Prosedur Bebas Fiskal ke Luar Negeri dengan NPWP

Written on 24 December, 2008 – 15:01 | by Rahmat Zikri |

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya yang berjudul Punya NPWP, Bebas Fiskal ke Luar Negeri, ternyata menimbulkan pertanyaan lanjutan, bagaimana cara menikmati bebas fiskal ini?

Setelah Anda mendaftarkan diri sebagai wajib pajak dan memiliki NPWP (catatan: mendaftarkan diri untuk memiliki NPWP tidak berarti Anda harus bayar pajak. Jika ternyata penghasilan tahunan di bawah nilai penghasilan tidak kena pajak, ya ngga ada pajak yang harus dibayar :D), kini kita berlanjut ke cara menggunakan kartu sakti NPWP untuk tidak membayar fiskal setiap kali hendak ke luar negeri.

 

Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Menyerahkan fotokopi kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT) atau Surat Keterangan Terdaftar Sementara (SKTS), fotokopi paspor dan boarding pass ke petugas Unit Pelaksana Fiskal Luar Negeri (UPFLN). (Jika kartu NPWP atas nama Kepala Keluarga, maka anggota keluarga yang akan berangkat ke luar negeri harus melampirkan fotokopi kartu keluarga).
  2. Petugas UPFLN menerima dan meneliti fotokopi kartu NPWP/SKT/SKTS, fotokopi paspor dan boarding pass serta fotokopi kartu keluarga, kemudian memasukkan NPWP pada aplikasi yang tersedia.
  3. Apabila NPWP dinyatakan valid, maka petugas UPFLN menempelkan stiker tanda bebas fiskal pada bagian belakang boarding pass yang ditujukan untuk penumpang.
  4. Penumpang menyerahkan boarding pass yang telah ditempel stiker Bebas Fiskal kepada petugas konter pengecekan FLN untuk diteliti.
  5. Penumpang tujuan luar negeri tetap wajib membayar FLN jika:
  • tidak menyerahkan fotokopi kartu NPWP/SKT/SKTS
  • menyerahkan fotokopi kartu NPWP/SKT/SKTS, namun check digit menyatakan tidak valid
  • menyerahkan fotokopi kartu NPWP/SKT/SKTS yang dimiliki oleh Kepala Keluarga namun tidak melampirkan kartu keluarga atau melampirkan kartu keluarga tetapi nama penumpang tidak tercantum dalam susunan kartu keluarga itu.

(disadur dari detikFinance/Pajak.com).

Be Sociable, Share!

Related Posts

--related post--
  1. 97 Responses to “Prosedur Bebas Fiskal ke Luar Negeri dengan NPWP”

  2. By gina on Dec 24, 2008 | Reply

    Kok ribet yak…? kirain udah otomatis gratis kalo udah punya kartu NPWP..

  3. By Rahmat Zikri on Dec 24, 2008 | Reply

    ribet? diperhatiin yg bener dong ahh… untuk pemegang NPWP, yg diperlukan cuma yang nomor 1 aja.

  4. By dian on Dec 24, 2008 | Reply

    kelihatannya masih ada loophole yang memungkinkan petugas menganggap NPWP kita nggak valid ya? apa mekanisme di lapangannya udah siap? jadi nggak yakin nii…

  5. By Kristupa Saragih on Dec 25, 2008 | Reply

    Fotokopian-fotokopian NPWP dan berkas-berkas lain terus dikemanakan? Apakah benar-benar dicek? Dan apakah kerahasiaan data-data yang ada di dalam fotokopian tersebut bisa dijamin tidak akan jatuh ke tangan pemulung atau pihak-pihak yang tak bertanggung jawab?

    Di era digital seperti ini, sungguh aneh jika masih mengandalkan kertas. Secara lingkungan, kertas juga tak bersahabat karena asam yang mencemari dan pembabatan hutan.

    Atau, memang mau ada bisnis baru bagi pihak-pihak yang beruntung?
    1. Jasa jual kertas kiloan. Kalau ada 10.000 penumpang per hari di Bandara Soekarno-Hatta, cukup menjadi bobot kertas yang lumayan menggiurkan. Belum lagi kalau menghitung jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara Polonia, Pelabuhan Sekupang Batam, Bandara Juanda, Bandara Ngurah Rai dan lain-lain.
    2. Jasa fotokopi di bandara dan pelabuhan. Lumayan juga sih untuk mengurangi pengangguran. Asal saja jasa fotokopi tersebut sudah buka jam 4 pagi. Sekedar jaga-jaga kalau harus berangkat ke luar negeri dengan flight jam 6 pagi, yang artinya check-in 2 jam sebelum boarding.

    Saran saya, make it simple by go digital.
    Asal saja jangan dikorupsi, seperti kopmuter Depkumham, yang membuat kerja notaris kembali ke cara manual.

  6. By Darman on Dec 30, 2008 | Reply

    Wah Boss Kristupa, teman di FN mampir sini juga…, hehehe, berarti top banget nih emang blognya Bro Zikri…, hehehe,

    – Setuju sama om kris bilang, go digital biar lebih mantap.., makin banyak kertas makin banyak pu’un ditebang.. ?
    – Ngomong..ngomong, selain nyerahin copynya mesti nunjukin aslinya nggak…? Wah mesti bawa kartu KK kemana-mana dong..? Mana NPWP disimpen perusahaan lagi..

