungi mulai untuk anak SD s/d kami yang sudah mulai tua ini.

    Jawabannya sangat dinantikan.

    Terima kasih sekali lagi

    rini_sumaryo@yahoo.com
    rini.sumaryo@psu-food.com

  240. By Sandra on Jun 5, 2009 | Reply

    Dear Joice,
    salam kenal… saya baru saja baca tentang email kamu dulu dan sepertinya kamu sudah jadi berangkat ya. Tolong di-share dong pengalamannya karena bulan agustus say dan keluarga (suami dan 1 batita) rencana ingin melakukan perjalanan seperti itu. Jkt-Kl dan pulang lagi dari Kl.
    Mbak Riyani, apartemennya available tidak tanggal 18-22 agustus dan berapa harganya?
    Tx.

  241. By LINDA on Jun 6, 2009 | Reply

    ini gw mo tanya, arrival d m’sia berapa lama visa dapat waktu masuk.

  242. By Endang Yusup on Jun 16, 2009 | Reply

    mas, mau nanya nich…, rencananya bulan juli besok saya mau ke Malaysia cari temen deh.., alamatnya di behran, Tanjung Malim . Nah katanya sich dari bandara kalau mau ke tanjung malim gak usah ke KL dulu, lalu pake kendaraan apa yang ringan ke Tanjung Malim itu ?mohon petunjuknya

  243. By Eva hs on Jun 18, 2009 | Reply

    Met kenal mba riyani…

    Sya mau tnya, utk bln agustus tgl 11 s/d 14, available ndak kmrnya mba?… n costny brapa dlm rupiah?…rcna sya ksini berdua dg anak sya sja. Tks…

  244. By Manzo on Jun 24, 2009 | Reply

    Asslkm..
    Mod, saya mau tanya nih…
    rencananya insyaALLAH ntar tanggal 15 Juli 2009 ini saya n temen saya berangkat liburan ke Malaysia…dalam rangka ingin ngeliat tim Sepak Bola Manchester United dsana..dari Medan naek Air Asia ke bandara di KUL..kasih info dong tempat penginapan yang bersih dan lumayan murah di daerah Kuala Lumpur??tempat penginapan yang bisa akses ke mana aja yang ndak terlalu sulit…tolong infonya ya…terima kasih…Asslkm

  245. By meilia on Jul 6, 2009 | Reply

    saya mau tanya, tersedia tidak kamar untuk tanggal 23 s/d 25 juli 2009 untuk 3 kamar? harganya berapa, per kamar atau per person bayarnya?(mohon dalam rupiah).
    trims.

  246. By Yusman on Aug 8, 2009 | Reply

    Mas ini mau nanya ya, kalo kita beli barang eletronik dari Kuala Lumpur, waktu masuk ke Singapore, ada kena pajak ga ? berapa batas maximun barang bawaan kita dari Malaysia ke Singapore ? Sangat diharapkan Bro bisa membiri informasinya, thanks banget nih.

    Salam,
    Yusman

  247. By lisa on Aug 24, 2009 | Reply

    mau tanya nih…kl naik bus dari Genting ke hatjai (thailand) brp jam ya?

  248. By eric on Sep 6, 2009 | Reply

    salam kenal…
    mau tanya mas saya berencana melakukan perjalanan tgl 21/sept 09 dari jakarta – ke penang, nah selanjutnya di penang hotel yang termurah ada gak ya?kalo ada bisa kasih tau nama hotelnya??dan kira2 berapa harganya?
    seterusnya dari penang saya berencana mau ke hatyai thailand,dari penang ke hatyai saya bingung mau naik apa?dan kalo naik bus saya harus ke terminal mana?maunya seh yang tarif relatif lah mas.
    rencana pulang tanggal 28 dari hatyai menuju ke penang dan kembali ke jakarta.
    mohon bantu pencerahannya ya…
    (maklum mas saya pergi sendirian dan baru pertama kali jadi gw bingung mas)
    tolong di jawab secepatnya ya…ke emai saya
    eric_fu@indosat.blackberry.com
    terima kasih

  249. By peter on Sep 21, 2009 | Reply

    salam kenal, saya bersama rekan manula ber 10 org rencana pd bln april ’10 mau jalan2 ke KL dan nginap sekitar 3 malam disana, kira2 mas bisa rekomendasikan dimana saya bisa sewa apartement yg letaknya disekitar jantung kota dgn harga yg menarik, mohon informasi2nya dan terima kasih sebelumnya.

  250. By Hadi on Sep 26, 2009 | Reply

    Mas, kalau naik Airasia ke Johor Bahru tibanya kan malam tuch (+/- jam 22). Enaknya gmn ya, nginap di Johor Bahru malam itu, atau langsung lanjut ke Malaka dengan bus malam itu juga? Lalu nginap dimana yach yg murah meriah tapi aman?

