Taipei 101

Written on 20 September, 2008 – 11:52 | by Rahmat Zikri |

Salah satu lokasi wajib kunjung di Taipei pada saat ini jelas adalah Taipei 101 Building. Gedung ini mencatatkan diri sebagai gedung tertinggi di dunia pada tahun 2004.

Sama seperti di Singapura, cara termudah dan ternyaman untuk mencapainya adalah dengan menggunakan MRT. Namun sayangnya stasiun MRT terdekat tidak persis berada di lokasi Taipei 101 Building. Kita mesti turun di stasiun Taipei City Hall. Ikuti petunjuk arah keluar menuju Taipei 101 Building. Di depan ada halte bus, pastikan Anda berdiri di antrian free shuttle bus menuju Taipei 101 Building. Sebenarnya bus gratisan ini milik pengelola mall yang ada di beberapa lantai bawah gedung tersebut. Walau mungkin Anda tidak akan berbelanja di sana, ngga masalah. Ikut saja. Memang sudah menjadi bagian dari service mereka. Setibanya di mall, ikuti petunjuk menuju puncak gedung.

 

Di lantai 5 Anda akan bertemu dengan loket tempat pembelian tiket untuk naik ke atas. Tarif tiket per orang kurang lebih Rp 120.000. Setelah membeli tiket, Anda akan merasakan bagaimana rasanya naik lift tercepat di dunia pada saat ini. Dari lantai 5 menuju lantai 89 hanya dalam hitungan detik! Setibanya di lantai 89, kita akan disambut oleh beberapa orang petugas. Heran, di Taipei 101 ini saya berkali-kali dikira orang Jepang. Mulai dari loket tiket di bawah tadi, yang ujug-ujug mbak-nya, eh, amoy-nya nyerocos dalam bahasa Jepang, sampai saya cut dengan ucapan "in english, please!". Rupanya dia mau bilang bahwa hari itu cuaca lagi jelek. Visibility dari atas terbatas, is it okay or not? Mbak di lift juga ngomong pakai bahasa Jepang. Mas dan mbak di atas juga demikian. Padahal di luar Taipei 101 saya selalu dikira chinese dan berkali-kali diajak berbicara dalam bahasa mandarin.

Berhubung ini adalah hari terakhir saya di Taipei, mau ngga mau saya harus naik. Entah kapan saya berkesempatan mampir kembali. Di atas kita mendapatkan alat bantu audio yang menjelaskan semua kenampakan yang ada di sekeliling gedung dari atas. Walau jarak pandang terbatas, tidak bisa melihat jauuuhh, tapi saya sangat mensyukuri kesempatan tersebut. Setelah saya ingat-ingat, ternyata saya sudah mendatangi beberapa bangunan dan tower yang masuk dalam klasifikasi tertinggi di dunia. Mulai dari Menara kembar (twin tower) Kuala Lumpur City Center (KLCC) dan Menara Kuala Lumpur di Malaysia, Tokyo Tower di Jepang, sampai ke gedung yang ada di film King Kong, Empire State Building di New York, Amerika Serikat.

Waktu berkunjung ke New York akhir tahun lalu, saya sangat puas bisa keluyuran di luar pada puncak gedung Empire State. Cuaca dingin yang memang karena mulai memasuki musim dingin dan kencangnya angin berhembus pada ketinggian luar biasa tersebut tidak saya perdulikan. Tetapi kali ini keinginan saya untuk bisa keluar dan menikmati suasana outdoor di Taipei 101 tidak kesampaian. Petugas melarang pengunjung keluar gedung, karena cuaca pada saat itu sedang tidak baik. Mungkin saya mesti meniru ucapan Arnold Schwarzeneggar pada film Terminator: "I’ll be back!".

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--
  1. 9 Responses to “Taipei 101”

  2. By susanvirna on Sep 20, 2008 | Reply

    bagusnya mah disertai foto dong Zik…jadi lebih kebayang suasananya.

  3. By Rahmat Zikri on Sep 20, 2008 | Reply

    @susanvirna: foto Taipei 101? di paragraf pertama, tulisan Taipei 101 itu bisa di-klik. Link menuju Wiki. Ada galeri fotonya :-p

  4. By krisna on Sep 20, 2008 | Reply

    wogh…keren bgt oom..
    rasanya apa tuh klo udh smpe atas?

  5. By vera on Sep 20, 2008 | Reply

    Kapan niy akyu diajakin ke Taipei 101?? :P

  6. By randi on Sep 21, 2008 | Reply

    mantap :)
    the world’s tallest building since 2004.
    liftnya ngeri juga 60.6 km/h

  7. By Rahmat Zikri on Sep 27, 2008 | Reply

    @krisna: rasanya maknyus :D
    @vera: yuuk yak yuukk :”>

  8. By chengyawen on Sep 10, 2011 | Reply

    TAIPEI 101 MENARA KENANGAN AKU DAN SUAMI.POKOKNYA SIP N MEWAH

  9. By chengyawen on Sep 10, 2011 | Reply

    YANG MEMBANGUN KANTOR JEPANG DITAIWAN.NAMANYA KANTOR KUMAGAI.RANCANGANNYA HEBAT ADA ALAT PENAHAN GEMPA.BIAR TAK TERGUNCANG KALO ADA GEMPA.TAIWAN KAN SERING KENA GEMPA

  10. By shevania on Nov 20, 2012 | Reply

    101 taipe wuuuih tempat yg enak buat shoping dan nongkrong setelah 1 pekan kerja,,,

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google