  7. By martin on Jan 5, 2009 | Reply

    itu bisa berlaku surut ga ya?
    maksudnya, saya bayar dulu FLN-nya, terus setelah balik ke indonesia baru saya urus persyaratannya, lalu direstitusi.
    trims
    ^_^

  8. By Bambang Sulistiyanto on Jan 13, 2009 | Reply

    Saya ingin bertanya kepada teman2 di forum ini :
    Kepala Keluarga di KK tertulis nama ibu saya yg tdk ada penghasilan (jadi tdk punya NPWP). Lalu yang berangkat ke luar negeri adalah istri saya dengan memakai NPWP saya (Nama saya dan istri saya tercantum di dalam KK tersebut). Apakah prosedur tsb bisa dijalankan? Karena istri saya ditolak dgn alasan Kepala Keluarga di dalam KK haruslah saya yang sudah memiliki NPWP. Anehnya, oknum petugas pajak itu meloloskan asal kita membayar 1.5 juta ( Resminya 2.5 juta). Akhirnya dengan terpaksa kita rogoh kocek utk memberi oknum petugas pajak itu.
    Bagaimana saran dan pandangan teman-teman. Terima Kasih.

  9. By Tjondro Wiratno on Jan 13, 2009 | Reply

    Saya Kepala Keluarga berdomisili di Tg. Duren Jakarta dan telah memiliki NPWP sejak tahun 2004, rencana tanggal 25 January 2009 akan ke Singapore , Saya memiliki 2 orang putra masing-masing umur 4 dan 5 tahun yang udah tercantum di dalam Kartu Keluarga , dan masalahnya istri saya masih belum dicantumkan dalam kartu keluarga saya karena istri masih belum dipindahkan dari KK keluarganya di Tangerang. Pertanyaan saya apakah dengan menunjukkan surat keterangan lainnya seperti Akte nikah maka istri saya yang ikut saya ke Singapore akan bebas fiskal juga atau tidak. Bagaimana menurut pendapat teman2. Thanks

  10. By Deddy on Jan 14, 2009 | Reply

    Walah macem2 tuh petugas, kenapa gak ditantangin di catet aja namanya. Dah jelas yg menanggung biaya hidup kan anda , jadi istri ikut suaminya. Gak selalu KK itu yg nanggung biaya hidup.

  11. By Purwati on Jan 15, 2009 | Reply

    Petugas pajaknya laporkan ke KITSDA aja, tapi jangan2 bukan orang pajak, karena yang mengawasi biasanya orang bandara.

  12. By Purwati on Jan 15, 2009 | Reply

    Ya ngurus Kartu Keluarga dunk, atau daftar NPWP istri, di aturannya tidak ada alternatif untuk Kartu Keluarga. Tapi di lapangan bisa terjadi diskresi…. ya tergantung petugasnya. Tapi, kalau pake uang terus lolos JELAS itu salah…

  13. By Agus Win on Jan 15, 2009 | Reply

    Laporkan ke Kring Pajak 500200.

  14. By TeDi Melvia on Jan 20, 2009 | Reply

    Ki,
    Barusan gw dapat info di email katanya buat karyawan yg punya NPWP tetap bayar lho yg 2.5 juta ini, please dech..yang bebas fiskal katanya yang NPWP pribadi doank..lha bukannya sama aja..kita karyawan juga kan bayar pajak ..pls info ya Ki..thanks..

  15. By Rulli on Jan 23, 2009 | Reply

    Pak Bambang Sulistiyanto, Jika memang benar seperti yang bapak alami, bisa bapak kirimkan kronologis kejadian dan bukti yang ada ke pusat.pengaduan.pajak@gmail.com. Saya yakin jika benar seperti itu, ybs akan mendapatkan sanksi yang sangat berat.
    Pak Tjondro, jika yang kita tanggung tidak masuk dalam KK, kita dapat mengajukan Surat Pernyataan Menanggung Keluarga. cukup ini saja.
    Pak Tedi Melvia, email yang bapak terima, adalah email berita sebelum diralat. Berita tersebut diralat karena wartawan salah kutip/persepsi. Yang benar, WNI (Hendri) ingin ke LN menggunakan NPWP Perusahaan, dan dia sendiri tidak mempunyai NPWP. Silakan googling dengan kata kunci ternyata npwp karyawan masih berlaku.

  16. By TeDi Melvia on Jan 27, 2009 | Reply

    Thanks ya Rulli infonya, btw gw bukan bapak2 kok, cewek masih single pula hehehe..thanks anyway..

  17. By bonnie2405 on Jan 28, 2009 | Reply

    saya cuma suka heran..kenapa sih harus bayar fiskal kalo mau keluar negeri? apakah ini sama denga pajak airport? kalo TKI pada harus bayar juga engga ya?

  18. By Agus hernawan on Jan 28, 2009 | Reply

    hari ini teman saya 6 orang dari tempat kerja berangkat ke luar negeri ( anggola ) biasa mereka membayar fiskal sebelumnya ,tetapi karena ada aturan apabila mempunyai NPWP pribadi yang telah di setujui 3 hari sebelumnya maka akan mendapat bebas fiskal. ternyata setelah dilihatkan ke petugas karena mereka mau bekerja harus melampirkan KTKLN ( Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri ) bagai mana itu aturan karena setahu saya Kalau memakai KTKLN memang bebas fiskal karena itu melali PJTKI tetapi karena karyawan kita sendiri mau kerja untuk project sendiri kita tidak proses KTKLN. apa fungsi dari Kartu NPWN Pribadi tersebut ? mohon penjelasan

  19. By irma on Jan 29, 2009 | Reply

    Nama dan alamat yg ada di NPWP dan paspor/KTP harus sama persis ya? Suami saya punya NPWP sejak 2004, tp nama yang tercatat di NPWP kurang lengkap dan masih menggunakan alamat rumah yang lama. Sedangkan di paspor, KTP dan kartu keluarga datanya sudah update dengan alamat rumah yg sekarang.Bulan dpn kami sekeluarga berencana ke Singapore,apakah nanti tidak dipersulit kl mau bebas fiskal? Atau mesti tetap bayar 2,5 juta? Thanks atas tanggapannya

  20. By thio on Feb 4, 2009 | Reply

    hai zik..thanks bgt,gw dr kmrn bingung ama prosedur npwp kalo yg ke LN bukan yg punya npwp

  21. By Rahmat Zikri on Feb 7, 2009 | Reply

    @ Agus: mas, untuk tenaga kerja saya kurang tahu pasti. mesti tanya langsung ke hotline Pajak: 021-500200.