  251. By lianti on Oct 2, 2009 | Reply

    Dear,

    Tlg dipandu dong… sy ke Malay tujuan : KL dan genting yg enak nginep nya dimana ya.. yg murah & kl pakai citytour brp biayanya ? & di genting tempat wisatanya apa? tempat favorit utk anak2 apa? cari makannya susah nga? utk tgl. 7-10 Nov 09…. tolong dijelaskan transportnya dan biaya transportnya….thanks

  252. By Suherman on Oct 11, 2009 | Reply

    Infonya sangat bermanfaat. Saya belum pernah jalan-jalan ke luar negeri sekalipun. Saya ingin coba jalan-jalan rencananya ke Kuala Lumpur tahun 2010. Nanti kalau saya sudah bisa ngumpulan uang, baru berangkat dan minta tolong dipandu? Ibarat orang mau naik haji, kalau punya duit Rp. 2,5 juta, cukup enggak, ya? Diluar pesawat AirAsia.

  253. By Widya Irawan on Oct 26, 2009 | Reply

    Mas mau tlg infonya kl dr lcct sewa van/minibus ke theme park hotel kira2 brp costnya?Tq

  254. By Setiawan on Nov 10, 2009 | Reply

    Mas,pertanyaan saya hampir mirip dengan Mas Hadi, saya ingin tau apakah ada Hostel buat Backpacker di Johor bahru, kira2 brapa duit? N lokasi nya deket sama Terminal Larkin ga ya?
    Thx

  255. By Samantha on Dec 11, 2009 | Reply

    Hai, salam kenal..
    mungkin info dari saya cukup membantu teman2 yang akan berlibur ke Penang/ Kuala Lumpur.

    untuk penginapan di Penang bisa dicoba Malaysia Hotel, tarif termurah utk kmr standard adalah RM 92, Malaysia Hotel terletak di daerah Georgetown yg masuk dlm situs warisan budaya dunia yg ditetapkan oleh UNESCO. Lokasi hotel ini sangant strategis. tepat diseberangnya terdapat rumah makan dan minimarket yg buka 24 jam. Selain itu, free rapid juga lewat didepan hotel, jd anda bisa keliling Penang dengan gratis.

    untuk di Kula Lumpur sendiri bisa di coba penginapan startown inn, lokasinya di jalan puduraya tepat diujung jalan bukit bintang, penginapan ini kecil tp murah dan cukup nyaman. dan yg lebih penting adalah posisinya yg strategis, anda cukup berjalan kaki untuk menjelajahi seluruh area bukit bintang dari hotel ini, dan juga tidak begitu jauh dari stasiun monorail..

  256. By zulhabri on Dec 28, 2009 | Reply

    Salam semua, untuk saran dan info tentang KL dan sekitarnya,Insya Allah saya bisa jawab. Nama saya Zul dari KL, asal Malaysia dan bisa membantu kalian tanpa sebarang ongkos kerna saya mahu rakyat Indonesia yang ke mari mendapat layanan yang terbaik :) Sebarang pertanyaan bisa emel ke zulhabri@gmail.com

    Terima kasih!

  257. By atik on Jan 2, 2010 | Reply

    dear.
    saya lagi cari apartmen untuk sekitar 50 oang, ibu riyani punya berapa apartmen ya….
    selama di KL 9-11 januari 2009.
    dan berapa tarifnya permalam.
    ditunggu infonya.
    terima kasih…

  258. By Susan on Jan 11, 2010 | Reply

    Hi, saya mau cari apartemen di daerah downtown Kuala Lumpur u/ tgl 24 Feb’10 s/d 1 Maret’10. Saya berangkat dengan keluarga 3 dewasa & 1 anak kecil.Harganya berapa yah ? Ditunggu infonya.
    Tq

  259. By upik on Jan 13, 2010 | Reply

    saya di ajak teman yg skr tinggal di KL, ini pertama kalinya saya ke luar negeri nih 2010, mau pergi berdua dgn teman, naik air asia 29 jan – 3 feb pulang juga naik air asia, karena ada promo kata teman dan murah perlu bawa ringgit dari jakarta atau nanti tukar disana aja ya? dimana nukernya ? kalau nanti pas tiba diaiport kita perlu bawa dollar nggak ?? kita juga baru punya NPWP, untuk Rp diairport kita berapa ? dan kalau untuk pulang naik airasia juga berapa perlu uang diairport, dgn asumsi antar jemput oleh kawan ke airport KL. Terima kasih banyak. sama seperti teman yg diatas kalu dananya +/- Rp. 2.500.000 sekalian oleh@ apakah perlu ditukar semua uang rupiah kita ke dalam ringgit. Maaf sebelumnya ya….

