Microsoft Certified Master?

Written on 2 September, 2008 – 07:33 | by Rahmat Zikri |

Pada saat coffee break di sebuah sesi training ECOE yang saya ikuti di kampus Microsoft, Redmond (USA), salah seorang instruktur ranger memberi saya sebuah pembuka botol. Sepintas memang pembuka botol biasa. Yang membedakan adalah sebuah gravier tulisan dan logo Microsoft Certified Master yang terdapat di salah satu sisinya. Tahun ini Microsoft memperkenalkan sebuah level sertifikasi tertinggi yang bisa diperoleh (melalui ujian seperti hal-nya MCP), yaitu Microsoft Certified Master (MCM).

Jika selama ini ujian sertifikasi Microsoft adalah paper-based, yang menurut saya sudah sangat tidak ada tantangannya lagi (terlebih saat ini semakin banyak cheating alias contekan contoh-contoh soal), maka dengan program sertifikasi MCM bisa dipastikan bahwa pemegangnya adalah orang yang benar-benar qualified. Mengapa?

Berbeda dengan ujian Microsoft Certified Professional (dan turunannya, seperti: MCSA, MCSE, MCDBA, MCAD, MCSD, MCTS, MCITP, MCPD, dsb) yang hanya bersifat tertulis dan bisa dilakukan di berbagai tempat yang memegang status sebagai tempat pelaksana ujian, program MCM hanya bisa diikuti dengan cara hadir di Redmond, Washington, Amerika Serikat!

Jika Cisco memiliki program sertifikasi tertinggi yang bernama CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert), Oracle memiliki OCM (Oracle Certified Master), Microsoft punya Microsoft Certified Master. Bedanya, untuk mendapatkan CCIE seorang kandidat ‘hanya’ perlu mengikuti ujian lab sehari penuh di salah satu dari 6 (enam) kota yang ada di dunia yang memiliki tempat untuk ujian lab, Oracle mempersilahkan kandidatnya untuk datang ke San Jose, California, di mana kantor pusat Oracle berada dan langsung mengikuti ujian lab juga, program MCM agak berbeda.

Walau MCM, CCIE atau OCM sama-sama menetapkan prasyarat yang harus dipenuhi oleh kandidatnya sebelum boleh mengikuti ujian lab, namun pada program MCM peserta tidak langsung berhadapan dengan ujian lab. Pada program MCM, peserta akan mengikuti program semacam ‘pendadaran’ selama 3 (tiga) minggu di lokasi Microsoft Exchange Center of Excellence, Redmond. Selama 3 minggu tersebut kita harus duduk manis di kelas, mengikuti berbagai presentasi, diskusi aktif, dan tentunya juga berlatih menyelesaikan berbagai skenario tingkat tinggi pada environment lab yang telah disediakan. Bisa dibilang selama 3 minggu tersebut sang kandidat benar-benar dibikin siap tempur dengan berbagai skenario. Lalu menghadapi 3 (tiga) buah ujian tertulis, diakhiri dengan ujian lab pada hari lainnya. — Selain prasyarat teknis seperti kemampuan dan pengetahuan tentang teknologi yang relevan, MCM juga mensyaratkan pesertanya mampu berkomunikasi aktif dalam bahasa Inggris tentunya. Begitu juga kemampuan tulisan.

Sekedar sekilas bercermin pada Exchange Ranger Lab yang saya lihat, di mana kompleksitas lab yang dikerjakan jauh berbeda dengan kompleksitas pada training ‘kelas’ MOC (Microsoft Official Curriculum) yang biasa diselenggarakan di CPLS (Certified Learning Partner Solution). Jika di kelas MOC paling hanya 4-5 buah virtual server yang digunakan, pada kelas ranger lab minggu lalu saja saya pernah berhadapan dengan hampir 20 virtual server untuk satu jenis pembahasan!

Nah, masalahnya, ada beberapa masalah. Yang pertama, program MCM itu tidak bisa diikuti setiap saat seperti halnya ujian sertifikasi yang lain. Ada batch alias angkatan-nya. Beberapa orang kandidat akan berkumpul dalam satu kelas diskusi. Masalah yang kedua, tentunya karena program ini hanya bisa diikuti di Redmond. Itu artinya Anda harus siap dengan kantung tebal, bukan hanya untuk ongkos pergi-pulang ke Amerika Serikat, tapi juga biaya makan, menginap dan akomodasi selama hampir 1 bulan! yang ketiga, semoga yang terakhir, Anda mesti membayar biaya program sebesar USD 18.500 (kira-kira Rp 170 juta!). Tidak ada jaminan lulus. Selain itu, saya juga mesti berhitung dengan harga “jual diri” yang bisa didapat setelahnya.

Pada saat ini ada 3 (tiga) buah track program MCM yang tersedia: MCM Exchange Server 2007, MCM SQL Server 2008 dan MCM Windows Server 2008 Active Directory. Akan segera menyusul keberadaan MCM Sharepoint 2007 dan MCM Office Communications Server 2007.

Melihat biaya yang harus dikeluarkan, kecil kemungkinan saya berminat ikut. Walau di depan MVP Lead Exchange Server di Amerika saya bilang saya tertarik. Siapa tau besok pas bangun tidur ternyata dapat “durian runtuh”. 

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google