    @Tio: sama2

    @teman-teman lain yg sudah membantu menjawab, terimakasih banyak :)

  22. By ribkah on Feb 10, 2009 | Reply

    Pak mau tanya dong.
    kalo kepala keluarnganya sudah meninggal, ibunya tidak bekerja (ibu rumah tangga), kakak nya belum bekerja tapi adiknya sudah bekerja dan sudah memiliki NPWP (masih 1 kk).
    Pertanyaannya apabila ibu dan kakak nya mau keluar negeri bisa bebas fiskal tidak?

  23. By suryanti on Feb 10, 2009 | Reply

    Pak Rulli,Menanggapi masalah Bp Tjondro , saya ingin bertanya apakah surat pernyataan menanggung keluarga itu dibuat oleh suami? dan perlu di acc oleh siapa? dan apakah dengan surat tersebut sudah pasti istrinya akan bebas fiskal? tolong dijelaskan, thx

  24. By mei on Feb 19, 2009 | Reply

    Ya..bener bngt comment kristupa..!! dikirain bebas fiskal, cuma info no npwp, so klik di database, klo ok ya..langsung aja gk usah pake kertas2 sgala..global warming??

    for bambang, parah banget ya kondisinya…indonesia..indonesia..negeri yang tercinta!!! ampe kapan yaaa, oknum2 kaya gitu hilang dari peredaran.???

  25. By Rahmat Zikri on Feb 24, 2009 | Reply

    @ribkah: saya ngga berani menjawab. mending ditanya langsung ke hotline Pajak.. tapi kalau mau gampangnya, mending ibu dan kakak bikin NPWP saja sendiri. punya NPWP bukan berarti pasti harus bayar pajak.

  26. By asep on Feb 25, 2009 | Reply

    pak Zikri saya mau tanya tentang point no 1. terutama tentang photocopy boarding pass apa pihak bandara menyediakan mesin photocopy? mengingat boarding pass bisa kita dapat pada waktu check in di bandara.

    trimakasih

  27. By Go An Thong on Mar 6, 2009 | Reply

    Broer,

    Ik mo nanya juga niih,… he he he mungkin dah ketinggalan kali yee?! Tapi lebe bae telaat daripada nyanda noo…. D’question is: Apakah data di NPWP harus sesuai dengan KK dan Passport? Kalau passport beralamat tinggal sebelumnya sedang NPWP dan KK menggunakan alamat baru, pegimana dong?

  28. By nanat on Mar 11, 2009 | Reply

    kalau yang punya NPWp adalah istri, boleh tidak suami ikut npwp istri ? karena suami wiraswasta . lalu kalau rencana ke luar negri, perlu apa saja supaya lolos dari 2,5 juta krn suami tidak ada npwp ? :) mohon info ya.thanks

  29. By yeni_57 on Mar 23, 2009 | Reply

    kalo mahasiswa perlu npwp jg ga bwt ke luar negri?? kalo berangkatnya bareng kakak yang sudah pny npwp, apa saya boleh nebeng tanpa harus byr fiskal ataupun pny npwp?? karena di KK ada nama saya, tapi kepala keluarga bukan nama kakak saya itu..gmna dunk??
    trus klo mslnya ngurus npwp nya baru bs lgsg dipake gak dlm jarak beberapa hari??

  30. By ivan on Mar 31, 2009 | Reply

    kalo pengurusan bebas fiskal apakah bisa beberapa hari sebelum keberangkatan?, jadi kalo ada kurang2 bisa sempet urus2.

    thx ivan

  31. By siti on Apr 6, 2009 | Reply

    Salam semua….

    sya dari Malaysia. Baru2 saya menguruskan visa for my maid but i for got about the KTKLN.She need to pay Rp400ribu even she has NPWP.The reason because she havent got the ‘surat Rekomendasi’….What is Surat rekomendasi actually?

    Do you all know how to apply the KTKLN?

    Thanks n pls email me.

  32. By gunardi on Apr 21, 2009 | Reply

    Mohon penjelasan,
    alamat saya di NPWP dan Pasport berbeda. apakah saya bisa bebas Fiskal LN?

    Terima kasih.

  33. By stephanie on Apr 22, 2009 | Reply

    saya mau tanya nih, saya sudah memiliki PR NZ dan ada alamat tinggal di NZ di belakang pasport jg. kalau saya mau pergi ke singapore dr indonesia, apakaha tetap harus bayar fiskal?
    thanks infonya ya

  34. By mia on Apr 27, 2009 | Reply

    saya mau tanya nih mba or mas??. untuk mengecek apakah no.npwp yang tercantum di skt atau skts valid atau invalid bagaimana ya???
    atas jawaban nya kami ucapkan terima kasih

  35. By Leny on May 4, 2009 | Reply

    Alow…
    Mau tanya donk…

    Kalo nama di NPWP ada Marga,
    Tapi di passport tidak ada nama Marga,
    bermasalah tidak???