  260. By yaya on Jan 29, 2010 | Reply

    mas mau nanya,, saya untuk tgl 11-17 feb 2010 mw ke KL bisa kasihtau tempat penginapan hotel yang mumer untuk 4 orang,, di daerah bukit bintang,, saya dan teman2 baru pertama kali ke malay,,, kalo bisa harganya berkisar 100-130 RM per nitenya,,, kami perempuan semua mas,, hhehehehe
    sekalian sama transportnya bagaimana kalo dari bandara (airasia)
    ditunggu infonya secepatnya bisa di reply ke e email saya…
    thanks bgt yaaahhh..

  261. By andre on Mar 4, 2010 | Reply

    asik tuh , trims infonya ya. aku pengin banget jalan – jalan ke sana. layak dicoba. tapi aku nggak tahu ngurus paspor dan surat – suratnya ? gmn dong caranya?

  262. By s4nti on Mar 7, 2010 | Reply

    Hi, boleh dibantu ya.., kalau dari penginapan di bukit bintang mau ke stasiun kereta api buat naik kereta api malam.. jauh gak ya ?.. naik taxi dulu ? kami 2 dewasa 3 anak-anak.. please inform saya ya.. rencana mau pergi ke KL 16 jun 2010, 17 jun malam kami mau balik ke Sin .. sampenya pagi di Sin..?? please help ya..thank u

  263. By viena on May 10, 2010 | Reply

    Dear Mba Riyani…

    Mba.. saya mau tny dong unk tgl 10-12 Oktober 2010 apartementnya available tdk unk 5 org??

    Saya smp LCC (KL) tgl 9 okt,jam 23.30 dan mau ntn motogp tgl 10 nya, kl blh mnt saran saya booking tune hotel (LCC) lbh dulu yg deket dg bandara& sirkuit sepang atau lngsg booking apart/hostel disekitar KL sentral??

    Oia, apakah ada yg tau, kira2 unk tiket ntn motogp nya kl saya beli go show msh ada tdk??
    thank’s…

  264. By irma on May 20, 2010 | Reply

    halo mas zikri saya irma dari bandar lampung punya rencana jalan jalan singapur malaysia lewat batam bersama rombongan lebih kurang 50 orang .Gimana caranya dan apakah harus mutlak punya NPWP. terima kasih salam

  265. By Gembong on May 28, 2010 | Reply

    Ass.mas zikri bln juni tgl 18 juni 2010 bsk sy sekel berencana pergi ke sing-KL yg pertama kali ke sana, sy bw 4 anak, yg msh kecil-2 bahkan 2 diantaranya msh balita , klo blh sy mhn informasi apa ada transportasi direct Sing – KL yg ga repot turun naik urusan check point imigrasi kedua negara, mhn info jk ada mgkin travel mobil atau taxi /mobil yg bisa dicarter perjalanan Sing – KL sekali jalan aja, biar ga repot turun naik n ganti kendaraan spt naik bis yg sy bc di blog mastks ditg infonya ya mas .

  266. By Rahmat Zikri on May 30, 2010 | Reply

    @irma: dgn adanya fasilitas bebas bea fiskal utk yg sudah punya NPWP, skrg lebih efisien kalau dari Lampung ke Jakarta, langsung ke Singapore. ngapain lewat Batam dulu?

    dengan adanya kebijakan baru tsb, fasilitas bebas fiskal utk pemegang paspor sumatera bisa ke singapura via batam sepertinya sudah tidak berlaku.

    @gembong: kalau naik bus pasti turun naik. kalau ngga mau turun naik bisa carter mobil atau naik kereta (bilangnya: train. karena kata kereta di sana berarti mobil).

  267. By farry on Jun 5, 2010 | Reply

    bener2 hebat kau riz…

  268. By Hendra Cokro on Jun 24, 2010 | Reply

    mbak Riyani,saya mau sewa apartemen di KL untuk tanggal 8-9 September 2010,berangkat dari pekanbaru jam 4 sore naik air asia,kira2 bisa diatur transport ke apartemen mbak Riyani?ada kamar untuk 7 orang?.gmana bagusnya?bs contact di 081371869881(Pekanbaru- Indonesia)

  269. By essy on Jun 30, 2010 | Reply

    salam kenal mas zikri. saya mau nanya tgl 16-19 juli ini saya mau ke phuket.pulangnya mampir ke pineng dulu liat anak saya. punya informasi ngga transportasi dari phuket ke pineng.

  270. By Rahmat Zikri on Jul 1, 2010 | Reply

    @essy: ada beberapa bus yang melayani rute phuket – pinang. datang saja ke terminal bus, nanti di sana ada beberapa loket penjualan tiket. lihat2 saja dulu, cari yang bus nya paling cocok (nyaman, dsb), baru beli tiketnya (bisa dibeli bbrp hari sebelumnya).

