Tahun Baru Hijriah

Written on 20 January, 2007 – 15:30 | by Rahmat Zikri |

Berdasarkan penanggalan Islam, hari ini adalah tanggal 1 Muharram 1428 Hijriah. Berdasarkan tahun Islam ini, hari ini saya ulangtahun lagi! Ya, berdasarkan penanggalan Islam, 13 Januari 1975 M bertepatan dengan 1 Muharram 1395 H. Selamat happy birthday!

Jika tahun Masehi –disebut juga kalender solar/matahari– dihitung berdasarkan rotasi revolusi bumi mengelilingi matahari (1 putaran dalam 1 tahun, ekivalen dengan 365 ¼ hari), maka tahun Hijriah –yang disebut juga kalender lunar/bulan– dihitung berdasarkan rotasi revolusi bulan mengelilingi bumi (1 putaran disebut dengan 1 bulan).

Sama seperti tahun Masehi, tahun Hijriah terdiri dari 12 bulan: Muharram, Safar, Rabi’ul Awal, Rabi’ul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal, Dzulqaidah, Dzulhijjah. Jika bulan di tahun Masehi berumur 30-31 hari (kecuali Februari), bulan di tahun Hijriah rata-rata berumur 29 hari, pada bulan tertentu kadang digenapkan menjadi 30 hari. Pembulatan inilah yang sering membuat jatuhnya tanggal 1 Syawal sebagai waktu pelaksanaan hari raya Idul Fitri menjadi 2 versi (akan saya bahas pada tulisan yang lain).

Jumlah hari dalam seminggu pada kalender Hijriah sama seperti jumlah hari dalam kalender Masehi. Namanya pun mirip. Ahad, Isnin, Tsalaatsa, Arba’a, Khamiis, Juma’at, Sabt.

Hitungan angka tahun (misalnya tahun ini adalah 1428 H) dihitung berdasarkan tahun hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah, yang terjadi pada tahun 622 M. Penetapan tahun 1 Hijriyah ini terjadi pada masa khalifah Umar bin Khattab, 17 tahun setelah peristiwa hijrah itu terjadi. Sepanjang yang saya tahu, penetapan berdasarkan tahun hijrahnya nabi tersebut untuk menghindari pengkultusan berlebih terhadap sosok Nabi Muhammad SAW oleh umatnya, karena di antara usulan-usulan yang ada untuk menentukan awal 1 Hijriah di antaranya adalah usulan untuk memulainya dari tahun kelahiran nabi, dan ada juga yang mengusulkan untuk memulainya dari tahun wafatnya nabi.

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--
  1. 4 Responses to “Tahun Baru Hijriah”

  2. By nita on Jan 21, 2007 | Reply

    met taun baru dan met ultah 1 muharam 1428 H.

  3. By ech on Jan 24, 2007 | Reply

    Periode revolusi (bukan rotasi) bulan mengelilingi bumi ada dua jenis: sinodis dan sideris. Peride sinodis mengacu pada phase bulan (satu periode sinodis adalah dari sejak bulan baru, hingga kembali ke bulan baru). Periode sideris adalah lamanya bulan mengelilingi bumi tepat satu lingkaran penuh (kurang lebih 27 hari). Penanggalan Hijriyah berdasarkan periode sinodis.

  4. By ech on Jan 24, 2007 | Reply

    eh lupa. selamat ulang taun laa..

  5. By admin on Jan 24, 2007 | Reply

    chos, thanks sudah ngingetin soal revolusi.. sudah lupa euy, kalo ternyata istilahnya adalah revolusi. bukan rotasi. thanks dude :)

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google