    Sebabnya Ktp dulu ada marga, sekarng Marga dihapus, jadi Passport ku otomatis tidak ada Marganya???

    Baru ngeh lagi, mal;ah besok mo K Singapur lagi…??????

    THx….

  36. By sensen on May 5, 2009 | Reply

    Sy juga mengalami kasus serupa. Gimana yach ?

  37. By rino on May 9, 2009 | Reply

    mau nanya…..apa indikator petugas pajak di bandara untuk menentukan valid atau tidak valid npwp ?

  38. By peter on May 11, 2009 | Reply

    miss tedi melvia.. sebenarnya dari dulu itu seorang karyawan wajib pajak dan NPWP nya masih masuk induk NPWP perusahaan, kalau pergi ke luar negeri itu dibebaskan dari biaya fiskal. Jadi prosedurnya pada saat di bandara itu fiskal tetap harus di bayar dulu oleh anda dan setelah itu anda bisa dan berhak claim biaya fiskal yang anda bayar di bandara ke perusahaan dimana anda bekerja ke bagian accounting/HRD dengan menyertakan slip pembayaran fiskal itu. Tapi dengan catatan, benar anda menerima SPT tahunan dari perusahaan dimana anda bekerja yang menerangkan bahwa anda membayar pajak yang dipotong setiap bulan dari gaji anda. Ini bukan berarti perusahaan membayarkan fiskal anda secara cuma2, melainkan perusahaan akan melaporkan claim fiskal anda ke kantor perpajakan untuk mendapatkan kembali jumlah kelebihan setoran pajak perusahaan. Dan kalau perusahaan anda tidak bersedia menerima claim fiskal anda itu, berarti perusahaan anda tidak beres dalam pembayaran pajaknya.
    thanks.. semoga cukup jelas.

  39. By widi on May 13, 2009 | Reply

    apakah setelah mempunyai NPWP lgsg bisa menikmati bebas fiskal? ataukah ada jeda waktu dulu untuk dapat bebas fiskal?

  40. By vn on May 13, 2009 | Reply

    mau nanya mas..
    klo misal na temen saya nih, sekarang org tua na uda umur 60tahunan, kata na uda masuk usia pensiun, maka na kemaren ga bwt npwp lagi..
    nah, 2hari lagi mau brgkt ke luar ngri..
    temen aku itu under 21thn…
    tapi mnurut info yg didapat, tiep yg under 21 wajib bawa npwp bapak na…
    nah bapak na kan ga ada npwp lagi, n skg dy ditanggung sama kakak na yg sudah menikah, jadi pake npwp kaka nya, yang jadi maslah, dalam KK nama kakak na uda ga ada, karna uda pindah KK baru gt…
    waktu brgkt nanti kalo dy nunjukin npwp kakak na + KK yang lama yg ada nama kakak na bisa ga yah?
    thankz a lot

  41. By amel on Jun 6, 2009 | Reply

    hallo.. mau tanya dong tolong yang ngerti jelasin ya..beribu makasih sbelumnya.

    kalo ayah saya sudah mempunyai npwp apakah ibu saya sudah termasuk bebas fiskal? surat-surat apalagi yang di perlukan agar ibu saya bebas fiskal?

  42. By Rahmat Zikri on Jun 19, 2009 | Reply

    @Go An Thong & Gunardi: Alamat di NPWP ngga mesti sama dengan di paspor. Yang penting nama dan tanggal lahir klop.

    @Nanat: saya kurang tahu, bisa ngga status suami itu turut istri :D

    @Yeni: ngga bisa ikut NPWP kakak. ngurus NPWP tinggal datang aja ke kantor pajak, sebentar juga selesai.

    @Ivan: pengurusan bebas fiskal hanya bisa dilakukan sesaat sebelum keberangkatan, karena butuh boarding pass.

    @Siti: I have no idea about this “recommendation letter” and KTKLN. it’s better for you to ask directly to Indonesian Embassy in KL: info@kbrikualalumpur.org

    @Stephanie: biaya fiskal dikenakan hanya untuk perjalanan KE LUAR Indonesia (bukan perjalanan masuk ke Indonesia).

    @Mia & Rino: ditanyakan langsung saja ke kantor pajaknya :D

    @Leny: yang penting nama lengkap (minus marga) dan tanggal lahir klop.

    @Widi: 3 hari setelah punya NPWP langsung bebas fiskal (sepertinya ini waktu yg dibutuhkan untuk men-sinkronkan data)

    @VN: mending ditanyakan ke orang pajaknya. tapi, ortu saya yg masuk dgn kriteria sama (sama2 sudah tua dan tidak bekerja) tempo hari dibikinkan NPWP saja agar tidak ribet. Nanti waktu pelaporan SPT tinggal ditulis NULL.

    @Amel: tinggal pastikan bahwa ibu-nya ada di dalam satu KK yang sama dengan ayah. Lalu bawa fotokopi KK dan fotokopi NPWP ayah waktu mau berangkat.

  43. By anton on Jun 24, 2009 | Reply

    selmat pagi,

    mau tanya, saya punya NPWP sejak 2007, namun pindah domisili. dengan pertimbangan praktis saya tidak melapor ke kantor pajak (tapi saya tetap bayar/lapor spt tahunan). Kalau saya menbuat paspor, tentunya berakibat Alamat paspor (dan ktp) beda dengan NPWP. Kira-kira bisa atau tidak untuk dapat fasilitas bebas fiskal (dengan melampirkan ktp lama yang sudah tidak belaku sebagai dasar waktu membuat NPWP).
    Apakah ganti data NPWP (ganti kpp) semudah membuat npwp (karena menurut peraturannya harus di periksa dulu).

    terima kasih atas infonya.