  271. By carin on Aug 12, 2010 | Reply

    Mas Zikri..good blog..very helpful
    Mohon bantuannya.Saya+suami+anak 2th brencana jalan2 hemat k sing-kl+genting,dan plg lewat KL LCCT
    Bagaimana flow yg plg ok..kbtulan sudah dpt tiket promo LCC k sin yg tiba sore hari
    Kira2,kl saya mau lanjut k genting tp pk cara yg moderate,misal naik transnasional k pudu,ok gak?
    Dg mempertimbangkan saya bawa batita 2th.
    Apakah saya baiknya lsg k genting,atau stay di kl dulu?
    Dan baiknya saya naik bis dr Sing,pagi2 atau siangan ya?
    Waktu libur saya kira2 6d5n
    makasiii bgt..maklum br kali ini jln2 brg my little family :)

  272. By Rili on Aug 15, 2010 | Reply

    mau nanya mas aku mau kuliah d UIA ! terus gmn mau kesana nya ? naik apa ya mas ? :) terimakasih

  273. By vkyuminnihae on Aug 15, 2010 | Reply

    itu smua hrga2 nya msh sama ga pak?? XD

    bismillah.. smoga dgn saran bpk.. saya bisa nekat kesana.. XD

    mklum kantongnya blom tebel… kekeke

  274. By vkyuminnihae on Aug 15, 2010 | Reply

    eia.. dr terminal Larkin (Johor Baru, Malaysia)ke KL itu naek bis, ongkos ny brp ya pak??

  275. By Rahmat Zikri on Aug 17, 2010 | Reply

    @carin: langsung aja gpp
    @vkyuminnihae: skrg mungkin sekitar RM 30

  276. By Susy on Aug 17, 2010 | Reply

    Assalamualaikum Mas…
    Mohon informasi, saya dan teman2 (6 orang) rencana ke Kl tgl 14 s/d 18 Oktober dgn Airasia. Dari Jakarta pkl 21.00. Mohon informasi penginapan dan transportnya….kalo ingin tau apartmentnya Mba Riyani bgmn cara mengontak beliau? Terima kasih infonya…

  277. By Rahmat Zikri on Aug 21, 2010 | Reply

    @Susy: wa’alaikumsalam.. coba agak rajin dikit utk melihat dan menemukan nomor telpon nya di bagian atas :)

  278. By vincent on Sep 1, 2010 | Reply

    Salam sejahtera,

    Mau tanya nih mas Zikri, ada gak motel (selain condo mba riyani) di sekitar bukit bintang yang harganya murah sekitar 50-60rm /kamar, dan kamarnya cukup untuk 4 org.
    Apa namanya dan berapa no telpnya ? Thanks in advance

  279. By Rahmat Zikri on Sep 7, 2010 | Reply

    @vincent: mestinya banyak.. tapi saya ngga punya daftar nomor kontaknya. coba googling atau nekat langsung datang ke lokasi :D

  280. By porkas siregar on Sep 18, 2010 | Reply

    mas Zikri, tolong informasinya klo nginep di malaka yg murah bersih dimana dan harga berapa.
    rencana sy nanti dari penang. terima kasih informasinya

  281. By SANTI on Sep 25, 2010 | Reply

    Lam kenal buat Mas Zikri,

    Saya ada rencana ke KL bersama suami dan 2 orang anak (10 thn dan 5 thn) tgl 12 Maret 2011 jam 6 sore ( jam jakarta) s/d 15 Maret 2011 jam 2.55 siang (jam KL). Saya ingin menanyakan:

    1. Dari bandara sebaiknya naik taxi atau naik bus, kalau naik bus no brp?

    2. Sebaiknya kami nginap diHotel apa disekitar Bukit Bintang?(karena saya blm pernah ke KL)

    3 Disekitar Bukit Bintang ada wisata apa yang bisa kami kunjungi sekeluarga?

    4 Kalau kami ingin ke Genting (naik sky way) apakah banyak permainan anak2 selain kasino?

    Dan kalau boleh saya minta tolong dibuatkan itinerary selama 3 hari perjalanan kami.

    Makasih banget yahhh

  282. By cherry on Sep 28, 2010 | Reply

    mas,thank dulu sebelumnya.. kalo saya ada rencana bulan feb 2011 ini ke kl dan singapura,saya brankgkatnya naik ferry dr tb asahan menuju port klang, gue cuma minta recomendasi kamar seperti apartment yg murah di kl dan di singapura, n minta recomen nya transit dr kl ke singapura naik bus yg enak n sip harganya bro,,, thank u,,, mohon di balas di email gue ya bro..

  283. By fryan on Oct 5, 2010 | Reply

    mas mau tanya mas nginap di kl di daerah bukit bintang dimana ya?