  44. By Harris on Jul 1, 2009 | Reply

    saya tidak ada NPWP.
    saya mau keluar negeri, apakah saya bisa menggunakan NPWP ayah saya?

  45. By Imel on Jul 3, 2009 | Reply

    Mhn informasinya Mas, saya baru buat NPWP terdaftar tgl 9 Juni 2009.
    Tgl 9 Juli 2009 ini saya mau berangkat ke luar negeri. Apa NPWP saya bisa digunakan sbg syarat bebas fiskal krn baru genap 1 bln setelah pembuatan?
    Mhn informasinya, thx a lot.. tlg bantu jwb saya as soon as possible :-)

  46. By Rahmat Zikri on Jul 5, 2009 | Reply

    @Anton: yang penting nama dan tanggal lahir sama om.

    @Haris: kalau masih di bawah 21 tahun bisa.

    @Imel: NPWP bisa dipakai utk bebas fiskal stlh berumur di atas 3 hari.

  47. By Rina on Jul 6, 2009 | Reply

    Saya mau tanya,,
    Saya mau pergi ke luar negeri bersama orang tua dan seorang tmn saya. Saya, orang tua dan seorang teman saya sudah memiliki NPWP.Yg ingin saya tanyakan,,apakah saya tetap perlu membawa fotokopi KK supaya bebas fiskal?? Bgmn dengan seorang tmn saya itu,,dia kan tidak tercantum dalam KK,apakah dia membayar fiskal atau tidak?? Apakah ada perbedaan antara NPWP atas nama pribadi,NPWP atas nama keluarga, dengan NPWP atas nama perusahaan?

    Tlg bantu jwb as soon as possible..

    Tq

  48. By bambang supriyadi on Jul 12, 2009 | Reply

    Saya pengen tahu apakah nomor npwp bisa di cek secara online? saya mau tahu lebih awal apakah nomor npwp saya ada masalah ketika dicek di bandara atau pelabuhan oleh imigrasi…jika bisa mohon bantuan alamat web dan caranya…

  49. By Reza on Jul 24, 2009 | Reply

    Saya baru menikah dan belum sempat membuat KK apakah dengan surat nikah saja bisa atau tidak jika saya ingin bebas fiskal?
    Terima kasih

  50. By tetsu on Jul 29, 2009 | Reply

    saya 1 agustus ntar mau ke jepang tapi saya hanya sendiri dan saya sudah punya npwp an sendiri.. tetep diperlukan fotocopy kartu keluarga ga??

  51. By Ario Muhammad on Aug 19, 2009 | Reply

    Nanya mas..

    Kemungkinan ke-Tidak Valid-an NPWP itu biasanya karena apa ?

    NPWP kartu Keluarga semua yang diserahin hanya fotokopi-nya saja kan ?

    Terima kasih infonya..

  52. By Juliana on Aug 20, 2009 | Reply

    hallo, tanya dong…
    Kalau aku (sudah punya NPWP) dan mama masih 1 KK tp, di KK yg tercantum sbg kepala keluarga adalah papa yg tdk punya npwp krn sdh tdk bekerja dan berpenghasilan. Sudah tanya ke kring pajak jawaban-nya beragam.
    1. Cukup buat surat pernyataan menanggung ortu (tanpa melampirkan KK),
    2. Tdk perlu surat pernyataan krn sudah 1 KK
    3. Sebagai wanita aku tidak berhak menanggung harus pria.
    Kalau temanku lain lagi, bebas fiskal orang tua-nya ditolak dg alasan penanggung bukan kepala keluara di KK.
    Yang betul yang mana ya?
    Thank’s

  53. By ve on Sep 2, 2009 | Reply

    Tadi saya sdh baca penjelasan di atas,…..hanya ingin menegaskan…kalo do Passport ada nama marga tapi di NPWP dan KTP gak ada nama marga….gak akan jadi masalah ya Pa….
    ngeri juga soalnya kalo mau brangkat tiba2 harus bayar Fiskal yang sekarang makin mahal….tq

  54. By ve on Sep 2, 2009 | Reply

    Mau tanya lagi…….ada temen nih yg punya masalah.
    Di Passportnya pake nama Chinese, pas pembuatan passport pihak imigrasi lebih “menyetujui” nama Chinese-nya tapi di NPWP dan di KTP pake nama Indonesia. Apa temen saya ini harus bawa surat keterangan ganti nama juga….tq

  55. By Ricky on Sep 17, 2009 | Reply

    Saya (anak) punya NPWP mau ajak ibu saya ke luar negeri, beliau ibu rumah tangga tidak memiliki NPWP, akan tetapi bapak punya NPWP, Apakah bila bapak tidak ikut pergi (saya dan ibu saja yang pergi), Ibu saya dapat bebas fiskal dengan membawa Foto Copy NPWP Bapak dan KK?thanks

  56. By sisca on Oct 1, 2009 | Reply

    pak .. saya mau nanya .. saya mau berangkat nanti
    dan saya masi umur 21 dan mahasiswi pak.. itu gmn yah pak prosedurnya?
    saya tanya temen saya smuanya juga ga ngerti
    karena sistem baru yang sangat sulit
    saya masi kuliah soalnya, dan saya belom berpenghasilan
    gmn yah pak?
    thx pak

  57. By melanie on Oct 7, 2009 | Reply

    Pak, aku mau tanya…
    Minggu depan saya, anak (4th sudah pasti bebas fiskal ya ?) dan mertua akan ke luar negeri. Saya sendiri punya NPWP sedangkan mertua punya tapi sudah sejak lama dan beliau lupa kapan terakhir bayar pajak. Jadi apakah dia akan dikenakan biaya ? Dan lagi beliau tidak ada di KK saya tapi alamat paspor kami sama karena kami pisah KK ?
    Mohon penjelasannya, terima kasih.

  58. By melanie on Oct 7, 2009 | Reply

    o.. iya, satu pertanyaan lagi.. emang yang punya NPWP harus kepala keluarga ? tp saya istrinya juga punya dan suamiku ga ikut, apakah saya bisa besas biaya ?

  59. By Cameron on Oct 18, 2009 | Reply

    Hi, Mas, mau tanya dong, saya berumur 36 tahun, wanita,tdk punya npwp karena tidak bekerja ( selama ini cuman bantu2 usaha keluarga ) mau ke luar negeri, boleh nga pake npwp papa (nama saya masih tercatat di kk papa )? soalnya ada yg bilang kalo uda umur 21 harus pake npwp sendiri nga bisa pake npwp papa. Dan apakah semua prosedur bebas fiskal itu berlaku dan sama di seluruh Indonesia??? Mohon penjelasannya, terima kasih.

  60. By jesi on Nov 1, 2009 | Reply

    mas, mau tanya..aku umur di bawah 21 tahun,
    kalo mau ke singapur, misalnya…
    itu kan bisa tanpa NPWP.
    tapi,masih butuh prosedur (seperti: KK atau NPWP ortu,)
    atau langsung lewat aja modal paspor,tiket, dll????

  61. By Dreacole on Nov 3, 2009 | Reply

    Bapak/Ibu sekalian,
    Biar jelasnya tolong baca peraturan yg dikeluarkan oleh dirjen pajak. Tolong diperhatikan dengan jelas jadi tidak bisa dibohongi oleh oknum yg kurang bertggjawab di bandara nantinya.

    Linknya sebagai berikut:
    http://www.kbrisingapura.com/docs/pp_dirjen_pajak.pdf

  62. By Jessica on Nov 7, 2009 | Reply

    Bapak, saya ingin bertanya
    Saya seorang mahasiswi berusia 22 tahun
    pada bulan desember ini saya akan berangkat ke singapore u/ berlibur
    SAya mendengar ada kebijakan dari pemerintah bagi mereka yang ingin berpergian ke LN tetapi memiliki penghasilan dibawah PTKP..
    Yang ingin saya tanyakan, apakah benar SURAT PERNYATAAN BERPENHASILAN DIBAWAH PENGHASILAN TIDAK KENA PAJAK tersebut berlaku?? Apa sajakah prosedur yang harus dilalui?? Apakah ada kemungkinan Surat pernyataan tersebut dinyatakan VALID karna saya pergi dengan keperluan pribadi??
    Terimakasih

  63. By sri hartati on Dec 23, 2009 | Reply

    pak, mau tanya: saya punya npwp sejak 6 juni 2004; dgn alamat di kota solo; sedangkan pasport saya dan kk terdaftar atas alamat di kota batam. apakah npwp saya yg berbeda alamat dgn pasport/kk valid untuk syrat bebas fiskal di airport nanti? terima kasih

  64. By lina on Jan 11, 2010 | Reply

    aku akan melakukan perjalanan dengan visa immigrant ke USA {siapa tahu ketemu obama :)}}

    dengan NPWP yang aku miliki ,kira kira nanti bermasalah apa nggak ya ???

    bayar fiska apa nggak ya ??

  65. By erna on Jan 17, 2010 | Reply

    Aku sudah terlanjur pindah ke swedia,lalu bagaimana saya harus melapor setiap bulanya di indonesia?? karna saya akan kena denda bila terlambat lapor…apa saya harus melapor dan menghentikan npwp saya??

  66. By lina on Jan 28, 2010 | Reply

    ah,relax sudah aku sekarang ,kini aku telah berada di usa bersama suamiku tercinta.
    dengan NPWP yang aku miliki aku bisa melenggang bebas di antara tikus tikus bandara.
    yang aku tahu NPWP harus lapor di kedutaan setempat di mana kita tinggal .ini jawaban buat bu erna yang sekarang di swedia.
    atau melalui keluarga kita yang ada di indonesia yang memegang NPWP juga .

    salam

  67. By kk on Feb 26, 2010 | Reply

    mau tanyaaaa!! harus pake KK ?? klo pake akte kelahiran bisa ga?? soalnya KK-nya sedang dipake ibu saya buat ngusrus visa umrah..
    kan di akta klahiran ada nama ayah saya…

  68. By ferry on Mar 5, 2010 | Reply

    merujuk pertanyaan anton,Go An Thong & Gunardi, memangnya di NPWP tercatat tgl lahir? soalnya di NPWP ku hanya ada tgk terdaftar aja nih.