  284. By arin on Oct 5, 2010 | Reply

    mau tanyaa.. klo sehabis magrib mau ke putra jaya ada kendaraan umum ga yah ? itu naik apa?? lalu berapa ongkosnya? jumat ini saya mau bekpeker keKL.. mohon infonya.
    trims.

  285. By izah(malay) on Oct 8, 2010 | Reply

    @to arin:jika anda di Klia anda bisa naiki ERL(TRANSIT)to KL Sentral
    Jika di Lcct :Naiki bis berwarna MERAH MENUJU STASIUN SALAK TINGGI.. kemudian Naiki ERl to KL sENTRAL

    INFORMASI LANJUT:www.kliaekspres.com/

  286. By maya on Oct 11, 2010 | Reply

    Maw tanya dunk. saya kan rencananya tahun depan maw ke KL, genting trus ke Singapore.. kira” apartemen yg Riyani itu masih available ga yah? dan klo hotel/hostel di Genting apakah ada yang harganya ekonomis??

    Saya searching di agoda.. ada hotel” bintang 1 n 2 gitu, tapi apakah aman dan bersih? karena seperti yang kita tahu, di Jakarta aja hotel dengan harga segitu bisa dikategorikan sebagai hotel ++, jadi agak takut juga seh..

    Thanks before

  287. By p (orang kl) on Oct 17, 2010 | Reply

    org melayu kl disini. mo tanya apa2 pun boleh. hotel disini bersih dan selamat, x ada org yang kacau. biarpun yang murah tahap -5 (negatif lima) bintang. haha. kalau datang solo, boleh saja saya jd travel guide, pegi sana sini naik moto saya saja. vroom vroom. beli helmet (atau kalau sudi pinjam helmet buruk no.2 saya, haha, x perlu bayaran), bayar duit minyak sudahla. 18,000 kali ganda lagi murah dari naik teksi. x kiralah yang bermeter ka x bermeter.

    mo lebih jimat duduk rumah saya (batu caves, setengah jam saja ke genting naik kereta initial D, haha). Jangan curik barang udah ler. FOC. free of charges. walla.

    *translation
    x = tak
    jimat = hemat
    curik = nyolong
    kereta = mobil (disini kalau panggil mobil tu, stesen minyak mobil. exxon-mobil)

  288. By vana on Oct 17, 2010 | Reply

    siang mas,mau tanya condo d kl yg mas tulis dkt marriot kl itu,kamar nya masih d sewa kan tdk ya??aku coba kontak tp tdk ada jawaban.plan aku k sana minggu depan sktr tgl 22 oct 2010 ini,
    thanks unt info nya

  289. By Kostka on Oct 22, 2010 | Reply

    mas.. sblm na makasii buat info2 d atas… aq rncana k spore-KL skitar tgl 21-27 des.. naik airasia sby-KL-sby.. rncana tgl 21 jm 9 pagi sudah sampai KL n lgsung k spore.. n sy nginep d YMCA.. kira2 naik apa aja y..? n ongkos na brp..??

    truz 1 lg.. skitar tgl 26 aq balik k KL,klo mw lgsung cri pnginepan pasti dpt gag y..?? klo bs yg dket2 airport.. soal na aq sndirian, tkt na pas gag dpt.. n pesawat na jm 9 pagi… kira2 prjalanan brp menit k airport na..?? n hrz brngkt jm brp dri pnginepan na..??

    makasii.. :)

  290. By Syafirna on Oct 30, 2010 | Reply

    mas, mo minta pendapat… ntar bulan februari 2011 saya n keluarga mo jalan ke penang. rencana seh mo ke hat yai, singapura n kl. kami piginya tgl 27 feb pul tgl 6 mar. bagusnya kita kemana dulu? (kita turun di penang)trus recomm dong apart yg termurah yg di masing2 negara :)

  291. By Rahmat Zikri on Nov 4, 2010 | Reply

    @porkas: bisa coba di Fenix Inn, sekitar Rp 280rb.
    @santi: kalau ber-empat begitu lebih baik naik taksi, sekitar RM 100. boleh dicoba hotel baru namanya Sky Hotel atau Alpha Genesis (keduanya ada di Bukit Bintang). di BB paling hanya window shopping.. nikmati suasana keramaian di sekitar situ. nanti waktu tiba di bandara atau di KLCC ambil saja brosur2 wisata kota KL.

    @cherry: soal apartemen di KL dan Singapura sudah saya urai di artikel ini (dan artikel Jalan-Jalan Hemat ke Singapura).

    @fryan: dari awal tulisan mestinya sudah diulang berkali2.
    @arin: sudah dijawab oleh izah
    @izah: thanks111
    @maya: soal apartemen riyani, ditanya langsung ke orangnya.. jangan ke saya :D resiko hotel bintang 1-2 memang seperti itu… kalau mau bisa coba rekomendasi saya utk santi (hotelnya itu bintang 3, tapi utk ukuran harga dibanding performance-nya bisa dibilang murah).

    @p: thanks
    @vana: coba hubungi lagi nomor telepon tsb. kalo gak ada jawaban ya mau gimana lagi? :D

    @kostka: mesti ke terminal bus Puduraya (tapi setidaknya bulan ini lagi ada renovasi di terminal, sementara dialihkan ke Bukit Jalil). dari sana ada banyak bus ke Singapore. cari saja bus yang bagus penampilannya.. :D kalau saya biasa naik KBES (Konsortium Bas). ongkos sekitar RM 30. penginapan yg dekat dgn bandara di KL adalah Tune Hotel (http://www.tune-hotels.com).. pastikan pilih yg di bandara. karena kalau yg di downtown KL nanti pagi2 nya mesti naik taksi. waktu tempuh minimal 1 jam. mesti pesan dulu dari Internet…

    @syafirna: ini kayak komidi putar yah… bolak-balik. ya sudah ke atas saja dulu (hat yai)… karena ada bus dari penang ke hat yai. setelah itu nanti pulangnya ke KL.. setelah jalan2 ke KL lanjut ke Singapura. setelah itu kembali ke Penang. dgn waktu hanya seminggu, perhatikan jadwal perjalanan dgn baik… karena bisa capek di jalan.

  292. By Iza on Nov 29, 2010 | Reply

    Mau kasi info sedikit.
    Buat masa sekarang perhentian puduraya sedang di naik tarafkan jadi perhentian bus buat sementara dipindahkan ke Bukit Jalil tapi jangan kuatir ada Lrt dari sini terus ke ibu kota .+- Rm3/4

  293. By aminuddin on Dec 8, 2010 | Reply

    saya mau liburan ke KL tgl 28 s/d 1 jan 2011. namun sampai saat ini belum dapat apartemen. kalau di riyani katanya penuh. apakah ada no hp atau email yang punya apartemen sekitar bukit bintang? makasih atas bantuannya ya…

  294. By PRIHARTANTO on Dec 13, 2010 | Reply

    Salam kenal, berapakah jarak antara kuala lumpur ke port kelang, dan transportasi apa yang bisa saya gunakan untuk menuju port kelang dari kuala lumpur,karena saya dari jakarta naik air asia tiba di kl 9pagi dan sekitar 12 siang saya harus berada di port kelang, terimakasih atas bantuannya.

  295. By jasman on Jan 11, 2011 | Reply

    mas mau tau jadwal penerbangan,kuala lumpur ke kota kinabalu. harga tiket ya
    berpa

  296. By zulva on Jan 18, 2011 | Reply

    hai salam kenal…
    mau minta infonya neh, rencananya aku mau ke kuala lumpur tgl 26 januari sampe 31 januari.. saya akan berangkat dengan 8 orang dewasa (2 diantaranya orang tua).. kira-kira enaknya kita sewa van untuk antar jemput kita disana atau kita naik taxi dari satu tujuan ke tujuan lainnya???
    berikut rute tujuan yang akan saya lakukan dengan keluarga…
    1. KLIA to hotel di seri kembangan
    2. hotel seri kembangan ke hotel di bukit bintang
    3. hotel di bukit bintang ke hotel di genting
    4. genting ke KLIA

    mohon infonya yah mas, transportasi apa yg murah yang bisa kita pakai disana…

  297. By meimei on Jan 20, 2011 | Reply

    salam kenal … bagi info donk, penginapan murah d KL trus kira2 tmpt wisata mana aja yg bs jd referensi. trims b4

  298. By ching on Jan 24, 2011 | Reply

    halo mas, bisa recommend saya hotel atau aprtment murah didaerah bukit bintang kuala lumpur pada tgl 7 februari 2011 ini? plase send to my email, thank’u

  299. By YUDI on Jan 24, 2011 | Reply

    minta info donk mas, tgl 13 feb 2011 saya mau ke malaysia dan singapore, tapi kata orang puduraya belum buka(masih renov) dan dipindah ke bukit jalil. apa tau kira2 kapan puduraya beroperasi kembali? thanks

  300. By muhammad junaidi on May 1, 2011 | Reply

    mas…minta bantuannya utk jadwal jalan2nya yg di kl…saya tiba jam3 sore tgl 4 juni..plng 8 juni..saya harus kmana aj kalau dg tgl tsb.???thks.