    Thanks

  69. By Yuni on Mar 10, 2010 | Reply

    Makasih yah infonya… sangat membantu

  70. By david on Mar 14, 2010 | Reply

    maap, klo pakai NPWP abang saya untuk bebas fiskal k luar negri bs ga? soal na boakp ud ga ad, dan nyokap ud ga kerja jd na ga ad NPWP… thx b4

  71. By ayuni on Mar 26, 2010 | Reply

    Saya mo nanya nih.. rencananya saya mau bawa keponakan saya yg umur 18 th, tp ortu-nya nggak punya NPWP soalnya gaji dibawah rata2. yg mo saya tanyakan adalah apakah keponakan saya tsb bisa bebas fiskal meskipun nggak ada NPWP? kan umurnya belum lagi mencapai 21 th,dia memang udah kerja tp gaji pun bawah rata2 krn cuma lulusan SD

  72. By Ndru on Apr 13, 2010 | Reply

    Mbak Ayuni, keponakan masih dibawah 21 tahun (walau sudah kerja) tetap bebas fiskal, namun tidak bisa mbak Yun yang nanggung sebab nama keponakan mbak Yun gak ada kan dalam KK mbak Yun. jadi dia tetap pake NPWP ortunya sendiri. Perkara gaji di bawah rata2 gak masalah mbak, tetap ortunya harus punya NPWP. Kan kalau gajinya dibawah nilai minimal pendapatan tak kena pajak (PTKP) tetep nggak bayar pajak tuh.. jadi ortunya hrus tetep punya npwp. gak masalah kok mbak.. gak akan dikenakan pajak, cuma laporan aja kok tiap tahun.

  73. By Ndru on Apr 13, 2010 | Reply

    David, waktu aku mau ke Luar negeri sempat terbaca di konter fiskal tertulis kira2 seperti ini:
    Wajib pajak dapat menanggung:
    1. Suami.
    2. Istri.
    3 Anak-anak.
    4. Orang tua.

    untuk saudara mungkin harus ditanyakan langsung ke kantor fiskal di bandara biar jelas. Untuk cengkareng telefon ke: 021-5505307/5503054

  74. By jesli on May 4, 2010 | Reply

    Aku mau nanya sama temen2. Kalo mis udh punya NPWP tp ga bayar pajak, nanti kalo misnya mau ke singapura lewat Batam memang sih gak kena fiskal. Tp apa setelah pulang dari singapur nanti bisa dicek gak oleh pemerintah kalo kita itu ga bayar pajak?? Ketat gak sih pengawasan pemerintah di pelabuhan Batam itu tentang siapa2 aja yg udah punya NPWP tp gak bayar pajak?? Kalo di pulau Indonesia yg lain pasti ketat dong. Pemerintah kan selalu blg kalo misnya seseorang itu bisa pergi ke LN pasti mereka udh punya penghasilan yg cukup. Nah,kalo gitu kan nanti kita ditanya kenapa bs pigi ke LN tapi gak bisa byr pjk??? Nanti mau alasan apa???

  75. By Rahmat Zikri on May 30, 2010 | Reply

    @all: baca posting terbaru saya di http://www.zikri.com/2010/04/11/sekali-lagi-jalan-jalan-ke-luar-negeri-bebas-fiskal-dengan-npwp/

  76. By dik on Jun 2, 2010 | Reply

    gak papa fotokopian Rp 400 perak dari pada keluar duit 2,5 jeti.
    memang sih napa gak scan barcode pada kartu npwp praktis, sekalian sama scan paspor. hmmm era digital yang nanggung….

  77. By evy on Jun 2, 2010 | Reply

    Sy punya NPWP sejak th 2009 terus skg saya menikah dan tinggal di LN ikut suami tp tdk kerja,yg ingin sy tanyakan apakah saya hrs melapor ke konsulat RI utk mencantumkan alamat LN di passport ato jg melaporkan klu saya punya NPWP di indo,soalnya walaupun saya tinggal di LN tp saya tetap melapor SPT tahunan dan jg bayar pajak.
    thx a lots utk jawabannya…

  78. By amatbejo on Jun 17, 2010 | Reply

    wah bener-bener indonesia negara npwp.sampai-sampai orang bisa gila segila-gilanya. orang kkeluar negeri yang belum tentu banyak doit mesti bertatap muka dengan mr.npwp ok ke tak ok adkah jalan keluar yang tak serumit ini????
    tengok coment ini itu sampai mata menirenlah!!! sungguh deh adakah petunjuk yang to the point yang senang. macam bikin mie insant uff …………….

  79. By aishlinn on Jun 29, 2010 | Reply

    Mas mas dan mbak mbak sekalian. Saya mau tanya. Bulan juli 2010 saya mau ke KL,saya akan berusia genap 21th pada bulan desember 2010 karena saya lahir desember 2010. Apakah saya bebas fiskal? Bagaimana kalau nanti petugasnya ngotot bahwa saya wajib bayar karena menurut tahun lahir,saya sudah berusia 21thn? Saya perlu jawaban secepatnya.trims

  80. By Rahmat Zikri on Jul 1, 2010 | Reply

    @evy: saya ngga yakin sih, tapi mestinya berurusan dgn kantor pajak tempat anda terdaftar. lapor bahwa skrg tinggalnya di LN.

    @amatbejo: kenapa bisa gila? di tiap negara pasti ada aturan tentang pajak. kepemilikan npwp jadi syarat bebas fiskal adalah sebuah cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat utk jadi wajib pajak. seorang wajib pajak tidak mesti bayar pajak, jika memang penghasilannya belum memenuhi syarat utk kena pajak. pasti sampeyan belum pernah tinggal di negara maju macam Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Perancis, dsb. pajak di sana bisa lebih berat daripada di sini :)

    @aishlinn: pakai NPWP punya bapak. bawa fotokopinya dan fotokopi KK. apa yg dipusingkan?

  81. By Peter Sanjaya on Jul 17, 2010 | Reply

    Kakak perempuan saya dan suaminya mengelolah 1 toko atas nama istri dan istri yang mempunyai NPWP dan suami tidak ada, yang saya tanyakan kalau suami yang berangkat keluar negri apakah bisa bebas fiskal ?
    Pernah terjadi mereka sama-sama berangkat tetapi suaminya diminta bayar 1 juta.