  301. By ermawati on May 22, 2011 | Reply

    mas,mau tny neh,tlg bls ke emailku yah,hehe.aku rncn dr btam lgsg ke johor,trus k melaka.nginep 2 mlm lanjt ke genting.nah dr melaka k genting tuh bgsnya naek apa ya?n brapa jam? Trus dr genting ntar plg ke johor lgsg bs gak? Trims ya

  302. By teti on Jun 1, 2011 | Reply

    Hi mas zikri..
    Rencana tahun depan saya mau backpackeran ke kl-phuket-sin-kl

    Kita pergi ber 7 dari jakarta pakai air asia..
    Sampai kl sekitar jam 14.30
    Pengennya buat hemat budget bisa main dulu di kl baru malamnya naik bus menuju phuket

    Kira-kira bisa kemana sja dan enaknya naik bus jam berapa ke phuketnya

    Oiya lama perjalanan kl-phuket berapa lama terus apakah satu kali naik atau ganti bus

    Rencana diphuket sekitar 3hr, terus lanjut ke singapore

    Apakah ada bus yang langsung dari phuket ke singapore? Butuh waktu berapa lama ya perjalanannya?

    Kira-kira budgetnya perlu berapa ya untuk trip tersebut (7hari) kl-phuket-sin-kl
    Terima kasih sebelumnya, saya tunggu infonya.

    Thanks
    Regards,
    Teti

  303. By yeni on Jun 9, 2011 | Reply

    mas, mohon bantuannya yaa.
    saya rencana bareng keluarga (3 dewasa, 2 anak2) ke KL tgl 21 feb 2012 – 25 feb 2012. dan kami juga rencananya ke singapore (tujuan ke universal dll). sebaiknya transportasi apa yg cocok dari KL ke singapore?
    apakah bisa dibantu utk bikin rute dg tgl tsb dan tujuan wisata serta hotel tpt menginap yg nyaman dan murah?
    dan kalo berkenan mohon dijawab via email aja ya mas.

    thanks

  304. By Ardi on Jul 20, 2011 | Reply

    Halo..saya ada rencana ke KL naik air asia.
    Nah rencana tinggal di KL PLaza, mohon tips buat naik bis dari bandara ke bukit bintang (khususnya KL Plaza)..bisa langsung sampai di tempat atau harus naik lagi. Dan ongkosnya berapa yah kira2..thanks :)

  305. By Ria on Aug 6, 2011 | Reply

    Mas RahmatZikri,

    Thanks banget untuk sharenya yang begitu jelas & komplit. Tulisan ini sudah mengispirasi saya untuk berangkat ke Singapura & Malaysia.

    Saya harap tulisan anda juga bermanfaat untuk teman-teman lain. Satu hal yang sangat mengganjal saat saya menginap di Apartemen di Bukit Bintang, yang pemiliknya Indonesian. ybs sangat tidak komunikatif saya meminta alamat dan cara mencapai lokasi tidak diberikan. padahal ketika itu saya sudah melunasi pembayarannya full payment. Dan ketika saya tiba di sana saya terkejut dgn keadaan di apartment. tidak spt yg saya baca dari beberapa teman. jadi saya menganjurkan kepada teman-teman sebaiknya bila mengambil hotel carilah di hostelworld disitu bisa pilih beberapa hostel. harganya sedikit lebih tinggi tapi well recommended. spt juga yang ditulis beberapa penulis di buku2 traveling. ada hangout@emily & hangout@jonker di singapura & malaka.. itu hostel yg worted untuk dipilih.. sedikit lebih mahal tp pasti puas..Goodluck untuk temen-temen pencinta travelling..

  306. By yuni on Aug 10, 2011 | Reply

    halo mas..
    aku yuni,,,
    rencana nya bulan oktober akhir aku mau liburan,
    stay dari medan, mau menuju KL ,bangkok,phuket dan krabi,
    nah aku mau nnya,, lebih hemat aku dari medan-kebangkok dulu,,ato dar medan- ke KL ,SETELAH itu bangkok?
    please kasih referensi perjalanan yg murah alah bagpacker mas,, soalnya aku baru kali ini mau jalan-jalan berdua sm sahabat aku,,
    dan mau keliling bangkok-phuket dn krabi,,,
    dan KL jg,,,
    thx

  307. By haikal on Aug 23, 2011 | Reply

    Thanks bro Rahmat. Maret-April 2011 lalu saya ke Singapura dan Malaysia bersama keluarga. Saya ke Singapur dulu, setelah bbrp hari dsana baru kemudian menuju KL dengan menggunakan jalan darat, naik taksi dari Singapur menuju Johor, dan dari Johor menuju KL menggunakan Bus.

    Saya berencana ke KL lg beberapa bulan lagi, dan dari sana berniat pergi menuju Hatyai Thailand dengan menggunakan jalan darat. Kalau ada saran2/trik dari bro Rahmat dan rekan2 yg lain bagaimana untuk ke Hatyai dengan mudah dan cepat naik bus/kereta apa?, dan dsana enaknya jalan2 kemana aja, makanan muslimnya dmn saja dll, Berikut saran hotel2 dan tarifnya. , saya sangat berterima kasih sekali.