  82. By ariyani on Jul 21, 2010 | Reply

    saya mau tanya klu anak2 yg nggak ada org tua kandung nya bisa nggak buat mpwp ?? penjaga anak2 ini nenek n atok nya,,blh kasih sikit penjelasan,,t’kasih

  83. By HESTY on Jul 29, 2010 | Reply

    rencana saya mau liburan ke LN sekeluarga ditambah dgn 2 orang adik yg masih kuliah,kebetulan adik waktu ngurus paspor masuk KK saya,klo untuk saya suami dan anak2 mungkin ga ada masalah karena suami punya NPWP,tapi buat adik2 saya gimana ya?apa bisa nebeng NPWP dengan kami?mohon informasinya ya pak,makasih..

  84. By Rahmat Zikri on Aug 9, 2010 | Reply

    @Peter, @Ariyani, @Hesty: di atas saya sudah tulis apa yang tertera di depan loket bebas fiskal di bandara. yang bisa nebeng HANYA anak, istri dan mertua.

  85. By elyzabeths on Aug 11, 2010 | Reply

    hello, nanya dunk. agak binun juga soal bebas fiskal ini. saya punya npwp n passport ber alamat di Bogor. tgl 25/8 saya mau ajak mama saya ke Malaysia. nah, KK saya (Bogor) ga ada nama mama karena mama masi masuk di KK Palembang) Kepala Keluarga di KK bogor saya adalah papa saya. alamat passport mama juga di Palembang. tapi papa dan mama saya sudah tidak bekerja ( umur nya 51 thn)
    gimana ya mas apa mama bisa bebas fiskal?? mohon jawabannya yah…urgent nich…terima kasih :)

  86. By Rahmat Zikri on Aug 17, 2010 | Reply

    @elyzabeths: lihat baik2 di KK Anda.. mestinya tertulis siapa nama ayah dan ibu kandung. bawa fotokopi KK tsb.

  87. By ina on Aug 30, 2010 | Reply

    klo misalnya saya udh 21 thn tapi blm bekerja,trus mau ke luar negri,apa yg haruss disertakan ketika di imigrasi agar bebas fiskal?
    saya msh kuliah dan msh tanggungan orangtua.
    trims

  88. By Rahmat Zikri on Sep 7, 2010 | Reply

    @ina: coba tanya ke Kring Pajak 021-500 200. tapi kalau saya coba tebak2, pakai saja NPWP ortu + KK + Kartu Tanda Mahasiswa. jangan lupa fotokopi semuanya.

  89. By santi on Sep 21, 2010 | Reply

    haloo pa,,mohon bantuannya ya,,saya berumur 23 tahun,dulu saya pernah bekerja slama 2 tahun dan telah memiliki npwp,tapi sudah 2 thun blakangan ini sya memutuskan untuk tdk kerja kantoran lagi karna saya disuruh org tua saya untuk melanjutkan usaha dagang,tapi skrg sih masih ikut banyu ibu saja di toko,trus gmn dong pa,apakah no npwp saya masih aktif atau tdk?thx

  90. By Rahmat Zikri on Oct 2, 2010 | Reply

    @Santi: nomor seharusnya masih aktif. tapi anda sudah 2 tahun ini sepertinya tidak melaporkan SPT. seharusnya laporkan saja walau nanti ditulis nilai pajaknya NIHIL.

  91. By Bondan on Oct 8, 2010 | Reply

    Kalo alamat di kartu NPWP tidak sama dengan di Passport dan KTP gimana ya? validkah? atau ditahan di bandara?

  92. By wahyu on Oct 11, 2010 | Reply

    itu paspor ama NPWP harus sama ga, krn paspor ku diterbitkan palembang (sesuai KTP) dan akhirnya gw pindah ke Jawa tengah, KTP palembang abis, dan buat KTP jateng, dan NPWP dari KPP di jateng,kalo seperti itu msh bs ga

  93. By steve on Dec 26, 2010 | Reply

    dengar2nya taon dpn npwp ga guna lagi bener ga ….

  94. By Rahmat Zikri on Jan 3, 2011 | Reply

    @all: mulai 1 Januari 2011 sudah tidak ada lagi biaya fiskal ke luar negeri.

    http://www.zikri.com/2011/01/01/sekarang-bebas-fiskal

  95. By jun on May 25, 2011 | Reply

    saya mau nanya nih… kalau sudah punya NPWP.., ingin keluar Negeri kita mesti bayar fiskal lagi?? mohon infonya… trims

  96. By jus manggis on Oct 13, 2011 | Reply

    waah ini baru blog keren dengan postingan keren. rame banget pengunjungnya..

  97. By susi on May 3, 2012 | Reply

    Hai Mas yang baik,

    October 2012 ini saya berencana ke LN (Vietnam),bawa anak saya umur 10 tahun, apakah dengan menunjukkan NPWP saya + paspor saya dan anak, anak saya juga bebas fiskal? please infonya mas, thanks.

  1. 1 Trackback(s)

  2. Apr 11, 2010: Sekali lagi, Jalan-jalan ke Luar Negeri, Bebas Fiskal dengan NPWP | ..RahmatZikri

Post a Comment

About Me

The smiling geekIndependent IT Consultant and Trainer, mastering in Microsoft technologies. 13 years experience in all level of systems and network engineering. Currently being awarded as Microsoft MVP in Exchange Server. Live in Jakarta, Indonesia. Claimed himself as a not ordinary geek, who loves photography and hanging out with friends. More.

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Google