    Thanks a large. Bro Rahmat ada akun FB?

  308. By wiwi on Sep 27, 2011 | Reply

    ass..mas zikri,minta saran dong..sy rencana mau jlan2 k singapura lewat batam..sy bawa anak umur 2 dan 4 tahun..bagusx sy nginap dimana ya,ktx sih ada apart d orchard road y d sewakan..hargax berapaan?cocok ga buat sy dan suami y bawa anak umur segitu?trus kl jln kemana2 kami bagusx naik apa?trus kl mau nginap d singapur,bayar visa ga? kira2 budget y harus sy siapkan berapa?rencana nginap semalam d singapur..thanks ya..tolong d replay scepatnya..spy sy bs siapkan danax dr skarang..

  309. By Hendra on Oct 1, 2011 | Reply

    hallo masFikri, thank infonya ya…
    1.saya ingin nanya, saya rencana mau pergi ke KL (route batam – johor – KL) yang saya ingin tanya, klu di KL bagusnya sama nginap di daerah mana ?? yang kemana” dekat dengan tempat tujuan wisata di KL misal KLCC dll…
    2.rencana saya dr KL mau di lanjutkan ke Genting berangkat pagi hari dan pulangnya sore hari(balik ke KL), apa bisa ??
    3.Sesampainya di genting, info dr teman saya ktnya harus naik cable car lg ??apa benar ?? dan kalau benar brapa biayanya ??
    4. saya tertarik sama salah satu penginapan yang ada di KL berlokasi di area Golden Triangle..apa penginapan tersebut dekat dengan KLCC ??
    terima kasih, mohon di jawab.

  310. By Maulana on Oct 3, 2011 | Reply

    Om thanks info berharganya, om saya mau minta tolong, saya mau ke penang gelugor, tapi saya mau PP lewat KL. mau tanya Bus atau angkutan umum dari Kl ke Penang naik apa saja yach. tolong kirin ke email saya. thaks buangettt.

  311. By lina on Oct 11, 2011 | Reply

    hallo mas …
    nama saya lina

    bulan november saya ada rencana ke kl, saya nginap di kawasan bukit bintang, yang ingin saya tanyakan masalah akomodasi disana
    1. dari bukit bintang ke genting
    2. dari bukit bintang ke batu cavas

    mohon di info sebaiknya saya naik bus atau kereta dari mana. mohon di jawab ya mas

    terima kasih sebelum nya

  312. By yudi on Nov 11, 2011 | Reply

    bang…
    minta panduan transportasi lah dari LCCT dan KLIA ke tanjung malim. kendaraan apa aja yang harus di tumpangi (tidak termasuk taksi)

  313. By andi lee on Dec 4, 2011 | Reply

    kakk mau tanya kalau bayar fiskal itu biasanya pada umur berapa atau semua umur yang bayar??

  314. By abdul salam on Dec 11, 2011 | Reply

    Di KL terminal Puduraya sudah ditutup. Terminal yang baru di Salak Selatan lebih modern dan nyaman persis airport.

  315. By Asep Johari on Dec 13, 2011 | Reply

    Saya mau ke Kualalumpur mendaratnya dimana di LCCT atau KLIA , pertanyaan nya apakah moda transportasi untuk kedua Airport tersebut sama dilayani dengan Bus dan MRT .. ??

  316. By Freddy on Dec 17, 2011 | Reply

    Menurut info terminal Pudu raya ditutup.
    Jadi yang praktis ke Genting lewat terminal mana ?
    Jadi sya mau cari hotel di terminal baru itu ? ( Salak Selatan ?? ).
    Jawaban ditunggu karena kami sekeluarga mau ke Genting lewat KL .
    Makasih.
    Salam.

  317. By myah on Jan 28, 2012 | Reply

    salam,,saya mau tanya,,bulan juli insya ALLAH saya dan rombongan (4 orang) mau jalan2 k KL naek air asia,,dan selama d KL saya dan rombongan mau jalan k genting dan singapure,,mohon infox bgusan kami menginap d daerah mana yah??yg mudah akses transportasi k genting,singapura dan jalan2 d sekitaran malaysia,,hotel yg murah jugak,,trus kalo kami brgkat k singapura apakah lbih baik mnginap d sana atau langsung pp k KL???thx b4 yah,,:D

  318. By Dian on May 27, 2013 | Reply

    mau nanya dong, kalo saya mau ke lego land tetapi stay di malaysia dulu 1 hari, kemudian berangkat ke legoland stay 1 malam di sana setelah dari legoland dan kembali lagi ke malaysia hari berikutnya.

    mohon saran dan tips nya ya. thanks.

  1. 1 Trackback(s)

  2. Sep 25, 2010: Tips mengurus sendiri pembuatan NPWP « Ganjarbanget's Blog

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google